Jurnal Enterpreneur

Bisnis Tetap Berjalan Melewati Masa Kritis Covid-19

Saat ini, enam lembaga penelitian dan ilmuwan di Indonesia telah merilis hasil riset untuk memprediksi titik puncak penyebaran dan masa kritis kasus Covid-19 di Indonesia. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia bisnis, Anda sebaiknya tetap mengikuti berbagai prediksi, agar dapat membangun strategi yang tepat dalam rangka tetap produktif selama pandemi Corona berlangsung.

Enam riset tersebut diantaranya :

1) Kajian dari Badan Intelijen Nasional (BIN);

2) Pusat Permodelan Matematika dan Simulasi (P2MS) Institut Teknologi Bandung (ITB);

3) Ilmuwan Pengenalan Pola dari Pemda DIY;

4) Tim Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI);

5) Ilmuwan Matematika dari UNS hingga;

6) Gabungan tim dari UGM.

Sebagian besar dari riset di atas dilakukan menggunakan sumber data yang sama, yaitu data jumlah kasus penyebaran Covid-19 yang dirilis secara rutin oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Prediksi Masa Kritis Covid-19 di Indonesia

Strategi Bisnis Tetap Produktif Melewati Masa Kritis Covid-19

Berdasarkan enam penelitian tersebut, setidaknya dapat dirangkum simpulan sebagai berikut:

  1. Sebagian besar penelitian memprediksi periode titik puncak terjadi sekitar bulan Mei 2020. Pada periode ini, diprediksi pertambahan jumlah kasus harian sudah mulai melambat.
  2. Periode kritis diperkirakan terjadi antara minggu kedua bulan April hingga awal Mei 2020. Periode kritis adalah masa dimana tingkat pertambahan kasus secara harian akan meningkat cukup tajam.
  3. Periode pemulihan pandemi di Indonesia diprediksi paling cepat pada 110 hari hingga 150 hari (5 bulan) sejak kasus pertama diumumkan yaitu di awal Maret.

Sebagai pelaku bisnis, hal ini dapat menjadi dasar dalam pengambilan keputusan terkait produktivitas usaha Anda. Mengingat produktivitas adalah perbandingan antara hasil (output) dengan masukan (input). Maka, Anda harus mencermati seberapa besar hasil yang masih dapat diproduksi atau dijual oleh bisnis serta seberapa besar input yang harus dikeluarkan untuk menghasilkan output tersebut selama kurang lebih lima bulan.

5 Strategi Bisnis Tetap Berjalan

5 Strategi Bisnis Tetap Produktif

Menurut Anis, Nandiroh, Supriyanto (2007) pada umumnya terdapat 5 strategi yang dapat digunakan dalam menyusun usaha perbaikan produktivitas usaha kecil menengah, yaitu:

  1. Meningkatkan input, dimana diharapkan akan ada peningkatan output yang lebih besar daripada peningkatan input.
  2. Menurunkan input, dimana diharapkan penurunan input tersebut tidak terlalu mempengaruhi besarnya output. Atau dengan kata lain penurunan input lebih besar daripada perubahan output.
  3. Input tetap sementara output meningkat.
  4. Input turun sementara output tetap.
  5. Input turun sementara output meningkat.

Untuk dapat memutuskan strategi mana yang akan dipilih agar bisnis tetap berjalan, tentunya Anda harus memperhatikan data atau informasi dalam laporan keuangan/ laba rugi yang terjadi selama bulan Maret 2020 di bisnis Anda. Setidaknya Anda harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Input  : biaya tenaga kerja, cadangan modal, cash outflow (arus kas keluar), inventory, biaya produksi.
  2. Output : cash inflow (arus kas masuk), jumlah produk yang dihasilkan (jika bisnisnya berupa produksi), sales, revenue.

Jika selama ini, Anda adalah user aplikasi Jurnal, Anda dapat mengetahui data-data tersebut dari fitur Biaya, Stok Barang dan Laporan Keuangan. Anda akan dimudahkan dalam pembacaan data dibandingkan dengan pengerjaan manual, karena terdapat pengolahan data dalam bentuk grafis dan visual yang bisa diakses melalui gawai.

Selama wabah atau bencana sebagian besar pebisnis akan memilih strategi untuk menurunkan input. Mengingat sebagian besar bisnis harus mempekerjakan karyawan dari rumah dan atau pergantian supplier bahan baku. Namun, kami yakin, hal tersebut bukanlah akhir dari segalanya. Ada kalanya terdapat peluang baru dengan kreativitas dan pengambilan keputusan yang tepat.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis Jurnal secara langsung. Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo kesempatan bonus berlangganan Jurnal selama 60 hari dan diskon 35% (Min subscribe 12 bulan). Salam sehat dan produktif selalu!

Baca Juga : Kiat Kelola Bisnis UKM Tetap Prima di Tengah Wabah COVID-19

apa itu social distancing dan strategi bisnis

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo