Jurnal Enterpreneur

Manfaat Dan Macam-Macam Chart Of Account Pada Pembukuan

Apa itu chart of account? Berikut adalah penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan chart of account serta manfaat dan metode pembuatan kode akun.

Chart of account atau yang sering kita kenal dengan bagan akun atau daftar perkiraan atau daftar rekening adalah daftar yang tersusun dalam struktur tertentu yang terdiri dalam rangkaian kode dan nama akun.

Chart of account (bagan akun) dapat disebut sebagai daftar yang terjadi dari serangkaian kode-kode yang telah diatur dan disusun dalam struktur akun tertentu, secara sistematis, termasuk didalamnya adalah unsur-unsur seperti kode akun (account code) dan nama akun (accounts name).

Kode akun dan nama akun inilah yang digunakan organisasi untuk mengelompokkan, mencatat, melaporkan, dan mengontrol transaksi-transaksinya dengan cara sistematis.

Kode akun adalah rangkaian yang dapat berupa susunan angka (numerik) atau huruf (alphabet) atau paduan antara angka dan huruf (alfanumerik) yang sangat sistematis, mudah dipahami, fleksibel, dan juga memiliki sifat khas (khusus) untuk setiap akun yang diwakilinya.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Manfaat Pembuatan Chart of Account

Berikut ini adalah beberapa manfaat pembuatan chart of account bagi perusahaan:

 

a. Meningkatkan kontrol pencatatan

Kode akun menjadi identitas transaksi atau kejadian yang mudah dilihat dan diingat oleh para pengguna.

Dengan demikian, catatan-catatan menjadi lebih mudah dikontrol, dibandingkan, dan dianalisis, baik untuk tujuan menilai absah atau tidaknya suatu catatan, maupun untuk menilai informasi dalam rangka pengambilan keputusan pengguna informasi yang bersangkutan.

b. Mempermudah perbaikan atau penyesuaian

Manfaat chart of account selanjutnya adalah sebagai tindakan-tindakan melakukan penyesuaian (adjustment) terhadap catatan-catatan yang mengalami perubahan karena kejadian atau transaksi tambahan ataupun karena kesalahan yang dilakukan oleh para pengguna.

c. Mempermudah pemrosesan atas hasil-hasil catatan

Dengan kode akun yang efektif, maka seluruh pemrosesan data atau hasil-hasil catatan akan dapat dilakukan dengan mudah dan jauh lebih terkontrol.

Baca juga: Cara Pilih Aplikasi Pembukuan Usaha Kecil Terbaik

d. Mempermudah penyusunan laporan

Kode akun yang baik menjadi modal bagi pembuatan laporan-laporan yang baik, dan ini artinya memberikan dasar bagi pengambilan keputusan.

e. Mempermudah pembaca laporan

Chart of account atau Kode akun akan memberi manfaat dalam mempermudah dalam membaca laporan hingga membantu dalam mengambil keputusan.

manfaat chart of account dan metode pembuatan adalah

Macam-Macam Kode Chart of Account 

Berikut adalah klasifikasi sistem kode dalam chart of account:

a. Angka

Angka merupakan simbol yang paling handal dan paling banyak digunakan dalam membuat chart of account dan kode lainnya di dalam bagan akun, secara manfaat yang dirasakan paling simple.

Fleksibilitas di dalam sebuah angka terbukti jauh melebihi simbol huruf.

Contoh:

100-000 Aktiva / Asset
100-100 Aktiva Lancar
200-000 Utang / Liability
200-100 Utang Jangka Pendek
300-000 Modal / Equity
300-100 Modal
300-200 Prive
500-000 Harga Pokok Penjualan / Cost Of Good Sold
500-100 Pembelian
500-200 Potongan Pembelian

b. Huruf

Penggunaan simbol huruf sebagai kode akun sangat jarang dilakukan. Simbol huruf biasanya lebih banyak digunakan untuk kode nama perusahaan, kode nama pelanggan, kode nama pemasok, kode nama bank, kode wilayah atau kode daerah.

Contoh Kode Saham :

SMCB  PT Semen Cibinong, Tbk
TSPC   PT Tempo Scan Pacific, Tbk

Baca juga: 3 Manfaat Aplikasi Accounting untuk Bisnis Ritel

c. Paduan Angka dan Huruf

Paduan angka dan huruf digunakan untuk memadukan ciri khas yang dimiliki simbol huruf dan fleksibilitas dari simbol angka.

Paduan semacam ini seringkali digunakan dengan cara menempatkan simbol huruf di depan simbol angka.

Hal ini terjadi apabila simbol huruf telah digunakan sebagai kode dari nama perusahaan, nama pelanggan, nama pemasok, nama bank, wilayah atau daerah, tetapi masih dibutuhkan pembagian atau pengelompokan lanjutan yang lebih jelas.

Contoh Kode Wilayah Penjualan Jakarta:

JKT 00   Jakarta
JKT 01   Jakarta Wilayah 1
JKT 02   Jakarta Wilayah 2

manfaat chart of account dan metode pembuatan adalah

Kesimpulan Tentang Manfaat Chart of Account

Dengan adanya pengelompokan chart of account dan menuliskannya dalam bentuk kode seperti di atas, maka Anda akan dengan mudah mendapatkan manfaat yaitu dapat menemukan beberapa informasi hanya dengan melihat dari kode penulisannya saja.

Misalnya ketika Anda akan melihat kode akun yang dimulai dengan angka kepala 2 maka kita akan mengetahui bahwa kode itu adalah kelompok akun utang/liability.

Namun, meski memudahkan, pengkodean, dan pengelompokan akun ini dalam sebuah bisnis yang besar tetap akan membutuhkan investasi waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Hal ini secara mudah dapat diatasi jika perusahaan menggunakan software akuntansi online seperti Jurnal.

Jurnal secara otomatis akan mengelompokkan setiap transaksi yang tercatat sesuai dengan jenis akun dan laporan keuangan yang Anda inginkan. Hal ini akan membantu penentuan strategi bisnis yang tepat dari hasil informasi tersebut.

Selain itu Jurnal juga menyediakan grafik laporan keuangan yang akan semakin memudahkan Anda untuk mengetahui kondisi keuangan usaha terkini secara cepat dan akurat. Dapatkan semua informasi penting tentang Jurnal melalui aplikasi invoice.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah penjelasan singkat tentang chart of account, manfaat, serta metode pembuatan kode akun. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo