Cara Cermat Susun Laporan Keuangan Konsolidasi

Bagi perusahaan yang memiliki satu atau lebih anak perusahaan, biasanya akan menggunakan laporan keuangan dalam bentuk laporan keuangan konsolidasi. Agar tidak bingung, bedakan dua hal ini: konsolidasi adalah kata kerja; sementara konsolidasian adalah kata benda.

Prinsip konsolidasian adalah penyajian laporan keuangan yang isinya gabungan dari laporan milik perusahaan induk dan entitas anak perusahaan dalam satu laporan. Sehingga laporan keuangan ini membuat seolah-olah mereka adalah satu entitas. Jika Anda pernah melihat laporan segmen operasi sebuah usaha yang menyajikan pemisahan angka, maka laporan konsolidasi merupakan kebalikannya.

Saat satu perusahaan untuk membeli perusahaan yang lebih kecil yang dapat melengkapi bisnis primer dan membuatnya lebih kuat. Perusahaan yang lebih kecil (anak perusahaan) dapat membantu profitabilitas perusahaan induk sambil juga terus beroperasi sebagai entitas yang terpisah.

Setiap anak perusahaan harus menyiapkan laporan keuangannya sendiri termasuk neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas dan laporan laba ditahan. Informasi ini untuk setiap anak perusahaan kemudian digabungkan dengan menggunakan perangkat lunak konsolidasi untuk membuat laporan keuangan konsolidasi yang mewakili posisi keuangan perusahaan induk.

Tujuan dari penyusunan laporan keuangan ini adalah untuk memberikan gambaran objektif secara keseluruhan mengenai posisi keuangan dan aktivitas perusahaan. Sehingga kelompok yang berkepentingan seperti investor maupun auditor dapat memahami kondisi yang ada pada anak perusahaan maupun induk perusahaan. 

Bentuk laporan keuangan dengan prinsip konsolidan ini dibutuhkan jika perusahaan induk memiliki kendali atas perusahaan anak perusahaannya. Syarat dari perusahaan yang membutuhkan laporan keuangan ini adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai satu atau lebih anak perusahaan yang dibuktikan dengan kepemilikan saham;
  • Kepemilikan saham induk perusahaan terhadap anak perusahaan lebih dari 50%;
  • Kepemilikan saham induk perusahaan terhadap anak perusahaan kurang dari 50% namun perusahaan induk memiliki kendali penuh.

Bagaimana jika syarat di atas tidak terpenuhi? Jika syarat tidak terpenuhi, maka perusahaan dapat membuat laporan keuangan masing-masing secara mandiri. 

contoh laporan keuangan ms excel (2)

Fungsi Laporan Keuangan Konsolidasi

Laporan keuangan yang disusun berdasarkan prinsip konsolidasi disusun dengan tujuan yang baik. Beberapa manfaat diantaranya:

  • Mengetahui efek entitas anak perusahaan terhadap induk perusahaan dalam jangka panjang
  • Memberikan informasi paling mutakhir kepada tim manajemen perusahaan induk mengenai kinerja anak perusahaan yang dimiliki
  • Memberikan informasi kepada pihak luar yang membutuhkan.
  • Rasio keuangan berdasarkan laporan keuangan konsolidasi yang terbentuk tidak mencerminkan kondisi entitas yang membentuk konsolidasi maupun induk perusahaan.

Salah satu manfaat laporan keuangan ini yang tidak disadari adalah berkurangnya pembuatan dokumen-dokumen baru. Bayangkan jika perusahaan induk memiliki sembilan anak perusahaan, sementara terdapat 40 laporan keuangan mandiri yang terpisah untuk dilihat. Yaitu empat laporan keuangan dasar untuk setiap anak perusahaan ditambah perusahaan induk. 

Hal ini tidak hanya akan menyulitkan untuk melacak semua catatan, namun juga akan sangat sulit untuk melihat kondisi keuangan perusahaan masing-masing. Belum lagi jika bagian keuangan mencoba untuk mendapatkan pandangan keseluruhan tentang bagaimana kinerja bisnis.

Laporan keuangan konsolidasi memangkas tumpukan laporan ini menjadi hanya empat laporan konsolidasi. Hal ini menghasilkan lebih sedikit dokumen dan lebih sedikit usaha yang dikeluarkan untuk menilai kesehatan keuangan perusahaan induk.

 

Prinsip Kerja Laporan Keuangan Konsolidasi

Umumnya, prinsip pembuatan laporan keuangan konsolidasi memiliki bagian-bagian yang sama dengan laporan keuangan biasa. Terdiri dari laporan laporan neraca (balance sheets), laporan laba rugi (income statements), laporan perubahan modal (statement of change equity), serta laporan arus kas (cash flow statements). 

Di Indonesia sendiri, standar pembuatan laporan keuangan mengikuti Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK).  Cara menyusun laporan keuangan konsolidasi adalah dengan meletakkan laporan-laporan keuangan entitas induk dan entitas anak secara bersisian dalam sebuah kertas kerja konsolidasi.

Semakin tinggi saham yang diinvestasikan di perusahaan anak maka semakin leluasa kuasa terhadap perusahaan anak tersebut, laporan keuangan konsolidasi terdiri dari neraca konsolidasi, laporan laba rugi konsolidasi, laporan laba ditahan konsolidasi laporan arus kas konsolidasi.

Untuk mempermudah penyusunannya, Anda bisa menggunakan Microsoft Excel atau software aplikasi akuntansi khusus lainnya yang memiliki fasilitas tersebut. Salah satunya adalah Jurnal by Mekari yang menyediakan fitur pembuatan laporan keuangan lengkap dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 

Hal yang perlu diperhatikan adalah penyesuaian dan eliminasi dari saldo akun tertentu yang memang perlu disesuaikan. Pahami sifat transaksi yang diringkas dari tiap akun dan coba untuk menganalisis bentuk penggabungan usaha yang terkonsolidasi. Penyesuaian dan eliminasi ini sebaiknya dilakukan dengan sangat teliti supaya saldo akhir yang dihasilkan dapat dibaca secara bermakna.

Itulah prinsip dasar yang sering digunakan saat penyusunan laporan keuangan dengan prinsip konsolidan. Tujuannya agar laporan keuangan yang dibuat tidak mengalami kesalahan di setiap periodenya. Apabila laporan keuangan yang dibuat tidak sesuai dengan realisasinya maka sebuah usaha yang dijalankan tidak dapat berjalan dengan maksimal.

 

Langkah Pembuatan Laporan Keuangan Konsolidasi

Secara umum, prosedur dan proses pembuatan Laporan Keuangan Konsolidasi diawali dengan penggabungan dengan cara menambahkan secara bersama-sama Laporan Keuangan yang terpisah yang terdiri dari dua entitas (perusahaan anak) atau lebih. 

Kemudian, dilakukan penyesuaian dan eliminasi terhadap transaksi yang terjadi di dalam satu grup. Proses pembuatan Laporan Keuangan Konsolidasi akan menjadi masalah apabila kepemilikan terhadap perusahaan anak kurang dari 100%.

Untuk lebih memahami mengenai laporan keuangan dengan prinsip konsolidan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah pembuatannya. Berikut langkah-langkah terstruktur yang bisa Anda ikuti untuk membuat laporan keuangan konsolidasi:

  1. Pertama, silakan periksa laporan keuangan entitas induk dan entitas anak secara keseluruhan. Lakukan identifikasi apabila ada kesalahan atau kelalaian dalam pencatatan kemudian lakukan koreksi dan penyesuaian.
  2. Sesuaikan laporan dengan melakukan eliminasi terhadap laporan laba-rugi antar masing-masing perusahaan. 
  3. Lakukan eliminasi penghasilan dan dividen dari anak perusahaan.
  4. Kembalikan saldo akun investasi di anak perusahaan ke saldo awal periode.
  5. Lakukan penyesuaian untuk membuat catatan dari bagian kepentingan non pengendali atas laba dan dividen anak perusahaan. 
  6. Eliminasi saldo resiprokal pada laporan entitas anak perusahaan, yang awalnya dilaporkan dalam laporan keuangan entitas induk perusahaan. Sebaliknya, eliminasi ekuitas yang tadinya dilaporkan pada keuangan entitas anak perusahaan. 
  7. Wajar sekali jika terjadi selisih-selisih nilai, cukup lakukan alokasi dan amortisasi.
  8. Lakukan eliminasi pada saldo-saldo resiprokal lainnya seperti utang piutang, pendapatan dan beban, dan lain-lain. 

 

Pembuatan laporan keuangan pada suatu bisnis adalah suatu keharusan. Laporan keuangan juga tidak boleh dibuat secara sembarangan karena hal ini berkaitan dengan kepentingan pihak luar perusahaan. 

Dengan laporan keuangan yang terperinci, pemilik bisnis bisa dengan mudah melakukan improvisasi atau perencanaan pengembangan bisnis secara berkesinambungan berdasarkan data keuangan yang faktual.

Kini, Jurnal by Mekari hadir sebagai salah satu software akuntansi yang menyediakan laporan keuangan lengkap, terperinci dan sesuai dengan PSAK yang berlaku. Jurnal dapat digunakan oleh seluruh kalangan pelaku usaha, mulai bisnis UMKM hingga bisnis multinasional yang sudah memiliki anak perusahaan. 

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Pada November ini, dapatkan promo diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.


PUBLISHED12 Nov 2020
Lavinda
Lavinda


Kategori : Accounting