Jurnal Enterpreneur

Kelola Inventaris Lebih Simple dengan Software Akuntansi Online

Setiap pemilik bisnis harus melakukan manajemen persediaan, entah itu di atas kertas, dalam spreadsheet, ataupun menggunakan perangkat online. Jika pemilik usaha berniat untuk meningkatkan skala bisnis, terbilang sangat penting untuk memilih alat inventaris yang tepat sejak awal.

Bisnis mungkin kecil hari ini, tetapi pemilik pasti punya rencana yang besar untuk tumbuh. Misalnya, memulai berjualan dengan toko fisik dan kemudian berkembang ke website, atau menjual di internet marketplace yang tersedia. Berikut adalah alasan mengapa pemilik bisnis harus memilih sistem manajemen inventaris dengan hati-hati:

  • Terpusat. Jika data untuk semua kebutuhan penjualan berada dalam satu tempat, informasi akan jauh lebih mudah untuk dijangkau dan dianalisa.
  • Penyederhanaan. Beberapa sistem yang ada membuat transaksi jauh lebih sulit untuk dilacak. Jika tidak berhati-hati, biaya tambahan bisa saja dikeluarkan dan malah membuat rugi. Lebih baik memiliki sebuah sistem yang terintegrasi untuk semua kebutuhan.
  • Kolaborasi. Sangat berguna untuk mampu berbagi data dari tempat yang berbeda dalam tim. Sistem pengelolaan inventaris yang baik akan membiarkan penggunanya melakukan ini dengan mudah.

Di sisi lain, pesatnya kemajuan teknologi membuat kebiasaan manual bisnis yang harus diubah menjadi lebih efisien dan well-adopted dengan teknologi. Salah satunya adalah dengan software online yang menyuguhkan beragam manfaat, seperti:

  • Sinkronisasi dan analisa secara real-time yang menawarkan informasi inventaris lebih mudah didapat.
  • Kejelasan dan konsistensi, dengan data yang digunakan oleh seluruh tim.
  • Mobilitas untuk pemilik usaha (terutama skala kecil) yang terus-menerus di mana saja.
  • Sistem yang terpusat. Ini mencakup jumlah persediaan, data pesanan penjualan, order pembelian, faktur, pemasok, dan informasi kontak pelanggan.
  • Integrasi dengan software akuntansi, memberikan informasi yang akurat untuk akuntan.
  • Data terkelola dan disimpan secara aman, yang berarti mengurangi pengeluaran dan risiko kehilangan data. Hal ini juga membuat lebih mudah untuk berbagi informasi dan kolaborasi dengan staf serta akuntan.

Dalam bisnis yang ideal, sudah seharusnya manajemen persediaan ter-otomatisi. Alat berbasis cloud sekarang tersedia untuk melakukan semua ini, menghemat banyak waktu dan usaha. Pebisnis masih harus membuat keputusan akhir tentang lini produk yang dijual, tapi biarkan sistem menangani sisa proses dengan software. Dengan sistem manajemen persediaan yang tepat lewat aplikasi inventaris barang, pemilik dapat fokus pada apa yang penting. Kontrol otomatis persediaan bisnis untuk melakukan hal terbaik, berkonsentrasi membangun bisnis!

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo