Jurnal Enterpreneur

Tips Mudah Menjalankan Peluang Bisnis Parfum Isi Ulang

Peluang bisnis parfum refill atau isi ulang saat ini masih sangat terbuka lebar. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan terhadap parfum isi ulang akan selalu ada sebagai solusi masyarakat yang ingin menggunakan wewangian dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, karena parfum bagi sebagian orang merupakan suatu perlengkapan yang wajib digunakan sehari-hari.

Bisnis parfum refill ini termasuk salah satu jenis bisnis yang praktis untuk dijalankan. Bahkan untuk tahap awal memulai usaha, biasanya  sudah ada banyak yang menawarkan sistem paket usaha yang isinya lengkap. Dengan begitu, Anda hanya perlu menyediakan tempat untuk berjualan saja. Untuk dapat mengikuti jejak kesuksesan pebisnis parfum refill, salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah lokasi tempat usaha harus strategis dan mudah dijangkau oleh para konsumen.

Selain berjualan di toko secara langsung, ada juga beberapa pebisnis yang menambahkan promosinya melalui media online. Hal tersebut tentu saja berpotensi untuk membantu mendapatkan konsumen dari daerah mana pun. Ketahui lebih lengkap dan jelas tentang peluang usaha bisnis parfum isi ulang yang telah Jurnal rangkum berikut ini.

Baca juga: Bisnis Ritel: Tips dan Kiat Sukses untuk Menjalankannya

 

Keuntungan Bisnis Parfum Isi Ulang

Di bawah ini ada beberapa penjelasan terkait keuntungan yang akan Anda dapatkan dalam mengelola bisnis parfum refill. Dengan mengetahui keuntungan dalam suatu bisnis, maka Anda dapat memutuskan dan mempertimbangkan prospek ke depan dalam suatu bisnis yang akan dijalankan.

  1. Presentase keuntungan yang didapat dalam menjalankan bisnis parfum refill dapat mencapai 50% hingga 100%.
  2. Pilihan pabrik biang atau bibit parfum isi ulang sangat beragam. Mulai dari yang kualitasnya paling murah sampai yang paling mahal. Dengan begitu secara tidak langsung bisnis tersebut akan memberikan Anda pilihan dalam menyiapkan modal awal untuk memulainya.
  3. Proses belajar dalam bisnis parfum isi ulang tergolong cepat, yaitu minimal selama 2 minggu dan maksimal 1 bulan. Proses tersebut tidak termasuk dalam skill menghafal aroma, namun hanya sebatas cara meracik parfum. Karena dalam menghafalkan aroma suatu parfum Anda perlu waktu yang lebih lama sehingga terbentuk menjadi kebiasaan.
  4. Bibit atau biang parfum isi ulang memiliki batas kadaluarsa yang termasuk lama. Asalkan Anda tidak meletakkannya di tempat yang terkena panas secara langsung, maka bibit atau biang parfum isi ulang dapat bertahan kualitasnya hingga mencapai 2 tahun.

 

Risiko dalam Bisnis Parfum Isi Ulang

Dalam suatu bisnis pasti memiliki risiko di dalamnya, begitu pula dengan bisnis parfum isi ulang. Risiko atau kendala yang ditemui dalam menjalankan bisnis parfum isi ulang memang tidak besar, namun Anda tetap harus mempertimbangkannya dan mempersiapkan solusi jika suatu saat menemui permasalahan yang sebelumnya tidak terduga.

Berikut ini ada beberapa resiko bisnis yang biasanya dialami saat menjalankan bisnis parfum isi ulang:

  1. Bibit parfum berubah bau dan warna karena penyimpanannya yang tidak benar. Terutama jika terkena panas secara langsung. Hal ini sangat sering dialami oleh para penjual parfum isi ulang dikarenakan display pada kaleng bibit atau biang parfum yang kurang diperhatikan. Dengan panasnya suhu di dalam kaleng parfum tersebut maka akan dapat menyebabkan berubahnya bau dan warna pada bibit atau biang parfum isi ulang tersebut.
  2. Kesulitan dalam mendapatkan pelarut parfum atau etanol, karena etanol biasanya tersedia di toko-toko kimia yang kebanyakan hanya dapat ditemui di kota-kota besar. Maka dalam hal ini, Anda perlu mempersiapkan dari awal untuk mencari toko kimia terdekat yang menjual etanol, atau minimal Anda dapat melakukan order secara online.

 

Tips Memulai Usaha Parfum Isi Ulang

  1. Mempersiapkan modal usaha. Modal dalam usaha parfum isi ulang tergolong kecil. Kecil yang dimaksudkan yaitu diluar modal tempat yang nantinya akan digunakan, baik itu kontrak maupun membeli kios sendiri.
  2. Mempersiapkan tempat usaha. Tempat sangat penting dan vital dalam bisnis parfum isi ulang. Carilah tempat yang setidaknya memiliki ukuran 4×4 meter, karena ukuran tersebut merupakan standar dalam kelancaran bisnis parfum isi ulang pada umumnya.
  3. Menyiapkan desain dan isi toko. Desainlah toko yang nanti akan Anda tempati semeriah mungkin. Kemudian buatlah toko tersebut lebih berwarna, misalnya dengan cara memoles toko dengan warna yang meriah dan pencahayaan yang terang. Dengan begitu, Anda akan mendatangkan banyak pengunjung.
  4. Mempersiapkan katalog dan contoh parfum. Persiapkan sebuah katalog nama-nama parfum yang akan Anda jual. Selain itu, persiapkan pula contoh biang parfumnya. Biasanya biang parfum ditempatkan di botol roll kecil yang berukuran 4 ml dan diberi kode parfum pria dan parfum wanita. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan para konsumen dalam memilih parfum yang akan mereka beli.

Baca juga: Pertimbangan Penting Ketika Memilih Software Akuntansi untuk UKM

 

Peluang bisnis parfum refill atau isi ulang masih terbuka lebar dan masih akan terus berkembang, karena sasaran utama konsumennya adalah golongan yang jumlahnya banyak. Hal tersebut dapat dibuktikan, jumlah gerai-gerai parfum isi ulang hingga saat ini semakin bertambah baik di kota besar hingga pedesaan.

Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, pastikan Anda mendaftarkan bisnis Anda di Jurnal. Jurnal merupakan solusi tepat untuk mengelola keuangan bisnis dengan mudah dan akurat. Ketahui bagaiman Jurnal dapat membantu bisnis Anda berkembang dengan memudahkan pengelolaan keuangan bisnis di sini.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo