Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

Tips Efektif Membuka Cabang Usaha Baru

Tayang 30 May 2022
Diperbarui 18 Oktober 2023

Membuka cabang usaha baru merupakan sebuah tanda bahwa bisnis yang Anda jalankan sedang menuju ke arah yang lebih besar, apa saja tips yang bisa Anda perhatikan?

Ada dua hal yang menjadi alasan para pengusaha berbondong-bondong untuk membuka cabang usaha baru. Pertama, pertambahan konsumen yang terus meningkat yang menyebabkan tidak terlayaninya berbagai permintaan.

Oleh karena itu, mau tidak mau Anda harus membuka cabang baru untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan mampu memenuhi pelayanan tersebut.

Kedua untuk melipat gandakan keuntungan. Hal ini dilakukan apabila bisnis mendapatkan respon yang bagus dan membuat pengusaha berusaha membuka cabang baru dengan harapan mendapatkan hasil yang sama.

Namun membuka cabang usaha baru bukanlah perkara yang mudah. Mendirikan toko lebih banyak, melengkapi serta mendukung pengoperasiannya membutuhkan perencanaan yang cerdas dan matang.

Anda harus mampu membuka cabang usaha tanpa mengorbankan usaha utama Anda. Dan lebih baik lagi jika Anda mampu menduplikasi atau bahkan melampaui usaha utama Anda.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Ini Dia Tips Jika Anda Ingin Membuka Cabang Baru

Bagi Anda yang sedang dalam tahap pengembangan bisnis dengan membuka cabang usaha baru, berikut Jurnal memberikan beberapa tips efektif yang bisa diaplikasikan.

Usaha Utama Berjalan Stabil

Tips Efektif Membuka Cabang Usaha Baru

Tidak perlu terburu-buru untuk membuka cabang baru. Banyak bisnis yang sukses karena fokus mengurus satu cabang usahanya.

Namun jika pengembangan bisnis Anda bisa didapatkan dengan membuka cabang usaha baru, maka pastikan dahulu usaha utama berjalan dengan lancar.

Membuka cabang membutuhkan biaya, waktu dan perhatian yang cukup banyak. Oleh sebab itu parameter kelancaran usaha bukan hanya karena berjalan dengan baik, tetapi juga berjalan dengan stabil.

Agar ketika Anda fokus dengan pembukaan cabang yang lain, usaha utama bisa terus berjalan walau tanpa pantauan Anda setiap hari.

Baca juga: Contoh Laporan Stok Barang Gudang, Download File Excel Di Sini!

Mempersiapkan Modal untuk Membuka Cabang Usaha Baru

Tips Efektif Membuka Cabang Usaha Baru

Setelah memastikan usaha utama berjalan dengan stabil, hal penting lain yang harus diperhatikan adalah modal. Membuka cabang usaha hampir sama seperti membuka usaha untuk pertama kalinya.

Anda memerlukan biaya untuk keperluan yang serba baru baik itu sewa tempat, inventaris, promosi, karyawan dan lain sebagainya.

Dan yang perlu diingat lagi adalah belum tentu pendapatan cabang baru tersebut baik modal atau menghasilkan keuntungan dalam waktu yang cukup singkat.

Untuk mempersiapkan hal tersebut, diperlukan modal yang cukup untuk menopang usaha baru Anda dan tetap memberi pasokan pada usaha utama. Jangan sampai cabang baru mengganggu usaha utama Anda.

Melakukan Riset Potensi Pasar

Tips Efektif Membuka Cabang Usaha Baru

Melakukan riset potensi pasar sangat diperlukan agar modal yang dikeluarkan nantinya menuai keuntungan dan tidak berakhir sia-sia.

Baik itu dari segi lokasi, akses yang cukup mudah serta target pasar yang sesuai. Ketiga hal ini saling berhubungan satu sama lain. Anda sebaiknya memilih lokasi yang mempunyai prospek di masa depan.

Biasanya lokasi yang prospek di masa depan adalah lokasi yang mudah diakses oleh target pasar yang Anda bidik. Jangan terlalu memaksakan untuk membuka cabang usaha hanya karena tempat yang bagus semata.

Namun harus diperhatikan apakah target pasar Anda memang berada di sekitar lokasi tersebut atau tidak. Jangan segan dan lelah untuk melakukan survei serta mencari lokasi yang memang benar-benar strategis untuk bisnis Anda.

Memerhatikan Pasokan Bahan

Tips Efektif Membuka Cabang Usaha Baru

Selain akses terhadap pelanggan, pastikan pula cabang usaha Anda mempunyai akses yang mudah terhadap bahan baku. Pasokan bahan baku berpengaruh terhadap keuntungan usaha Anda.

Ada kemungkinan terjadinya kenaikan harga produk karena perbedaan harga, biaya distribusi serta waktu pemasokan bahan baku.

Sebaiknya Anda mencari pemasok bahan baku yang berdekatan untuk kemudahan distribusi dan menekan biaya. Namun apabila itu tidak memungkinkan, coba kalkulasi ulang harga produk yang akan dipasarkan di cabang baru.

Anda bisa saja menaikkan dan menurunkan harga, akan tetapi usahakan agar tidak jauh berbeda dari harga di toko utama Anda.

Baca juga: Aplikasi Pembukuan Keuangan Excel, Download Aplikasinya

Sumber Daya Manusia yang Tepat

Tips Efektif Membuka Cabang Usaha Baru

Membuka cabang baru berarti memberi Anda siap untuk merekrut sumber daya manusia baru. Walaupun merupakan cabang, masalah perekrutan sumber daya manusia tidak boleh dinomor duakan.

Karena usaha manapun pastinya memerlukan SDM yang kompeten dan dapat dipercaya. Anda dapat menilai kompetensi SDM baru dengan melihat kehandalannya, tingkat kesalahan yang dilakukan serta kemampuan kepemimpinan yang dimiliki.

Anda harus mempersiapkan perekrutan ini sejak jauh-jauh hari. Apabila belum menemukan orang yang tepat, tidak masalah jika Anda sendiri yang terjun langsung untuk mengelolanya.

Anda juga bisa mempercayakan karyawan lama Anda untuk sementara mengelola cabang baru sebelum menemukan orang lain yang dapat diandalkan.

Melakukan Promosi yang Tepat

Agar cabang baru Anda lebih mudah dikenal oleh konsumen, Anda bisa memulai promosi di toko utama. Bisa dengan membuat banner pemberitahuan atau meminta karyawan Anda untuk menginfokan kepada pelanggan.

Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi. Selain karena diakses kapanpun dan dimanapun, media sosial juga mempunyai banyak platform yang masing-masing bisa diakses untuk promosi baik secara gratis ataupun berbayar.

Melalui media sosial Anda bisa membagikan bocoran-bocoran secara berkala apa saja yang nantinya ada di cabang kedua Anda. Berikan juga promo khusus pada opening event untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya.

Membuka Alternatif Ekspansi

Membuka cabang baru tidak selalu berusaha untuk membuka toko fisik dari awal. Pertimbangkan untuk membuka lini usaha baru secara online dengan cara mencari investor atau membentuk waralaba.

Toko online memiliki beberapa keuntungan, antara lain tidak memerlukan modal yang terlalu banyak, sederhana dan nyaman, jangkauan pasaranya luas serta prosesnya cepat.

Anda dapat memanfaatkan media sosial bukan hanya sebagai sarana promosi tetapi juga sarana untuk memasarkan.

Selain media sosial, kini juga tersedia banyak market place yang menyediakan wadah untuk berjualan lebih mudah.

Cara kedua adalah mencari investor yang berminat dan bersedia bekerja sama mengembangkan jenis usaha Anda. Bekerja sama dengan investor bukan tidak mungkin Anda membuka cabang baru tanpa biaya sedikitpun.

Namun jika menempuh cara ini, Anda harus siap dengan konsekuensi berupa keuntungan yang harus dibagi dua. Cara lainnya adalah dengan mencari mitra untuk membuka waralaba.

Semakin terkenal brand usaha Anda,maka semakin mudah pula untuk mencari mitra waralaba. mitra waralaba biasanya akan membayarkan nominal tertentu untuk mampu mengelola usaha yang Anda punya.

Baca juga: Keuntungan & Kekurangan Bisnis Waralaba atau Franchise

Dengan ini Anda juga akan lebih menghemat biaya dan pengelolaan, namun tetap mampu membuat usaha Anda dikenal oleh banyak target konsumen.

Itulah tadi beberapa tips yang harus diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk membuka cabang usaha yang baru. Setelah pembukaan cabang usaha baru berhasil, hal yang tidak boleh dilupakan adalah melanjutkan pengelolaan.

Promosi harus tetap dilakukan, penjualan harus tetap berjalan dan keuangan harus tetap diperhatikan. Di zaman serba digital ini pengelolaan keuangan bukanlah hal yang sulit.

Ada berbagai software akuntansi serta software laporan keuangan perusahaan yang bisa digunakan untuk meringankan pekerjaan.

Dan salah satunya yang dapat diandalkan adalah Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi online nomor satu di Indonesia.

Dengan fitur yang terintegrasi serta tampilan yang user-friendly, segala kemudahan dalam perhitungan keuangan bisa didapatkan.

Tertarik untuk mencoba? Coba gratis selama 14 hari di sini sekarang juga.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika ingin membuka cabang usaha baru. Semoga bermanfaat!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal