Mekari Jurnal
Daftar Isi

Contoh Pembukuan Penjualan Bisnis Fashion Online Shop Sederhana

Tayang 20 Dec 2022
Diperbarui 27 Desember 2023

Berikut ini adalah contoh pembukuan penjualan bisnis fashion di bidang reseller baju atau olshop (online shop) sederhana bagi Anda yang jualan online, termasuk bagaimana cara membuat rekap orderan di buku yang mudah untuk dilakukan. Baca selengkapnya di Blog Mekari Jurnal!

Dalam menjalankan bisnis apapun termasuk olshop tetap harus melakukan pencatatan di pembukuan.

Pembukuan adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan dalam menjalankan bisnis, termasuk usaha fashion.

Proses akuntansi ini mengacu pada kegiatan pengorganisasian serta penyimpanan dokumen keuangan dan akuntansi bisnis, termasuk jurnal, contoh buku besar, laporan keuangan, catatan pajak penghasilan, dan banyak lagi.

Pembukuan tidak hanya cukup ditekankan ketika perusahaan telah berskala besar, tapi juga perlu diterapkan pada perusahaan dengan skala kecil agar tidak terseret oleh kegagalan untuk mengetahui masalah keuangan dengan tepat dan terhindar dari kesalahan penghitungan jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Dengan adanya pembukuan online shop sederhana atau kompleks yang baik sejak awal bisnis, maka sebuah bisnis kecil yang sedang berkembang akan mengetahui data penjualan harian dan memiliki kekuatan finansial secara sehat.

Baca juga: Contoh dan cara pembukuan akuntansi.

Oleh karena itu, Anda perlu memahami terminologi, metode agar lebih terbiasa dengan praktik akuntansi.

Hal ini tentu sangat penting untuk Anda dan stabilitas keuangan usaha dalam bisnis toko fashion dan online shop Anda.

pembukuan fashion online shop sederhana

Usaha Fashion dan Online Shop Juga Perlu Sistem Pembukuan yang Baik

Selain harus mengetahui tren, dalam menjalankan bisnis fashion, Anda juga harus memperhatikan pembukuan keuangan bisnisnya.

Pembukuan penjualan dalam bisnis fashion atau olshop (online shop) sederhana juga memiliki peran yang penting dalam perputaran roda bisnis.

Dengan pembukuan yang kurang baik, bisnis fashion bisa mengalami kegagalan bisnis karena kurangnya pengelolaan terhadap keuangan dan masalah inventori.

Salah satu solusi pembukuan jualan online atau olshop sederhana yang lebih cepat adalah dengan menggunakan aplikasi pembukuan, seperti Mekari Jurnal.

Baca Juga : Contoh Jurnal Umum Beserta Tahapan Pembuatannya

Contoh Pembukuan Usaha Baju Fashion / Olshop (Online Shop) Sederhana

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membuat contoh pembukuan penjualan harian usaha baju fashion, olshop (online shop), ataupun reseller sederhana:

Buku Pemesanan

Buku pemesanan adalah buku yang fungsinya untuk mencatat semua order atau pesanan yang masuk dan besaran jumlahnya.

Selain itu, setiap order yang masuk juga bisa diberikan keterangan sudah lunas atau belum di dalam pembukuan online shop sederhana ini.

Agar memudahkan dalam melakukan rekap bulanan, maka dibuat beberapa kolom yang isinya seperti No., Nama Pelanggan, No. Order, Tanggal Order, Jumlah Order, Tanggal Bayar, Nominal yang Dibayarkan, dan Resi Pengiriman.

Setiap bulannya, total dari semua pemesanan tersebut direkap kemudian dijumlahkan agar mengetahui seberapa besar omzet yang didapatkan selama satu bulan.

Contoh pembukuan penjualan baju atau olshop ( online shop) sederhana untuk jualan bisnis fashion, termasuk rekap orderan harian di buku.

Ilustrasi contoh rekap orderan olshop sederhana.

Buku Kas Pemasukan Pengeluaran

Buku kas pemasukan pengeluaran ini digunakan untuk mencatat semua pengeluaran yang terjadi selama sebulan seperti pembelian barang jualan, gaji karyawan, listrik dan kebutuhan lainnya.

Untuk memudahkan dalam melakukan rekap bulanan ada baiknya dibuatkan kolom-kolom, adapun isi kolomnya seperti No, Nama Transaksi, Jumlah Transaksi, Tanggal Transaksi, Keterangan, dan Jumlah

cara membuat pembukuan bisnis fashion olshop sederhana.

Buku Stok

Buku stok ini adalah contoh pembukuan online shop sederhana yang memiliki fungsi untuk mencatat seluruh stok barang, mulai dari jumlah stok yang masih tersisa dari penjualan dan jumlah bahan baku yang masih tersedia, dan sebagainya.

Jika jumlah yang ada pada buku stok berbeda dengan kenyataan, maka Anda bisa melakukan pengecekan apakah ada kesalahan dalam pencatatan atau terjadi barang hilang.

Karena selisih yang terjadi pada stok nantinya akan berpengaruh terutama pada keuntungan yang Anda dapatkan.

contoh pembukuan bisnis fashion olshop sederhana

 

Baca juga: Buku Stok Barang: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Download Contoh Pembukuan Penjualan Harian Bisnis Olshop (Online Shop) Sederhana dalam Format Excel

Gunakan link di bawah ini untuk mengunduh atau download contoh pembukuan penjualan harian reseller, bisnis fashion, olshop (online shop) sederhana dalam bentuk excel:

Download Template Disini!

Cara Menghitung Laba-Rugi Bisnis Fashion

Dari hasil rekapan ketiga contoh pembukuan online shop sederhana di atas, Anda bisa melakukan penghitungan laba yang Anda dapatkan dari penjualan dalam satu bulan dengan menggunakan rumus berikut:

Keuntungan = Total Pemasukan – Total Pengeluaran

Hasil keuntungan tersebutlah yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis fashion, mulai dari menambah koleksi fashion yang sedang tren saat ini.

Tips Agar Proses Pembukuan Berjalan dengan Lancar

Contoh pembukuan penjualan baju atau olshop ( online shop) sederhana untuk jualan bisnis fashion, termasuk rekap orderan harian di buku.

Berikut adalah beberapa tips atau cara agar proses pembukuan dan akuntansi bisnis fashion Anda berjalan dengan lancar:

  • Pertimbangkan melakukan pembukuan secara mandiri atau menggunakan bookkeper/akuntan

Meskipun pengusaha mungkin merasa siap untuk bertindak sebagai kepala akuntansi, penjualan, dan pemasaran pada saat yang sama untuk memangkas biaya, mungkin menyewa akuntan dapat membantu dalam bisnis fashion.

Lebih baik mempercayakan pengerjaan pembukuan online shop sederhana atau kompleks untuk transaksi penjualan Anda pada seseorang yang memiliki pengalaman dan pemahaman lebih dalam hal ini.

Untuk memulainya, Anda dapat menyewa seorang paruh waktu atau sebagai freelancer, sehingga Anda tidak perlu membayar upah penuh untuk mengurus pembukuan bisnis fashion ini.

  • Jangan biarkan klien lolos dengan tidak membayar tagihan

Melihat jumlah besar di kolom piutang adalah hal yang baik, tapi uang itu tidak akan benar-benar dihitung sampai masuk dalam rekening bank Anda dalam bisnis fashion.

Jangan biarkan klien menghindari pembayaran reguler dan pastikan Anda dapat berpegang teguh ( mungkin bersikeras ) untuk menerima pembayaran sebelum pelanggan memiliki jasa/produk Anda.

  • Monitor setiap transaksi secara maksimal

Ini adalah ide baik untuk pemilik bisnis untuk memeriksa catatan pemasukan dan pengeluaran bisnis sehari-hari yang mereka di perusahaan.

Alih-alih menghitung biaya setiap dua minggu untuk tujuan pembayaran gaji, fokuslah pada setiap hari atau setiap minggu.

Hal ini dapat membantu Anda memiliki gagasan yang lebih baik bagaimana kondisi keuangan di setiap minggu dan berapa banyak uang yang Anda harus anggarkan di minggu mendatang.

  • Hitung keuntungan bulanan minimum

Ketika merencanakan berapa banyak yang membutuhkannya untuk menjaga bisnis Anda agar tetap berjalan, berkutat dengan angka dalam keuangan bisa menjadi pilihan dalam bisnis online shop.

Ini memudahkan Anda untuk menyusun sistem yang akurat dari biaya dan kewajiban rutin sehingga Anda tahu persis pendapatan minimum yang Anda butuhkan untuk setiap bulan.

Tanpa ketepatan pembukuan online shop sederhana atau kompleks itu, data penjualan hingga akuntansi bisnis Anda menjadi membingungkan dan bisnis Anda bisa saja menderita.

Baca juga: 8 Manfaat Download Aplikasi Pembukuan Toko Excel

Aplikasi Akuntansi Jurnal Permudah Pembukuan Penjualan Harian Baju atau Bisnis Olshop Anda!

Jika bisnis Anda semakin besar, tentunya akan ada banyak sekali transaksi keluar masuk pada buku Anda.

Untuk memudahkan dalam pembukuan usaha fashion, dan rekap orderan olshop sebaiknya cobalah menggunakan software akuntansi seperti Mekari Jurnal.

Jurnal dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, stok barang sederhana, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi Mekari Jurnal, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Jurnal Sekarang!

Itulah cara membuat serta contoh pembukuan penjualan harian, usaha baju, reseller, atau olshop (online shop) sederhana bagi Anda yang bergerak di bisnis fashion termasuk dan rekap orderan di buku.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan aplikasi pembukuan toko secara gratis selama 14 hari untuk meningkatkan potensi penjualan Anda.

Semoga bermanfaat dan ikuti media sosial Jurnal untuk tips seputar bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal