Melakukan ekspansi bisnis seperti membuka cabang baru merupakan impian semua pebisnis. Di mana, pembukaan cabang baru merupakan salah satu tanda kesuksesan bisnis Anda. Selain mengembangkan bisnis, membuka cabang baru juga dapat meningkatkan pendapatan bisnis. Sebelum membuka cabang baru, Anda harus memiliki pemikiran yang matang dan mulai memikirkan semua kemungkinan yang terjadi. Berikut adalah 5 tips yang harus Anda perhatikan sebelum membuka cabang baru.

 

Perhatikan Ketersediaan Modal

Sebelum memutuskan untuk membuka cabang baru, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah ketersediaan modal. Modal harus Anda persiapkan dengan perhitungan yang detail terlebih dahulu. Jangan sampai modal yang tersedia tidak cukup untuk membuka cabang baru tetapi Anda tetap memaksanya. Modal untuk membuka cabang baru perusahaan sama besarnya ketika Anda baru memulai bisnis. Di mana, Anda harus mempersiapakan modal untuk tempat, bahan baku produk, produksi produk, kegiatan operasional, sumber daya manusia, dan lainnya.

 

Perhatikan Lokasi Strategis

Faktor kedua yang perlu Anda perhatikan dalam membuka cabang baru perusahaan adalah lokasi. Usahakan cari lokasi yang strategis dalam melakukan ekspansi. Lokasi strategis dapat membantu berkembangnya perusahaan di masa depan. Usahakan pilih lokasi yang dekat dengan target pasar yang Anda bidik dan perhatikan prospek lokasi tersebut di masa depan.

 

Buatlah Standarisasi Produk

Ketika akan membuka cabang baru, yang harus Anda lakukan adalah membuat standarisasi produk. Hal ini harus dilakukan untuk menghindari perbedaan kualitas antara produksi produk di pusat dengan cabang. Proses standarisasi ini meliputi standar bahan baku, proses produksi, hingga standar packaging. Jika Anda sudah mampu untuk membuat dan melaksanakan standarisasi produk dengan baik, berarti Anda sudah siap melakukan ekspansi bisnis dengan membuka cabang baru.

 

Siapkan SDM

Kesiapan SDM adalah salah satu faktor penting dalam membuka cabang baru untuk bisnis. Karena menambah 1 cabang baru, berarti Anda juga harus siap menambah tenaga kerja dan harus mulai melakukan tahap perekrutan dengan benar. Setelah Anda berhasil mendapatkan SDM, jangan lupa untuk melakukan training pada karyawan baru. Training ini wajib diberikan untuk melatih skill tenaga kerja baik, dalam product knowledge hingga customer service. Merekrut tenaga kerja baru memerlukan persiapan yang baik agar tenaga kerja yang Anda miliki dapat dengan optimal membantu berjalannya usaha.

 

Siapkan Standar Sistem Bisnis

Sistem dalam bisnis sangat diperlukan sebagai pedoman Anda untuk menjalankan bisnis. Sistem yang baik akan memengaruhi perkembangan binis kearah yang baik pula. Implikasi dari kegiatan di perusahaan pusat bisa diduplikasi secara baik di cabang karena telah mempunyai sistem dan SOP yang baik. Maka siapkanlah sistem bisnis dan SOP yang baik. Sistem bisnis ini meliputi SDM, pemasaran, operasional standar, hingga sistem keuangan. Sistem keuangan yang baik meliputi manajemen keuangan dan administrasi keuangan bisnis.

Manajemen keuangan dan administrasi keuangan merupakan 2 hal yang perlu dipehatikan ketika membuka cabang baru. Sistem keuangan harus di kelola dengan baik dan benar agar tidak terjadi kesalahan yang menimbulkan akibat yang fatal. Jurnal sebagai software akuntansi online sangat mengerti kebutuhan tersebut. Terdapat banyak fitur menarik yang bisa Anda gunakan untuk membantu Anda dalam mengelola sistem keuangan Anda. Dapatkan semua informasi lengkap mengenai Jurnal dan berbagai fiturnya  di sini.