Panduan Usaha Steam Motor dan Keuntungannya

Peluang usaha steam motor bisa menjadi salah satu peluang usaha yang dapat dikembangkan dalam usaha karena perolehan keuntungan dari usaha steam motor juga sangat menjanjikan.

Setelah sebelumnya pernah dibahas tentang usaha bengkel motor dan rental motor, kali ini kita bahas tentang usaha cuci motor yang memang akan selalu naik sepanjang tingginya kepemilikian kendaraan di Indonesia saat ini.

Jika Anda tinggal di daerah yang padat penduduk tentunya potensi menjalankan usaha steam motor sangat menguntungkan sekali. Apalagi jika di dalam lingkungan tersebut banyak warga yang sibuk dan tidak sempat mencuci motor di rumah.

Bagi seorang masyarakat yang tidak mempunyai waktu mencuci motor di rumah mereka lebih memilih untuk mencucikan motornya di tempat pencucian. Biaya pencucian motor pada saat ini juga sangat terjangkau sehingga biaya yang dikeluarkan untuk mencuci motor tidak terlalu besar.

Jika Anda ingin menjalankan usaha steam motor tentunya juga diperlukan beberapa panduan, langkah-langkah dan strategi untuk mendukung kelancaran usaha yang dijalankan.

usaha steam motor

Strategi Peluang Usaha Steam Motor

  1. Pemilihan lokasi yang tepat

Jika ingin menjalankan usaha steam motor sebaiknya memilih lokasi yang strategis. Pemilihan lokasi yang digunakan untuk menjalankan usaha steam motor juga sangat menujang kelancaran usaha yang dijalankan.

Pemilihan lokasi yang tepat dan strategis untuk menjalankan usaha steam motor adalah lokasi yang ramai dan tentunya mudah dijangkau oleh masyarakat secara luas.

Pemilihan lokasi yang strategis tidak hanya dilihat dari segi keramaian saja namun harus dilihat juga dari segi persaingan antar pengusaha steam motor.

Sebenarnya untuk menghadapi persaingan peluang usaha steam motor tidak perlu takut karena pada saat ini semakin majunya zaman semakin banyak kalangan masyarakat yang menggunakan sepeda motor.

Agar usaha steam motor yang dijalankan mempunyai pelanggan banyak tentunya dalam segi pelayanan harus diutamakan. Pelayanan masyarakat harus diperhatikan agar pelanggan semakin senang jika mengunjungi tempat cucian motor yang Anda jalankan.

Biasanya pelayanan yang memuaskan konsumen akan membuat konsumen tetap mengunjungi lokasi yang Anda jalankan.

  1. Strategi promosi cucian motor

Membuka usaha cucian motor juga perlu dilakukan strategi yang menarik agar usaha yang dijalankan semakin sukses hingga ke depannya.

Promosi yang menarik bisa dilakukan dengan berbagai program-program yang dapat membuat konsumen mau mencucikan motornya di tempat pencucian yang Anda jalankan. Strategi promosi bisa dilakukan dengan menggunakan selebaran brosur yang dapat dibagikan di lingkungan sekitar.

Selain itu Anda bisa memberikan promo-promo yang menarik. Tidak hanya itu saja Anda bisa memasang banner dan baliho di depan usaha cucian motor yang Anda jalankan. Pemberian bonus pelanggan yang sering mencuci juga bisa membuat pelanggan tetap memilih mencuci di lokasi Anda.

  1. Pelayanan yang memuaskan

Menjalankan usaha apapun yang paling penting dilakukan adalah memberikan pelayanan yang terbaik. Misalnya saja pelayanan yang ramah dan tentunya selalu memberikan senyuman merupakan salah satu cara yang dapat menarik minat pelanggan. Pelayanan seperti itu termasuk salah satu pelayan yang masih sepele.

Untuk pelayanan pencucian motor Anda harus bisa mencuci dengan hasil yang bersih serta mengelap hingga sempurna dan tentunya waktu mencuci motor juga jangan terlalu lama. Jika banyak pelanggan yang ingin mencucikan motornya tentunya banyak pelanggan yang menunggu antrian. Agar membuat pelanggan merasa nyaman sediakan tempat menunggu yang bersih.

Selain itu Anda dapat memberikan fasilitas tv dan buku majalah atau koran. Pelayanan yang saat ini dibutuhkan kalangan masyarakat adalah layanan wifi gratis.

Beberapa penjelasan penting sebelum menjalankan usaha steam motor dapat dilihat dari penjelasan yang telah disediakan. Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha steam motor juga harus mengatahui analisa usaha steam motor yang akan dijalankan. Untuk lebih jelasanya analisa usaha steam motor dapat dilihat di bawah ini.

Analisa Usaha Steam Motor

Investasi

Peralatan Harga
Lengkap Kompresor 1/2 HP (bahan bakar bensin) + Selang 1 unit Rp.      500,000
Lengkap Steam Air (bahan bakar bensin) + Selang 1 Unit Rp.      300,000
Stik 2 Buah Rp.      200,000
Tabung Cuci Salju Kecil 10L+ Selang 1 unit Rp.      500,000
Inflator 1 Unit Rp.      100,000
Air Duster 1 unit Rp.      120,000
Selang Spiral 9Mtr 1 Buah Rp.      150,000
Nepel Sambungan 3 Buah Rp.          50,000
Kunci Busi 1 Buah Rp.      100,000
Kunci Stel Rantai 1 Buah Rp.      100,000
Sikat kecil 6 buah Rp.          50,000
Sikat Bergagang 1 Buah Rp.          50,000
Kuas 1 Buah Rp.          50,000
Semprot Oli 1 Buah Rp.      100,000
Lap Kanebo 4 buah Rp.      150,000
Sprayer 1 Buah Rp.      100,000
Shampo Salju 25 L Rp.      100,000
Semir Ban 5 L Rp.      100,000
Obat Poles Bodi 1 L Rp.      100,000
Sabun Colek 3 kg Rp.          50,000
Spanduk 1 Buah Rp.      300,000
Banner Vertikal 2 Buah Rp.     1,000,000
Spanduk Proses 1 Buah Rp.      500,000
Banner kecil 10 Buah Rp.      300,000
Stempel Otoclink 1 Buah Rp.      100,000
Kaos Seragam Otoclink 6 buah Rp.      300,000
Nota NCR 2 Ply Rp.          50,000
Brosur Rp.      100,000
Kartu Member Rp.      150,000
Standard Operating Procedure Rp.      100,000
CD Demo Rp.      100,000
Pelatihan langsung karyawan Rp.      100,000
Survey Lapangan Rp.      100,000
 

Jumlah

    6,170,000

 

  • Harga Jasa Cuci Motor = Rp. 5.000
  • Biaya Bahan Baku Shampo Per Motor = Rp. 500
  • Omzet Per Hari – Biaya Shampoo

= 20 x (Rp. 5.000 – Rp. 500)

= Rp. 90.000

  • Omzet Per Bulan

= Rp. 90.000 x 30 hari

= Rp. 2.700.000

  • Biaya Karyawan 2 Orang = Rp. 1.000.000
  • Sewa Gedung = Rp. 500.000
  • Listrik dan Air = Rp. 50.000
  • Bensin = Rp. 100.000
  • Total Biaya yang Dikeluarkan 1 Bulan = Rp. 1.650.000
  • Keuntungan Bersih 1 Bulan

= Omzet Per Bulan – Total Biaya 1 Bulan

= Rp. 2.700.000 – Rp. 1.650.000

= Rp. 1.050.000

Jadi, Peluang usaha steam motor setiap satu bulannya bisa menghasilkan keuntungan sebesar Rp. 1.050.000. Keuntungan yang diperoleh setiap satu bulannya bisa dikatakan sebagai perolehan keuntungan yang sangat menjanjikan sehingga Anda bisa menjalankan usaha steam motor jika belum memiliki usaha.

usaha steam motor

Tips Sukses Membuka Usaha Steam Motor di Rumah

Lantas, bagaimana cara membuka usaha steam motor di rumah agar bisa sukses? Sebagai referensi, berikut ini cara membuka usaha steam motor di rumah.

Berikut 9 tips membangun usaha mencuci motor yang bisa Anda pahami dan praktekkan.

  1. Mempelajari keterampilan mencuci motor

Kalau kita lihat secara sekilas mencuci motor merupakan tugas yang gampang. Semua orang bisa melakukannya mulai dari anak kecil usia sekolah dasar hingga dewasa seperti orangtua pun bisa melakukannya.

Yang membedakan adalah hasil mencucinya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal ternyata tidak semua orang bisa melakukannya. Terutama pada bagian sela-sela mesin dan komponen mesin di dalamnya yang kadang lengket terkena oli. Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian hasil mencuci motor benar-benar bersih.

Oleh sebab itu, penting sebelum usaha dibuka untuk mempelajari dulu bagaimana metode mencuci motor yang benar. Cara mempelajarinya bisa melalui video di Youtube, dan melihat-lihat di Google search engine, lalu mempraktekkannya pada motor pribadi.

Selain itu juga bisa mendatangi tempat pencucian motor di daerah rumah kita. Perhatikan bagaimana mereka mencuci motor, jika hasilnya bagus bisa langsung dipraktekkan.

Hal yang perlu diperhatikan saat mencuci motor adalah proses membersihkan dan mengeringkannya. Perhatikan dengan teliti sehingga tidak ada kesalahan dan masalah yang timbul saat atau setelah mencuci motor, yang bisa membuat cat motor lecet, tergores atau pun belang-belang.

Pengetahuan akan penguasaan mesin motor juga perlu dimiliki. Jikalau kita tidak memahaminya dengan baik maka akan berdampak mesin pada motor rusak dan berkarat akibat kesalahan pemahaman akan mesin motor saat dicuci.

Selain belajar cara membersihkan dan ilmu teknikal mengenai mesin motor, Anda juga harus belajar mengenai sistem pembukuan administrasi keuangan seperti pengeluaran dan pemasukan. Hal ini agar usaha cuci motor Anda nantinya dapat berkembang dengan keuangan yang sehat.

  1. Memilih lokasi yang strategis untuk usaha cuci motor

Saat membangun usaha apapun tentunya pemilihan lokasi yang benar akan berpengaruh sekali terhadap kelangsungan mulai dari bisnis. Tentunya Anda harus memilih sebuah lokasi yang strategis yang cocok untuk membangun usaha cuci motor, karena ini yang akan berguna untuk menunjang kelancaran usaha Anda.

Bangunlah usaha cuci motor Anda di lokasi yang ramai, karena di keramaian akan memberikan peluang banyak orang yang melihat lapak Anda. Semakin banyak orang yang melihat usaha Anda. Maka akan semakin besar juga presentasi peluang pengunjung yang datang untuk mencuci motornya di tempat Anda.

Tetapi perlu di ingat juga pemilihan lokasi strategis tidak hanya melihat dari lokasinya yang ramai. Namun juga dilihat dari segi persaingannya, apakah dekat sekitar Anda sudah ada yang membangun usaha cuci motor.

Jika belum maka ini bisa menjadi lokasi yang bagus, tetapi jika sudah ada 1 tidak masalah teruskan untuk membangun usaha di lokasi tersebut. Anda tidak perlu takut dengan persaingan usaha, karena nyatanya persaingan yang akan memacu untuk termotivasi dengan ide-ide unik dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Jadi mulailah pelajari bagaimana memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan Anda, sehingga membuat pelanggan semakin puas. Semakin puasnya pelanggan dengan kinerja Anda. Maka akan banyak pelanggan yang berdatangan dan percaya mencuci motornya di tempat Anda.

Untuk mempermudah menarik pelanggan yang diperlukan dengan melakukan pemilihan lokasi cuci motor yang luas seperti bisa menampung 4 – 6 motor untuk dicuci.

Selain itu, sebaiknya Anda juga menyajikan tempat atau ruangan tunggu yang nyaman selama para konsumen menunggu cucian motor selesai dikerjakan. Tentu saja mencuci motor bukanlah waktu yang sebentar dan sangat tidak pantas jika pelanggan terpaksa berdiri karena tidak ada ruang tunggu yang nyaman ditempat usaha cuci motor Anda.

Usahakan area ruang tunggu jauh dari tempat cucian motor atau dibatasi dengan dinding. Hal ini menghindari pelanggan terkena cairan cipratan cucian motor sebab jaraknya yang terlalu dekat, saat menunggu motornya dicuci.

  1. Menyiapkan peralatan & perlengkapan membuat usaha cuci motor

Membuat usaha cucian motor, maka Anda juga harus siap dengan segala alat bilas motor dan perlengkapan untuk memulainya. Yang paling adalah Anda harus memilih lokasi yang lancar mendapatkan air. Karena modal utama usaha cuci motor ialah memiliki air yang melimpah sebagai bahan utama mencuci motor.

Selanjutnya peralatan lain yang dibutuhkan adalah mesin cuci motor seperti kompresor dan mesin steam. Kedua alat ini akan memudahkan Anda dalam mencuci motor pelanggan.

Perlengkapan selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah busa khusus mencuci motor, shampo khusus motor, sikat, kain lap, kanebo, pengkilap motor dan semir ban. Semua peralatan tersebut wajib ada untuk memulai usaha cuci motor.

Jika usaha Anda mulai berkembang dan memiliki modal lebih bisa membeli tangki snow yang bisa mencuci motor dengan busa salju. Para pelanggan jelas akan tertarik dengan tempat cuci motor yang menyediakan cuci salju. Biasanya tangki snow ini akan digabungkan dengan kompresor dan diberi air khusus untuk menghasilkan buih-buih seperti salju.

Untuk menambah ketertarikan pelanggan mencuci motor ditempat Anda, bisa lebih professional dengan menyajikan sistem hidrolik agar motor bisa diangkat ke atas. Sehingga bagian-bagian bawah pada motor yang pastinya sulit dibersihkan dan akhirnya bisa dibersihkan.

usaha steam motor

  1. Mencari pegawai yang membantu usaha cuci motor

Dalam membangun usaha cuci motor tidak dapat dijalankan seorang diri, tentu saja Anda membutuhkan pegawai yang membantu usaha cuci motor yang akan dibangun. Saat awal membangun usaha cuci motor cukup merekrut sebanyak 2-3 orang. Kemudian informasikan tugas mereka secara jelas yaitu mencuci kendaraan milik para pelanggan yang datang.

Selain itu di awal merekrut penting untuk mengetahui keahlian cara mencuci motor yang mereka miliki. Jika Anda cocok bisa langsung merekrutnya dan menginformasikan sistem penggajian dan berapa gaji yang diterimanya. Anda dapat memberlakukan sistem gaji mingguan maupun bulanan.

Tentunya Anda harus memburu karyawan laki-laki untuk membantu usaha cuci motor tersebut. Carilah tipe orang yang mempunyai semangat kerja tinggi, ulet, pekerja keras, tidak mengeluh dan teliti.

Ajarkan pada mereka bagaimana cara memakai peralatan cuci motor, mulai dari kompresor dan tangki snow agar alat

tersebut tidak gampang rusak karena salah pemakaian. Training para karyawan agar dapat mencuci motor dengan baik dan benar dengan hasil yang cepat dan memuaskan.

Jangan mempekerjakan pegawai yang malas dalam bekerja karena hanya akan merugikan usaha Anda, dan jika memang ada yang malas memang secara tidak sengaja tegurlah disaat ia malas-malasan melayani pelanggan.

  1. Menganalisa modal awal membuka usaha cuci motor

Menganalisa modal usaha cuci motor, pastinya memang membutuhkan modal awal yang lumayan besar. Karena Anda harus menyewa lahan yang strategis untuk mendapatkan banyak pelanggan. Biasanya lokasi memilih lokasi yang ramai biaya sewanya tidak murah.

Oleh karena itu bagi Anda yang telah mempunyai lahan sendiri, bisa dijadikan untuk membangun usaha cuci motor. Maka Anda akan mengirit biaya sewa bulanan, jadi hanya tinggal memikirkan biaya alat cuci motor, membangun ruang usaha, dan membayar gaji karyawan.

Kehadiran banyak sistem bisnis sangat membantu banyak usaha berkembang di Indonesia, seperti aplikasi pencatatan keuangan yang akan memudahkan pencatatan modal usaha Anda serta aplikasi pencatatan penjualan pun merupakan bentuk dari kemajuan teknologi yang sangat bermanfaat. Anda bisa mendapatkannya demi kesiapan dan kelancaran usaha cuci motor.

  1. Melakukan promosi usaha cuci motor Anda

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mempromosikan usaha cuci motor Anda. Bagaimana caranya agar orang-orang mengetahui jasa cuci motor yang Anda jalankan. Oleh karena itu carilah siasat pemasaran yang manjur untuk memperkenalkan usaha Anda.

Contoh Anda bisa membuat pamflet yang berisi lokasi dan pricelist jasa cuci motor tersebut ke berbagai pengendara motor yang lewat di depan usaha cuci motor Anda.

Buatlah kata-kata yang memikat pelanggan agar tertarik menggunakan jasa cuci motor Anda. Misalnya dengan memperlihatkan harga lebih murah dibandingkan tempat lain.

Selamat berbisnis!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo