Memonitor barang adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis guna menjalankan bisnisnya dengan baik. Mengelola barang bukanlah pekerjaan yang mudah, meskipun kelihatannya sederhana tetapi jika dilakukan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih, apalagi jika barang yang ada di tempat penyimpanan berjumlah banyak.

 

Mungkin bagi Anda yang memiliki bisnis jual-beli rumah atau mobil tidak akan kesulitan karena barangnya besar-besar dan jumlahnya tidak terlalu banyak, tetapi jika bisnis Anda adalah bisnis retail yang memiliki banyak barang bahkan sampai ratusan ribu, berapa waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan untuk mengelola semua barang tersebut hingga selesai? Pasti bisa berhari-hari. Selain itu, dalam melaksanakan pengelolaan barang juga harus dilakukan secara teliti dan benar, jangan sampai ada kesalahan karena dapat berdampak pada bisnis Anda. Untuk memudahkan Anda dalam melakukan pengelolaan barang, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

 

Berikan Warna di Setiap Barang

Memberikan warna di setiap barang akan memudahkan saat proses pengelolaan, contohnya saja memberikan warna yang berbeda setiap barang, sehingga saat melakukan pengelolaan tidak perlu melihat secara detail tentang deskripsi barang, Anda hanya perlu memisahkan stok barang berdasarkan warnanya saja.

 

Pisahkan Stok Lama & Baru

Antara barang yang baru dan lama usahakan bisa dipisahkan, agar nantinya saat penjualan bisa dikeluarkan barang yang stok sudah lama terlebih dahulu, sehingga tidak terjadi barang sampai kadaluarsa di gudang penyimpanan.

 

Kelompokan Barang yang Mudah Hilang

Anda harus mengelompokkan barang yang mudah hilang, seperti barang yang memiliki ukuran kecil, karena biasanya mudah terselip di antara barang lainnya. Dengan mengelompokkan barang sesuai ukuran tersebut, risiko hilang dapat diminimalisir.

 

Pisahkan Stok Barang Mahal

Agar mudah dalam mengelola stok, cobalah pisahkan antara barang mahal dan murah. Sehingga, jika nanti ada kehilangan barang mahal bisa lebih mudah terlihat, karena jika hilang satu saja pasti akan berpengaruh pada pendapatan bisnis Anda. Untuk itu, Anda harus melakukan kontrol barang mahal tersebut secara berkala.

 

Pisahkan Stok Barang Laku & Tidak Laku

Untuk memudahkan dalam melakukan pengelolaan barang, usahakan antara barang yang laku dipisahkan dengan barang yang tidak laku. Karena barang laku biasanya akan cepat habisnya dari tempat penyimpanan. Selain itu, dengan memisahkan barang laku dan tidak laku, Anda akan lebih mudah dalam mengeluarkan barang saat penjualan.

 

Lakukan dengan Sistem Acak

Barang yang termasuk dalam sistem acak ini adalah barang yang biasanya setiap bulan masuk dalam kategori promo, sehingga harus dimonitor lebih sering. Misal saja pada bulan ini minyak goreng harganya Rp30.000, kemudian pada bulan depannya ada diskon menjadi Rp25.000. Tanpa adanya pengontrolan stok dan harga yang baik, maka akan mengakibatkan kebingungan, hingga mengakibatkan kerugian dalam bisnis.

 

Kontrol Barang Restan

Stok barang restan adalah stok barang yang tidak laku dijual dan tidak dipajang, hanya disimpan dalam gudang saja. Tetapi barang-barang tersebut juga harus dikontrol karena termasuk aset bisnis Anda, jangan sampai karena termasuk barang restan kemudian dibiarkan sehingga tidak terkontrol dengan baik.

 

Lakukan Kontrol Atas Barang yang Telah Terjual

Yang terakhir adalah melakukan kontrol terhadap barang yang sudah terjual dengan melakukan pencatatan yang baik agar tidak terjadi antara stok barang yang ada di gudang berbeda dengan yang ada di dalam catatan buku penjualan.

 

Demikianlah pembahasan mengenai 8 cara mudah mengelola stok barang. Untuk memudahkan Anda dalam melakukan pengelolaan barang secara cepat, cobalah menggunakan software akuntansi yang dilengkapi dengan fitur pengelolaan stok barang.

 

Jurnal adalah software akuntansi online yang memiliki fitur stok barang, di mana Anda tidak perlu repot lagi melakukan pengelolaan barang. Selain itu, ada fitur pemberitahuan dan kalkulasi persediaan barang secara realtime, melacak penjualan produk paling laris, serta melakukan impor data persediaan dalam jumlah yang besar.

Dengan Jurnal, Anda juga bisa mengatur jumlah stok minimal barang yang dapat mengingatkan Anda ketika stok akan segera habis. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial selama 14 hari untuk pengguna baru. Untuk info lebih lanjut silahkan klik di sini.