Mekari Jurnal
Daftar Isi

MOQ (Minimum Order Quantity): Manfaat, Cara Menghitung, dan Tips Menerapkannya

Tayang 13 Sep 2023

Dalam melakukan transaksi pemesanan antaran penjual dengan pembeli, khususnya pada sektor retail, biasanya Anda sering menemukan pemesanan dengan mininum pembelian atau MOQ. Apa itu MOQ?

MOQ pada dasarnya adalah sebuah strategi dalam menetapkan jumlah produk yang dipesan dalam sebuah transaksi pembelian suatu produk.

Umumnya, strategi transaksi ini memberikan banyak manfaat terhadap penjual. Namun, dengan harga yang lebih terjangkau tentunya juga memberikan manfaat terhadap pembeli.

Selain itu, adanya MOQ juga membantu mengoptimalkan supply chain management suatu bisnis atau perusahaan. Bagaimana caranya? Lalu, bagaimana menerapkan MOQ yang tepat?

Simak penjelasannya secara lengkap dalam artikel blog by Mekari Jurnal berikut ini.

Apa Itu Minimum Order Quantity?

Minimum Order Quantity atau MOQ merupakan acuan standar dalam menetapkan batas pembelian produk atau barang dalam pemesanan oleh penjual.

Biasanya, penetapan jumlah ini diikuti dengan penyesuaian harga agar menarik pelanggan untuk membelinya. Namun, ada juga yang harganya tetap sesuai harga per unit.

Mengutip dari Shopify, penetapan MOQ bertujuan untuk menghindari pemborosan sumber daya yang berkaitan dengan pesanan produk yang menghasilkan keuntungan sedikit.

Selain itu, pada dasarnya bertujaun agar dapat meningkatkan volume penjualan produk dalam satu waktu, hingga dapat menghabiskan stok yang terdapat di ruang penyimpanan.

Oleh karena itu, strategi MOQ juga berkaitan erat dengan supply chain management karena berhubungan dengan pengelolaan biaya penyimpanan yang cukup besar dan menstabilkan nilai dari barang tetap tinggi.

MOQ (Minimum Order Quantity): Definisi, Rumus, Contoh

Jenis-Jenis MOQ

Dalam sebuah transaksi antara penjual dan pembeli, penetapan suatu minimal order tidak berpatokan pada satu metode saja.

Strategi penetapan order atau MOQ sendiri terbagi menjadi dua tergantung karakteristiknya, yaitu soft MOQ dan hard MOQ.

Lalu, apa yang membedakan keduanya?

1. Soft MOQ

Penetapan minimal order untuk jenis strategi ini bersifat fleksibel, tidak kaku, dan dapat dinegoisasikan antara kedua belah pihak. Baik dari sisi harga maupun pada sisi jumlah produk.

Umumnya, pembeli atau pelanggan akan mulai menetapkan jumlah transaksi pembeliannya.

Kemudian, penjual akan mengkomunikasikan kesanggupan harga dan jumlah yang dapat diterima. Sehingga transaksi tidak bersifat mutlak dan sesuai kesepakatan bersama.

2. Hard MOQ

Berbeda dengan soft MOQ, strategi MOQ berjalan secara absolut yang langsung diatur oleh si penjual.

Oleh karena itu, penetapan minimal order maupun biayanya sudah tidak bisa dinegosiasikan kembali.

Sehingga pembeli harus setuju dengan harga dan jumlah yang penjual tetapkan untuk melanjutkan proses transaksi.

Baca Juga: Purchase Order (PO): Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Cara Menghitung MOQ

Jika melihat dari jenis strategi MOQ tersebut, Anda harus cermat dalam menghitung penetapan minimal order dalam bertransaksi agar dapat mencapai keuntungan yang maksimal.

Agar dapat mencapai kondisi tersebut, Anda dapat melakukan perhitungan MOQ menggunakan rumus yang akan dijabarkan berikut ini:

MOQ = 2 x R x SP x I

Penjelasan:

  • R = Jumlah barang yang dalam suatu transaksi pemesanan. Jika jumlah belum pasti, dapat berasumsi membutuhkan jumlah yang sama pada periode sebelumnya.
  • S = Biaya yang dikeluarkan dalam sekali transaksi pemesanan (biaya distribusi, biaya angkut, dsb.).
  • P = Harga beli satuan unit.
  • I = Biaya yang diperlukan untuk proses penyimpanan inventaris barang setelah pemesanan. Umumnya dapat bentuk persentase (%).

Contoh Perhitungan MOQ

PT. Jurnal Sentosa adalah perusahaan manufaktur yang membutuhkan peralatan kantor dalam hal ini alat printer sebanyak 50 buah.

Setiap unit alat printer bernilai Rp 800.000. Untuk melakukan pemesanan, membutuhkan biaya sebesar Rp 5.000.000 dan biaya penyimpanan sebesar 10% per barang.

Lalu, bagaimana perhitungan MOQ untuk mendapatkan keuntungan maksimal?

Jawab:

MOQ = 2 x R x SP x I

= 2 x 50 x 5.000.000 . 800.000 x 10%

MOQ = 62,5.

Berdasarkan dari perhitungan tersebut, maka penetapan pembelian minimal yang menguntungkan adalah sebesar 62,5 atau bisa Anda bulatkan menjadi 63 buah alat printer setiap kali pembelian.

Baca Juga: Cara Menghitung Economic Order Quantity (EOQ)

Manfaat dan Pentingnya Menerapkan MOQ

Menjalankan strategi minimum order quantity atau MOQ dapat berguna dalam bisnis untuk mengatur jumlah minimal barang yang dibeli oleh pelanggan yang memesan.

Tentunya ini akan memberikan beberapa manfaat kepada bisnis atau perusahaan Anda, di antaranya:

1. Solusi dalam Menjual atau Menghabiskan Stok

Dengan memberikan jumlah minimal barang yang dapat dipesan, tentunya dapat membantu menghabiskan stok yang tersedia di penyimpanan.

Walaupun selisih harga mungkin sedikit berbeda dengan pembelian dengan jumlah yang lebih sedikit, menetapkan jumlah yang besar dengan harga yang lebih terjangkau tentunya juga menarik pengecer untuk membeli dalam jumlah besar dan meningkatkan total penjualan.

Stok yang tersedia-pun cepat laku, mengefisiensikan biaya penyimpanan dan tetap menjaga kualitas produk tetap tinggi setelah dikirimkan ke pelanggan.

Di sisi lain, perusahaan juga dapat memulai kembali proses produksi untuk memenuhi permintaan pelanggan.

2. Arus Kas dan Laba yang Meningkat

Total penjualan yang terus meningkat tentunya membawa dampak positif terhadap keuntungan perusahaan serta arus kas yang semakin optimal.

Arus kas yang terus terisi secara cepat tentunya akan membuat siklus produksi juga terlaksana dengan lebih cepat atau terencana sesuai jadwal guna memenuhi stok yang telah habis.

Barang atau produk baru tentunya sangat diinginkan oleh pelanggan dan dapat meningkatkan nilai jualnya, memberikan tambahan laba bisnis yang semakin pesat.

3. Pengendalian Ketersediaan Stok di Gudang

Mengendalikan stok ketersediaan barang di gudang juga berperan penting dalam operasional sebuah usaha.

Jika mengendap terlalu lama, tentunya kualitas barang akan terus menyusut dan bahkan akan rusak. Hal ini akan mempengaruhi ketertarikan pelanggan dalam membeli, dan menurunkan tingkat volume penjualan.

Cara mudah mengendalikan barang adalah dengan melakukan strategi MOQ dengan semakin banyak jumlah yang dipesan, semakin terjangkau biaya per satu buah produknya.

Ini dapat memberikan keuntungan walaupun sedikit dan dapat terhindar dari stok barang yang tidak bisa terjual atau digunakan.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Melakukan Kontrol Stok Barang pada Bisnis Anda!

Tips/Strategi dalam Menerapkan Sistem MOQ

Mengutip dari Shipbob, berikut adalah beberapa tips perencanaan strategi yang bisa Anda terapkan sebagai pengusaha agar dapat menerapkan sistem MOQ yang efisien.

Terapkan Strategi Pemasaran Potongan Harga

Salah satu tips yang cukup efektif dalam meningkatkan penjualan dengan metode MOQ adalah dengan memberikan kampanye berupa potongan harga atau diskon untuk pembelian paket MOQ.

Ini akan mempercepat arus perputaran barang karena pelanggan banyak yang beralih dari pembelian satuan ke pembelian dengan minimum pemesanan karena penawaran harga yang lebih bagus.

Contohnya, seperti membeli 3 buah baju dengan harga Rp 100.000, 8 buah baju seharga Rp 240.000, dan 12 buah baju seharga Rp 330.000.

Baca Juga: 7 Strategi Pemasaran Produk yang Harus Anda Coba

MOQ bantu kelola stok barang di gudang

Identifikasi Produk dengan Pergerakan Barang yang Lambat

SKU dengan siklus pergerakan barangnya cenderung lambat tentunya dapat memberikan dampak yang negatif terhadap barang itu sendiri dan perusahaan.

Arus kas akan terhambat, biaya penyimpanan akan semakin membengkak, sedangkan kualitas barang terus menyusut.

Oleh karena itu, Anda harus melakukan pemantauan dan evaluasi rutin terhadap barang yang Anda jual dalam toko. Ketahui barang apa saja yang laris manis dan barang mana yang jarang dilirik pelanggan.

Menyingkirkan produk dengan pergerakan lambat dapat mengoptimalkan pendapatan perusahaan dalam jangka panjang.

Jalankan promosi yang dapat mendorong penjualan pada produk ini dan perlahan produk akan menghilang dari gudang, kemudian berhenti menyuplai atau memproduksi produk tersebut.

Memberikan Penawaran Pengiriman Gratis

Strategi merupakan alternatif yang penerapannya cukup mudah. Anda dapat memberikan penawaran jasa pengiriman dan pengangkutan gratis bagi pelanggan yang memesan paket MOQ pada jumlah tertentu.

Melalui strategi pengiriman gratis ini, diharapkan dapat meningkatkan penjualan pada paket minimum pembelian dalam jumlah besar.

Beberapa contoh kampanye yang bisa Anda terapkan seperti “Belanja seharga 500 ribu Rupiah dan dapatkan gratis pengiriman” atau berikan voucher pengiriman gratis pada pesanan berikutnya jika memesan produk dalam jumlah tertentu.

Baca Juga: 6 Tips dan Strategi Menentukan Biaya Pengiriman

Kesimpulan

Strategi MOQ adalah praktik yang umum digunakan dalam bisnis untuk mengatur jumlah minimum barang atau produk yang harus dibeli oleh pelanggan atau pihak yang memesan.

Penerapan MOQ bertujuan untuk meningkatkan margin keuntungan perusahaan, di sisi lain juga mengefisiensikan operasional seperti mengurangi biaya penyimpanan dan biaya produksi.

Namun, perlu diingat bahwa penerapan strategi MOQ juga memiliki beberapa potensi dampak negatif, seperti membatasi akses pelanggan yang memiliki anggaran terbatas atau menyebabkan ketidakpuasan pelanggan jika mereka merasa dipaksa untuk membeli dalam jumlah yang lebih besar daripada yang mereka butuhkan.

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk merencanakan dan mengelola strategi MOQ dengan bijak, dengan mempertimbangkan kebutuhan pelanggan dan karakteristik produk mereka.

aplikasi pengelolaan keuangan untuk pengelolaan bisnis mekari jurnal

Permudah Pengelolaan Bisnis dengan Mekari Jurnal

Karena berkaitan dengan banyak aspek seperti transaksi, arus kas, dan pengelolaan persediaan, tentunya Anda membutuhkan bantuan tambahan untuk menunjang manajemen bisnis.

Mekari Jurnal merupakan software akuntansi yang dapat menjadi solusi dalam mempertahankan produktivitas dan performa perusahaan karena telah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan.

Beberapa fitur ungggulannya seperti mengelola budget & anggaran, manajemen inventaris, pembuatan invoice otomatis, dan membuat laporan keuangan.

Selain itu, Mekari Jurnal juga sudah terintegrasi dengan Mekari Pay yang dapat membantu Anda dalam mengelola transaksi pembayaran dengan pelanggan tanpa berpindah perlu ribet berpindah platform, serta data transaksi yang langsung masuk secara otomatis ke sistem Mekari Jurnal.

Jika tertarik, Anda dapat berkonsultasi dengan tim ahli kami atau mendaftarkan bisnis Anda secara langsung dengan klik tombol di bawah ini sekarang!

Baik, Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Dapatkan free trial selama 14 hari bagi pendaftar pertama untuk mencoba berbagai fitur unggulan pada Mekari Jurnal dan rasakan manfaatnya!

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal