20 Usaha Makanan Ringan Serba 2000 beserta Tips Memulainya

Dari sekian jenis bisnis yang ada di dunia ini, bisnis kuliner memang menjadi salah satu jenis bisnis yang memiliki peluang kesuksesan cukup tinggi. Dalam hal ini, Anda perlu mengetahui apa saja 20 usaha makanan ringan serba 2000 yang memiliki peluang kesuksesan cukup tinggi.

Dengan memulai usaha di bidang ini, Anda tidak perlu menyiapkan modal yang terlalu besar. Sebab, segala jenis persiapan yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis makanan ringan serba 2000. Bisnis makanan kekinian ini tidak akan membutuhkan modal yang terlalu besar, sehingga  patut untuk Anda coba.

usaha makanan ringan serba 2000

Daftar dari 20 Ide Usaha Makanan Ringan 2 ribuan

Ketika Anda tertarik untuk memulai jenis bisnis ini, Anda bisa memulainya dengan membeli makanan ringan dalam kemasan besar secara sekaligus. Kemudian, Anda bisa mengemas ulang ke dalam wadah berukuran lebih kecil, sehingga makanan ringan tersebut bisa dijual lagi dengan harga murah.

Umumnya, makanan ringan yang dikemas dalam wadah yang lebih kecil seperti ini akan lebih cepat laku dan mudah dijual online. Sebab, selain harganya murah, jumlahnya pun juga tidak terlalu banyak, sehingga tidak membuat seseorang mudah bosan. Jadi, perhatikan 20 usaha makanan ringan serba 2000 berikut ini:

  1. Keripik Talas

Keripik talas termasuk makanan tradisional Indonesia. Pasalnya, talas itu sendiri adalah salah satu jenis umbi-umbian yang berasal dari Indonesia. Maka dari itu, cita rasanya pun juga akan khas dengan cita rasa makanan-makanan Indonesia lainnya.

Cukup berbeda dengan jenis keripik yang lainnya, untuk keripik talas ini sendiri memiliki rasa gurih yang unik. Jika digambarkan dengan cita rasa dari keripik singkong dan kentang, maka keripik talas akan memiliki cita rasa yang lebih unik dan menarik.

Dengan cita rasanya yang cukup berbeda dari keripik jenis lainnya, membuat banyak orang menyukai cita rasa dari keripik talas. Maka dari itu, salah satu jenis usaha makanan ringan serba 2000 yang cukup menjanjikan adalah bisnis keripik talas.

  1. Keripik Otak-otak

Tidak hanya keripik talas saja yang memiliki banyak penggemar di Indonesia, tapi keripik otak-otak juga memiliki banyak penggemar di beberapa wilayah Indonesia. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat cita rasa ikannya yang khas membuat banyak orang ketagihan untuk memakannya.

Selain itu, keripik otak-otak juga memiliki umur simpan yang cukup lama, sehingga hal ini bisa mengurangi risiko makanan basi yang dapat merugikan bisnis Anda di masa depan. Jadi, bisa dibilang memulai bisnis ini termasuk strategi yang aman untuk Anda lakukan.

Nantinya, Anda hanya perlu menyimpan produk keripik otak-otak ini di tempat yang tepat, agar kerenyahan keripik bisa selalu terjaga hingga jangka waktu yang lama.

  1. Keripik Singkong

Siapa sih yang tidak suka dengan cita rasa keripik singkong? Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai rasa gurih yang dihasilkan dari keripik singkong dalam berbagai macam jenis rasa. Hal ini membuat peluang kesuksesan bisnis keripik singkong di Indonesia semakin meningkat.

Agar makanan ringan ini bisa terjual lebih cepat, Anda bisa mengemas ulang menjadi makanan ringan yang serba 2000-an. Dengan begitu, semakin ada banyak orang yang tertarik untuk membeli produk tersebut.

Untuk memikat hati banyak pelanggan, Anda bisa mengemas produk keripik singkong 2000-an ini dengan semenarik mungkin. Dengan begitu, usaha makanan ringan yang Anda jalankan bisa berkembang secara lebih baik dan cepat.

  1. Keripik Cimol

Saat ini produk-produk yang terbuat dari bahan aci sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, dan salah satunya adalah cimol. Sebagai informasi tambahan, cimol itu sendiri adalah salah satu jajanan khas Sunda yang memiliki tekstur garing dan kenyal.

Jika dulu cimol hanya bisa dikonsumsi dengan cara yang biasa atau pada umumnya, untuk sekarang Anda sudah bisa mengkonsumsi produk ini dalam bentuk keripik yang renyah. Popularitas keripik cimol di Indonesia semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

Nantinya, Anda bisa memberikan bumbu gurih maupun pedas ke produk keripik tersebut, agar pelanggan bisa semakin tertarik untuk membeli dan mencobanya.

  1. Keripik Pisang

Berbeda dengan keripik cimol yang tergolong jajanan baru, untuk keripik pisang sendiri sudah ada sejak jaman dulu. Campuran rasa asin, gurih, dan manis dari keripik pisang tidak jarang membuat banyak orang ketagihan untuk memakannya.

Maka dari itu, sebagian besar orang beranggapan bahwa bisnis keripik pisang termasuk salah satu usaha makanan ringan serba 2000 yang memiliki peluang kesuksesan cukup menjanjikan. Untuk memulainya, Anda bisa membelinya ke pihak produsen dalam jumlah yang banyak secara sekaligus.

Biasanya, pihak produsen akan memberikan harga yang jauh lebih murah jika Anda membelinya dalam jumlah yang banyak sekaligus. Dengan begitu, nantinya Anda bisa menjualnya kembali dalam bentuk kemasan yang lebih kecil dan harga yang tidak rugi.

  1. Keripik Ubi Ungu

Meskipun memiliki warna yang hampir mirip satu sama lain, akan tetapi pada dasarnya keripik talas dan keripik ubi ungu saling berbeda. Sesuai dengan namanya, untuk keripik talas akan terbuat dari bahan dasar talas, sedangkan untuk keripik ubi ungu akan terbuat dari bahan dasar ubi ungu.

Membahas tentang ubi ungu itu sendiri, jenis umbi-umbian yang satu ini memang khas dengan cita rasanya yang manis alami. Jadi, keripik ubi ungu pun akan memiliki cita rasa yang cukup berbeda dengan jenis keripik lainnya.

Nantinya, Anda bisa mengemas keripik ubi ungu ke dalam wadah yang berukuran kecil, dan menjualnya kembali dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp2.000,00.

  1. Keripik Ikan

Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai rasa dari keripik ikan yang asin dan gurih. Maka dari itu, bisnis keripik ikan juga termasuk salah satu jenis usaha makanan ringan serba 2000 yang patut untuk Anda coba.

Umumnya, para pelaku usaha keripik ikan seperti ini akan menggunakan bahan baku ikan tenggiri. Sebab, ikan tenggiri memiliki cita rasa yang khas, yang dapat membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya.

Selain memiliki ciri khas pada rasanya yang gurih, aroma keripik ini juga masih terasa seperti ikan yang segar. Sehingga cita rasanya akan sangat cocok di lidah masyarakat Indonesia.

  1. Keripik Balado

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki lidah yang kuat dengan rasa pedas, sehingga semakin ke sini semakin ada banyak orang yang memulai bisnis kuliner bercita rasa pedas. Sebab, bisnis seperti ini dipercaya lebih cepat untuk meraih kesuksesan.

Segala jenis makanan yang pedas, memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, salah satu di antaranya adalah keripik balado. Dengan cita rasanya yang pedas, gurih, dan sedikit manis ini membuat banyak orang menyukainya.

Jadi, jika Anda sedang mencari jenis usaha makanan ringan yang cukup menjanjikan, maka bisnis yang satu ini bisa menjadi inspirasi yang tepat.

  1. Usus Krispi

Usus ayam sering dijadikan sebagai camilan sekaligus lauk yang murah bagi beberapa orang. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat usus ayam itu sendiri memiliki cita rasa yang sangat lezat. Apalagi, sekarang juga sudah ada banyak pelaku usaha yang menjual produk usus krispi.

Untuk membuat usus krispi yang lezat, Anda bisa membaluri usus ayam dengan tepung bumbu yang lezat, kemudian goreng adonan tersebut hingga garing dan menjadi renyah. Sementara itu, untuk pengemasannya sendiri bisa Anda lakukan dengan menambahkan saus secara terpisah.

  1. Kacang Kulit Goreng

Produk kacang-kacangan termasuk salah satu jenis produk makanan yang mudah untuk dijual kembali, apalagi dengan pengemasan yang lebih kecil. Sebab, produk kacang-kacangan seperti ini umumnya akan memiliki ukuran yang kecil dan mudah untuk dikemas kembali.

Pada dasarnya, kacang akan selalu menjadi makanan yang cocok dimakan dalam suasana jenis apapun. Baik itu suasana dingin maupun panas, kacang bisa memberikan kenikmatan tersendiri bagi sebagian orang. Maka dari itu, bisnis kacang kulit goreng bisa menjadi inspirasi yang tepat untuk Anda.

  1. Kacang Polong

Apakah Anda sedang mencari inspirasi usaha makanan ringan ang terbuat dari bahan kacang-kacangan lainnya? Jika iya, maka bisnis kacang polong ini bisa menjadi jawaban yang paling tepat.

Saat ini, produk kacang polong bisa Anda temui dalam berbagai jenis kesempatan yang ada. Banyak orang yang menyukai rasa gurih dari produk ini. Meski teksturnya yang cenderung keras, tetapi hal ini tidak mengurangi jumlah penggemarnya di Indonesia.

  1. Kuaci

Biasanya, anak-anak kecil Indonesia akan menyukai rasa dari kuaci. Sebab, rasa asin yang ada di dalam kuaci sering membuat anak-anak kecil merasa ketagihan untuk memakannya. Maka dari itu, bisnis kuaci bisa menjadi inspirasi usaha makanan ringan serba 2000 yang paling menjanjikan.

Pada dasarnya, kuaci dibuat dari bahan biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji semangka, atau biji labu. Namun, yang paling sering digunakan adalah biji bunga matahari. Meski isinya tergolong sedikit, akan tetapi ada banyak orang yang rela membelinya setiap hari.

  1. Mie Lidi

Popularitas mie lidi di Indonesia tidak pernah menurun. Justru, seiring berjalannya waktu semakin ada banyak orang yang menyukai cita rasa dari jajanan ini. Apalagi, sekarang juga sudah ada banyak produk mie lidi yang dikemas dengan berbagai macam rasa yang berbeda.

Salah satu jajanan favorit anak-anak era 90-an ini memiliki daya tarik tersendiri yang akan membuat seseorang ketagihan saat memakannya. Dengan melihat fakta tersebut, bisa dipastikan bahwa usaha makanan ringan serba 2000 yang satu ini akan memiliki peluang kesuksesan yang cukup besar.

  1. Basreng

Basreng adalah singkatan dari bakso goreng. Biasanya, jajanan ini akan dicampur dengan bubuk cabai, penyedap rasa, dan lain sebagainya. Dengan tambahan-tambahan rasa seperti ini, membuat jajanan ini semakin digemari banyak orang.

Nantinya, Anda bisa membeli produk ini langsung dari pihak produsennya dalam jumlah yang besar. Kemudian, kemas kembali produk tersebut ke dalam wadah yang lebih kecil, dan jual dengan harga Rp2.000,00. Dengan begitu, anak-anak kecil akan sangat tertarik untuk membelinya.

  1. Keripik Kentang

Kebanyakan orang berpikir harga keripik kentang tergolong cukup mahal. Namun, saat ini sudah ada beberapa orang yang menjual produk keripik kentang dengan harga yang jauh lebih terjangkau, yaitu Rp2.000,00.

Mengapa harga keripik kentang ini bisa jauh lebih terjangkau? Sebab, produk ini telah dikemas kembali ke dalam wadah yang jauh lebih kecil. Dengan begitu, Anda bisa semakin mudah dalam menikmati cita rasa keripik ini dimanapun Anda berada.

  1. Keripik Pangsit

Jajanan-jajanan keripik memang akan menjadi jawaban yang paling tepat jika Anda sedang mencari inspirasi usaha makanan ringan serba 2000. Mengapa demikian? Karena jajanan keripik seperti ini akan sangat mudah untuk dikemas kembali dalam wadah yang lebih kecil.

Jadi, jika Anda ingin memulai usaha seperti ini, Anda bisa memilih produk-produk keripik yang lezat untuk dijadikan sebagai produk utama bisnis Anda. Dengan begitu, jualan Anda tersebut bisa semakin cepat laku.

  1. Keripik Jamur Tiram

Bisnis keripik jamur tiram juga bisa menjadi inspirasi yang sangat menguntungkan. Hanya dengan menyiapkan beberapa perlengkapan yang tidak terlalu banyak, Anda sudah bisa memulai jenis bisnis satu ini.

Umumnya, keripik jamur tiram seperti ini akan dijual dengan saus sambal sebagai varian rasa tambahannya. Dengan menyediakan saus sambal yang lezat, maka semakin ada banyak orang yang tertarik untuk membelinya. Nantinya, Anda perlu memastikan keripik selalu dalam kondisi yang renyah.

  1. Keripik Daun Singkong

Jika biasanya sayur daun singkong lebih sering dikonsumsi dengan nasi, tapi sekarang sayuran ini bisa Anda konsumsi dalam bentuk keripik. Sudah ada banyak orang yang menyukai cita rasa dari keripik daun singkong, karena rasa gurihnya dapat membekas di lidah dalam jangka waktu yang cukup lama.

Untuk membuatnya, Anda bisa melumuri permukaan daun singkong dengan adonan tepung yang berkualitas, kemudian goreng adonan tersebut hingga menjadi renyah. Jangan lupa untuk mengemas keripik tersebut dengan cara yang tepat, agar kerenyahannya bisa selalu terjaga sepanjang waktu.

  1. Keripik Sukun

Jenis keripik lain yang bisa menjadi usaha adalah keripik sukun. Apakah Anda sudah pernah mendengar nama keripik sukun? Ya, keripik sukun adalah jajanan yang terbuat dari buah sukun, yang kemudian digoreng hingga garing dan renyah.

Penggemar keripik sukun di Indonesia sendiri sudah sangat banyak. Jadi, Anda bisa mencoba sendiri memulai usaha makanan ringan serba 2000 yang satu ini.

  1. Cheese Stick

Anda jangan salah mengira bahwa jajanan cheese stick tidak bisa dijual dengan harga yang murah. Sebab, jajanan ini juga bisa menjadi jenis usaha makanan ringan serba 2000 yang cukup menjanjikan.

Dengan rasanya yang sangat lezat dan ramah di lidah banyak orang, membuat jajanan ini sering dibeli oleh masyarakat Indonesia. Anda bisa mengemas cheese stick di wadah yang berukuran cukup kecil, lalu jual dengan harga yang murah yaitu Rp2.000,00.

usaha makanan ringan serba 2000

Tips Memulai Bisnis Makanan Ringan

Memulai usaha makanan ringan serba 2000 memang bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan. Namun, untuk menjaga kestabilan perkembangan usaha ini, Anda membutuhkan beberapa tips yang tepat.

Dalam hal ini, kami juga akan membahas tentang beberapa tips memulai usaha makanan ringan serba 2000 yang baik dan benar, yaitu:

  1. Perhatikan Kualitas Bahan yang Digunakan

Segala jenis makanan ringan yang Anda jual di dalam bisnis ini, tidak boleh menggunakan bahan-bahan yang berkualitas rendah. Jadi meskipun harganya murah, Anda tetap harus membuat produk tersebut dari bahan-bahan yang berkualitas tinggi.

Dengan begitu, pelanggan akan merasa puas dengan produk yang sudah dibelinya tersebut, sehingga mereka akan kembali membeli produk itu di hari esok.

  1. Selalu Lakukan Inovasi Baru

Sering kali pelanggan merasa bosan dengan cita rasa dan dekorasi bisnis Anda yang seperti itu terus. Untuk mengatasi kendala seperti ini, Anda bisa melakukan inovasi baru di setiap waktu. Dengan begitu, pelanggan akan lebih merasa tertarik dengan bisnis Anda.

  1. Menciptakan Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Agar usaha makanan ringan serba 2000 yang Anda jalankan bisa terus berkembang ke arah yang lebih baik lagi, Anda perlu menciptakan hubungan yang baik dan erat dengan semua pelanggan. Ketika Anda melakukan hal ini, maka pelanggan akan merasa nyaman untuk membeli terus di toko Anda.

Ciptakan kesan yang mendalam kepada para pelanggan yang ada, dan jangan lupa juga untuk memperbanyak senyum ketika ada pelanggan yang datang ke toko Anda.

  1. Menerapkan Strategi yang Sesuai dengan Pasar

Kebutuhan pasar masing-masing usaha pasti akan berbeda satu sama lain. Maka dari itu, untuk memulai usaha makanan ringan serba 2000 seperti ini, Anda perlu menerapkan strategi yang sesuai dengan kebutuhan pasar yang tepat.

  1. Perhatikan Peluang yang Ada

Ketika Anda ingin memulai bisnis makanan ringan, Anda harus bisa melihat dan mengenali peluang jenis produk apa yang lebih banyak digemari oleh sebagian besar orang. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan jenis makanan ringan apa yang hendak dijual.

Itulah tadi usaha makanan ringan di harga 2000-an yang sangat berpeluang serta mudah. Dengan menggunakan aplikasi untuk bisnis maka usaha Anda akan lebih cepat berkembang, jangan lupa pula transaksi dalam bisnis Anda bisa dilakukan dengan lebih efisien melalui aplikasi akuntansi ukm.

Ayo gabung program referral Mekari Jurnal dan dapatkan untungnya hingga jutaan rupiah!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo