Apakah Anda sedang memiliki rencana untuk melakukan investasi? Saat ini terdapat banyak pilihan jenis investasi. Jika Anda baru masuk di dunia investasi, terdapat beberapa jenis investasi online yang direkomendasikan untuk Anda. Tujuan orang melakukan investasi tentu saja berbeda-beda tergantung dari keinginan mereka. Namun, sebagian besar orang melakukan investasi yaitu bertujuan untuk menerima keuntungan.

 

Melakukan investasi memang dapat memberikan keuntungan jika Anda benar dalam memilih jenis investasi. Kini, sudah banyak penawaran produk investasi baik dengan return rendah, sedang, hingga tinggi. Selain return, pada saat melakukan investasi Anda harus memperhatikan juga risiko yang melekat pada produk investasi yang akan dipilih. Karenanya, melakukan investasi bukanlah hal yang sulit tetapi juga bukan berarti Anda menggampangkannya. Berikut 3 jenis investasi online yang kami rekomendasikan untuk Anda yang baru ingin memulai investasi.

 

Investasi Online Emas

Seperti yang kita tahu bahwa emas memiliki karakteristik harganya yang cukup stabil. Sehingga untuk Anda sebagai pemula jika melakukan investasi pada emas ini akan aman. Selain itu, risiko berinvestasi emas juga tidak terlalu tinggi. Untuk jangka panjang, return-nya juga lebih stabil, oleh karena itu untuk pemula, investasi emas sangat cocok.

 

Terdapat dua cara jika Anda ingin berinvestasi emas, yakni secara offline dan online. Jika Anda ingin melakukan dengan cara offline maka Anda harus membeli emas di toko emas, ataupun lembaga milik pemerintah yang ditunjuk untuk menjual emas. Jika Anda ingin melakukan investasi emas secara online, maka Anda dapat menggunakan lembaga atau perusahaan investasi yang menyediakan platform online. Jangan lupa untuk memastikan tempat investasi yang aman.

 

Investasi Online Reksadana

Jenis investasi online yang direkomendasikan kedua adalah produk reksadana. Seiring dengan kemajuan teknologi, kini banyak perusahaan keuangan dan investasi yang menawarkan investasi pada reksadana secara online. Untuk memastikan investasi yang Anda lakukan aman, carilah informasi perusahaan yang legal dan aman pada website OJK. Jika Anda berinvestasi pada reksadana maka pengelolaannya dapat Anda kelola sendiri ataupun Anda serahkan pada manajer investasi.

 

Investasi Online di Saham

Rekomendasi selanjutnya adalah Anda dapat melakukan investasi online pada saham. Berinvestasi pada saham ini bukanlah hal yang mudah. Anda harus mengetahui dan memahami dengan baik tentang dunia saham. Selain itu, Anda juga dapat berlatih terlebih dahulu dengan melakukan simulasi investasi saham. Saham memiliki risiko yang cukup tinggi, sehingga return-nya juga tinggi. Melakukan investasi saham tidak dapat Anda lakukan sendiri, untuk pemula Anda akan dibantu oleh broker.

 

Demikian tiga jenis investasi online yang dapat Anda coba. Anda dapat memanfaatkan peluang investasi online ini untuk menambah penghasilan. Untuk melakukan investasi jangan terlalu mengikuti hawa nafsu, gunakan akal sehat dan pertimbangkan risiko yang ada.

Untuk melakukan analisis laporan keuangan, hal penting yang harus Anda miliki adalah laporan keuangan yang baik dan benar. Anda dapat menggunakan software akuntansi untuk membuat laporan keuangan dengan cepat dan tepat. Jurnal adalah software akuntansi yang dapat membantu Anda membuat laporan keuangan dan mengelola keuangan bisnis Anda dengan instan. Dengan jurnal, Anda dapat memantau keuangan usaha bisnis di mana pun dan kapan pun. Untuk melihat berbagai fitur lainnya, temukan di sini.