5 Manfaat Diferensiasi Produk yang Harus Diketahui Anda Sebagai Pengusaha

Dalam menjual sebuah produk diperlukan nilai diferensiasi agar berbeda dari produk serupa atau kompetitor bisnis. Dengan adanya perbedaan tersebut, Anda bisa memiliki produk yang lebih unik dan menarik sehingga strategi pemasaran bisa berjalan lebih lancar. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan diferensiasi produk? Kenapa berguna untuk pemasaran?

 

Diferensiasi produk adalah kegiatan memodifikasi produk agar lebih menarik, perubahan yang dilakukan adalah merubah karakter produk tersebut. Untuk membuatnya, Anda perlu penelitian pasar yang cukup serius agar bisa berbeda dan diperlukan juga pengetahuan tentang produk pesaing. Dengan penelitian pasar, diharapkan produk yang telah dimodifikasi bisa lebih bermanfaat untuk konsumen sehingga banyak yang akan tertarik. Diferensiasi produk ini bisa dilakukan dengan cara mengubah kemasan, tema, warna, bentuk, bahan dan hal lain  sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Diferensiasi yang dilakukan perusahaan ini tentunya memiliki peran dan keuntungan. Berikut ini manfaat dari diferensiasi produk.

 

Produk Lebih Mudah Diingat

Pada dasarnya, manusia sebagai konsumen akan lebih mudah tertarik dengan sesuatu yang berbeda dibandingkan yang sama. Begitu tertarik, mereka akan lebih mengingatnya dan hal ini juga berlaku pada sebuah produk. Jika produk yang Anda jual lebih menonjol dari produk lain yang serupa, maka masyarakat akan lebih mengingatnya. Jika mereka sudah mengingat,akan ada kemungkinan lebih untuk melakukan transaksi berikutnya.

 

Produk Menjadi Lebih Unggul

Manfaat lain dari diferensiasi produk adalah menciptakan keunggulan tersendiri dari produk lain. Dalam bisnis, keunggulan memang bisa ditinjau dari banyak aspek misalnya, penampilan, manfaat, harga yang lebih murah, dan lain sebagainya. Produk yang memiliki perbedaan dengan produk lain bisa menjadi unggul karena memiliki kelebihan tampilan dan pandangan yang lebih menggugah konsumen. Biasanya produk yang sama akan dianggap umum begitu produk dengan nilai diferensiasi ini muncul. Oleh karena itu, diferensiasi bisa menjadi salah satu strategi agar produk terlihat lebih muncul dan unggul di tengah ketatnya persaingan bisnis.

 

Harga Jual Produk Akan Lebih Tinggi

Konsumen tidak akan keberatan jika Anda menaikkan harga produk diferensiasi yang telah diminati. Hal ini dikarenakan kebiasaan konsumen yang selalu memburu dan berebut produk yang memiliki keunikan khusus, seperti yang bisa terlihat dari contoh kasus produk limited edition (edisi terbatas) yang bisa memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga produk lainnya yang sudah banyak beredar di pasaran. Meskipun pembeli mengeluarkan uang yang cukup banyak, mereka akan merasa puas karena produk yang dimilikinya tidak sama dengan produk lain. Selain itu akan ada banyak pelanggan yang berani berebut untuk mendapatkan sebuah produk spesial.

 

Mengatasi Kejenuhan Pasar

Penjualan sebuah produk pasti akan mengalami masalah pasang surut jika terjadi suatu kejenuhan. Dengan demikian, Anda bisa melakukan diferensiasi produk ketika pelanggan sudah mulai bosan dengan produk yang biasanya. Munculnya produk yang berbeda akan menggugah selera mereka kembali untuk berbelanja di perusahaan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu membuat program pembaruan produk pada periode tertentu untuk menyegarkan kembali kegemaran pelanggan.

 

Terciptanya Product Image

Citra dan image bisnis terkadang muncul dari hal-hal yang sepele dan tidak terduga tetapi unik. Oleh karena itu, cobalah untuk menampilkan hal-hal yang unik dan berbeda dengan yang lain agar tercipta image produk dan bisa terkenal. Jika Anda sudah memiliki citra yang baik, Anda bisa menentukan strategi positioning yang tepat sesuai dengan target pasar yang Anda bidik. Namun, satu hal yang perlu diingat ketika membuat diferensiasi melalui keunikan adalah jangan membuatnya terlalu kontroversial karena bisa membuat produk tidak dipercaya oleh masyarakat.

 

Dari beberapa keterangan di atas, kita dapat mengetahui bahwa sebuah diferensiasi adalah suatu hal yang sangat diperlukan sebagai salah satu pendukung strategi pemasaran yang dibutuhkan oleh perusahaan. Untuk mendapatkan sebuah diferensiasi produk yang tepat sasaran dan terhindar dari penggunaan keuangan bisnis yang tidak semestinya, diperlukan riset yang tentunya membutuhkan investasi waktu dan biaya.

Jurnal software akuntansi online akan membantu penghitungan yang tepat untuk biaya riset dan proses produksi produk diferensiasi Anda. Gunakan fitur biaya yang telah disediakan oleh Jurnal untuk mengetahui pengeluaran yang ditanggung perusahaan kemudian gunakan fitur laporan keuangan untuk melihat laporan secara terperinci. Dengan menggunakan Jurnal, mengelola keuangan akan terasa semudah memiliki asisten keuangan pribadi. Untuk informasi lengkap tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.


PUBLISHED11 Jul 2018
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: