Work from home adalah situasi dimana pekerjaan dilakukan secara remote antara pekerja dan pemberi kerja. Work from home terjadi bisa karena berbagai alasan seperti karena harus mengurus urusan internal keluarga, jalan ke kantor terhambat, bencana alam, atau bencana pandemi penyakit. Berbagai pekerjaan pun harus direlakan untuk dilakukan secara remote dan jenis pekerjaan lainnya tidak bisa dilakukan. Salah satunya adalah seorang akuntan. Bisakah seorang akuntan work from home?

Pertanyaan itu seringkali muncul dibenak perusahaan maupun karyawan. Beberapa memperbolehkan dan lainnya tidak diperbolehkan karena data akuntansi sangat rahasia dan sulit diakses secara mobile. Tapi apa benar? 

Sejatinya pekerjaan akuntansi dapat dilakukan secara remote dengan catatan, perusahaan tersebut memiliki tools yang dapat menyimpan data secara cloud dan dapat diakses dimanapun. Beberapa perusahaan konsultan akuntansi seperti Deloitte dan Ernst & Young sudah menerapkan sistem work from home pada karyawan akuntansinya. Bahkan Bureau of Labor Statistic menyatakan tren pekerjaan akuntan malah cenderung remote. Untuk memahami lebih dalam, kira-kira pekerjaan akuntan apa saja yang dapat melakukan work from home?

Bookkeeper

Seorang bookkeeper dapat melakukan pekerjaannya secara remote. Tugas pokok seorang bookkeeper adalah membuat laporan keuangan berdasarkan seluruh transaksi keuangan baik utang, piutang, dan transaksi dagang yang terjadi pada periode tertentu. Selain itu bookkeeper juga harus mengatur penggajian karyawan.

Tugas seorang bookkeeper dapat dilakukan secara remote jika semua unit keuangan sudah menggunakan software akuntansi yang terhubung dengan berbagai elemen keuangan. Misal pelaporan pembelian yang sudah menggunakan faktur pembelian atau laporan utang-piutang secara elektronik.

Bagaimana dengan mengatur payroll? Seorang bookkeeper yang mencatat gaji juga selain dibantu dengan software akuntansi, mereka dibantu juga dengan software HR untuk mencatat time tracking seperti cuti, lemburan, dan juga elemen-elemen lain seperti potongan pajak, THR, dan pinjaman.

Accountant

Beda-beda-mirip, dengan seorang bookkeeper, seorang akuntan bertugas untuk membuat laporan keuangan non-transaksional seperti anggaran, laba rugi dan juga arus kas. Seorang akuntan juga bertugas untuk melaporkan laporan keuangan kepada pemangku kepentingan untuk memutuskan arah kebijakan organisasi atau perusahaan.

Seorang akuntan juga harus memaksimalkan komunikasi dengan semua pihak, seorang akuntan dapat menggunakan ZOHO untuk berkomunikasi dengan klien, Flock untuk berkomunikasi dengan karyawan lainnya, dan software akuntansi seperti Jurnal untuk mengakses data akuntansi.

Auditor

Pekerjaan auditor juga dapat dilakukan secara remote. Tugas pokok seorang auditor adalah mengulas, mengoreksi, dan meluruskan laporan keuangan baik transaksional maupun non-transaksional yang terjadi pada sebuah organisasi atau perusahaan.

Kunci dari seorang auditor adalah data dan komunikasi. Jika perusahaan Anda sudah big data-oriented, tentu seorang auditor dapat bekerja dengan mudah hanya menggunakan laptop dan kopi di rumahnya.

Public Accountant

Public accountant atau CPA (Certified public accountant) bertugas untuk membuat dan mengulas laporan keuangan dan juga surat pemberitahuan pajak tahunan perusahaan. Meskipun. Seorang CPA juga bisa melakukan pekerjaannya dari rumah.

Financial Analyst

Seorang analis keuangan bertugas untuk menganalisis, melakukan asesmen, mengulas, dan memberikan keputusan terhadap kebijakan bisnis organisasi atau perusahaan terhadap investasi seperti surat berharga dan obligasi. Tipe akuntan ini sangat bisa dilakukan di rumah dan tanpa harus terlibat interaksi langsung dengan orang lain.

Sebenarnya semua tipe akuntan dapat bekerja secara remote selagi perusahaan tersebut sudah memiliki fasilitas dan tools akuntansi yang mendukung karyawan untuk bekerja di rumah. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu tools yang mendukung karyawan akuntan bekerja di rumah adalah software akuntansi. Salah satu software akuntansi terbaik saat ini adalah Jurnal. Fitur-fitur yang disematkan pada Jurnal seperti rekonsiliasi bank, pembuatan invoice elektronik, pelaporan keuangan yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis Jurnal secara langsung. Dapatkan diskon 15 persen dan coba gratis selama 30 hari jika Anda berlangganan selama 6 bulan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan diskon 35 persen dan coba gratis selama 60 hari jika Anda berlangganan selama 6 bulan. Penawaran ini untuk semua paket dan hanya berlaku hingga akhir Maret 2020.

Author