Bagaimana Cara Mengelola Ekonomi Kreatif Selama Resesi

Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu sering mendengar istilah ekonomi kreatif. Di Indonesia, banyak organisasi dan gerakan yang memajukan industri kreatif, mulai dari lembaga pelatihan hingga akses pendanaan.

Pengertian ekonomi kreatif adalah suatu konsep ekonomi baru yang berfokus pada informasi dan kreativitas yang mengandalkan ide-ide kreatif dan pengetahuan dari sumber daya manusia (SDM) untuk faktor produksi utama.

Ekonomi kreatif saat ini semakin banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia, terutama para generasi muda di Indonesia karena merasa hal ini dalah profesi yang cocok untuk dikerjakan.

Meskipun sangat populer, ekonomi kreatif memiliki tantangan di masa pandemi Covid-19  kali ini. Banyak sekali UKM yang bergerak di bidang tersebut terpaksa gulung tikar karena tidak mampu bertahan di masa resesi selama pandemi Covid-19.

Ada banyak alasan kenapa selama pandemi Covid-19 banyak sekali UKM tidak bisa bertahan beroperasi. Salah satunya karena daya beli masyarakat yang menurun, hingga akhirnya terjadi resesi.

Turunnya daya beli masyarakat ini berkaitan dengan pemberlakuan sistem kerja dari rumah dan physical distancing. Ditambah, pandemi Covid-19 tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Hal ini mempengaruhi perekonomian dunia dan berdampak juga pada Indonesia. 

Baca Juga: 6 Manfaat Ekonomi Kreatif untuk Kesuksesan Usaha

Cara Mengelola Ekonomi Kreatif Selama Masa Resesi 

Tips Memulai Usaha Kerajinan Tangan dengan Bermodalkan Kreatifitas

Pemilik usaha yang berhubungan dengan industri kreatif harus bisa memutar otak agar bisnis tetap berjalan selama masa resesi akibat Pandemi Covid-19. Protokol yang perlu diberlakukan selama masa Covid-19 adalah menjaga jarak, memakai masker, rajin mencuci tangan, dan selalu menjaga kesehatan atau tidak boleh overworked.

Tentunya dengan kondisi ekonomi yang belum membaik, industri kreatif harus mampu beradaptasi dengan masa Pandemi Covid-19. Berikut adalah cara mengelola ekonomi kreatif selama masa resesi :

Pelajari Kembali Target Pasar

Produk ekonomi kreatif Anda mungkin boleh sama, tetapi target pasar bisa berubah selama masa resesi. Alasannya, banyak orang yang kondisi ekonominya juga berubah. Perlu waktu untuk beradaptasi dengan kondisi ekonomi yang baru.

Maka itu, tidak ada salahnya untuk mempelajari target pasar Anda sekali lagi. Hal ini bisa bermanfaat di masa Pandemi Covid-19, karena Anda bisa mempromosikan bisnis Anda dengan tepat sasaran.

Baca Juga: Teknologi Bantu Bisnis Hong Tang Bertahan saat Krisis COVID-19

Ubah Produk Ekonomi Kreatif

Untuk cara berikut ini tentunya bisa saja menghabiskan waktu yang cukup banyak dan memerlukan dana yang banyak. Namun, mengubah produk bisa menjadi solusi yang tepat di masa resesi. Tidak perlu mengubah total, cukup sesuaikan dengan protokol selama Pandemi Covid-19 agar pembeli merasa puas dengan produk Anda.

Misalnya, penjual kopi merubah produknya menjadi cold brew sehingga bisa dibeli dan diminum kapan saja tanpa harus mengunjungi kedai kopi. Perubahan produk ini sesuai dengan kebutuhan pasar dan tentunya tetap mematuhi protokol normal baru yang berlaku.

Baca Juga: Permudah Proses Transaksi dengan Cash Link Transfer dan Rekonsiliasi Otomatis

Gunakan Teknologi demi Kemudahan

Industri ekonomi kreatif juga perlu meningkatkan kinerja dengan menggunakan teknologi yang dapat mempermudah pekerjaan. Misalnya dengan membeli mesin untuk mengemas makanan atau minuman sehingga bisa dikirim kepada pelanggan tanpa merusak rasa makanan atau minuman tersebut. 

Contoh lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan teknologi seperti software akuntansi untuk mempermudah proses laporan keuangan tanpa harus datang ke kantor dan berinteraksi dengan orang yang berisiko terjangkit Covid-19.

Dengan menggunakan software akuntansi seperti Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya pengeluaran untuk menyewa jasa akuntan karena semua data telah diproses dengan baik oleh Jurnal.

Jurnal dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan adanya fitur software akuntansi yang akurat. Cari tahu selengkapnya mengenai produk di website Jurnal atau tak ada salahnya mencoba demo gratis 14 hari.

CTA promo agustus 2020


PUBLISHED10 Aug 2020
Desy
Desy

SHARE THIS ARTICLE: