Peran Penting Merchandise sebagai Media Promosi Bisnis

Merchandise biasanya diberikan kepada konsumen oleh perusahaan karena telah mengikuti atau berpartisipasi dalam kegiatan tertentu. Produk tersebut bisa diberikan secara gratis maupun berbayar. Merchandise merupakan segala bentuk produk yang menampilkan nama perusahaan atau brand, logo dan profil lainnya, yang diberikan kepada konsumen. Bukan hanya perusahaan besar saja yang memberikan merchandise kepada pelanggan, pelaku usaha kecil dan menengah juga bisa menggunakannya untuk kegiatan promosi bisnis.

Peran Penting Merchandise dalam Bisnis

Peran Penting Merchandise dalam Bisnis

Cara ini dinilai efektif sebagai salah satu strategi promosi karena merchandise memiliki peran penting sebagai media promosi untuk meningkatkan brand awareness bisnis. Berikut beberapa peran penting merchandise sebagai media promosi dalam bisnis.

1. Daya Tarik Konsumen

Kecenderungan masyarakat dalam membeli suatu produk, salah satunya untuk mendapatkan merchandise yang ditawarkan dari brand tertentu. Tidak jarang konsumen yang tergiur untuk membeli produk atau menggunakan jasa tertentu untuk mendapatkan merchandise-nya. Hal ini menunjukkan bahwa merchandise memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen. Jadi jika Anda adalah pelaku usaha atau pemilik bisnis, Anda bisa memanfaatkan cara ini untuk mengenalkan produk baru maupun mendorong peningkatan penjualan.

2. Mendorong Terjadinya Daya Saing Produk

Persaingan pasar yang ramai dengan beragam produk tentu saja tidak mudah Anda menangkan. Anda harus mampu memberikan nilai tambah yang dapat menjadi pembeda antara produk Anda dengan milik pesaing. Dalam hal ini, merchandise dapat menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen serta menjadi pembeda dari pesaing Anda di pasaran. Nilai lebih yang Anda tawarkan tersebut akan dilihat konsumen sebagai keunggulan dan daya tarik. Sehingga mereka terdorong untuk membeli produk Anda.

3. Wujud Apresiasi

Apabila perusahaan Anda menyelenggarakan suatu kegiatan, Anda dapat sekaligus memberikan apresiasi kepada konsumen melalui pemberian merchandise. Sebab, dengan memberikan produk tersebut kepada konsumen, secara tidak langsung Anda mengapresiasi mereka karena telah menggunakan produk Anda.

4. Media Promosi Jangka Panjang

Secara umum, beragam merchandise yang diberikan brand dan perusahaan kepada pelanggan bersifat jangka panjang atau bisa digunakan dalam waktu lama. Hal ini berarti konsumen akan lebih mudah mengingat brand Anda yang termuat dalam merchandise tersebut. Jika dibandingkan dengan media promosi dalam bentuk booklet atau brosur, merchandise dinilai lebih unggul. Sebab, merchandise memiliki daya guna yang lebih lama daripada booklet atau brosur. Sehingga, ketika konsumen membutuhkan produk atau jasa yang Anda tawarkan, mereka akan mempertimbangkan untuk membeli produk lagi. Dikarenakan peran dan fungsi merchandise cukup penting, maka melalui produk tersebut Anda dapat memanfaatkan sebagai media promosi yang efektif. Tujuan Anda untuk meningkatkan penjualan pun bisa tercapai.

Baca juga : 4 Strategi Promosi Marketing untuk Bisnis Online Anda

Merchandise yang Populer dan Disukai Konsumen

Merchandise yang Populer dan Disukai Konsumen

Ada beragam jenis merchandise yang dapat dipilih untuk kegiatan promosi bisnis. Harga dan kegunaan masing-masing merchandise pun bervariasi. Biasanya untuk mendapatkan harga yang lebih murah, perusahaan harus memesan merchandise dalam jumlah banyak. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk membuat merchandise dalam jumlah sedikit, tentunya dengan harga yang sedikit lebih mahal. Berikut ini beberapa jenis merchandise yang populer digunakan untuk promosi bisnis dan disukai konsumen.

1. Jaket

Kesan eksklusif segera terlihat oleh konsumen ketika perusahaan memberikan merchandise berupa jaket. Biasanya perusahaan-perusahaan besar memilih jaket sebagai salah satu merchandise. Misalnya saja perusahaan sepeda motor. Nantinya jaket tersebut diberikan kepada konsumen saat mereka melakukan pembelian unit sepeda motor. Jika memilih merchandise jaket, Anda dapat berkreasi untuk membuat desain jaket yang unik lalu ditambahkan dengan logo, merek dan tagline bisnis. Atau bisa pula berupa jaket polos yang kemudian ditambahkan dengan logo, merek dan di bagian depan ataupun di bagian belakang jaket.

2. Kaos

Selain jaket, kaos berkerah ataupun kaos tak berkerah bisa juga menjadi pilihan merchandise yang eksklusif. Dengan bidang yang terbilang luas, kalian bisa menambahkan logo, merek tagline dan juga desain merchandise yang menarik. Nantinya atribut-atribut tersebut bisa ditampilkan dengan teknik sablon ataupun bordir. Kaos cocok dipilih sebagai merchandise untuk kegiatan-kegiatan promosi yang kalian adakan seperti jalan sehat atau sepeda gembira. Kaos juga dapat dibagikan untuk konsumen yang telah memenuhi ketentuan promo khusus, misalnya saja pembelanjaan dengan jumlah tertentu, pembelian produk baru, pembelian dalam bentuk paket dan lain sebagainya.

3. Gantungan Kunci

Gantungan kunci yang unik masih menjadi merchandise andalan untuk perusahaan, lembaga maupun komunitas. Selain biaya produksi yang cukup terjangkau, gantungan kunci karet ini tahan lama, tidak mudah rusak dan bisa dibuat mengikuti desain-desain yang diinginkan. Desain yang menarik akan membuat merchandise gantungan kunci karet semakin disukai konsumen.

4. Tote Bag

Tote bag adalah model tas jinjing atau tas yang bisa dibawa dengan satu tangan atau diletakkan di salah satu bahu. Untuk merchandise, biasanya tote bag dibuat dari bahan kain kanvas atau biasa disebut canvas tote bag, kain spundbond, kain blacu dan ada pula yang menggunakan bahan kertas. Seperti halnya kaos, tote bag disukai konsumen sebagai merchandise karena bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Sedangkan bagi para pebisnis, bidang tote bag yang luas memudahkan untuk menampilkan atribut bisnis dan desain berkonten promosi. Dari segi harga, tote bag terbilang lebih murah dibandingkan dengan biaya produksi merchandise jaket maupun kaos.

5. Mug atau Tumbler

Mug atau tumbler kerap dipilih sebagai souvenir untuk beragam acara mulai dari acara ulang tahun hingga pernikahan. Mug atau tumbler menjadi merchandise favorit karena tahan lama dan dapat digunakan setiap hari. Jika mug memiliki pilihan bentuk yang cukup terbatas, sebaliknya tumbler menawarkan pilihan bentuk yang lebih bervariasi. Ukuran tumbler pun beragam. Bidang tumbler yang lebih luas dibandingkan mug membuat kalian bisa menambahkan informasi promosi yang lebih banyak.

6. Koper dan Travel Bag

Perusahaan-perusahaan biro perjalanan biasanya memilih merchandise ekslusif berupa koper dan travel bag. Tentu saja kedua merchandise ini akan sangat menggembirakan konsumen yang menerimanya karena mereka bisa memanfaatkan kedua merchandise tersebut dalam perjalanan yang akan dilakukan. Kalian bisa membuat koper dan travel bag yang senada dengan menonjolkan warna yang identik dengan bisnis kalian. Tentu saja logo, merek dan tagline juga bisa ditambahkan dengan teknik sablon ataupun bordir.

7. Pulpen atau Pensil

Pulpen atau pensil menawarkan kesederhanaan dan sekaligus manfaat yang dibutuhkan setiap orang dari berbagai kalangan. Pulpen atau pensil juga menjadi pilihan yang tepat untuk menghemat anggaran pembuatan merchandise. Anda dapat membagikan pulpen atau pensil sebagai hadiah ataupun ucapan terimakasih kepada konsumen yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan. Misalnya saja seminar atau workshop.

Setelah mengetahui fungsi merchandise yang begitu efektif sebagai media promosi dan beragam jenis merchandise. Apakah Anda tertarik untuk membuat merchandise bagi bisnis? Sebelum merencanakan pembuatan merchandise, ada baiknya kalian memikirkan baik-baik jenis merchandise yang tepat untuk konsumen. Untuk menentukan jenis merchandise, kenali terlebih dahulu karakter konsumen agar fungsi merchandise bisa lebih optimal. Misalnya saja jika konsumen didominasi oleh anak-anak, maka merchandise yang tepat bisa berupa pulpen, pensil, notes, wadah alat tulis dan merchandise sejenis lainnya. Sementara itu jika konsumen lebih banyak berasal dari kalangan pekerja, kalian bisa memilih merchandise berupa tumbler, mug atau kalender meja.

Baca juga : 10 Cara Jitu untuk Melakukan Promosi Usaha

Perhatikan kualitas bahan merchandise yang kalian gunakan. Seringkali karena ingin menekan biaya produksi merchandise, akhirnya dipilihlah merchandise dengan bahan yang kurang berkualitas. Kualitas merchandise nantinya akan mempengaruhi penilaian konsumen terhadap bisnis. Merchandise yang berkualitas akan memberikan kesan positif. Sebaliknya, kualitas merchandise yang buruk akan memicu kesan buruk dan ketidakpercayaan terhadap bisnis Anda. Selain itu, kualitas merchandise yang baik akan membuat fungsi merchandise sebagai media promosi dapat berjalan dalam jangka waktu yang lebih panjang. Misalnya saja kaos yang berkualitas akan membuat konsumen bisa memakainya dalam jangka waktu yang lama.

Dengan mengetahui cara untuk memberikan promosi bisnis melalui merchandise. Ada baiknya Anda membuat anggaran untuk kegiatan promosi bisnis tersebut. Pembuatan anggaran dapat dilakukan dalam software aplikasi seperti Jurnal. Software yang membuat laporan keunagan secara otomatis, fitur keuangan bisnis terlengkap dan keamanan data yang pasti terjamin. Untuk informasi lebih lengkapnya, dapat klik di sini.

Kategori : Panduan Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo