Komunikasi efektif adalah pertukaran informasi, ide, atau perasaan yang menghasilkan perubahan sikap sehingga terjalin hubungan baik antara pemberi dan penerima pesan. Pengukuran efektifitas dari suatu proses komunikasi dapat dilihat dari tercapainya tujuan si pengirim pesan. Sebagai seorang akuntan, komunikasi efektif penting dalam menjaga hubungan baik dengan karyawan dan pihak luar, seperti vendor dan klien.

 

Tugas seorang akuntan dalam bisnis itu termasuk salah satu hal penting, seperti persiapan dan pelaporan anggaran, pembayaran tagihan, penggajian dan pencatatan pendapatan. Semua hal tersebut perlu dipresentasikan dengan baik kepada manajemen dan pihak lain agar memiliki arti dan tidak hanya menjadi sekumpulan angka semata. Di bawah ini akan kita bahas 4 strategi komunikasi efektif yang wajib dimiliki seorang akuntan.

Bersikap Ramah & Efektif

 

 

Penting untuk menjadi orang yang menyenangkan saat berbicara dengan rekan kerja, tapi mengingat laporan keuangan adalah masalah penting dan orang-orang yang Anda hadapi adalah orang penting, maka cobalah berbicara langsung ke titik permasalahan tanpa membuang waktu. Cari tahu apa yang perlu Anda katakan dan selesaikan pembicaraan dengan jelas. Pastikan bahwa semua pihak yang berkepentingan dengan masalah laporan keuangan tersebut memahami semua laporan dan berikan sebuah presentasi laporan yang penuh kepastian.

Berikan Jeda & Kesempatan Bertanya

 

Ketika Anda sudah menyelesaikan sebuah presentasi dan akan melanjutkan ke presentasi berikutnya, tidak ada salahnya Anda memberi sedikit jeda agar pihak-pihak yang berkepentingan dengan laporan tersebut, benar-benar telah memahami apa yang Anda sampaikan dan menyiapkan diri untuk bertanya jika ada beberapa hal yang belum mereka pahami. Tergesa-gesa dalam melakukan presentasi akan berpotensi menimbulkan kesalahpahaman yang justru akan menambah panjang waktu untuk memberi penjelasan kembali.

Buatlah Perencanaan

 

Tahu apa yang akan dikatakan, bagaimana Anda akan mengatakannya, dan apa tindakan akhir yang harus dilakukan adalah sebuah strategi penting untuk sebuah komunikasi efektif. Membuat  perencanaan tentang apa saja yang ingin Anda sampaikan ketika melakukan presentasi, akan membantu Anda berkomunikasi dengan lebih baik dengan rekan kerja dan memberi hasil akhir yang Anda butuhkan.

Berikan Contoh Nyata

 

Penggunaan data akuntansi yang paling penting adalah untuk mengomunikasikan informasi angka menjadi sebuah bahasa yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan dan memungkinkan manajemen membuat keputusan yang baik. Agar efektif, informasi akuntansi harus masuk akal dan dipahami. Mengubah deretan angka menjadi sebuah kata-kata terkadang tidaklah mudah. Jika Anda tidak yakin bagaimana mengungkapkan apa yang ingin dikatakan, Anda bisa mengambil  sebuah cerita sebagai contoh untuk membantu sesorang memiliki persepsi yang sama tentang apa yang Anda sampaikan. Anda bisa memberi contoh dengan apa yang terjadi dalam masalah keuangan perusahaan dengan mengambil kejadian yang sama di masa lalu saat bisnis pernah berjaya atau mengalami kondisi keterpurukan finansial yang sama.

 

Itulah keempat strategi komunikasi efektif yang bisa Anda ikuti dan wajib dimiliki oleh seorang akuntan yang  ingin melakukan sebuah presentasi laporan keuangan untuk pihak-pihak yang berkepentingan misalnya Investor, pihak Bank, maupun pemerintah dengan baik dan nyaman. Untuk membantu membuat presentasi laporan keuangan secara efektif, seorang akuntan juga membutuhkan sistem akuntansi handal yang mampu mendukung dan menyediakan data secara realtime dan dapat diakses kapan pun dan di mana pun.

 

Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu seorang akuntan maupun pemilik bisnis dalam membuat dan memonitor laporan keuangan secara realtime, di mana saja dan kapan saja. Jurnal juga menyediakan sebuah analisis grafik data yang memudahkan Anda dalam mengetahui kondisi keuangan terkini dari setiap transaksi akuntansi seperti peningkatan atau penurunan penjualan, aktiva , ketersediaan barang dan keuntungan.Informasi lengkap tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

Author