Berbisnis bisa dilakukan siapa saja dengan ide apa saja. Namun menurut Jennike Veronika, operating manager dari Vilo Gelato, sangat penting untuk menjalankan bisnis yang memang kita mengerti dan sukai. Dengan melakukan sesuatu yang menjadi passion kita, maka perencanaan dan pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah. Seperti bagaimana Jenny menyukai ice cream dan kerap mengeksplor berbagai rasanya hingga kemudian bersama 3 orang temannya mendirikan bisnis gelato di tahun 2017.

 

Awal Perjalanan Vilo Gelato

Vilo Gelato berawal dari hobi Jenny dan ketiga orang temannya yang sering mencicipi es krim dan ingin menemukan rasa es krim yang ideal. Sebelumnya, semua rasa es krim yang mereka cicipi terlalu manis dengan bahannya yang selalu berasal dari impor. Tanpa ada pengalaman di bidang food and beverages, Jenny dan teman-temannya melakukan riset dan uji coba berkali-kali untuk menciptakan homemade ice cream hanya berbekal resep-resep yang mereka tonton dari Youtube.

 

Perjalanan yang Tidak Selalu Semanis Es Krim

Dalam bisnis tentu selalu ada halangan atau rintangan yang harus dihadapi sebelum mendapat kesuksesan. Dalam proses membangun Vilo Gelato, sering Jenny mendapat kegagalan atau kekecewaan karena rasa atau eksperimen es krim yang dibuat tidak sesuai harapan. Namun kegagalan itu tidak membuat perjalanan Vilo Gelato berhenti. Para pembuatnya semakin tekun mempelajari artisan gelato dari awal tahapan membuatnya sampai pada akhirnya Vilo Gelato berhasil mengembangkan bisnis gelato yang berkualitas.

 

Strategi Vilo Gelato, dari Konsep dan Kenyamanan

Menurut Jenny, konsep outlet gelato identik dengan space yang sempit dan suasana yang terbatas. Inilah yang berusaha diubah dalam Vilo Gelato yang membawa konsep homey dengan akses WiFi dan media permainan seperti board game atau balon. Di dalam toko pun terdapat phone booth untuk tempat berfoto juga sebagai penanda bahwa toko ini memiliki visual yang menyenangkan. Mengingat beragam pengunjung yang datang ke toko ini termasuk remaja dan anak kecil, Jenny mengerti bahwa mereka tidak hanya ingin menikmati makanan tapi juga ingin lebih lama menikmati suasana santai didalamnya. Tidak hanya itu, Vilo Gelato juga cukup fleksibel untuk tempat keperluan meeting atau sekedar kumpul keluarga.

 

Inovasi Baru untuk Perkembangan

Inovasi baru dalam berbisnis adalah hal yang cukup penting. Vilo Gelato terus mengembangkan inovasi dari berbagai aspek mulai dari promosi sampai variasi menu. Dari segi promosi, Vilo Gelato memanfaatkan social media seperti Instagram untuk menarik pengunjung. Sementara dari segi menu, Vilo Gelato sangat produktif untuk melakukan kreasi rasa gelato setiap bulannya. Bahkan tercatat sudah ada 60 rasa yang dijual di Vilo Gelato dengan tetap memperhatikan kualitas dan keaslian gelato-nya. Dengan melakukan update secara rutin, diharapkan semakin banyak pilihan pengunjung untuk mengeksplorasi rasa. Selain itu, partnership dengan berbagai jenis transaksi pembayaran juga dilakukan untuk membuat akses pengunjung lebih mudah untuk membeli di Vilo Gelato.

 

Komunikasi dan Kerja Sama Sebagai Kunci Berbisnis

Untuk menjalankan bisnis, komunikasi dan kerja sama adalah kunci Vilo Gelato untuk terus berkembang. Sebagai penanggung jawab Vilo Gelato, Jenny menekankan komunikasi bersama ketiga pemilik lain terus dijaga agar mereka dapat mengetahui perkembangan terbaru dari Vilo Gelato. Komunikasi juga terus diusahakan baik dalam perencanaan bisnis.

 

Jurnal Membantu Mengelola Keuangan Bisnis

Jenny menemukan bahwa bisnis Vilo Gelato yang bergerak di bidang food and beverages memerlukan sistem accounting yang cepat dan efektif karena banyaknya transaksi yang terjadi setiap harinya. Dengan sistem dari Jurnal, lebih banyak kemudahan yang didapat seperti mempermudah pencatatan keuangan dan dapat membantu Jenny melakukan pengecekan terkait transaksi penjualan dan laporan keuangan perusahaan kapan dan di mana pun ia berada.

 

Jenny merasa mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakan Jurnal. Tidak hanya dari segi kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan software, Jurnal juga memiliki customer service yang cepat apabila ada masalah atau ketika Jenny membutuhkan bantuan terkait data dan laporan keuangannya.

Apakah Anda ingin sukses seperti Jenny dan bisnis-bisnis lainnya? Daftarkan bisnis Anda sekarang juga di Jurnal dan nikmati free trial hingga 14 hari. Untuk mengetahui info selanjutnya tentang Jurnal dan berbagai fiturnya, silakan klik di sini.

Author