Target pasar merupakan istilah yang penting Anda ketahui sebagai pengusaha. Di mana, Anda harus mampu menentukan target pasar terlebih dahulu sebelum memasarkan produk. Dengan mengetahui target pasar, Anda dapat menyusun strategi pemasaran yang efektif untuk produk Anda. Di bawah ini adalah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui tentang target pasar.

 

Apa  Itu Target Pasar?

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang target pasar, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa itu target pasar. Target pasar adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Singkatnya target pasar adalah kelompok yang akan dilayani sebagai konsumen. Target pasar biasanya mempunyai rentan umur, sifat dan karakter yang hampir sama.

 

Apa Manfaat Penentuan Target Pasar ?

Kenapa Anda harus menentukan target pasar? Apa manfaat yang akan Anda dapatkan? Di bawah ini adalah beberapa hal yang akan Anda dapatkan dengan menentukan target pasar sebelum memulai bisnis.

a. Menempatkan gagasan pemasaran dengan lebih jelas

b. Mengatur produk menjadi lebih baik.

c. Menemukan dan membandingkan kesempatan pasar.

d. Mengelompokkan budget yang dimiliki secara tepat.

e. Menciptakan daya tarik di bidang pemasaran.

f. Perusahaan akan berada pada posisi yang lebih baik.

 

Perhatikan Hal ini Sebelum Menentukan Target Pasar

Sebelum menentukan target pasar, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Misalnya.

a. Ukuran segmen

Perhatikan ukuran segmen yang akan dituju untuk memutuskan apakah segmen tersebut cukup menjanjikan untuk dilanjutkan atau tidak. Jangan menargetkan ukuran segmen yang terlalu besar atau luas.

b. Pertumbuhan segmen

Menganalisis pertumbuhan segmen sangat diperlukan sebelum menentukan target pasar. Perhatikan pertumbuhan segmen yang akan dituju, untuk melihat kemungkinan bisnis akan berkembang di masa yang akan datang.

c. Analisis situasi

Lakukan analisis situasi secara teliti dan cermat sebelum menentukan target pasar. Analisis situasi tersebut berhubungan dengan konsumen, para pemasok, dan para distributor dengan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).

d. Sumber Daya Perusahaan

Sebelum menentukan target pasar, cobalah perhatikan sumber daya yang didapat perusahaan. Apabila sumber daya perusahaan didapat dari kerja sama dengan pihak luar, maka Anda harus berhati-hati. Karena keuntungan dan risiko ditanggung bersama.

e. Dana yang tersedia

Perhatikan dana yang disediakan perusahaan Anda, apabila perusahaan menyediakan dana yang sedikit jangan mengambil risiko untuk menentukan target pasar yang besar. Usahakan keseimbangan antara dana dan target pasar yang menjadi sasaran tujuan.

 

Apa Contoh Target Pasar?

Di bawah ini, kami akan memberikan contoh mengenai target pasar. Misalnya, Anda adalah seorang pengusaha di bidang pakaian wanita, maka contoh target pasar yang bisa Anda tentukan adalah sebagai berikut :

a. Produk yang dijual: pakaian wanita yang dijual secara online.

b. Target lokasi: kota-kota besar, seperti Surabaya, Jakarta, Semarang, Medan, Palembang, Bandung, Yogyakarta, dan lainya yang dapat dijangkau kurir maksimal 2-3 hari kerja.

c. Target Demografi: perempuan dengan rentan usia 17-30 tahun yang memiliki penghasilan di atas 2 juta per bulan.

d. Karakteristik Psikologis: terbiasa dengan Internet dan social media dan mengikuti tren fashion masa kini.

 

Sebelum memulai bisnis, penentuan target pasar memang penting dilakukan untuk mengetahui target sasaran konsumen. Selain itu, Anda juga harus mengelola keuangan bisnis jika ingin bisnis Anda terus maju dan berkembang. Jurnal merupakan software akuntansi online yang memudahkan Anda mengelola keuangan bisnis. Dapatkan kemudahan untuk mengetahui laporan keuangan bisnis tanpa membutuhkan banyak waktu. Informasi lebih lanjut tentang Jurnal dapatkan di sini.