Pelajari Komponen dan Manfaat Faktur Penjualan Online

Pada dasarnya, faktur penjualan adalah sebuah dokumen penting dalam bisnis yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi bisnis. Catatan tersebut bisa dalam bentuk nota, kwitansi, invoice, dan lainnya. Baik faktur penjualan manual maupun faktur penjualan online digunakan sebagai alat untuk menjelaskan bahwa barang atau jasa telah dibayar oleh pembeli.

Di era digital saat ini, faktur penjualan sudah banyak yang muncul dalam bentuk online. Biasanya, faktur penjualan online sudah terhubung dengan sistem dan secara otomatis akan memperbarui stok yang terdapat dalam perusahaan. Setiap terjadi transaksi, perusahaan tidak perlu melakukan update stock secara manual.

Jurnal Stok Barang

Dibandingkan dengan cara manual, faktur penjualan dalam bentuk online dianggap lebih mudah dan menguntungkan perusahaan. Pasalnya, Anda bisa mengakses faktur online dimanapun dan kapanpun. Jadi Anda tidak perlu membuat faktur penjualan secara manual dan membawa perlengkapan.

Hal yang diperlukan untuk membuat faktur online hanyalah sebuah device, bisa berupa laptop atau notebook, bahkan menggunakan smartphone sekalipun, asalkan memiliki jaringan internet.

Jika Anda memiliki hal tersebut, maka Anda bisa membuat faktur tersebut dimanapun ketika Anda perlukan.

Baca Juga: Seberapa Penting Aplikasi Pembukuan Usaha Untuk Pedagang

Komponen Faktur Penjualan Online

Komponen-komponen yang terdapat di dalam faktur online tidak jauh berbeda dengan faktur penjualan manual. Setiap detail isinya hampir sama karena komponen faktur penjualan selalu memiliki isi yang sama. Berikut ini adalah komponen faktur penjualan online yang bisa Anda ikuti:

Data Bisnis

Anda perlu data bisnis Anda tertera di dalam faktur penjualan. Data tersebut seperti nama, alamat, hingga nomor telepon yang bisa dihubungi. Dengan adanya data bisnis yang tertera dengan jelas, maka akan membuat faktur penjualan lebih terlihat resmi dan formal.

Data Pelanggan

Data pelanggan yang melakukan transaksi juga diperlukan dalam faktur penjualan. Data tersebut seperti nama, alamat, nomor yang bisa dihubungi serta data lain yang diperlukan untuk transaksi seperti nomor kartu kredit, dan lainnya. 

Data pelanggan penting bagi perusahaan untuk pemberitahuan produk baru yang mungkin membuat mereka tertarik. Jadi selain menyertakan data pelanggan di dalam faktur penjualan, menyimpan data pelanggan bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan pelanggan tetap.

Data Barang atau Jasa

Barang atau Jasa yang terlibat transaksi juga perlu disertakan. Hal ini untuk kejelasan tentang barang atau jasa apa yang dibeli oleh pelanggan. Data harus tertulis jelas seperti detail nama, merk, jumlah, bahkan jika diperlukan spesifikasi khusus seperti nama atau model.

Nomor dan Tanggal

Nomor faktur perlu ditulis dalam faktur penjualan. Nomor tersebut menandakan total faktur yang telah dikeluarkan perusahaan dan bisa menjadi penanda saat pembuatan laporan keuangan. Begitu juga dengan tanggal. Tanggal perlu ditulis lengkap agar faktur tidak tertukar dengan tanggal lain.

Cara Pembayaran

Poin ini penting untuk dijelaskan agar masing-masing penjual dan pelanggan memiliki kejelasan proses transaksi. Jika pembayaran secara cash maka perlu ditulis secara cash. Sedangkan jika secara angsuran, maka perhitungan jumlah angsuran juga harus disertakan dengan jelas.

Baca Juga: Laba Sulit Terdeteksi? Manfaatkan Aplikasi Pembukuan Dropship

Manfaat Faktur Penjualan Online

Faktur penjualan online memiliki banyak sekali manfaat untuk perusahaan yang menggunakan. Contoh manfaat sederhananya adalah kemudahan untuk membuat faktur penjualan kapanpun serta dimanapun. Selama ada smartphone atau laptop dan koneksi internet, bisnis tetap bisa berjalan.

Manfaat lainnya adalah penagihan juga bisa dilakukan dengan tepat waktu. Sistem untuk faktur penjualan online sudah dilengkapi dengan pengingat untuk melakukan penagihan kepada pelanggan. Sehingga perusahaan tidak perlu melewatkan tanggal penagihan dan pembayaran yang dilakukan pelanggan.

Dengan manfaat yang cukup menguntungkan untuk faktur online, tak ada salahnya Anda mencoba menggunakannya untuk bisnis Anda. Aplikasi accounting online Jurnal by Mekari menyediakan sistem faktur penjualan online untuk bisnis Anda. 

Dengan menggunakan Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Di Bulan September ceria ini, Anda akan mendapat diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

Banner Blog

Kategori : Accounting

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo