Jurnal Enterpreneur

3 Manfaat Aplikasi Accounting untuk Bisnis Ritel

Sampai saat ini, tak banyak pelaku usaha yang mengetahui arti dan penggunaan aplikasi accounting. Aplikasi accounting adalah sistem aplikasi yang memiliki fungsi khusus terkait laporan pencatatan akuntansi dalam sebuah bisnis, termasuk untuk ritel.

Di dalamnya terdapat berbagai macam fitur yang sangat bermanfaat untuk proses akuntansi perusahaan dan proses bisnis.

Saat ini aplikasi akuntansi online merupakan salah satu investasi teknologi yang bermanfaat untuk membantu proses bisnis.

Dengan adanya aplikasi akuntansi dalam aktivitas bisnis, proses akuntansi perusahaan tidak lagi rumit dan menghabiskan waktu yang lama. Hal ini karena aplikasi accounting mampu menghitung setiap proses akuntansi yang terjadi secara otomatis.

Misalnya saja terkait laporan keuangan. Software accounting memiliki sebuah sistem lengkap yang bisa digunakan untuk membuat laporan keuangan rutin perusahaan.

Perusahaan tidak perlu melakukan perhitungan secara manual dan tentunya laporan keuangan itu diproses secara otomatis oleh aplikasi tersebut.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Kenapa Bisnis Ritel Butuh Pencatatan Akuntansi dengan Aplikasi Accounting?

Menggunakan software atau aplikasi accounting online untuk  bisnis ritel secara reguler dan sebagai bagian dari keseharian bisnis berjalan, akan memberikan hasil yang maksimal untuk bisnis.

Berikut adalah beberapa tips bagaimana akuntansi untuk ritel mampu mempengaruhi sukses:

  1. Menjaga catatan yang terjadi untuk setiap transaksi. Penjualan, pembelian, penggajian, pembayaran pajak, catat semuanya. Ini akan memberikan rekam transaksi untuk gambaran aktivitas bisnis Anda berjalan.
  2. Cek dan rekonsiliasi. Mengecek semua transaksi secara reguler (biasanya sehari sekali) dan memastikannya sesuai dengan kebutuhan usaha. Anda bisa melakukannya secara mandiri atu bisa saja meminta bantuan bookkeeper.
  3. Ulas performa arus kas perusahaan. Karena perbedaan itu adalah untung atau rugi sebuah bisnis. Simak secara teliti untuk mengetahui bagaimana bisnis Anda berjalan secara harian.
  4. Dapatkan laporan secara berkala. Manfaatkan perangkat akuntansi Anda untuk mendapatkan informasi lebih. Perangkat untuk usaha ritel disarankan mampu menghasilkan laporan yang detil dan akurat demi membantu pebisnis dalam memahami performa bisnis.
  5. Memisahkan bisnis dengan kebutuhan pribadi. Miliki akun bank yang terpisah antara keuangan bisnis dan pribadi. Jika bisa, pisahkan uang masuk dan keluarnya. Mungkin terdengar merepotkan, tapi ini akan memberikan informasi yang lebih akurat dan juga transparansi
  6. Perhatikan arus kas.

Baca juga: Panduan Lengkap Kelola Stock Opname Dalam Bisnis Ritel

Manfaat Aplikasi Accounting untuk Bisnis Ritel

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Accounting untuk bisnis ritel akuntansi

Bisnis ritel terus berkembang seiring berjalannya waktu. Setiap tahun selalu terjadi peningkatan, baik dari sisi jumlah pelaku bisnis ritel maupun skala penjualan produk ritel itu sendiri.

Untuk itu, diperlukan aplikasi accounting yang mampu mendukung aktivitas bisnis ritel.

Dalam bisnis ritel, setiap transaksi perlu dicatat secara teliti dan akurat. Jika tidak, maka bisa terjadi kesalahan dalam penyusunan laporan keuangan.

Kesalahan penyusunan laporan keuangan akan menghambat perkembangan bisnis ritel, meski telah berinovasi dengan baik. Padahal, persaingan industri ritel sangat ketat.

Dengan menggunakan aplikasi accounting untuk bisnis ritel, paling tidak terdapat beberapa manfaat yang bisa diambil. Berikut adalah 3 manfaat aplikasi accounting untuk bisnis ritel:

Permudah Pengelolaan Inventori dan Stok Barang dengan Jurnal. Baca Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pencatatan Data Transaksi

Setiap transaksi yang terjadi dalam sebuah bisnis ritel merupakan hal penting untuk dicatat serta dianalisa. Catatan transaksi sangat penting dalam penyusunan laporan keuangan.

Jika terdapat catatan transaksi yang terlewat, maka perhitungan laporan keuangan otomatis akan berantakan.

Menggunakan aplikasi akuntansi bisa mengatasi masalah kesalahan pencatatan data transaksi. Aplikasi accounting memiliki fitur pencatatan transaksi, berikut dengan tersedianya faktur penagihan.

Selain itu, data akan tersimpan dengan aman karena aplikasi accounting menggunakan cloud system yang aman. Data transaksi tidak akan hilang dan bisa diakses kapanpun serta dimanapun.

Baca Juga: Alasan Software Akuntansi Online Dianggap Terbaik

Analisa Laporan Keuangan

Setiap tahun, bisnis akan mengalami perubahan kinerja keuangan. Laporan keuangan dibuat untuk digunakan sebagai evaluasi kinerja perusahaan.

Perhitungan laporan keuangan bisnis ritel yang dilakukan secara manual bisa rawan terjadi kesalahan. Tentu saja ini bisa berakibat fatal bagi perusahaan.

Aplikasi accounting bisa menyediakan sistem penghitungan laporan keuangan dengan lebih mudah dan akurat.

Setiap proses perhitungan melibatkan transaksi keuangan yang kemudian diakumulasi secara otomatis dan menjadi laporan keuangan yang tepat.

Pada akhirnya, pelaku usaha ritel dapat melakukan analisa laporan keuangan untuk menentukan keputusan bisnis yang tepat di masa mendatang.

Fitur dalam aplikasi akuntansi sudah diatur sedemikian rupa sehingga risiko transaksi hilang ataupun risiko kesalahan hitung bisa dikurangi.

Hasil laporan keuangan juga menjadi lebih akurat dengan adanya berbagai fitur yang terdapat di dalam aplikasi tersebut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengelola Ekonomi Kreatif Selama Resesi

Penyimpanan Data yang Aman

Banyak sekali aplikasi accounting yang menggunakan sistem cloud demi keamanan data perusahaan. Keamanan data sistem accounting berbasis cloud memang lebih terjamin dibandingkan dengan cara yang manual.

Data yang tersimpan dalam sistem cloud tidak bisa hilang atau diketahui pihak lain dengan mudah.

Jika data tersebut tidak sengaja terhapus, perusahaan masih bisa mengembalikan data yang sebelumnya tersimpan. Selain itu, sistem cloud membuat perusahaan bisa mengakses aplikasi akuntansi kapanpun dan dimanapun.

Aplikasi akuntansi memberikan kemudahan kepada pelaku bisnis ritel untuk  mengelola keuangan dengan mudah dan juga mengatasi kesalahan yang mungkin terjadi saat pelaporan keuangan.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Penjualan dalam Bisnis Ritel

Gunakan Jurnal, Aplikasi Accounting Terpercaya Untuk Bisnis Ritel Anda!

Salah satu bentuk aplikasi accounting yang banyak digunakan pelaku bisnis ritel di Indonesia adalah Jurnal by Mekari.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis ritel diproses dengan baik oleh Jurnal.

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Bagi Anda yang berlangganan Jurnal pada periode Agustus 2020 ini, Anda akan mendapat gratis berlangganan maksimal 2 bulan dan diskon hingga 25%. Tak hanya itu, dilengkapi juga dengan 4 kali free training dan free 8 users login.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk di website Jurnal atau dapat pula mencoba demo gratis 14 hari dengan menekan banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah beberapa manfaat menggunakan aplikasi accounting untuk mengelola proses akuntansi pada bisnis ritel Anda.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

 

Kategori : Accounting

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo