Akhir tahun biasanya dimanfaatkan pengusaha untuk mengevaluasi bisnis dan membuat rencana untuk mengembangkan bisnis di tahun mendatang. Penjualan yang meningkat sekaligus memiliki banyak waktu untuk menikmati kesuksesan adalah salah satu resolusi setiap pengusaha. Apalagi jika tahun ini Anda telah menghabiskan banyak waktu untuk mengelola bisnis, hingga mengabaikan waktu untuk pribadi. Berikut Jurnal akan memberikan ide yang bisa membantumu menjaga keseimbangan antara bisnis dan kehidupan pribadi tanpa mengabaikan perkembangan bisnis.

 

Delegasikan Pekerjaan

Sebagai pengusaha, Anda pasti menyadari bahwa menjalankan bisnis berarti banyak hal yang harus dipikirkan dan dilakukan. Namun, masih banyak pengusaha yang ingin menyelesaikan semua pekerjaannya sendiri. Padahal, hal tersebut dapat mengganggu fokus Anda sebagai seorang pengusaha hingga mempersulit Anda dalam mengembangkan bisnis. Jadi, untuk mengembangkan bisnis di tahun depan, cobalah buat resolusi untuk belajar mendelegasikan sebagian pekerjaan Anda, seperti merekrut akuntan untuk membantu Anda mengelola keuangan.

 

Promosi Secara Konsisten

Memiliki pelanggan baru pasti juga jadi salah satu daftar resolusi bisnis Anda bukan? Untuk menarik pelanggan baru, cobalah buat promosi secara rutin. Anda bisa menggunakan jasa ahli marketing atau membuat rencana marketing sendiri. Cobalah mulai manfaatkan social media sebagai salah satu media promosi, atau manfaatkan berbagai marketplace yang tersedia di Indonesia untuk mempromosikan bisnis. Setelah menentukan strategi media, buatlah promosi seinformatif mungkin, sehingga pelanggan baru dapat lebih memahami apa yang Anda jual dan apa yang ingin Anda sampaikan.

 

Rencana Bisnis Sebagai Agenda Rutin

Membuat rencana bisnis adalah salah satu hal yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis. Dengan perencanaan bisnis, Anda dapat mengevaluasi strategi apa yang berhasil dan yang tidak berhasil. Hal ini dapat memudahkan Anda menentukan strategi baru yang dapat Anda gunakan untuk mencapai resolusi bisnis. Jadi, cobalah luangkan waktu setiap minggunya untuk mengevaluasi, menyesuaikan, dan merencanakan bisnis. Dengan begitu, Anda dapat lebih fokus terhadap tujuan yang ingin Anda capai.

 

Belajar Hal Baru

Mempelajari hal baru dapat menambah wawasan dan skill baru, serta pandangan baru dalam hidup. Untuk berkembang di Tahun depan, cobalah jadikan belajar hal baru menjadi salah satu resolusi Anda. Tidak hanya mempelajari ilmu tentang bisnis, Anda juga bisa mempelajari berbagai hal seperti cara memanfaatkan waktu dengan baik, memanfaatkan hobi untuk hari libur, tips parenting, dan lain sebagainya. Dengan mempelajari hal baru, Anda dapat mengembangkan pribadi Anda yang memengaruhi kesuksesan dalam bisnis.

 

Ikut Organisasi atau Grup Bisnis

Jika saat ini Anda belum aktif di sebuah organisasi atau grup, cobalah mulai aktif di Tahun depan. Dengan bertemu dengan orang baru, otomatis Anda bisa mendapat berbagai inspirasi dan ide -ide baru, sekaligus memperluas jaringan bisnis. Namun, jika Anda tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa mencari sebuah grup melalui Internet atau grup digital. Beberapa grup yang bisa mendukung perkembangan bisnis Anda seperti grup yang berbagi tips bisnis, cara membuat website, dan sebagainya. Dengan bergabung di dalam grup, Anda dapat lebih uptodate terhadap informasi bisnis.

 

Berkontribusi Terhadap Lingkungan

 

Kesuksesan tidak akan ada artinya jika masyarakat dan lingkungan sekitar tidak bisa merasakannya. Jadi, tambahkan kontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat menjadi salah satu resolusi Anda. Di Tahun depan mulailah perhatikan sekeliling dan lihat apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu lingkungan sekitar Anda menjadi tempat yang lebih baik. Jika tidak memiliki banyak waktu, Anda dapat menyumbangkan ke organisasi terdekat yang mengelola lingkungan tersebut.

 

Itulah beberapa ide yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar resolusi Tahun depan. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh keseimbangan antara bisnis dan kehidupan pribadi. Terapkan ide resolusi di atas sepanjang tahun dan lakukan secara konsisten. Jika hal tersebut dapat Anda lakukan secara konsisten, Anda dapat merasakan bagaimana rasanya kehidupan pribadi yang lebih baik dan memiliki energi yang cukup untuk mengembangkan bisnis.

 

Selain beberapa hal di atas, Anda juga tidak boleh melupakan pentingnya mengelola keuangan. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, Anda dapat lebih mudah mengembangkan bisnis. Jurnal merupakan software akuntansi online yang simpel dan mudah digunakan untuk Anda yang ingin mengelola keuangan dengan baik. Jurnal akan menyediakan laporan keuangan secara lengkap dan dapat Anda akses kapan saja dan di mana saja.

 

Jurnal juga dilengkapi berbagai fitur yang dapat membantu Anda mengelola bisnis seperti penghitungan stok barang, nilai penyusutan aset, proses rekonsiliasi yang lebih mudah, pembayaran invoice yang lebih cepat, pengingat utang dan piutang, dan masih banyak lagi. Temukan berbagai fitur lainnya di sini dan daftarkan bisnis Anda sekarang juga untuk nikmati coba gratis 14 hari.

Author