Mekari Jurnal
Daftar Isi

8 Resolusi Keuangan Bisnis di 2024, Capai Kesehatan Finansial yang Lebih Stabil!

Tayang 18 Jan 2024
Diperbarui 27 Maret 2024

Sebuah pemilik bisnis yang baik adalah seseorang yang dapat membuat perencanaan pertumbuhan bisnisnya dalam jangka panjang, salah satunya yaitu mengenai resolusi keuangan bisnis.

Mengapa demikian?

Seperti peta yang dibutuhkan oleh para pelaut untuk memandu perjalanannya, resolusi bertindak sebagai panduan dan acuan untuk mencapai tingkat adaptasi, pertumbuhan, serta stabilitas yang ideal bagi bisnis.

Adanya resolusi keuangan bisnis dapat menjadi strategi perencanaan untuk membangun kesehatan keuangan perusahaan yang lebih baik dibandingkan periode sebelumnya.

Membuat resolusi keuangan bisnis juga dapat menjadi solusi untuk mewaspadai beberapa risiko keuangan yang berpotensi muncul di tahun 2024 ini.

Salah satu yang perlu menjadi perhatian seperti lambatnya pertumbuhan ekonomi global yang dapat mempengaruhi pertumbuhan bisnis sepanjang tahun ini.

Lalu, apa saja resolusi keuangan bisnis yang bisa Anda capai di tahun 2024?

1. Rencanakan Anggaran yang ideal

Merencanakan anggaran untuk satu tahun kedepan merupakan salah satu proyek yang menjadi langkah pertama Anda untuk mencapai kesuksesan resolusi keuangan bisnis.

Rencana anggaran akan berperan besar sebagai acuan untuk mengorganisir berbagai program yang berhubungan dengan perusahaan.

Untuk menghasilkan rencana anggaran yang ideal, Anda bisa mulai dengan meninjau kembali penggunaan kas dan capaian yang berhasil didapat oleh perusahaan.

Identifikasi program yang bisa dilanjutkan dan memberikan manfaat, serta hapus program yang merugikan bagi perusahaan. Pertimbangkan berbagai program berdasarkan tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

Untuk membantu Anda untuk membuat perencanaan anggaran, berikut pertanyaan-pertanyaan yang bisa Anda bandingkan dengan catatan keuangan di periode sebelumnya:

  • Apakah bisnis berhasil berkembang dan menghasilkan keuntungan?
  • Apakah persentase tingkat penjualan dan laba bisnis meningkat?
  • Sudahkah mencapai tujuan keuangan yang direncanakan di tahun lalu?
  • Berapa arus kas masuk dan keluar pada tahun lalu?
  • Berapa pinjaman dana yang dilakukan beserta bunga pada periode sebelumnya?

Pertanyaan ini dapat membantu Anda dalam meninjau seberapa optimalnya pemanfaatan anggaran yang direncanakan di periode sebelumnya.

Temukan juga alternatif lainnya untuk mengurangi beban biaya pengeluaran di tahun ini, contohnya seperti membangun hubungan yang baik dengan para pemasok untuk mengoptimalkan pengeluaran biaya melalui kontrak kerja yang berkelanjutan.

Untuk memudahkan Anda dalam menyusun anggaran, simak artikel berikut: Pengertian dan Contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB)

via GIPHY

2. Mendelegasikan Pekerjaan

Sebagai pengusaha, Anda pasti menyadari bahwa menjalankan bisnis berarti banyak hal yang harus dipikirkan dan dilakukan.

Namun, masih banyak pengusaha yang ingin menyelesaikan semua pekerjaannya sendiri.

Padahal, hal tersebut dapat mengganggu fokus Anda sebagai seorang pengusaha hingga mempersulit Anda dalam mengembangkan bisnis.

Jadi, untuk mengembangkan bisnis di tahun depan, cobalah buat resolusi untuk belajar mendelegasikan sebagian pekerjaan pada bisnis Anda.

Seperti merekrut akuntan untuk membantu Anda mengelola keuangan atau dengan menunjang pekerjaan dengan aplikasi akuntansi Mekari Jurnal.

Coba Gratis Berbagai Fitur Unggulan Mekari Jurnal Sekarang!

3. Efisiensi Proses Pengelolaan keuangan

Semakin besar kapasitas perusahaan dalam menjalankan operasionalnya, maka akan semakin banyak pula beban pengelolaan keuangannya.

Jika hal ini terus berjalan dengan sistem yang manual, tentunya akan berjalan secara tidak efektif karena cukup menguras waktu dan tenaga.

Maka dari itu, seiring perkembangan zaman, berbagai pengelolaan akuntansi yang biasanya dikerjakan secara repetitif dapat beralih dengan menerapkan sistem berbasis otomatisasi.

Beberapa pekerjaan yang sudah dapat menerapkan mulai dari pembukuan, pencatatan transaksi, perhitungan rasio keuangan, penyusunan laporan keuangan, hingga rekonsiliasi bank.

Mengutip dari laporan survei yang dibentuk oleh Capterra, sebanyak 46% responden tertarik untuk mulai menerapkan sistem berbasis otomatis ini. Kemudian, sekitar 70% perusahaan yang sudah menerapkan sistem otomatisasi ini melaporkan terjadi peningkatan pertumbuhan bisnis.

Oleh karena itu, mengelola keuangan agar lebih efisien dapat menjadi salah satu resolusi yang masuk ke rencana strategis perusahaan Anda di tahun ini.

Baca Juga: 19 Cara Terbaik Dalam Mengelola Keuangan Bisnis atau Perusahaan

4. Membangun Dana Darurat

Salah satu alasan mengapa bisnis dan perusahaan harus mengelola dana darurat adalah karena dana ini akan berperan sebagai jaring pengaman untuk aktivitas bisnis Anda di masa depan.

Mengelalui dana darurat, bisnis memiliki sebuah asuransi yang membantu untuk menjaga rasa aman ketika menghadapi suatu pengeluaran yang terjadi secara tidak terduga.

Idealnya, dana darurat dapat Anda kembangkan untuk menutupi dana operasional bisnis dengan rentang periode tiga sampai enam bulan dan terpisah dengan dana untuk tujuan pengeluaran lainnya.

Salah satu tips yang bisa Anda terapkan adalah dengan memasukkan dana darurat ke instrumen investasi berbunga tinggi. Adanya dana darurat juga dapat mencegah Anda untuk mengambil pinjaman dengan bunga yang cukup tinggi.

Resolusi Keuangan Bisnis 2024

5. Mengendalikan Arus Kas

Arus kas bisnis merupakan salah satu resolusi keuangan yang cukup penting untuk Anda kembangkan di tahun ini.

Anda dapat mulai menjalankan strategi untuk memperkuat manajemen arus kas dengan menciptakan revenue streams atau sumber pendapatan baru selain menjual produk utama perusahaan, seperti membuka cabang bisnis baru atau memiliki lisensi atau paten atas suatu produk.

Temukan juga sumber pendapatan yang ternyata tidak berjalan begitu efektif, seperti pemasukan yang lebih rendah daripada pengeluaran biaya untuk pemeliharaannya. Sumber ini dapat Anda pangkas untuk mengurangi beban arus pengeluaran kas usaha.

Oleh karena itu, menerapkan rutinitas untuk memantau performa arus kas secara berkala (minimal satu bulan sekali) penting untuk dapat mengetahui efektivitas pemanfaatan aset di periode yang sama serta menemukan solusi jika terdapat potensi risiko terjadinya krisis keuangan.

Anda juga bisa menemukan langkah-langkah dalam mengelola arus kas secara lebih lengkap dalam artikel berikut: Cara Mengelola Arus Kas (Cash Flow Management)

6. Melakukan Analisis dan Forecast Berbasis Data

Di era zaman sekarang yang semakin data-oriented, data memainkan peran yang cukup besar dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis dan kesehatan finansial.

Data saat ini menjadi fondasi untuk menjalankan kegiatan analisis dan forecast dengan bantuan teknologi dan alat visualisasi.

Melalui pengelolaan ini, akan membantu akuntan, analis keuangan, maupun tim finance untuk lebih proaktif dalam berpikir kritis dan strategis dalam memecahkan berbagai masalah keuangan untuk memajukan bisnis.

Salah satu strategi yang bisa diterapkan oleh perusahaan saat ini yaitu dengan mengoptimalkan proses analisis dan memprediksi tren dengan menggunakan artificial intelligence (AI).

Melalui AI, perusahaan dapat mempermudah proses mengumpulkan dan menyimpulkan berbagai data yang dibutuhkan pada laporan keuangan untuk keperluan membaca performa, tren, anomali keuangan demi pengambilan keputusan strategis untuk bisnis.

Strategi penerapan AI untuk kebutuhan analisis dan forecast ini bahkan sudah diterapkan oleh perusahaan Big 4 sejak lama dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi audit, mengoptimalkan strategi pertumbuhan, hingga membangun hubungan klien dengan lebih kuat.

Simak informasi selengkapnya mengenai peran AI dalam dunia akuntansi dalam artikel berikut: Perkembangan Teknologi AI Dalam Dunia Akuntansi

7. Optimasi Kewajiban dan Utang Bisnis

Salah satu yang menjadi beban keberlanjutan dari tahun sebelumnya salah satunya adalah kewajiban (liabilitas) dan utang bisnis.

Oleh karena itu, menjadikan kewajiban dan utang sebagai resolusi keuangan yang perlu dievaluasi dan dioptimalkan merupakan sebuah langkah yang tepat.

Kewajiban dan utang ini terjadi akibat adanya peminjaman dana kepada kreditor yang bertujuan untuk digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. Sehingga, hampir seluruh perusahaan tentunya akan memiliki beban utang ini.

Walaupun begitu, yang membedakannya adalah jumlah utang yang harus dibayarkan beserta bunganya, serta cara mengelola utang perusahaan itu sendiri.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mulai menentukan target pembayaran yang harus diselesaikan di tahun ini, mengurangi pengeluaran dan peminjaman dana kepada kreditor, dan membayar pinjaman dengan tepat waktu agar terhindar dari sanksi.

8. Menunjang Pekerjaan dengan Software akuntansi

Salah satu langkah yang bisa Anda terapkan sebagai solusi untuk memudahkan mencapai rencana resolusi keuangan Anda adalah mulai menggunakan software akuntansi.

Melalui software akuntansi, Anda dapat mengelola berbagai kebutuhan keuangan bisnis secara lebih efektif karena tidak perlu melakukan berbagai pencatatan dan perhitungan secara manual.

Berbagai data yang berkaitan dengan keuangan juga akan terintegrasi dengan mudah ke dalam satu sistem, seperti manajemen stok, perpajakan, maupun rekonsiliasi bank.

Salah satu rekomendasi software akuntansi yang bisa Anda temukan di pasaran yaitu Mekari Jurnal.

Mekari Jurnal merupakan software akuntansi yang simpel dan mudah digunakan untuk Anda yang ingin mengelola keuangan dengan baik.

Terintegrasi dengan berbagai aplikasi, mulai dari POS, aplikasi perpajakan, hingga software legalisasi dokumen, Anda juga bisa dengan mudah mengaksesnya karena dapat diakses kapan saja dan di mana saja hanya melalui perangkat smartphone Anda.

Mekari Jurnal juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda seperti mengelola anggaran, pembukuan keuangan, invoice generator, analisis berbasis AI, dan masih banyak lagi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur Mekari Jurnal, klik tombol di bawah ini sekarang juga!

Saya Ingin Konsultasi Gratis dengan Tim Mekari Jurnal!

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebagai acuan untuk menjalankan resolusi bisnis di tahun 2024 ini. Dengan begitu, Anda dapat mencapai kesehatan keuangan dan bisnis yang berjalan stabil.

Jadikan hal ini sebagai acuan untuk dapat menjalankan berbagai kegiatan dan program secara konsisten di tahun ini.

Dengan pengelolaan keuangan yang baik, Anda dapat lebih mudah mengembangkan bisnis.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Jangan lupa untuk temukan berbagai penawaran dan informasi menarik lainnya hanya di kanal media informasi resmi Mekari Jurnal, ya!

 

Referensi:

Captera, “Capterra’s 2024 Tech Trends Report: Software Selection Best Practices for Financial Firms“.

Capactix, “Top 13 Accounting Trends 2023 To Keep An Eye On“.

Thomson Reuters, “How do different accounting firms use AI?

Duncan & Toplis, “New Year’s Resolutions: Five financial fixes for small businesses in 2024“.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal