Mekari Jurnal
Daftar Isi

Pentingnya Mengelola Inventaris untuk Kelangsungan Bisnis

Tayang 15 Aug 2022
Diperbarui 18 Oktober 2023

Inventaris adalah kata lain dari stok atau persediaan barang yang dimiliki oleh perusahaan, kantor, atau pabrik. Bagaimana cara mengelola inventaris dengan tepat agar proses inventarisasi berjalan lancar? Simak di Blog Mekari Jurnal!

Bagi Anda yang baru memulai bisnis atau usaha, penting bagi Anda untuk belajar dan memahami segala hal mengenai inventaris.

Alasannya karena dari inventaris, Anda bisa memantau produktivitas bisnis atau usaha.

pengelolaan inventaris merupakan salah satu pendorong bisnis untuk menghasilkan profit yang lebih optimal.

Oleh karenanya tugas mengelola inventaris ini tidak boleh ditinggalkan seberapa lelahnya pun Anda mengurus bagian lain dalam bisnis dan seberapa kecilnya pun bisnis yang dijalankan.

Sebelum beranjak ke cara mengelolanya, kita akan memahami dulu apa pengertian serta manfaat dari inventaris itu sendiri.

pengertian inventaris barang kantor adalah

Apa itu Inventaris?

Terdapat beberapa pengertian dari ahli maupun KBBI tentang inventaris, apa saja itu?

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian inventaris adalah daftar keseluruhan barang milik institusi baik itu sekolah, kantor, perusahaan, ataupun pemerintah yang digunakan sebagai alat untuk kegiatan operasionalnya.
  • Sedangkan menurut Wikipedia, arti inventaris adalah sebuah kata yang diambil dari Bahasa Inggris yang berarti barang atau bahan milik suatu perusahaan dengan tujuan untuk diolah kembali menjadi produk lain yang nantinya akan dijual.
  • Soemarsono SR menjelaskan bahwa inventaris artinya merupakan keseluruhan barang yang dimanfaatkan kantor dan disertai dengan kondisi barang, jenisnya, harga juga jumlahnya.
  • Menurut Muhammad Ali, inventaris adalah daftar atau catatan barang milik perusahaan yang dipakai untuk menjalankan kegiatan usahanya. Daftar atau catatan tersebut, isinya adalah seluruh peralatan maupun bahan yang tersedia dan dimanfaatkan untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan ataupun pengelolaannya.
  • Sementara menurut definisi dari sisi IPTEK, inventaris kantor di dalam ilmu akuntansi ialah segala bentuk kegiatan maupun usaha untuk memperoleh data yang diperlukan mengenai persediaan barang yang dikelola ataupun dimilikinya. Baik barang yang dibeli dengan anggaran belanja ataupun diperoleh secara hibah, untuk kemudian dicatat dengan sebagaimana mestinya.

Maka dapat disimpulkan bahwa pengertian inventaris adalah daftar atau catatan sumber daya yang penting bagi perusahaan agar bisa beroperasi dan mengelola sumber daya tersebut.

Pencatatan atau inventarisasi harus dibuat dengan rapi, tujuannya adalah memudahkan pengecekan juga pengelolaan inventaris barang yang beragam dan berjumlah banyak.

Hasil dari pencatatan tersebut juga akan dijadikan acuan data dalam menyusun laporan keuangan, di mana data harus valid dan dapat dipertanggung jawabkan.

Dengan demikian, operasional perusahaan akan dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Perusahaan akan lebih mudah melakukan evaluasi juga pengembangan berdasarkan data inventaris juga laporan keuangan.

Kendali penuh inventory barang dengan Fitur Produk dan Inventory Barang Jurnal. Buktikan dengan coba gratis Jurnal sekarang!

Tujuan Inventarisasi

Inventarisasi dilakukan dengan tujuan untuk membantu kelancaran administrasi perusahaan maupun instansi agar aset dapat terawasi dengan baik.

Adapun tujuan lain dari inventarisasi yaitu:

  1. Menjaga sarana prasarana yang dimiliki oleh sebuah instansi atau perusahaan,
  2. Memudahkan kegiatan kontrol inventaris terhadap penggunaan budget perusahaan.
  3. Menjadi bahan pertimbangan untuk pengadaan atau pemeliharaan.
  4. Membantu merencanakan, menyalurkan, memelihara dan menyimpan aset yang dimiliki instansi/perusahaan.
  5. Sebagai pedoman untuk menghitung nilai kekayaan aset.
  6. Mempercepat proses pembuatan laporan.
  7. Sebagai bahan rujukan jika terjadi kecurangan pegawai atau pencurian dalam perusahaan/instansi.
  8. Untuk memeriksa dan mengontrol keluar masuk barang, termasuk barang hibah/pemberian.

Mengapa Pengelolaan Inventaris Penting Bagi Bisnis?

Ada beberapa alasan mengapa sebuah perusahaan harus mengelola inventaris yang ada.

Selain berhubungan langsung dengan kegiatan usaha dan berpengaruh pada profitnya, juga untuk efektivitas kerja yang bertanggung jawab atas inventarisasi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa diperoleh ketika perusahaan mengelola inventaris dengan tepat.

  • Meminimalkan Penyusutan Inventaris

Dalam akuntansi, Anda tentu kerap mendengar istilah penyusutan atau depresiasi. Hal itu berarti berkurangnya nilai jual suatu barang.

Umumnya, penyusutan terjadi pada aset atau aktiva perusahaan yang bersifat tetap.

Kita ambil contoh yaitu kendaraan, makin lama dipakai maka nilai jualnya pun akan menyusut atau menurun.

Sementara yang dimaksud dengan penyusutan pada inventaris biasanya dikarenakan kelalaian manusia.

Akibat kesalahan tersebut terjadilah pengurangan atau penyusutan jumlah inventaris barang.

Pengurangan atau penyusutan tersebut bisa karena kesalahan dalam pencatatan, kesalahan membuat alur inventarisasi atau bahkan pencurian.

Untuk menghindari berbagai risiko tersebut, maka diperlukan adanya pengelolaan inventaris dengan benar.

Sebab, penyusutan tersebut akan diakumulasikan dan muncul pada format laporan keuangan di kolom aktiva.

Otomatis jumlah harta perusahaan pun  berkurang.

Hal ini bisa saja mempengaruhi kondisi finansial perusahaan secara keseluruhan.

inventaris barang kantor adalah 2

  • Memudahkan Pengawasan Melalui Tata Letak

Ketika perusahaan memiliki ribuan barang persediaan dan ditempatkan pada gudang yang amat luas, tentu akan sulit mengawasinya. Selain menguras waktu tentu juga menguras tenaga.

Sebagai solusi untuk memudahkannya, maka dilakukan pengelolaan inventaris dengan memberlakukan sistem klasifikasi tata letak.

Bahkan tidak jarang perusahaan yang sudah menggunakan metode barcode.

Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam melakukan pengawasan, pengecekan bahkan saat harus melakukan stock opname atas barang persediaan.

Risiko adanya barang kadaluarsa, rusak atau bahkan tidak layak juga akan lebih terminimalisir.

Tonton video di bawah ini bagaimana PT. Permata Berlian Perkasa, perusahaan yang bergerak di bidang importir dan distributor menjawab tantangan pengelolaan inventaris dengan menggunakan software Mekari Jurnal.

  • Peningkatan Pelayanan Terhadap Konsumen

Pada saat Anda berhasil mengelola inventaris dengan tepat dan baik, otomatis persediaan barang akan selalu terpantau.

Hal ini berimbas pada pelayanan terhadap konsumen yang tentunya lebih memuaskan.

Konsumen akan lebih loyal pada produk yang stok barangnya tersedia.

Bahkan tidak jarang mereka rela membayar lebih mahal, ketika Anda bisa memenuhi kebutuhannya dengan cepat.

Dengan meningkatkan pelayanan terhadap konsumen dan memberi kepuasan pada mereka, ini bisa menjadi jalan pemasaran dari mulut ke mulut.

Konsumen bisa merekomendasikan produk usaha Anda pada orang-orang di sekitarnya. Dengan begitu penjualan berpotensi untuk bertambah dan profit perusahaan pun akan meningkat.

  • Sebagai Tolok Ukur Kinerja Pengelolaan Inventaris

Pengelolaan inventaris dapat Anda ukur efektifitas kerjanya dengan menggunakan Key Performance Indicator (KPI).

Hal ini untuk meningkatkan semangat kerja dan suasana yang lebih kondusif di tempat kerja.

Dengan etos kerja karyawan yang tinggi, Anda akan dipermudah dalam memantau serta mengelola inventaris perusahaan.

Dari angka yang ditunjukkan oleh KPI, maka akan terlihat pencapaian perusahaan Anda dalam mengelola inventaris dan menerapkan fungsi akuntansi dengan lebih mudah.

Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Invoice Online Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Bagaimana Cara Mengelola Inventaris dengan Tepat?

Sebagai salah satu hal penting dalam perusahaan, maka harus dikelola dengan baik dan tepat.

Berikut ini adalah cara pengelolaan inventaris atau stok barang yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda.

1. Tentukan Penanggung Jawab yang Berkompeten dan Terpercaya

Cara mengelola inventaris yang pertama yaitu dengan memilih tenaga kerja yang tepat untuk bertanggung jawab atas inventaris perusahaan dan bisa melakukan inventory control.

Pilih yang memang paham seluk beluk inventaris dan mampu memberikan laporan terperinci, akurat dan terpercaya sehubungan dengan stok barang persediaan, termasuk keluar masuknya barang.

Ia juga bertanggung untuk melakukan audit inventaris, pengembalian maupun isi ulang.

2. Tingkatkan Keamanan

Keamanan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan.

Terlebih jika perusahaan Anda memiliki inventaris dalam jumlah besar dalam gudang yang cukup luas.

Anda bisa menggunakan CCTV untuk bisa mengawasi kondisi sekitar.

Berikan akses khusus bagi penanggung jawab untuk bisa keluar masuk gudang, sehingga tidak semua orang bebas berkeliaran di gudang penyimpanan.

Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan pencurian atau kecurangan yang mengakibatkan penyusutan inventaris barang.

cara mengelola inventaris adalah

3. Pengklasifikasian Produk

Pemisahan produk berdasarkan warna atau kode SKU juga barcode bisa memudahkan Anda dalam mengelola inventaris kantor.

Dengan dua metode tersebut akan menghemat waktu juga tenaga dalam proses pengecekan.

Kesalahan pencatatan stok atau kemungkinan barang hilang juga lebih bisa diminimalkan.

4. Pantau Stok dan Audit Secara Berkala

Jangan malas untuk selalu memantau ketersediaan barang. Dengan begitu akan meminimalisir kekosongan barang atau bahkan deadstock.

Dengan rajin memantau jumlah stok yang ada, Anda akan lebih mudah membuat estimasi produksi atau pemesanan barang dalam jumlah tepat.

Anda juga harus melakukan audit secara berkala.

Tujuannya yaitu menyesuaikan jumlah stok di gudang dengan catatan pada sistem. Apabila terdapat perbedaan, maka harus segera ditelusuri  di mana letak penyebab ketidaksesuaian tersebut.

Kelola Persediaan Barang Perusahaan dengan Software Mekari Jurnal!

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola persediaan barang atau inventaris kantor, Anda bisa menggunakan aplikasi inventaris, salah satunya adalah Mekari Jurnal.

Dengan menggunakan Jurnal Anda dapat memiliki sistem inventory, di mana Anda akan mendapatkan fitur seperti:

  • Notifikasi atau pemberitahuan dan kalkulasi produk secara langsung.
  • Pelacakan penjualan produk terbanyak, sehingga memungkinkan perusahaan Anda untuk mengantisipasi dengan pemenuhan stok yang lebih besar.
  • Mengimpor data persediaan dalam jumlah besar.
  • Melakukan pelacakan secara cepat terhadap persediaan stok barang dalam beberapa lokasi yang berbeda.
  • Mengatur jumlah minimal stok, sehingga dapat melakukan pemesanan tepat waktu.

Jadi, mulailah kelola persediaan bisnis Anda dengan mudah dan cepat bersama software akuntansi online Jurnal.

Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial selama 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah sedikit penjelasan singkat mengenai apa itu arti pengertian inventaris barang atau kantor adalah dan bagaimana cara mengelola dengan tepat.

Bagi Anda yang baru memulai usaha, pastikan untuk menerapkan cara pengelolaan inventarisasi di atas agar usaha Anda dapat bertahan dan makin berkembang.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal