Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

Mengenal Manajemen Keuangan Ala Pengusaha Sukses Chairul Tanjung

Tayang 22 Mar 2018
Diperbarui 27 November 2023

Menjadi seorang pengusaha sukses tidak selalu hanya karena faktor kepemilikan modal yang besar, namun juga karena faktor manajemen keuangan dan laporan keuangan yang baik. Bisa saja sebuah produk sangat laris dipasaran dan mendatangkan sebuah keuntungan yang besar.

Tetapi jika pengusaha tersebut tidak memiliki pengaturan keuangan yang baik, maka bisa dipastikan bahwa keuntungan tersebut tidak akan diputar menjadi investasi baru untuk membesarkan usaha.

Chairul Tanjung, seorang pengusaha sukses yang tercatat sebagai orang terkaya ke 6 di Indonesia menyadari akan pentingnya manajemen keuangan bisnis untuk membuat bisnis tersebut berkembang.

Saat ini, Chairul Tanjung telah memiliki beberapa perusahaan baik di bidang properti, keuangan, dan multimedia. Bagaimana konsep manajemen keuangan yang dimilikinya hingga bisa sukses seperti saat ini. Berikut adalah konsep yang dimiliki Chairul Tanjung.

Disiplin dalam Memutar Uang

disiplin dalam melakukan perputaran uang

Dalam bukunya yang berjudul “Chairul  Tanjung si Anak Singkong,” Beliau mengatakan bahwa salah satu cara menjadi pengusaha sukses dan memiliki bisnis yang bisa maju adalah disiplin memutar uang dari keuntungan yang didapat. Ia menyebutkan ada momen tak terlupakan ketika dia mendapatkan uang cukup besar saat kuliah di tahun 1981.

Saat itu, ada buku kuliah yang biaya fotokopinya Rp 500. Dia kemudian mencari tempat fotokopi murah dan dia bisa mendapat harga Rp 150 per buku. Dia kemudian menawarkan buku tersebut kepada teman-temannya dengan harga Rp 300.100 teman kuliahnya ternyata mau membeli buku dengan harga lebih terjangkau tersebut.

Dia mendapatkan untung Rp 150 x 100 orang / transaksi, yaitu Rp 15 ribu. Dari keuntungan Rp 15 ribu itu ia gunakan untuk memutar kembali modal sehingga uangnya terus berkembang.

Baca Juga : Pentingnya Berinovasi bagi UKM untuk Pertumbuhan Bisnis

Menjadikan Modal untuk Menciptakan Peluang

Dengan perputaran modal yang makin besar, Chairul berpikir bagaimana agar uang itu terus berkembang. Pada saat itu dia melihat ruang di bawah tangga kampusnya di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia yang tidak terpakai.

Dia melihat tempat tersebut ramai oleh lalu lalang mahasiswa. Dia berpikir kalau ruang di bawah tangga tersebut dijadikan tempat usaha bisa mendatangkan laba yang cukup baik. Usaha fotokopi adalah ide yang terlintas di pikirannya waktu itu.

Baca Juga : Mengatasi Bisnis Tidak Berkembang dengan Bijak

Mengembangkan Modal dengan Partner Usaha

Jika merasa belum cukup modal, Anda bisa mencari partner untuk berbagi pengelolaan usaha dengan sistem bagi hasil. Hal tersebut yang dilakukan Chairul Tanjung. Karena tidak punya mesin fotokopi, ia pun mencari partner untuk berbagi usaha.

Dia menerapkan sistem bagi hasil dengan pengusaha fotokopi kenalannya. Setiap lembar fotokopi, Chairul akan mendapatkan Rp 2,5 rupiah. Agar tidak dibohongi, dia mempelajari pengaturan mesin fotokopi dan bisa mengetahui berapa lembar kertas yang difotokopi hari itu.

Baca Juga : 5 Kesalahan Pembukuan Keuangan Bagi Pengusaha Pemula

Disiplin Mengatur & Mencatat Keuangan

disiplin dalam melakukan pencatatan keuangan

Chairul Tanjung mengungkapkan  bahwa untuk menjadi pengusaha sukses juga diperlukan usaha untuk berbuat lebih dibandingkan dengan orang lain.

Artinya, jika Anda ingin manajemen keuangan berjalan baik, Anda juga perlu lebih disiplin dalam mengaturnya, serta lebih tegas dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran dengan cara mencatatnya. Jangan sampai keuntungan yang didapat terlanjur dinikmati sehingga lupa membesarkan usaha.

Menjadi seorang pengusaha sukses seperti Chairul Tanjung, tentunya menjadi impian bagi banyak orang. Chairul Tanjung menekankan bahwa untuk memiliki bisnis yang sukses, selain sebuah keberanian untuk memulai usaha juga harus memiliki konsep manajemen keuangan yang bagus dari awal usaha hingga menjadi besar seperti saat ini.

Untuk memiliki manajemen keuangan yang baik dan pengaturan keuangan yang jelas, Anda bisa mengandalkan Jurnal software akuntansi online.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jurnal menyediakan berbagai macam aplikasi keuangan, pengecekan stok, pembuatan faktur profesional dengan desain pilihan. Jurnal sebagai aplikasi pembukuan keuangan juga terhubung dengan bank yang memudahkan Anda untuk memiliki laporan sinkronisasi terhadap bank melalui fitur Cash Link.

Melalui kepercayaan Anda untuk bermitra dengan Jurnal, maka semua kemudahan manajemen keuangan dan keinginan untuk menjadi seorang pengusaha sukses bisa Anda wujudkan.

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal