Jurnal Enterpreneur

6 Alasan Pentingnya Manajemen Aset Bagi Perusahaan

Setiap perusahaan perlu mengelola aset yang dimiliki dengan melakukan manajemen aset yang tepat. Apa itu manajemen aset dan bagaimana langkah atau teknik melakukannya? Berikut penjelasannya di Blog Jurnal by Mekari!

Aset dalam akuntansi adalah sumber daya atau kekayaan yang dimiliki oleh suatu entitas.

Di mana, setiap perusahaan pasti memiliki sebuah aset, baik yang berwujud seperti tanah, bangunan, perlengkapan, atau pun yang tak berwujud seperti saham, hak cipta, dan merek.

Aset merupakan bagian terpenting dari sebuah perusahaan yang harus dikelola dengan baik untuk mendapatkan manfaat bagi perusahaan, sekaligus mendorong tercapainya tujuan perusahaan.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Berkenala dengan Manajemen Aset

Konsep mengelola atau manajemen aset dan kewajiban secara simultan pertama kali dikembangkan oleh industri perbankan dan asuransi.

Namun, Anda dapat menggunakan konsep tersebut untuk meningkatkan kegiatan operasional bisnis apapun termasuk bisnis UKM.

Manajemen aset dibutuhkan untuk pengambilan keputusan yang tepat agar aset bisa lebih bermanfaat.

Hal ini ditentukan oleh berbagai dimensi dan sudut pandang.

Aset yang dikelola secara efektif dan efisien dapat mencapai tujuan yang diharapkan perusahaan.

Baca juga: Pengertian dan Pengelolaan Inventaris Pada Sebuah Bisnis

Manajemen aset tidak sekadar pengelolaan dan pencatatan daftar inventaris dan aset yang dimiliki.

Optimalisasi aset harus dilakukan untuk mencegah kerugian yang ditanggung oleh perusahaan.

Aset perusahaan setiap tahunnya harus direview untuk melihat apakah ada aset yang masih bisa dipakai atau harus diganti.

Setiap perusahaan harus mengetahui aset yang masih bisa dikelola atau sudah masanya harus diganti.

Dengan adanya manajemen aset yang baik, perusahaan bisa menekan pengeluaran dan menambah pemasukan uang kas.

Pengelolaan aset dapat dilakukan dengan melibatkan semua pihak dalam level manajemen sehingga keputusan dapat diimpelementasikan secara baik di semua bagian perusahaan.

Ibaratnya, Anda harus mempertimbangkan aset dan liabilitas sebagai kombinasi yang menciptakan keuntungan dan risiko bagi bisnis Anda.

Anda harus benar-benar memanfaatkan aset bisnis secara efektif dan efisien untuk mendatangkan profit bagi bisnis Anda.

Dan diharapkan Anda tidak banyak meningkatkan kewajiban bisnis lebih daripada kemampuan perusahaan dalam melunasi kewajiban tersebut di masa depan.

Keputusan Anda terkait kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual aset dan mengambil kewajiban harus Anda pikirkan.

Kelola Usaha Mikro Kecil secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Alasan Pentingnya Menjaga Manajemen Aset bagi Perusahaan

manajemen aset adalah dan bagaimana cara

Inilah pentingnya manajemen aset bagi perusahaan:

Menjaga Nilai Aset

Dengan manajemen aset, perusahaan dapat menjaga nilai aset yang dimiliki tetap tinggi, memiliki usia yang lebih panjang, serta menghindari kerusakan terhadap aset yang bisa menyebabkan turunnya nilai jual.

Untuk menjaga nilai aset, perusahaan harus menyediakan biaya operasional yang memadai sehingga menghasilkan output yang tinggi dan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Memonitor Penyusutan Aset

Penyusutan merupakan salah satu risiko atas penggunaan aset tetap, di mana aset akan mengalami penyusutan, mulai dari penyusutan fungsi hingga nilai.

Namun, dengan adanya manajemen aset, perusahaan akan lebih mudah melakukan pemonitoran terhadap penyusutan.

Baca juga: 4 Metode Depresiasi dalam Akuntansi dan Bisnis

Mempermudah Pembuatan Anggaran

Dengan adanya manajemen aset, perusahaan akan lebih mudah membuat perencanaan yang menyangkut pendanaan aset seperti dana untuk pembelian atau konstruksi, pemeliharaan, hingga dana untuk memperpanjang usia dan menghapus aset perusahaan.

Atur dan Pantau Operasional Lewat Fitur Biaya dan Anggaran Jurnal, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Menghindari Pembelian Berlebih

Dengan menerapkan hal ini, perusahaan dapat lebih mudah mengontrol aset dengan baik sehingga dapat menghindari pembelian yang tidak perlu.

Tanpa adanya manajemen aset, perusahaan akan mengalami kesulitan dalam menentukan priorotas untuk penyediaan barang.

Menciptakan Manajemen Risiko

Manajemen risiko adalah metode pengelolaan ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman, seperti penilaian risiko. Hal ini sangat penting karena dapat menciptakan kesadaran perusahaan tentang adanya bahaya dan risiko dari aset yang mereka miliki.

Dengan adanya manajemen aset, perusahaan dapat mengurangi risiko dengan menambah langkah pengendalian yang diperlukan serta membuat langkah untuk pencegahan.

Meningkatkan Keamanan

Dengan menerapkan aset manajemen, aset yang dimiliki perusahaan akan tersimpan dengan baik sejak pertama hingga akhir. Hal ini dapat mengurangi risiko kehilangan aset perusahaan.

Baca juga: Manajemen Piutang: Ketahui Pengelolaan yang Tepat Bagi Bisnis

Tips Melakukan Manajemen Aset Pada Perusahaan

manajemen aset adalah dan bagaimana cara

Berikut adalah teknik-teknik manajemen dalam mengelola aset dan kewajiban yang bisa berguna bagi keputusan bisnis Anda:

Memonitor Nilai Aset atau Revaluasi Aset

Segala hal yang dimiliki dan digunakan untuk menjalankan aktivitas bisnis Anda adalah aset. Hal tersebut termasuk kendaraan, bangunan, peralatan, persediaan, kas, piutang dagang, investasi, dan lainnya.

Ketika Anda hendak meminjam uang dari kreditur, salah satu syarat yang menjadi pertimbangan kreditur adalah nilai aset bisnis Anda. Namun, nilai tersebut jelas berubah seiring berjalannya waktu.

Sebagai contoh, nilai aset tetap Anda akan terdepresiasi seiring dengan penggunaannya. Kemudian piutang yang belum dibayar mungkin ada yang tidak tertagih.

Dan tentunya fluktuasi kondisi pasar dapat memengaruhi nilai investasi dan pendapatan bunga bisnis Anda.

Penting melakukan manajemen aset dengan merevaluasi aset-aset Anda setiap semester atau setidaknya setiap kuartal untuk memperkuat keputusan bisnis.

Karena dengan ini Anda dapat menentukan apakah Anda memiliki sumber daya yang cukup untuk membayar kewajiban-kewajiban bisnis Anda.

Jika setelah melakukan revaluasi aset dan mungkin bisnis Anda masih membutuhkan pendanaan lebih, Anda sudah siap untuk menemui kreditur Anda.

Setidaknya dengan revaluasi aset, ini akan meminimalisir risiko-risiko dan keraguan akan keputusan bisnis Anda.

Pantau Bisnis Anda Kapan Saja dan Dimana Saja dengan Jurnal. Pelajar Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Buat Jadwal Arus Kas Masuk dan Keluar untuk Kebutuhan Pembayaran

Anda dapat membuat jadwal di kalender yang menunjukkan kapan sekiranya arus kas masuk dan arus kas keluar terjadi di bisnis. Kalender tersebut akan menyeimbangkan aset kas dengan kewajiban bisnis.

Jika Anda melihat bahwa bisnis tidak memiliki cukup uang kas untuk melakukan suatu pembayaran, Anda perlu membuat jadwal pinjaman.

Anda juga harus menjadwalkan pelunasan pinjaman saat terjadi pemasukan arus kas. Penjadwalan semacam ini dapat membuat Anda keluar dari berbagai krisis dan membantu Anda mengevaluasi kekurangan bisnis Anda.

Baca juga: 3 Keuntungan Mengelola Aset Perusahaan dengan Jurnal

Optimalisasi Aset

Sebisa mungkin, Aset yang Anda miliki harus menghasilkan pendapatan secara efektif. Karena kewajiban bisnis Anda akan menghisap sebagian dari pendapatan itu.

Dengan menghitung berapa banyak pendapatan yang dihasilkan aset, Anda dapat menentukan apakah Anda menghasilkan cukup uang untuk melunasi pinjaman dan pembayaran lainnya.

Jika Anda menemukan bahwa penghasilan aset tidak seimbang dengan kewajiban, Anda dapat melakukan manajemen menyeimbangkan kembali.

Banyak opsi untuk bisa menyeimbangkan hal tersebut. Mungkin Anda bisa menjual sebagian aset atau meningkatkan produktivitas.

Dengan konsisten menyesuaikan daya penghasilan dari aset dengan kewajiban, Anda dapat menghindari kemungkinan terburuk seperti gagal dalam melunasi kewajiban bisns.

Dan Anda juga dapat menyingkirkan aset yang sekiranya tidak berkontribusi atau tidak produktif lagi bagi bisnis Anda.

Optimalisasi Investasi

Jika bisnis Anda berhasil mencetak profit atau surplus, Anda bisa menginvestasikan sebagian profit untuk memaksimalkan keuntungan bisnis.

Sebagai contoh Anda bisa menginvestasikan sebagian surplus pada saham, obligasi, reksadana, atau jenis investasi lainnya. Namun, semakin banyak Anda berinvestasi, semakin tinggi juga risiko yang Anda ambil.

Ini sejalan dengan adagium “High Risk, High Return”. Mungkin Anda dapat kehilangan sebagian investasi atau dengan kata lain, Anda merugi.

Namun, jika Anda bisa memanfaatkan manajemen risiko investasi secara baik, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dari investasi. Dan tentu Anda bisa mengelola aset dan kewajiban bisnis lebih baik lagi.

Hal ini jelas membutuhkan usaha dan kesabaran yang tinggi.

Mengelola atau melakukan manajemen aset dan kewajiban sangatlah penting bagi bisnis Anda. Ini juga menjadi kunci keberhasilan bisnis baik secara jangka pendek maupun panjang.

Manajemen Aset Jadi Lebih Mudah dengan Jurnal by Mekari!

Itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan perusahaan jika menerapkan manajemen aset dalam bisnisnya. Namun, mengelola aset bukanlah hal mudah dan sangat merepotkan.

Oleh karena itu, Jurnal sebagai software accounting Indonesia terbaik hadir untuk membantu pengusaha dalam pengelolaan aset perusahaannya.

Dengan menggunakan software akuntansi Jurnal, pengusaha akan mendapatkan laporan aset yang menampilkan daftar aset tetap dengan harga perolehan awal, akumulasi penyusutan, hingga nilai aset tersebut.

Coba juga aplikasi inventory barang yang dapat pertahankan performa bisnis Anda dengan tetap pegang kendali penuh pada persediaan stok barang. Dengan aplikasi stock opname, laporan inventaris barang dan penyimpanan dapat tersaji cepat.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Di atas adalah penjelasan tentang pentingnya manajemen aset perusahaan dan cara atau tips yang bisa Anda coba lakukan. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo