25 Ide Bisnis Makanan Online Rumahan Terlaris

Bisnis kuliner memang selalu menjadi salah satu jenis bisnis yang tak ada matinya. Dari sekian banyak jenis bisnis kuliner yang bisa Anda mulai, bisnis makanan online rumahan bisa menjadi pilihan terbaik. Sebab, bisnis makanan memiliki peluang kesuksesan yang cukup besar.

Pada dasarnya, peluang bisnis kuliner di Indonesia bisa mencapai angka peningkatan hingga 10,79% di setiap tahunnya. Hal ini semakin menunjukkan betapa besarnya peluang dari bisnis kuliner satu ini, apalagi jika menggunakan strategi yang tepat. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis tersebut, simak dengan baik ide-idenya berikut ini!

bisnis makanan online rumahan

25 Ide Bisnis Makanan Online Rumahan Terbaik

Ada beberapa orang yang belum tahu tentang bisnis makanan online rumahan apa saja yang bisa mendatangkan keuntungan berlimpah kepada pelaku usahanya. Untuk itu, di sini kami akan menyebutkan beberapa ide di antaranya, yaitu:

  1. Dessert Box

Beberapa tahun belakangan ini, ide bisnis dessert box sering dijadikan inspirasi oleh sebagian besar orang. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat untuk memulai bisnis dessert box Anda tidak akan membutuhkan banyak persiapan yang rumit.

Anda bisa menyalurkan bakat Anda dalam membuat sajian aneka kue basah dengan memulai bisnis kuliner yang satu ini. Beberapa jenis kue basah yang bisa Anda jual dalam hal ini adalah brownies, tiramisu, red velvet, dan lain sebagainya.

Nantinya, Anda bisa memanfaatkan kehadiran media sosial dan platform marketplace untuk menjual produk kue basah tersebut secara lebih luas.

  1. Donat Bomboloni

Untuk bisnis makanan online rumahan yang satu ini akan membutuhkan kreativitas Anda dalam membuatnya. Mengapa demikian? Sebab, Anda harus bisa membuat keunikan tersendiri yang dapat membuat bisnis Anda tersebut berbeda dengan usaha pesaing lainnya.

Ide bisnis berjualan donat bomboloni ini juga bisa Anda lakukan di depan rumah, sehingga Anda tidak perlu menyiapkan lahan yang terlalu luas untuk memulai bisnis donat bomboloni.

Kreasikan kreativitas Anda untuk mempromosikan bisnis ini melalui media sosial dan platform marketplace, sehingga akan ada lebih banyak orang yang mengenal bisnis Anda.

  1. Katering Makanan Rumahan

Tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk memasak makanan rumahan di setiap harinya. Maka dari itu, keberadaan bisnis katering makanan rumahan seperti ini bisa menjadi udara segar bagi sebagian besar orang.

Anda bisa menjual beberapa jenis makanan rumahan yang melezatkan, agar ada lebih banyak orang yang tertarik untuk menggunakan jasa dari bisnis Anda tersebut. Dalam hal ini, Anda juga perlu menetapkan harga yang wajar, agar pelanggan bisa terus meningkat.

Jika Anda ingin mempromosikan bisnis Anda ini secara lebih luas, Anda bisa memanfaatkan media sosial dan platform pengiriman makanan online yang ada di internet.

  1. Salad Buah

Salad buah termasuk salah satu jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi secara rutin oleh semua orang. Maka dari itu, bisnis salad buah seperti ini juga akan termasuk dalam inspirasi bisnis makanan online rumahan yang patut untuk dipertimbangkan.

Untuk memulai bisnis ini, Anda tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Anda hanya perlu menyiapkan buah-buahan yang segar, keju, mayones, dan bahan-bahan pembuatan salad buah lainnya.

Nantinya, Anda bisa memasarkan bisnis ini secara online agar semakin ada banyak orang yang mengenal bisnis Anda dengan baik.

  1. Katering Diet

Tubuh ideal seseorang hanya bisa didapatkan dengan menjaga pola makan dalam kesehariannya. Maka dari itu, tak jarang dari beberapa orang yang memilih untuk diet agar mereka bisa mendapat tubuh ideal yang sesuai harapannya.

Saat ini, sudah ada banyak bisnis katering diet yang bisa membantu Anda dalam menjaga tubuh. Dengan semakin banyaknya peminat makanan diet seperti ini, membuat bisnis katering diet menjadi salah satu jenis bisnis makanan online rumahan yang cukup menjanjikan.

Agar bisnis Anda ini bisa lebih dikenal oleh publik, Anda tidak hanya perlu membanderol harga yang terjangkau, tapi Anda juga perlu memasarkan bisnis ini secara online. Pasalnya, sebagian besar orang saat ini akan lebih mempercayai bisnis yang memiliki reputasi baik di pasar online.

  1. Dimsum

Sejak popularitas dimsum di Indonesia semakin meningkat, ada lebih banyak orang yang tertarik untuk memulai bisnis kuliner satu ini. Ya, dimsum masih termasuk makanan rumahan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Bisnis makanan online rumahan satu ini dapat mendatangkan keuntungan yang menjanjikan, jika Anda mampu mengiklankannya dengan baik dan menarik. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan keberadaan media sosial untuk mengiklankan bisnis dimsum yang sedang Anda jalankan tersebut.

  1. Pempek

Salah satu makanan khas Palembang ini memiliki cita rasa yang unik dan lezat, sehingga banyak dari masyarakat Indonesia yang menyukai pempek. Peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan sebaik mungkin, yaitu dengan memulai bisnis pempek di lingkungan sekitar Anda.

Anda bisa memulainya dengan berjualan di depan rumah, jika Anda memang tidak memiliki modal yang terlalu besar. Nantinya, untuk membuat bisnis Anda dikenal secara lebih luas oleh masyarakat, Anda bisa mempromosikannya dengan cara online seperti melalui media sosial dan platform marketplace.

  1. Bakso Aci

Sama halnya seperti dessert box, bakso aci juga populer selama beberapa tahun belakangan ini. Saat ini, sudah ada banyak orang yang mengkreasikan kreativitasnya untuk berjualan bakso aci dengan resepnya masing-masing.

Jadi, jika Anda ingin memulai bisnis ini juga, Anda perlu membuat rasa bakso aci ini berbeda dengan usaha pesaing lainnya. Setelah itu, Anda bisa mempromosikan produk jualan Anda tersebut di media sosial, yang dalam hal ini pastikan media sosial Anda sudah memiliki banyak pengikut.

  1. Roti John

Pada dasarnya, roti john adalah suatu roti yang diisi dengan telur dadar, daging, serta aneka sayuran yang menyegarkan. Banyak orang yang mengatakan bahwa bisnis roti john adalah bisnis makanan online rumahan yang tidak membutuhkan modal terlalu besar.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika saat ini semakin ada banyak orang yang tertarik untuk memulai bisnis ini. Meski terdengar sederhana, tapi bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan yang berlimpah kepada para pelaku usahanya.

bisnis makanan online rumahan

  1. Roti Panggang

Roti panggang termasuk makanan yang disukai oleh anak-anak kecil, sehingga inspirasi bisnis makanan online rumahan yang satu ini bisa menjadi pilihan yang paling menjanjikan untuk Anda.

Anda bisa menjual roti panggang dalam varian rasa yang berbeda-beda, baik itu yang manis maupun yang asin. Nantinya, Anda bisa mempromosikan produk ini di platform pengiriman makanan online seperti Go-Food dan Grab Food, sehingga jangkauan pelanggannya bisa semakin luas.

  1. Puding Regal

Apakah Anda sudah tahu jenis makanan rumahan yang satu ini? Ya, puding regal sebenarnya adalah salah satu dessert yang mengkombinasikan kelezatan puding dengan topping marie regal. Hanya dengan membayangkannya saja, semua orang pasti tertarik untuk mencobanya.

Jadi, Anda perlu memanfaatkan peluang ini dengan sebaik mungkin, dan jangan lupa untuk memasarkan produk ini secara online juga. Dengan begitu, jangkauan pelanggan yang bisa Anda raih dapat semakin luas.

  1. Soft Cookies

Jenis makanan yang sedang populer saat ini memang sebagian besar berasal dari jenis makanan dessert. Sebab, rasa manis yang dihasilkan dari makanan sejenis ini memang sering membuat banyak orang ketagihan dalam memakannya.

Anda bisa memulai bisnis makanan online rumahan yang satu ini dengan modal yang tidak terlalu besar. Nantinya, agar keuntungan bisnis Anda bisa selalu berputar dengan stabil, Anda bisa mencoba mempromosikannya di media online yang luas.

  1. Rice Box

Anda bisa mengkombinasikan nasi, lauk seperti ikan dori dan daging sapi, sambal, serta sayuran segar ke dalam satu wadah yang berbentuk box. Dengan demikian, akan ada lebih banyak orang yang tertarik mencoba makanan lezat tersebut.

Rice box bisa menjadi salah satu inspirasi bisnis rumahan yang menjanjikan, karena peminatnya sendiri sudah sangat banyak di Indonesia. Bahkan, untuk memulai bisnis ini Anda juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar dan ini bisa menjadi keuntungan untuk Anda.

  1. Aneka Sambal Rumahan

Hampir seluruh masyarakat Indonesia menyukai cita rasa dari sambal, sehingga tidak mengherankan jika saat ini sudah ada banyak jenis sambal rumahan yang disukai oleh sebagian besar orang. Melihat peluang yang cukup menjanjikan ini, Anda harus bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Anda bisa membuat aneka sambal rumahan dengan menggunakan bahan-bahan dasar yang berbeda, sehingga rasa dari satu sambal dengan sambal yang lainnya pun tidak akan sama. Nantinya, Anda juga bisa menjual produk tersebut secara online, karena sambal itu sendiri tergolong cukup awet.

  1. Makanan Tradisional

Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki kekayaan budaya sangat berlimpah. Dari sekian banyak budaya yang dimiliki setiap daerah Indonesia, kulinernya akan menjadi daya tarik paling utama yang patut dibanggakan.

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya sendiri. Jadi, Anda bisa menjual makanan tradisional khas daerah Anda sendiri. Untuk saat ini sendiri yang paling populer dan memiliki peluang cukup besar adalah makanan Padang dan makanan Jogja seperti Gudeg.

  1. Makanan Mancanegara

Inspirasi bisnis makanan online rumahan yang selanjutnya adalah makanan mancanegara. Tak jarang dari masyarakat Indonesia yang lebih menyukai cita rasa dari makanan-makanan mancanegara, sehingga terkadang mereka akan mengonsumsi makanan ini secara lebih sering.

Bahkan, saat ini Anda juga bisa mengkreasikan makanan mancanegara seperti makanan khas Korea dan Amerika dengan cita rasa khas Indonesia. Dengan begitu, bisnis Anda akan terlihat berbeda dibanding makanan sejenis ini lainnya.

  1. Katering Bento

Umumnya, katering bento seperti ini akan memiliki peminat yang banyak dari kalangan ibu-ibu dan anak-anak kecil. Mengapa demikian? Karena umumnya ibu-ibu akan membeli jenis kuliner ini untuk dijadikan bekal sekolah anak-anaknya.

Anda bisa mengubah menu-menunya setiap hari, agar pelanggan Anda tidak merasa bosan dengan masakan Anda. Nantinya, Anda bisa mempromosikan produk kuliner bisnis Anda tersebut secara online. Dengan begitu, jangkauan pelanggan bisnis Anda bisa semakin luas.

  1. Aneka Keripik

Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai cita rasa dari keripik yang terbuat dari bahan-bahan berbeda, misal seperti makaroni, kerupuk, keripik kentang, dan lain sebagainya. Bahkan, ada beberapa di antaranya juga yang memakan keripik bersamaan dengan makanan pokok lainnya.

Maka dari itu, hal ini bisa menjadi peluang yang sangat besar untuk memulainya. Jika Anda ingin meraih kesuksesan yang lebih banyak di bisnis kuliner satu ini, Anda bisa menjualnya secara online juga. Manfaatkan platform marketplace dan layanan pengiriman makanan yang sudah ada saat ini.

  1. Donat Kepang

Tidak hanya donat bomboloni saja yang bisa dijadikan sebagai inspirasi bisnis makanan online rumahan cukup menjanjikan, tapi donat kepang ala Korea ini juga bisa mendatangkan keuntungan yang cukup banyak kepada para pelaku usahanya.

Dengan bentuknya yang unik, membuat donat kepang banyak dibeli oleh sebagian besar orang. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat masyarakat Indonesia masih asing dengan bentuknya yang unik ini. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda menjual produk jajanan ini secara online juga.

  1. Martabak Manis dan Asin

Meskipun umumnya martabak manis dan asing hanya dijual di sore hari – malam hari, tapi sebenarnya Anda juga bisa menjual produk ini sepanjang hari. Dengan begitu, keuntungan yang bisa Anda dapatkan pun bisa semakin bertambah.

Untuk hasil yang lebih sesuai harapan, Anda bisa menjual produk andalan Anda tersebut secara online juga. Manfaatkan keberadaan media sosial dan aplikasi pengiriman makanan yang ada sekarang, untuk menjual produk kuliner yang ada dalam bisnis Anda.

  1. Nasi Salmon Mentai

Untuk bisnis makanan online rumahan yang satu ini terinspirasi dari makanan khas Jepang yang sangat lezat. Perpaduan antara salmon dan saus mentai akan memberikan sensasi yang unik ke lidah masyarakat Indonesia.

Anda bisa menjual makanan ini secara online maupun offline. Untuk penjualan online, Anda bisa memanfaatkan keberadaan media sosial, platform marketplace, dan layanan pengiriman makanan untuk menjual produk tersebut secara lebih luas.

Sedangkan untuk penjualan offline, Anda bisa menjual produk kuliner yang satu ini dengan membuka warung makan sederhana di depan rumah. Anda tidak perlu menyiapkan ruang yang terlalu besar, karena Anda tidak terlalu membutuhkan hal itu.

  1. Roti Gandum

Roti gandum termasuk makanan sehat yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Maka dari itu, inspirasi bisnis makanan online rumahan satu ini bisa dibilang memiliki peluang kesuksesan yang cukup besar. Jadi, Anda tidak boleh menyia-nyiakannya begitu saja.

Manfaatkan kesempatan bisnis kuliner yang ada, agar Anda bisa meraih kesuksesan yang sesuai harapan. Sebagai saran, Anda bisa menjual roti gandum ini secara online juga. Dengan begitu, jangkauan pelanggan Anda bisa semakin luas.

Ketika hal ini terjadi, Anda bisa meraih keuntungan yang lebih tinggi. Jadi, hal ini akan membuat bisnis Anda lebih mudah dalam berkembang.

  1. Tteokbokki

Dari sekian banyak makanan dari negara asing yang populer di Indonesia, tteokbokki adalah salah satu yang paling populer di antaranya. Maka dari itu, Anda bisa menjual produk kuliner ini dengan membangun bisnis makanan online rumahan yang unik dan menarik.

Pada dasarnya, untuk membuat tteokbokki yang lezat bisa dilakukan dengan mudah. Yang terpenting, Anda sudah tahu bagaimana resepnya yang tepat dan apa saja bahan-bahan berkualitas yang harus dimasukkan ke dalam sajian tteokbokki tersebut.

Jika Anda memiliki waktu dan kemampuan yang lebih banyak, Anda juga bisa menjual tteokbokki dalam bentuk frozen food-nya juga. Dengan begitu, Anda bisa menjual produk tersebut secara online seperti di media sosial dan platform marketplace.

  1. Es Krim Organik

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya untuk membuat jajanan es krim organik, Anda tidak akan membutuhkan banyak bahan. Sebab, umumnya produk es krim seperti ini akan terbuat dari bahan-bahan organik saja seperti susu almond.

Selain itu, ada juga beberapa jenis es krim organik lainnya yang terbuat dari bahan dasar buah-buahan maupun sayur-sayuran. Dengan begitu, hal ini semakin menunjukkan bahwa es krim organik akan terbebas dari segala jenis bahaya zat aditif.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis makanan online rumahan yang satu ini, Anda bisa segera menyiapkan modal awalnya. Untuk jangkauan pelanggan yang lebih luas, promosikan bisnis Anda tersebut melalui media sosial dengan cara yang menarik.

bisnis makanan online rumahan

  1. Spaghetti Bolognese

Untuk membuat sajian spaghetti bolognese, Anda tidak akan membutuhkan banyak ilmu khusus. Sebab, pada dasarnya membuat sajian spaghetti seperti ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Biasanya, Anda hanya perlu lebih memperhatikan bumbu bolognese yang akan digunakan.

Pasalnya, yang dapat membuat sajian spaghetti dari bisnis Anda terasa lebih berbeda dibanding usaha pesaing lainnya, biasanya akan terletak pada bumbu bolognese yang digunakan. Maka dari itu, kreasikan ilmu dasar memasak Anda untuk membuat bumbu bolognese yang unik dan lezat.

Itu dia daftar ide bisnis makanan rumahan yang bisa dibuat secara online, untuk ide bisnis minuman ada disini.

Setelah itu, baru promosikan bisnis Anda tersebut ke media sosial dan platform layanan pengiriman makanan online, untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Tentu saja Anda harus dapat melakukan pembukuan usaha Anda menggunakan aplikasi pembukuan online shop yang terpercaya.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis makanan online rumahan profesional seperti yang ada di atas, Anda bisa menggunakan strategi bisnis seperti menggunakan aplikasi gudang dari Mekari Jurnal. Di sini Anda bisa memantau stok persediaan gudang Anda.

Ikuti dan dapatkan keuntungan melalui program referral dari Mekari Jurnal. Dapatkan komisi sebesar 20% dan diskon 15% untuk rekan bisnis Anda yang Anda ajak berlangganan.

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo