Jurnal Enterpreneur

7 Hal yang Harus Didiskusikan dengan Calon Rekan Bisnis

Menjalani kemitraan dengan rekan bisnis bisa menjadi solusi ideal untuk mendapatkan tenaga kerja dan keahlian yang tepat untuk membangun sebuah perusahaan.

Namun apabila para mitra tidak dapat bekerja sama dengan efektif atau mempunyai keinginan yang berbeda tentang cara menjalankan bisnis, dapat menjadi pemicu retaknya hubungan kemitraan yang baik dan bahkan kegagalan dalam berbisnis.

Bila saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk melakukan kemitraan, terdapat 7 hal yang harus Anda diskusikan kepada calon mitra Anda:

1. Apakah Anda memiliki visi yang sama mengenai perusahaan ini?

Apakah anda dan mitra potensial anda menyetujui rencana bisnis perusahaan?

Pertanyaan ini sangatlah penting karena visi anda dalam berbisnis akan mempengaruhi secara langsung cara anda mengelola usaha anda.

Sebagai contoh, bila anda ingin menjual bisnis anda saat usaha anda mulai menguntungkan, anda akan membuat keputusan berdasarkan tujuan berjangka pendek.

Namun bila mitra anda memiliki visi meneruskan usaha secara turun temurun, keputusan rekan tersebut membutuhkan rencana dan tujuan jangka panjang.

Untuk mengetahui kecocokan visi, ada baiknya membuat kesepakatan perencanaan bersama-sama.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola transaksi keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Baca Juga : Opini: Menambah Cabang Anda Tanpa Modal Usaha

2. Apa saja kekuatan dan kelemahan Anda?

Salah satu keuntungan terbesar dari kemitraan adalah bahwa setiap mitra memberikan kontribusi beraneka ragam kekuatan dan keahlian dibutuhkan dalam membangun satu bisnis.

Jika Anda merupakan seorang ahli dalam pemasaran, Anda tentunya akan membutuhkan seseorang untuk menangani aspek operasional dan finansial dari perusahaan.

Mitra yang cocok akan membawa kemampuan yang dibutuhkan untuk membangun perusahaan.

Bicaralah empat mata dengan calon rekan bisnis Anda mengenai keahlian yang kalian miliki, dan diskusikan bagaimana keahlian kalian dapat saling melengkapi.

Baca Juga : Strategi Manajemen Konflik dalam Perusahaan

3. Berapa banyak uang yang akan tiap pihak kontribusikan sebagai modal usaha?

Tidak semua kemitraan harus membagi rata modal awal, dan banyak mitra yang menentukan rasio kepemilikan berdasarkan persentase uang yang dibawa dalam kemitraan tersebut.

Sebagai contoh, bila mitra Anda berencana untuk berkontribusi sebanyak 2/3 dari total modal, maka kalian dapat memutuskan untuk memberi 2/3 dari total kepemilikan ke mitra Anda.

Penting bagi anda untuk mendiskusikan hal ini dengan jelas agar tidak terjadi konflik di masa mendatang.

Baca Juga : Seberapa Perlukah Menggunakan Aplikasi Keuangan Perusahaan?

4. Berapa banyak waktu yang akan Anda berikan untuk bisnis Ini?

Saat membangun usaha, jumlah waktu yang dikontribusikan setiap mitra pada perusahaan sama pentingnya dengan besar modal.

Namun, karena berbagai hal, kebanyakan startup membutuhkan komitmen waktu yang besar, dan bila satu mitra memberikan lebih banyak waktu dari yang lain tidak kemungkinan akan timbul konflik.

Di saat kedua mitra saling sepakat dengan berapa banyak waktu yang akan diperlukan dalam memulai usaha, maka kedua belah pihak akan sudah memiliki ekspektasi yang realistis sehingga kemungkinan adanya konflik juga terminimalisir.

Ingatlah bahwa tidak semua mitra harus memberikan kontribusi waktu yang sama, namun hal ini harus sudah disepakati sebelumnya.

Kontribusi waktu merupakan salah satu faktor dalam pembagian ekuitas kepemilikan.

Baca Juga : 8 Program UMKM dan Strategi yang Harus Diterapkan

5. Bagaimana cara Anda menangani konflik atau menghadapi kesulitan?

4 Alasan Kenapa Bisnis Butuh Perencana Keuangan

Rekan bisnis biasanya memiliki otoritas yang sama, kecuali jika memiliki kesepakatan yang disahkan.

Jika mitra Anda tidak dapat menangani kesulitan dengan baik maka dapat berakibat bahaya di bisnis baik dari segi finansial, kepegawaian, atau kendala dalam penanganan vendor maupun klien.

Bila Anda tidak belum cukup memahami karakteristik mitra Anda, cobalah untuk mencari tahu lebih lanjut dengan bertanya mengenai konflik dan kesulitan yang pernah terjadi dan penyelesaiannya.

Baca Juga : Faktor & Tips Menangani Konflik Internal Perusahaan

6. Persetujuan Untuk Menulis Seluruh Kesepakatan

Untuk menghindari konflik dan kesalahpahaman, Anda harus membuat persetujuan kemitraan yang membahas seluruh hal penting dari bisnis Anda, seperti:

  • Nama Kemitraan
  • Kontribusi masing-masing pihak
  • Alokasi keuntungan dan kerugian
  • Definisi otoritas dan pengambilan keputusan tiap pihak
  • Petunjuk pengelolaan
  • Prosedur penerimaan mitra baru
  • Apa yang terjadi bila mitra mundur atau meninggal
  • Metode penyelesaian konflik

Baca Juga : Pengelolaan Biaya Simple dengan Akuntansi Software Online

7. Apa Exit Strategy Anda?

Sebaik apapun anda merencanakan kemitraan, hal-hal diluar kendali bisa saja terjadi dan satu mitra bisa saja keluar dari bisnis Anda sewaktu-waktu.

Akan lebih mudah bila Anda sudah mendiskusikan kemungkinan ini dengan mitra yang bersangkutan untuk membuat meminimalisir resiko yang ada.

Bila mereka ingin mengundurkan diri dari kemitraan ini, apakah Anda harus membeli kepemilikan mereka?

Atau apakah mereka dapat menjual kepemilikan tersebut kepada pihak lain?

Dengan melakukan diskusi ini sebelum Anda berkomitmen menjalankan kemitraan tersebut, tiap pihak akan memiliki kesiapan terhadap tantangan yang akan terjadi.

Baca Juga : 5 Syarat Wajib Mendirikan Usaha Franchise dengan Mudah & Cepat

Dengan membahas semua hal-hal di atas dengan calon rekan bisnis Anda, Anda akan memiliki bayangan dan rencana yang lebih jelas tentang bagaimana Anda akan bekerja bersama dan lebih siap untuk menghadapi konflik-konflik yang akan muncul.

Jurnal by Mekari adalah software keuangan perusahaan yang otomatis dan akurat.

Beragam fiturnya akan membantu Anda membuat laporan keuangan secara mudah, cepat, aman, dan nyaman serta dapat mengelola keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun dengan praktis.

Dapatkan kemudahan dalam pembukuan dan pelaporan keuangan perusahaan dengan mencoba Jurnal sekarang, Gratis selama 14 hari!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo