Ada beberapa penyebab seseorang memilih menjadi entrepreneur, salah satunya karena bosan dengan pekerjaan kantoran yang kurang bebas dan terlalu banyak aturan. Selain itu, menjadi seorang entrepreneur adalah panggilan jiwa, banyak juga yang sudah mendapatkan pekerjaan mapan di perusahaan besar, tapi lebih memilih keluar hanya untuk menjadi seorang entrepreneur.

 

Sayangnya tidak semua entrepreneur menyadari bahwa pada era globalisasi ini tantangan yang dihadapi semakin berat, persaingan sudah bukan lagi antar pedagang dalam cakupan lokal, melainkan sudah antar negara. Alhasil karena kurangnya persiapan yang matang membuat bisnisnya menjadi gulung tikar. Tentunya, gulung tikar bukanlah hasil yang diinginkan oleh seorang entrepreneur. Untuk bisa sukses menjadi di era globalisasi ini, seorang entrepreneur harus bisa menghadapi tantangan-tantangan yang ada.

 

Kehilangan Banyak Waktu

Banyak yang bilang bahwa menjadi entrepreneur waktunya bebas, bisa sesuka hati kerjanya, memang itu tidak salah. Tetapi jika seorang entrepreneur yang baru merintis bisnisnya pasti akan membutuhkan banyak waktu untuk memikirkan bagaimana bisnisnya bisa berkembang dan sukses. Berbeda cerita kalau bisnisnya sudah sukses, Anda tidak perlu kehilangan waktu banyak untuk mengurusinya, cukup menyerahkan kepada salah satu orang kepercayaan saja. Untuk bisnis yang baru dirintis memerlukan perhatian lebih dari pemiliknya, sehingga Anda harus rela kehilangan waktu lebih banyak daripada karyawan Anda.

 

Selalu Dihantui Rasa Takut

Rasa takut pasti pernah ada, apalagi bagi yang baru terjun di dunia entrepreneur dan minim pengalaman. Seiring berjalannya waktu, rasa takut akan hilang dengan sendirinya. Bisa dibayangkan jika Steve Jobs dulu lebih memilih menyerah untuk menghadapi rasa takutnya, maka sampai sekarang ini tidak ada yang namanya perusahaan Microsoft. Intinya, jika ingin sukses buanglah rasa takut yang Anda miliki sejauh-jauhnya.

 

Siap Terima Risiko

Risiko menjadi entrepreneur pasti ada, risiko terbesarnya adalah gagal dan bangkrut. Bisa dibilang risiko ini menjadi makanan sehari-hari bagi entrepreneur, karena dalam dunia entrepreneur tidak bisa ditebak seperti dibohongi klien, uang diambil partner bisnis, barang hilang, dan lain sebagainya. Semakin bertambahnya waktu, Anda sebagai entrepreneur akan lebih mahir dalam menghadapi setiap risiko. Resiko dalam bisnis memang sulit untuk dihilangkan, tetapi masih bisa diminimalisir agar tidak berdampak besar pada bisnis Anda.

 

Kehilangan Penghasilan Tetap

Berani menjadi entrepreneur berarti berani kehilangan penghasilan tetap Anda. Jika bekerja sebagai karyawan pasti gaji bulanan yang diterima akan tetap setiap bulannya. Tetapi jika menjadi seorang entrepreneur terutama saat masih masa perintisan, kehilangan gaji bulanan adalah hal yang biasa, tetapi nanti setelah bisnisnya sudah sukses mendapatkan gaji yang lebih besar adalah hal yang mudah dilakukan.

 

Mudah Merasa Jenuh

Jangan kira jika menjadi entrepreneur akan bisa bersenang-senang dan bahagia setiap harinya. Memang kenyataannya tidak seperti itu, apalagi jika Anda masih merintis bisnis dan belum mendapatkan keuntungan, Anda akan mudah merasa jenuh karena melakukan aktivitas yang sama setiap harinya.

 

Rasa Malas

Rasa malas dalam bisnis hanya akan menghasilkan dua hal antara bisnis tidak berkembang atau mengalami kebangkrutan. Menjadi seorang entrepreneur yang sukses harus bisa mengalahkan rasa malas yang dimiliki. Kesuksesan yang didapatkan akan bergantung pada seberapa semangat Anda dalam menjalankan bisnis.  

 

Kurang Dukungan Orang Sekitar

Seringkali orang sekitar tidak mendukung keputusan Anda menjadi seorang entrepreneur. Mereka lebih senang melihat Anda bekerja di perusahaan atau instansi yang sudah jelas setiap bulannya mendapatkan penghasilan yang tetap. Perlu diketahui bahwa modal utama seorang entrepreneur adalah keyakinan, keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri. Yakinlah bahwa Anda sanggup untuk menghadapi semua risiko dan tantangan sebagai seorang entrepreneur.

Demikianlah pembahasan mengenai 7 tantangan menjadi entrepreneur dalam menghadapi era globalisasi saat ini. Bagaimana? sudah siap untuk menghadapi semua tantangan yang ada? Jangan lupa untuk melakukan pencatatan keuangan bisnis Anda dengan baik, karena dengan pencatatan keuangan bisnis yang baik akan membantu bisnis Anda meraih kesuksesan. Jurnal adalah software akuntansi online yang bisa membantu bisnis Anda dalam melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, aman, cepat dan realtime. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial 14 hari untuk pengguna baru. Untuk info lebih lanjut silakan klik di sini.