Strategi bisnis sangat erat kaitannya dengan pemasaran, karena semua kegiatan pada sebuah bisnis atau perusahaan pasti bermuara pada pemasarannya. Menurut pengertiannya, strategi merupakan suatu proses menyeluruh dari mulai perencanaan hingga gambaran aktivitas serta pelaksanaannya pada kurun waktu tertentu. Strategi dikatakan baik apabila terbukti mampu mencapai tujuan (sasaran) dengan tepat, efektif serta efisien dalam prosesnya, dan hal ini sudah tergambar pada proses perencanaannya.

Sementara pemasaran merupakan kegiatan utama yang dilakukan oleh pebisnis atau pengusaha dalam upaya mengembangkan perusahan dan untuk mendapatkan laba. Pemasaran yang baik selalu menitik beratkan pada kepuasan pelanggan. Kemudian kepuasan tersebut akan menimbulkan loyalitas yang pada akhirnya mendatangkan keuntungan jangka panjang secara konsisten. Istilah strategi pemasaran Segmenting Targeting Positioning (STP) merupakan 3 rangkaian proses yang harus dilalui pada penetapan sebuah strategi bisnis. Hal ini berlaku untuk berbagai jenis produk baik barang maupun jasa, dan juga cara pemasarannya baik offline maupun online.

Semua bisnis hampir sama dalam menjalankan pengelolaannya, salah satunya membutuhkan perencanaan strategis agar lebih terarah dalam mencapai tujuan. Strategi pemasaran Segmenting Targeting Positioning (STP) sangat berpengaruh terhadap citra, brand image, hingga pemasaran secara keseluruhan. Strategi pemasaran pada bisnis online merupakan suatu cara agar pemasaran berjalan sesuai dengan arah yang telah ditentukan.

Sasaran yang tepat, pengelolaan yang benar, memenangkan persaingan, meraih keuntungan, menguasai pasar, merupakan sebagian dari sekian banyak manfaat yang akan didapatkan dengan menyusun dan menerapkan strategi pemasaran. Sebelum melakukan strategi pemasaran, setiap pebisnis harus melakukan analisis perusahaan terlebih dahulu. Analisis SWOT dapat menunjukkan gambaran secara umum mengenai bisnis dan perusahaan. Kemudian langkah selanjutnya adalah menyusun dan merumuskan strategi pemasaran STP. Strategi pemasaran STP ini berarti proses mengkategorikan, membidik pasar yang diinginkan, lalu memposisikan pemasaran bisnis dibandingkan pesaing. Strategi pemasaran Segmenting Targeting Positioning (STP) meliputi:

Segmentasi pasar (Segmenting)

Implementasi Strategi Pemasaran STP pada Bisnis OnlineSegmenting merupakan tahap paling awal dalam perumusan strategi pemasaran. Segmenting merupakan proses mengkategorikan, mengklasifikasikan, menggolongkan semua target potensial produk yang akan dipasarkan. Kemudian membagi pasar menjadi bagian-bagian berdasarkan pembeli dan kebutuhan, karakteristik atau perilakunya, dan lain sebagainya. Berdasarkan pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa proses ini memiliki peran yang cukup penting dalam sebuah bisnis karena beberapa alasan, seperti:

  • Memungkin perusahaan lebih fokus dalam mengalokasikan sumber daya. Dengan membagi pasar menjadi segmen-segmen, maka dapat memberikan gambaran bagi perusahaan untuk menetapkan segmen mana yang akan dilayani dan dijadikan target. Selain itu, segmentasi memungkin perusahaan mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai peta kompetisi serta menentukan posisi pasar bisnis perusahaan.
  • Segmentasi merupakan dasar untuk menentukan komponen-komponen strategi yang disertai dengan pemilihan target market. Sehingga proses ini akan memberikan acuan dalam penentuan tahap selanjutnya.
  • Segmentasi merupakan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing, dengan memandang pasar dari sudut yang unik dan cara yang berbeda dari yang dilakukan oleh pesaing.

Dalam melakukan tahapan ini, perusahaan harus memperhatikan efektivitas segmentasi tersebut karena menyangkut ketepatan langkah rumusan pada strategi selanjutnya yaitu targeting dan positioning. Syarat segmentasi yang efektif diantaranya adalah measurable (terukur), substansial (banyak), accessible (dapat diakses), differentiable (dapat dibedakan), dan actionable (dapat dilayani). Ada beberapa variabel dari tahapan segmentasi ini, yaitu:

  • Demografis, yaitu segmentasi yang dilakukan dengan cara membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan variabel demografis seperti usia, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendapatan, ras, pendidikan, pekerjaan, geografis.
  • Psikografis, yaitu segmentasi yang dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok yang berlainan menurut kelas sosial, gaya hidup, kepribadian, dan lain sebagainya.
  • Perilaku, yaitu segmentasi yang dilakukan dengan membagi konsumen ke dalam segmen-segmen berdasarkan bagaimana tingkah laku, perasaan, dan cara konsumen menggunakan barang atau situasi pemakaian, dan loyalitas merek. Cara untuk membuat segmentasi ini yaitu dengan membagi pasar ke dalam pengguna dan non-pengguna produk.

Penentuan pasar sasaran (Targeting)

Implementasi Strategi Pemasaran STP pada Bisnis OnlineSetelah perusahaan mengidentifikasi peluang segmentasi pasar, langkah selanjutnya adalah mengevaluasi berbagai segmen tersebut untuk memutuskan segmen mana yang akan menjadi target market. Dalam mengevaluasi segmen pasar yang berbeda, perusahaan harus melihat beberapa faktor yaitu tujuan, daya tarik pasar secara keseluruhan, dan resource perusahaan. Dalam menentukan targeting, maka perlu dilakukan beberapa survey agar dapat mengetahui keadaan pasar nantinya sehingga proses pemasaran tidak salah sasaran. Ada 3 kriteria yang harus dipenuhi perusahaan pada saat mengevaluasi dan menentukan segmen pasar mana yang akan dijadikan target, yaitu:

  • Perusahaan harus memastikan bahwa segmen pasar yang dibidik cukup besar dan menguntungkan bagi perusahaan. Atau perusahaan dapat saja memilih segmen yang kecil, namun segmen itu harus mempunyai prospek menguntungkan dimasa yang akan datang. Sehubungan dengan hal ini, perusahaan harus melihat secara mendalam terhadap kompetisi yang ada di sektor tersebut serta potensinya untuk tumbuh karena akan berkaitan dengan ukuran dan pertumbuhan target segmen perusahaan.
  • Strategi targeting ini harus didasarkan pada keunggulan kompetitif perusahaan yang bersangkutan. Keunggulan kompetitif merupakan cara untuk mengukur apakah perusahaan memiliki kekuatan dan keahlian yang cukup memadai untuk menguasai segmen pasar yang dipilih atau tidak. Perusahaan juga harus menganalisis dari dekat apakah segmen pasar yang dipilih telah sejalan dan mendukung tujuan jangka panjang perusahaan atau tidak.
  • Segmentasi pasar yang dibidik harus didasarkan pada situasi persaingan yang ada. Perusahaan harus mempertimbangkan situasi persaingan yang dapat mempengaruhi daya tarik targeting perusahaan.

Penentuan produk (Positioning)

Implementasi Strategi Pemasaran STP pada Bisnis OnlinePositioning merupakan proses mengembangkan strategi pemasaran yang bertujuan untuk mempengaruhi bagaimana sebuah segmen pasar tertentu memandang sebuah barang atau jasa dibandingkan dengan kompetisi atau pesaing. Penentuan posisi pasar menunjukkan bagaimana suatu produk dapat dibedakan dari produk pesaingnya. Ada beberapa positioning yang dapat dilakukan oleh perusahaan, yaitu:

  • Positioning berdasarkan perbedaan produk
  • Positioning berdasarkan atribut produk atau keuntungan dari produk
  • Selain itu, ada positioning berdasarkan pengguna produk
  • Positioning berdasarkan pemakaian produk
  • Positioning berdasarkan pesaing
  • Dan ada positioning berdasarkan kategori produk
  • Positioning berdasarkan asosiasi
  • Serta positioning berdasarkan masalah

Di era modern saat ini, setiap perusahaan atau bisnis online memang dituntut untuk menerapkan konsep pemasaran digital internet. Berbagai aspek yang terkandung dalam wadah digital marketing tidak lain merupakan bentuk implementasi dari ilmu pemasaran yang diterapkan pada media internet dan digital. Maka sudah seharusnya penerapan segala aspek yang menyangkut bisnis online mengacu pada ilmu pemasaran.

Pada penerapannya, implementasi dari strategi pemasaran Segmenting Targeting Positioning (STP) sebenarnya cukup sederhana. Hal ini menyangkut pada perencanaan, tindakan dan pengaplikasian pemasaran dari produk yang akan dipasarkan dengan terlebih dahulu menganalisis keadaan umum perusahaan baik internal maupun eksternal. Dengan menyusun dan menerapkan strategi bisnis yang tepat, maka kesuksesan akan mudah Anda raih. Agar pengelolaan bisnis Anda lebih mudah, gunakan layanan software akuntansi online yang aman dan handal. Jurnal hadir sebagai simple online accounting yang telah dipercaya oleh banyak UKM di Indonesia. Gunakan Jurnal sekarang juga untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda.