Pentingnya Menentukan Target Pasar bagi Bisnis Anda

Jika Anda adalah seorang pebisnis, tentunya Anda ingin bisnis yang dijalankan berkembang dengan pesat. Nah, untuk mencapai hal tersebut diperlukannya strategi pemasaran yang tepat dan efektif, salah satunya adalah menentukan target pasar. Target pasar merupakan istilah yang penting Anda ketahui sebagai pengusaha, di mana Anda harus mampu menentukan target pasar terlebih dahulu sebelum memasarkan produk. Dalam menetapkan target pasar, perusahaan harus lebih dulu melakukan segmentasi pasar dengan cara mengelompokkan konsumen ke dalam kelompok dengan ciri yang hampir sama.

Penentuan target pasar ini penting karena perusahaan tidak mampu melayani semua konsumen atau pembeli di pasar karena beragamnya kebutuhan dan keinginan. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengidentifikasi bagian pasar mana yang akan dilayani sebagai target pasar.

Apa Itu Target Pasar?

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang target pasar, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa itu target pasar. Target pasar adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Singkatnya target pasar adalah kelompok yang akan dilayani sebagai konsumen. Target pasar biasanya mempunyai rentan umur, sifat dan karakter yang hampir sama.

Pentingnya Menentukan Target Pasar

Kenapa Anda harus menentukan target pasar? Apa manfaat yang akan Anda dapatkan? Di bawah ini adalah beberapa hal yang akan Anda dapatkan dengan menentukan target pasar sebelum memulai bisnis.

  • Menempatkan gagasan pemasaran dengan lebih jelas
  • Mengatur produk menjadi lebih baik.
  • Menemukan dan membandingkan kesempatan pasar.
  • Mengelompokkan budget yang dimiliki secara tepat.
  • Menciptakan daya tarik di bidang pemasaran.
  • Perusahaan akan berada pada posisi yang lebih baik.

Baca juga: Strategi Komitmen Pasar, Cara Jitu Hadapi Persaingan Usaha

Perhatikan Hal ini Sebelum Menentukan Target Pasar

Sebelum menentukan target pasar, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Ukuran Segmen

Perhatikan ukuran segmen yang akan dituju untuk memutuskan apakah segmen tersebut cukup menjanjikan untuk dilanjutkan atau tidak. Jangan menargetkan ukuran segmen yang terlalu besar atau luas.Umumnya, perusahaan besar akan cenderung memilih segmen besar begitupun sebaliknya, perusahaan kecil akan memilih segmen pasar lebih kecil. Tujuannya adalah supaya perusahaan mampu menyesuaikan target perusahaan dengan kemampuan masing-masing.

2. Pertumbuhan Segmen

Menganalisis pertumbuhan segmen sangat diperlukan sebelum menentukan target pasar. Perhatikan pertumbuhan segmen yang akan dituju untuk melihat kemungkinan bisnis akan berkembang di masa yang akan datang. Walaupun ukuran segmen saat ini cenderung kecil, tidak menutup kemungkinan segmen tersebut akan berkembang menjadi besar di masa mendatang. Pada dasarnya, segmen kecil adalah segmen pasar potensial.

3. Analisis Situasi

Lakukan analisis situasi secara teliti dan cermat sebelum menentukan target pasar. Analisis situasi tersebut berhubungan dengan konsumen, para pemasok, dan para distributor dengan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).

4. Sumber Daya Perusahaan

Sebelum menentukan target pasar, cobalah perhatikan sumber daya yang didapat perusahaan. Apabila sumber daya perusahaan didapat dari kerja sama dengan pihak luar, maka Anda harus berhati-hati. Karena keuntungan dan risiko ditanggung bersama.

5. Dana yang Tersedia

Perhatikan dana yang disediakan perusahaan Anda, apabila perusahaan menyediakan dana yang sedikit jangan mengambil risiko untuk menentukan target pasar yang besar. Usahakan keseimbangan antara dana dan target pasar yang menjadi sasaran tujuan.

6. Tujuan yang Sesuai

Setelah menentukan segmen pasar, sebaiknya perusahan tetap fokus pada segmen. Usahakan untuk tidak beralih ke segmen pasar lain yang memang tidak direncanakan sebelumnya untuk menghindari risiko mengalami kerugian.

Apa Contoh Target Pasar?

Di bawah ini, kami akan memberikan contoh mengenai target pasar. Misalnya, Anda adalah seorang pengusaha di bidang pakaian wanita, maka contoh target pasar yang bisa Anda tentukan adalah sebagai berikut:

  • Produk yang dijual: pakaian wanita yang dijual secara online.
  • Target lokasi: kota-kota besar, seperti Surabaya, Jakarta, Semarang, Medan, Palembang, Bandung, Yogyakarta, dan lainya yang dapat dijangkau kurir maksimal 2-3 hari kerja.
  • Target Demografi: perempuan dengan rentan usia 17-30 tahun yang memiliki penghasilan di atas 2 juta per bulan.
  • Karakteristik Psikologis: terbiasa dengan Internet dan social media dan mengikuti tren fashion masa kini.

Pentingnya menentukan target pasar memang menjadi salah satu cara yang dilakukan sebelum memulai bisnis. Selain itu, Anda juga harus mengelola keuangan bisnis jika ingin bisnis Anda terus maju dan berkembang. Anda dapat menggunakan Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi online yang memudahkan Anda mengelola keuangan bisnis. Dapatkan kemudahan untuk mengetahui laporan keuangan bisnis tanpa membutuhkan banyak waktu.

Jurnal juga menghadirkan fitur database pelanggan sehingga Anda dapat mengetahui apakah bisnis Anda sudah tepat sasaran, atau harus diperluas lagi jangkauan target pasarnya. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang Jurnal dan dapatkan free trial Jurnal selama 14 hari.

Kategori : BisnisMarketing

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo