Integrasi Akuntansi dan Manufaktur: Memaksimalkan Efisiensi Bisnis Anda Highlights Integrasi akuntansi dan manufaktur menjadi bagian penting dalam industri dalam meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas produksi Tujuan ini dapat tercapai melalui input data secara otomatis, mengurangi pekerjaan manual, dan memperpendek leadtime Integrasi ini juga turut mendukung siklus pelaporan yang lebih cepat serta meningkatkan akurasi dan kualitas keuangan Dibutuhkan satu sistem terpadu yang dapat menjadi fondasi kuat dalam mengintegrasikan sistem akuntansi dan manufaktur, seperti software manufaktur Mekari Jurnal yang menjadi salah satu rekomendasi terbaik Konsep akuntansi dan manufaktur sudah menjadi dasar fondasi yang strategis dalam operasional bisnis sehari-hari. Melalui kedua sistem ini, perusahaan dapat mencapai tujuannya dengan lebih efektif karena seluruh fungsi bisnis terhubung secara optimal. Keduanya menciptakan aliran informasi yang mulus antara proses produksi dan pelaporan keuangan, memungkinkan perencanaan yang presisi serta penetapan produk yang akurat. Simak selengkapnya dalam artikel dari Mekari Jurnal berikut ini. Apa Maksud Integrasi Akuntansi dan Manufaktur serta Manfaatnya? Secara konsep, integrasi akuntansi dan manufaktur artinya menyatukan teknik dalam pembukuan dan proses manufaktur ke dalam satu sistem terpadu. Biasanya konsep ini tercantum di dalam sistem seperti ERP dengan fokus modul manufaktur. Melalui modul ini, perusahaan dapat menghubungkan langsung data biaya, inventaris, proses produksi, dan realisasi keuangan. Adanya integrasi akuntansi dan manufaktur memberikan beberapa manfaat kepada perusahaan, di antaranya: 1. Meningkatkan Efisiensi Operasional Adanya fitur automasi mendukung input data produksi dan data secara realtime. Hal ini membantu perusahaan dalam mengurangi pekerjaan manual, memperpendek lead time, dan mempercepat siklus pelaporan. 2. Meningkatkan Akurasi Data Proses integrasi membantu perusahaan untuk menghilangkan duplikasi data dan minimalisir human error, yang dapat menghasilkan kualitas data keuangan dan produksi yang lebih baik. 3. Memudahkan Pengambilan Keputusan Berbasis Data Manajemen dapat bergerak lebih cepat dan tepat dalam menganalisis situasi pasar, berkat data inventaris, produksi, dan performa finansial yang terkelola secara realtime. Cara Mengintegrasikan Sistem Ada beberapa langkah strategis dalam mengintegrasikan akuntansi dan manufaktur yang optimal di dalam satu sistem terpadu, yaitu dengan: 1. Analisis Kebutuhan Langkah pertama, perusahaan dapat melakukan analisis kebutuhan untuk memahami alur proses binis dan data mana yang paling memengaruhi efisiensi. Umumnya, aspek paling integral ini meliputi work order, bill of materials, dan biaya overhead. 2. Pilih Teknologi yang Kompatibel Pada langkah ini, Anda harus bisa memilih teknologi yang kompatibel dan memiliki aspek interoperabilitas yang kuat? Notes: “Interoperabilitas mencakup kemampuan dua sistem atau lebih dalam bertukar infomasi dan menggunakan informasi yang dipertukarkan dengan baik.” Anda bisa memilih sesuai karateristik dan kebutuhan perusahaan, beberapa sistem yang mendukung integrasi akuntansi dan manufaktur, seperti ERP, MES, dan software yang mendukung API. Baca Juga: Perbedaan MES vs ERP dalam Manufaktur: Mana yang Lebih Sesuai untuk Bisnis Anda? 3. Rancang Alur Data End-to-End Mulai merancang alur yang optimal dan efektif dari bagian produksi ke dalam laporan keuangan. Rancangan ini dapat beragam sesuai wilayah, regulasi, kebutuhan, dan karakteristik industri manufaktur yang dijalani. Namun, umumnya perusahaan akan merancang alur sebagai berikut: Input produksi, operator mesin akan memasukkan data work order ke dalam sistem Pemakaian material, sistem akan membaca BOM dan mengurangi stok bahan baku secara otomatis Output produksi tercatat secara langsung di dalam persediaan barang ERP dapat langsung menghitung biaya tenaga kerja langsung, bahan baku, dan overhead Data produksi tersinkron secara langsung ke dalam modul akuntansi untuk pelaporan yang lebih akurat dan siklus pelaporan yang lebih cepat Baca Juga: Memahami Akuntansi Biaya Tenaga Kerja dan Tantangannya 4. Pelatihan Tim Selain itu, perusahaan juga dapat meningkatkan kualitas sumber daya internal, yang salah satu faktor pentingnya adalah manusia. Anda bisa membagi bentuk pelatihan internal sebagai berikut: Tim produksi, melatih cara input data dan pentingnya keakuratan pencatatan inventaris dan produksi Tim akuntansi/keuangan, memberikan pemahaman lebih luas mengenai Tim IT, berperan vital dalam menjaga teknologi yang menyinkronkan modul akuntansi dan modul manufaktur melalui pembangunan arsitektur dan pemeliharaan sistem 5. Monitoring Pasca Implementasi Setelah implementasi sistem, perusahaan dapat melanjutkan tahapan dengan menjalankan proses evaluasi dan optimasi berkelanjutan. Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan, seperti mengaudit sistem, menerima feedback, dan mengoptimasi alur data melalui update sistem. Rekomendasi Perangkat Lunak Untuk Integrasi Akuntansi dan Manufaktur Ada beberapa software yang mendukung proses integrasi akuntansi dan manufaktur yang mulus, beberapa di antaranya yang populer adalah: 1. Mekari Jurnal Mekari Jurnal ERP dan Accounting menawarkan solusi lengkap untuk integrasi akuntansi dan manufaktur di Indonesia. Platform ini menggabungkan kemampuan modul akuntansi, inventory, pembelian, dan produksi, plus dukungan AI untuk analitik otomatis dan visibilitas keuangan antar-departemen. Fitur unggulan untuk mengintegrasikan akuntansi dan manufaktur, adalah: Otomatisasi pelaporan dan Invoice: mempercepat proses penagihan dan pelaporan keuangan Mendukung AI: fitur-fitur unggulannya mendukung teknologi AI, mulai dari analisis tren, rekomendasi insight, dan pembuatan invoice Keamanan Data Terpusat: meminimalisir risiko kehilangan data dan memudahkan proses backup Visibilitas Real-time: memonitor data mulai dari persediaan, work order, dan biaya produksi secara langsung Fulfillment: mengoptimalkan alur permintaan, pengadaan, hingga pengiriman barang ke pelanggan dan mencatat aktivitas ke dalam laporan keuangan Tracking Biaya Produksi dan HPP: sistem menghitung biaya produksi dan menetapkan HPP secara otomatis 2. ERPNext ERPNext adalah software ERP open-source berbasis cloud dengan modul lengkap seperti akuntansi, manufaktur, inventory, CRM, purchasing, dan lainnya. ERPNext sangat fleksibel, bisa diakses secara web, dan memiliki sistem yang mendukung penuh integrasi akuntansi dan manufaktur. Fitur unggulannya, mencakup: End-to-end supply chain: mulai dari BoM, job cards, hingga perencanaan multi-level Kustomisasi Tinggi: sistem berbasis open-source mendukung penuh implementasi sesuai kebutuhan spesifik bisnis Multi-level BOM: memungkinkan bisnis mengelol struktur produk yang kompleks Project Management: memungkinkan pengguna untuk melacak dan mengelola proyek secara langsung Baca Juga: 15 Rekomendasi Aplikasi ERP Terbaik untuk Digunakan Perusahaan 3. Hashmicro HashMicro merupakan solusi ERP komprehensif berbasis cloud yang menyediakan modul untuk akuntansi, manufaktur, inventaris, dan lainnya. Software ini mengadopsi sistem modular sehingga dapat memilih modul sesuai kebutuhan bisnis yang spesifik. Fitur unggulannya: Patuh Regulasi Lokal: Mendukung kepatuhan fiskal di Indonesia seperti integrasi dengan DJP Integrasi: menghubungkan seluruh fitur fungsional bisnis secara lancar melalui modul manufaktur Laporan dan Analitik: sistem memberikan dukungan pelaporan dan analisis berbasis data secara langsung dan otomatis 4. Deskera Deskera ERP adalah solusi berbasis cloud yang menawarkan fitur terpadu untuk akuntansi, manajemen produksi, inventaris, CRM, dan layanan bisnis lainnya. Platform ini dirancang untuk memberikan pengguna pengalaman yang intuitif dan mudah digunakan. Fitur unggulan yang bisa digunakan adalah: Modul Manufaktur: Termasuk perencanaan produksi, tracking work-center, dan kebutuhan bahan baku yang sinkron dengan data keuangan Manajemen Inventaris: mendukung fitur yang mengelola gudang, pelacakan stok, dan biaya penyimpanan ke pelaporan keuangan secara langsung Manajemen Procurement: mengintegrasikan penjualan, produksi, dan keuangan secara optimal Baca Juga: 12 Fitur Utama Sistem ERP yang Wajib Dimiliki Perusahaan Modern Kesimpulan Integrasi antara akuntansi dan manufaktur bukan lagi menjadi sebuah tren dalam bisnis, namun menjadi kunci strategis untuk mencapai efisiensi, akurasi, dan respon bisnis yang unggul. Melalui sistem terintegrasi yang menghubungkan seluruh data operasional secara mulus, bisnis dapat mempercepat siklus produksi dan pelaporan keuangan dan tetap menjaga akurasi data. Hal ini mendukung bisnis dalam mengoptimalkan modal kerja dan performa bisnis secara menyeluruh. Walaupun begitu, untuk mengadopsi perangkat terintegrasi, terdapat beberapa tantangan yang harus Anda pahami. Biaya investasi yang tinggi, kompleksitas integrasi, dan perlindungan data menjadi aspek yang perlu menjadi perhatian sebelum mengimplementasikannya ke dalam sistem bisnis. Namun, terdapat solusi efektif untuk menjadi pilihan Anda, yaitu dengan mengadopsi Mekari Jurnal ERP and Accounting. Mekari Jurnal software ERP modular yang praktis dan dapat menyesuaikan kebutuhan industri spesifik dan kompleks agar semakin efektif. Pengelolaan dapat dijalankan lebih sederhana dengan mengintegrasikan modul keuangan, operasional, dan lainnya dalam satu sistem terpadu, sekaligus mengurangi ketergantungan pada proses manual. Jika tertarik, Anda dapat melakukan konsultasi lebih lanjut dengan tim kami melalui tombol di bawah ini, dapatkan uji coba gratis selama 7 hari! Konsultasi Gratis dengan Mekari Jurnal Sekarang! Referensi: World Journal of Advanced Research and Reviews, “Integrating accounting models with supply chain management in the aerospace industry: A strategic approach to enhancing efficiency and reducing costs in the U.S”.