Mekari Jurnal
Daftar Isi
3 min read

Ronald Ekaputra IDEALIFE: Bisnis Impor Dengan Inovasi Produk

Tayang 14 Apr 2021
Diperbarui 16 Oktober 2023

Bisnis impor adalah bisnis yang berhubungan dengan impor atau masuknya barang dagang dari suatu negara ke negara lain secara legal. Jalur bisnis impor ini biasanya meliputi seluruh transportasi dari darat, air, hingga udara. Ronald Ekaputra adalah pemilik bisnis IDEALIFE Home Innovation adalah salah satu pengusaha yang bergerak di bidang importir.

Ronald adalah salah satu lulusan dari Universitas di Perth, Australia dengan jurusan Accounting & Information System. Setelah lulus, Ronald memutuskan untuk bekerja sebagai seorang akuntan di Australia selama 4 tahun.

Berkat kerja kerasnya, Ronald berhasil mengumpulkan uang hingga Rp250 juta yang dia jadikan modal awal untuk memulai bisnis di Indonesia. Dengan modal tekad dan keberanian yang kuat, pada Tahun 2004 Ronald Ekaputra memulai bisnis impornya di Jakarta.

Pada awalnya, Ronald hanya menjual kipas angin besi dan memasarkannya sendiri. Karena pengalamannya sebagai akuntan, Ronald juga telah melakukan pencatatan atas transaksi penjualan yang telah ia lakukan.

Ronald juga termasuk orang yang senang berinteraksi dengan orang lain, ia pun sering menyebut dirinya adalah people’s person. Karena itu, memasarkan dan menjual produknya sendiri menjadi suatu kebahagiaan untuknya.

Tantangan Bisnis Impor yang Dihadapi Ronald

Ronald menganggap tugas utamanya adalah menganalisa dan menyelesaikan semua masalah dalam bisnisnya. Salah satu masalah yang juga menjadi tantangan besar bisnis bagi Ronald sebagai pemilik adalah keeping up with e-commerce.

Di samping itu kebutuhan layanan pelanggan untuk memuaskan konsumen juga hal yang tidak mudah. Bukan hanya itu, Ronald juga merasa bahwa memasarkan suatu produk secara maksimal dengan budget minimal adalah salah satu tantangan tersendiri, hingga akhirnya ia memasarkan produknya dengan cara online marketing.

IDEALIFE sendiri adalah bisnis di bidang import yang menjual berbagai perabotan rumah dari elektronik hingga non-elektronik.

Ronald mengemasnya dengan baik ke dalam branding Jepang dengan konsep minimalis dan  memasarkan produknya melalui offline dan online store seperti ITC, toko elektronik di pusat perbelanjaan, supermarket, website, dan juga berbagai e-commerce.

Dalam menjalankan bisnisnya, Ronald Ekaputra sebagai pemilik IDEALIFE lebih memfokuskan dirinya untuk membuat inovasi dalam hal distribusi dan marketing.

Untuk mengembangkan bisnisnya, Ronald melakukan market research, branding, hingga memikirkan cara produksi hingga distribusi produk.

Selebihnya, Ronald telah memercayakan semua masalah bisnis ke karyawannya, ia hanya perlu menerima dan memonitor bisnisnya melalui laporan keuangan yang telah disiapkan oleh masing-masing departemen.

Jurnal Menjadikan Bisnisnya Lebih Baik

Karena sebelumnya ia belajar tentang akuntansi, Ronald tahu persis apa manfaat akuntansi untuk sebuah bisnis.

Menurut Ronald, “Good Business with Bad Accounting, Equals to Bad Business”, sebagus apapun bisnis, tanpa laporan keuangan bisnis akan menjadi buruk.

Oleh karena itu, Ronald memercayakan keuangan bisnisnya dengan Mekari Jurnal, software akuntansi berbasis cloud.

Ronald telah mempercayakan keuangan bisnisnya kepada Jurnal selama lebih dari 2 tahun.

Dengan Jurnal, kini Ronald dapat lebih fokus mengembangkan bisnisnya tanpa harus khawatir akan masalah keuangan perusahaan.

Sejak mengenal Jurnal, Ronald dapat lebih mudah memantau dan memproses transaksi oleh pelanggan dengan cepat sehingga semua transaksi pembelian berjalan lancar.

Begitu juga dengan memonitor kondisi keuangan perusahaant sehingga dapat membuat strategi bisnis dengan mudah dan tepat.

Jangan ragu untuk menggunakan Jurnal, coba gratis Jurnal sekarang!

Baca Juga : Ronald Gandawinata, Focus Dental Lab: Jurnal Memberikan Solusi

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal