Memilih Program Accounting: On-Premise atau SaaS?

Ketika Anda memilih sebuah program accounting, ada dua pertanyaan penting sebagai bahan pertimbangan Anda; memilih software atau program accounting on-premise atau software as a service?

Keduanya memiliki dua perbedaan yang cukup signifikan dan perlu Anda ketahui. Keduanya akan mempengaruhi keseluruhan bisnis Anda bahkan secara finansial. Lantas apa itu software berbasis on-premise dan software as a service (SaaS)?

Apa itu Program Accounting On-Premise atau SaaS?

Sebelum membahas kelebihan antara program accounting on-premise dan Software as a service (SaaS), Anda perlu memahami apa perbedaan keduanya. On-premise atau yang biasa disebut sebagai infrastructure as a service merupakan sistem pengelolaan pribadi dimana data, infrastruktur, server, hingga tenaga ahli diatur oleh perusahaan itu sendiri.

Sedangkan software as a service (SaaS) seluruh pengelolaan sistem diurus oleh pihak ketiga, Anda sebagai pihak pertama hanya berfungsi sebagai user.  Dilihat dari definisinya, software as a service lebih efisien dibanding dengan sistem on-premise.

kedua sistem tersebut biasanya digunakan untuk otomasi pengelolaan data dan tidak hanya digunakan untuk program accounting, namun program-program lainnya seperti program pengolahan data internal perusahaan, program software HRIS dan payroll, atau program penunjang bisnis lainnya.

Penting bagi Anda memahami perbedaan keduanya, Kenapa? Pertama, Ini akan mempengaruhi bagaimana Anda akan mengeluarkan uang untuk berinvestasi pada teknologi software akuntansi. Kedua, jika Anda salah memilih dan tidak sesuai dengan kebutuhan, program accounting bukannya membantu malah bisa merugikan bisnis Anda.

Oleh karena itu, Jurnal by Mekari akan memberikan gambaran kedua sistem tersebut dari segi efisiensi, biaya, dan juga penggunaannya.

Baca juga: Software Accounting, Kapan Perusahaan Anda Membutuhkannya?

Efisiensi

Membangun program accounting berbasis on-premise membutuhkan persiapan yang tidak sebentar dan murah. Setidaknya Anda membutuhkan tenaga IT untuk pemrosesan data, membutuhkan ruang untuk server lokal, maintenance, dan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Berbeda dengan program accounting SaaS yang membutuhkan pihak ketiga. Selain itu seluruh infrastuktur dan pengelolaan data diolah oleh server pihak ketiga, sedangkan Anda hanya sebagai user yang bertugas menginput data.

Program accounting SaaS juga mudah dipelajari dan biasanya penyedia layanan program accounting memberikan konsultansi terkait accounting dan juga penggunaan software.

Kekurangannya, program SaaS sangat membutuhkan internet sehingga membangun budaya digital di perusahaan Anda adalah hal wajib yang perlu dilakukan sebelum membeli program accounting SaaS.

Biaya

Dari segi biaya, program akuntansi SaaS lebih murah dibanding dengan on-premise. Program akuntansi on-premise membutuhkan lebih banyak biaya terutama jika pertama kali Anda membangun sistem tersebut.

Mulai dari biaya pembangunan infrastuktur, alat, dan yang terpenting adalah biaya perawatan atau maintenance dan juga menggaji tenaga IT tambahan yang mengoperasikan program tersebut.

Berbeda dengan program SaaS dimana Anda hanya tidak perlu merogoh kocek yang banyak karena seluruh pengelolaan data dikelola oleh penyedia layanan. Oleh karena itu, program SaaS lebih sering digunakan oleh pelaku usaha kecil dan menengah atau UKM.

Penggunaan

Program accounting berbasis cloud atau SaaS lebih mudah digunakan daripada yang berbasis on-premise. Seperti yang dikatakan sebelumnya, software on-premise biasanya membutuhkan tenaga tambahan sedangkan software accounting cloud atau SaaS bisa langsung digunakan oleh tenaga accounting Anda.

Selain itu, program akuntansi SaaS atau berbasis cloud memiliiki tampilan yang lebih mudah dipelajari sehingga orang yang awam dengan teknologi pun bisa menggunakannya.

Baca juga: 5 Kesalahan Fatal dalam Memilih Aplikasi Akuntansi Online

Kesimpulan

Kesimpulannya, jika Anda bergerak di bidang non-IT seperti ritel, F&B, kerajinan, atau UKM lainnya, software atau program akuntansi berbasis cloud atau SaaS merupakan pilihan terbaik karena lebih efisien, murah, dan juga mudah digunakan.

Salah satu pilihan yang bisa Anda gunakan adalah software akuntansi Jurnal yang memiliki banyak fitur penunjang bisnis di masa depan. Jurnal memiliki fitur standar akuntansi, manajemen aset dan stok barang, dan juga pembuatan faktur proforma.

Simak selengkapnya Jurnal di website resmi kami dan dapatkan free trial selama 14 hari!

 

 

 

 


PUBLISHED23 Jul 2020
Hafidh
Hafidh

SHARE THIS ARTICLE: