Memilih Program Accounting: On-Premise atau SaaS? Pakai program accounting SaaS atau on-premise? Simak panduan memilih program accounting berdasarkan sistem pengelolaannya di Blog Mekari Jurnal. Ketika Anda memilih sebuah software accounting, ada dua pertanyaan penting sebagai bahan pertimbangan Anda; pilih yang on-premise atau software as a service (SaaS)? Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan yang tentunya akan mempengaruhi keseluruhan bisnis Anda bahkan secara finansial. Mengenal Tentang Program Accounting SaaS dan On-Premise On-premise atau yang biasa disebut sebagai infrastructure as a service merupakan sistem pengelolaan pribadi dimana data, infrastruktur, server, hingga tenaga ahli yang mengaturnya dari perusahaan itu sendiri. Sedangkan software as a service (SaaS), seluruh pengelolaan sistem yang mengurus dari pihak ketiga di mana Anda sebagai pihak pertama hanya berfungsi sebagai user. Kedua sistem tersebut biasanya digunakan untuk otomasi pengelolaan data – tidak hanya digunakan untuk program accounting, namun program-program lainnya seperti program pengolahan data internal perusahaan, program software HRIS dan payroll, atau program penunjang bisnis lainnya. Penting bagi Anda memahami perbedaan program accounting SaaS dan on-premise, kenapa? Pertama, ini akan mempengaruhi bagaimana Anda akan mengeluarkan uang untuk berinvestasi pada teknologi software akuntansi. Kedua, jika Anda salah memilih dan tidak sesuai dengan kebutuhan, bukannya membantu malah bisa merugikan bisnis Anda. Oleh karena itu, berikut gambaran kedua sistem tersebut dari segi efisiensi, biaya, dan juga penggunaannya. Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal! Baca Juga : Cermati Fitur-fitur Ini saat Pilih Accounting Software Terbaik Perbandingan Program Accounting SaaS dan On-Premise Berikut perbandingan secara mendetail. Efisiensi Membangun program accounting berbasis on-premise membutuhkan persiapan yang tidak sebentar dan murah. Setidaknya Anda membutuhkan tenaga IT untuk pemrosesan data, membutuhkan ruang untuk server lokal, maintenance, dan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Berbeda dengan program accounting SaaS yang disediakan oleh pihak ketiga. Selain itu seluruh infrastuktur dan pengelolaan data diolah oleh server pihak ketiga, sedangkan Anda hanya sebagai user yang bertugas menginput data. Program accounting berbasis SaaS juga mudah dipelajari dan biasanya penyedia layanan program accounting memberikan konsultansi terkait dan juga penggunaan software. Kekurangannya, program SaaS sangat membutuhkan internet sehingga membangun budaya digital di perusahaan Anda adalah hal wajib yang perlu dilakukan. Biaya Dari segi biaya, program akuntansi SaaS lebih murah daripada dengan on-premise. Program akuntansi on-premise membutuhkan lebih banyak biaya terutama jika pertama kali Anda membangun sistem tersebut. Mulai dari biaya pembangunan infrastuktur, alat, dan yang terpenting adalah biaya perawatan atau maintenance dan juga menggaji tenaga IT tambahan yang mengoperasikan program tersebut. Berbeda dengan program SaaS dimana Anda hanya tidak perlu merogoh kocek yang banyak karena seluruh pengelolaan data mengolah dari penyedia layanan. Oleh karena itu, program SaaS lebih sering menggunakan oleh dan dari pelaku usaha kecil dan menengah atau UKM. Baca Juga : Aplikasi Akuntasi Gratis Atau Berbayar, Pastikan Pilih Yang Dapat Menunjang Perkembangan Bisnis! Penggunaan Program accounting berbasis cloud atau SaaS lebih mudah gunakan daripada yang berbasis on-premise. Seperti yang sering berita dengar sebelumnya, software on-premise biasanya membutuhkan tenaga tambahan, sedangkan SaaS bisa langsung digunakan oleh staff accounting Anda. Selain itu, program akuntansi SaaS atau berbasis cloud memiliki tampilan yang lebih mudah untuk mempelajarinya, sehingga orang yang awam dengan teknologi pun bisa menggunakannya. Kesimpulan Jika Anda bergerak di bidang non-IT seperti ritel, F&B, kerajinan, atau UKM lainnya, program accounting berbasis SaaS merupakan pilihan terbaik. Selain karena lebih efisien, murah, program ini sangat mudah untuk digunakan. Salah satu pilihan yang bisa Anda gunakan adalah software akuntansi Mekari Jurnal yang memiliki banyak fitur penunjang bisnis di masa depan. Jurnal memiliki fitur sesuai dengan standar akuntansi seperti pembuatan laporan keuangan, manajemen aset dan stok barang, dan juga pembuatan faktur. Gunakan program accounting dari Jurnal untuk mengembangkan bisnis Anda! Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang! Itulah penjelasan tentang kelebihan dan juga kekurangan program accounting berbasis SaaS maupun on-premise. Mudah-mudahan Anda dapat memilih program yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda!