Daftar Isi
5 min read

Viral Marketing, Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Online

Tayang 11 Jun 2025

Highlights
  • Konsep viral marketing menjadi sebuah tren yang dapat mendongkrak visibilitas bisnis dan meningkatkan penjualan produk dan layanan Anda
  • Melalui konten yang viral dan tersebar luas, biaya promosi produk menjadi lebih hemat namun tetap memberikan dampak yang maksimal
  • Kreativitas menjadi kunci utama untuk mencapai kesuksesan ini, di mana konten harus menarik, relevan, fresh, dan mudah disebarluaskan
  • Salah satu tantangan dari model pemasaran ini adalah tidak semua pesan dapat diterima dengan baik oleh konsumen, dan sering kali sulit diprediksi

Saat ini bisnis online memang sangat menjanjikan, apalagi didukung dengan metode pemasaran yang beragam di mana salah satunya yang sering digunakan adalah viral marketing.

Viral marketing memiliki konsep yang hampir sama dengan word of mouth atau yang dapat dikatakan sebagai metode penyebaran pesan kepada konsumen melalui kata-kata.

Konsep dari teknik pemasaran ini lebih memanfaatkan penggunaan jaringan sosial di dalam dunia maya.

Teknik pemasaran ini berfungsi untuk mendorong seseorang agar menyampaikan kembali pesan atau informasi produk secara persuasif, berkala, dan berkelanjutan.

Dengan cara tersebut, maka konsumen akan memiliki daya ingat yang kuat terhadap produk yang ditawarkan.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai strategi pemasaran ini, simak lebih lanjut dalam artikel dari Mekari Jurnal berikut ini.

Pengertian Viral Marketing

Viral marketing merupakan sebuah strategi pemasaran yang akan mendorong individu untuk menyampaikan sebuah pesan pemasaran kepada individu lainnya.

Ini akan menciptakan sebuah potensi pertumbuhan eksponensial dalam jangkauan dan pengaruh pesan pemasaran tersebut.

Seperti sebuah virus, strategi marketing jenis ini memanfaatkan penyebaran yang cepat untuk menyebarkan pesan ke ribuan individu, bahkan jutaan.

Jika di dalam strategi marketing tradisional sering didengar istilah “dari mulut ke mulut”, maka hal serupa juga dikenal dengan istilah viral marketing, atau creating a buzz, leveraging the media, atau network marketing.

Alur kerja dari viral marketing adalah sebagai berikut ini:

  1. Seseorang mendapatkan ide atau gagasan
  2. Kemudian ide atau gagasan tersebut menimbulkan reaksi kepada orang tersebut
  3. Seseorang dengan rela atau enggan akan membantu menyebarkan ide tersebut
  4. Selanjutnya lebih banyak orang mendapatkan ide tersebut.
  5. Setiap orang baru berpotensi untuk bereaksi terhadap ide tersebut dan membantu menyebarkannya lagi ke orang lain
  6. Prosesnya menjadi berulang secara otomatis dan berulang sehinga menjadi viral

Baca Juga: 15 Strategi Marketing Untuk Mengembangkan Usaha Anda

Cara Kerja Viral Marketing

Viral marketing dapat berkembang melalui jaringan internet, yang menggandakan dirinya menjadi semakin banyak seperti cara kerja sebuah virus komputer.

Oleh karena itu di dalam penggunaannya, viral marketing memerlukan koneksi jaringan internet.

Strategi marketing jenis ini dapat bekerja dengan cara menyebarkan informasi melalui database pengguna internet yang telah terdaftar untuk digunakan secara massal.

Misalnya, dari situs web gratis seperti Yahoo, Hotmail, atau Gmail yang memberikan pelayanan email secara gratis dan memberikan berbagai penawaran produk yang disisipkan dalam layanan email tersebut.

Bentuk strategi dari marketing jenis ini merupakan strategi pemasaran modern yang menjanjikan ketenaran produk yang dipasarkan.

Apalagi, masyarakat selalu terhubung dengan koneksi internet untuk mengakses fitur secara gratis.

Ide kreatif sangat diperlukan di dalam jenis pemasaran jenis ini karena pengguna internet cukup pintar dalam memilih konten yang murni sebagai informasi dan mana yang merupakan sebuah strategi bisnis atau iklan.

kunci kesuksesan viral marketing
Sumber: MD Marketing

Tips Untuk Membuat Strategi Viral Marketing yang Sukses

Ada cara efektif untuk membangun strategi viral marketing yang sukses dalam bisnis.

Mengutip dari MD Marketing, terdapat empat komponen utama yang bisa membuat konten Anda menjadi viral, yaitu:

1. Emotion, buat konten yang dapat memicu perasaan dan emosi manusia, seperti tawa, rasa hangat, dan rasa ingin tahu

2. Newness, tampilkan konten atau pesan yang baru dan original melalui ide kreatif maupun sudut pandang yang tidak terduga

3. Suprise, elemen yang membuat audiens menimbulkan rasa penasaran lebih, sehingga menciptakan impact untuk mendorong penyebaran

4. Ease of Sharing, memastikan agar konten yang dipublikasikan mudah untuk dishare, seperti menggunakan format pendek, dan menyematkan hastag tertentu

Baca Juga: Marketing Mix 7P, Konsep Strategi Pemasaran Bagi Bisnis!

Kelebihan dan Kekurangan Viral Marketing

Sama halnya dengan strategi marketing lainnya, viral marketing juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

  1. Konsumen dapat mengajak atau mereferensikan teman atau kolega mereka untuk berbelanja.
  2. Perusahaan yang menggunakan program marketing ini akan dibela oleh para konsumennya, dan hal tersebut dilakukan karena konsumen sudah merasa menjadi bagian dari perusahaan tersebut.
  3. Viral marketing akan menghemat biaya promosi, karena konsumen yang akan menjadi juru promosinya. Strategi marketing ini tidak akan merugikan konsumen karena konsumen merasa bahwa mereka tidak terikat sebagai bagian dari karyawan. Jadi Anda tidak perlu merasa ada beban moral dalam menjalankannya.
  4. Tidak perlu melakukan edukasi pasar karena konsumen sudah mengenal bisnis online Anda.
  5. Strategi marketing ini tidak akan mengganggu strategi lain yang sudah Anda jalankan. Justru, viral marketing akan melengkapi strategi pemasaran lainnya yang Anda miliki.

Selain memiliki banyak kelebihan, ternyata strategi marketing jenis ini juga memiliki kelemahan, di antaranya adalah:

  1. Kemampuan penerima informasi dalam menangkap pesan, dan tidak semua konsumen mampu menerima pesan yang disampaikan dengan baik.
  2. Anda tidak dapat menduga apakah strategi marketing yang dijalankan berhasil dan akan mendapatkan hasil yang baik atau tidak.

Viral marketing sangat berpotensi untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan pada bisnis online Anda.

Selain itu teknik ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan popularitas dan penjualan bisnis online. Viral marketing tidak akan berhasil tanpa adanya kreativitas.

Baca Juga: 10 Tips Menjalankan Whatsapp Marketing, Coba Yuk!

Kesimpulan

Meskipun terlihat sederhana, namun strategi marketing ini harus dijalankan dengan perencanaan yang matang.

Strategi marketing ini memang akan sangat menguntungkan, terutama untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda.

Namun penerapan tersebut harus dirancang dengan baik sehingga eksekusi yang dilakukan juga akan berjalan sesuai dengan ekspektasi.

Selain menyiapkan strategi marketing yang tepat, sebuah bisnis tentu saja membutuhkan pengelolaan keuangan yang tepat pula.

Untuk mengerjakan pembukuan online dan laporan keuangan bisnis yang akurat, gunakan aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal.

Mekari Jurnal merupakan salah satu solusi terbaik untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda karena mengintegrasikan berbagai fungsi bisnis, mulai dari akuntansi, inventaris, hingga penjualan.

Terlebih jika bisnis Anda ingin dioperasikan secara fleksibel, Anda dapat mengakses Mekari Jurnal di mana saja dan kapan saja.

Coba fitur-fitur unggulan pada Mekari Jurnal sekarang, dapatkan uji coba gratis selama 7 hari dan rasakan manfaatnya!

Konsultasi dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

 

 

 

Referensi:

Sprout, “What is viral marketing (and does it work in 2025)?”.

MD Marketing, “Viral Marketing: What It Is and How It Works + Successful Examples”.

Kategori : Business Management

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami