Flowchart Akuntansi yang Berbasis Aplikasi

Penggunaan aplikasi saat ini banyak sekali digunakan untuk mempermudah pekerjaan di berbagai hal. Seperti halnya penggunaan aplikasi untuk keperluan akuntansi yang tentunya juga banyak digunakan oleh berbagai macam perusahaan. Terutama pada perusahaan besar dengan sistem perhitungan akuntansi yang tergolong rumit dan cukup kompleks.

flowchart akuntansi

Namun demikian sebagian besar pengguna aplikasi ini tidak memahami seperti apa flowchart akuntansi berbasis aplikasi tersebut bekerja secara umum. Sehingga mampu menghasilkan laporan keuangan yang akurat untuk keperluan perusahaan.

Tentunya sangat penting mengetahui dan mengenai seperti apa perangkat lunak pendukung sistem akuntansi perusahaan tersebut bekerja.

Sehingga tidak hanya mampu menggunakan saja, namun dapat memahami cara bekerja hingga berpikir dari sistem akuntansi yang digunakan. Maka dari itu untuk membantu memberikan pandangan terkait hal ini, berikut beberapa informasi lebih lanjut tentang flowchart akuntansi berbasis aplikasi tersebut.

Tentang Aplikasi Berbasis Akuntansi

Bagi yang belum pernah mendengar mengenai aplikasi berbasis akuntansi, sebenarnya tanpa disadari cukup banyak yang menggunakan perangkat tersebut.

Apalagi jika berada di perusahaan yang cukup besar, maka pasti membutuhkan bantuan aplikasi dalam mendukung sistem akuntansi perusahaan sehari-hari. Sehingga nantinya diperoleh laporan laba rugi perusahaan yang akurat dan aktual secara cepat.

Adapun aplikasi tersebut merupakan sebuah sistem perangkat lunak yang sengaja dikembangkan untuk membantu mengolah data akuntansi secara cepat dan akurat.

Tidak hanya itu saja, namun aplikasi akuntansi umumnya bekerja secara otomatis dan juga saling terhubung dan terintegrasi dengan beberapa hal lainnya di dalam perusahaan.

Misalnya dengan sistem payroll maupun dengan sistem invoice perusahaan. Sehingga pada aplikasinya dapat diperoleh data secara akurat dan otomatis.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Akuntansi

Tentunya ada banyak alasan mengapa sebuah perusahaan memilih menggunakan aplikasi untuk sistem akuntansi.

Apabila dianggap tidak menguntungkan, tentunya sistem tersebut tidak akan digunakan lebih lanjut pada kebanyakan perusahaan di tanah air. Namun pada kenyataannya, justru semakin banyak perusahaan bergantung pada perangkat lunak tersebut. Hal ini karena beberapa manfaat penting yang bisa diperoleh seperti berikut ini.

Sistem otomatis

Hal menarik dari penggunaan aplikasi tentunya sistem yang lebih baik yaitu bekerja secara otomatis. Maka dari itu banyak perusahaan memilih untuk menggunakan aplikasi daripada melakukan pekerjaan secara manual.

Berkat penggunaan sistem perangkat lunak, tentu saja sistem akuntansi perusahaan dapat berjalan secara otomatis. Mulai dari pencatatan, perhitungan, hingga proses persetujuan dan pelaporan semuanya berjalan secara otomatis.

Minim kesalahan

Kelebihan berikutnya dari penggunaan aplikasi berbasis perangkat lunak tentu saja dirancang dengan minim kesalahan. Sehingga hal ini membantu memberikan hasil yang lebih baik dan akurat.

Dibandingkan secara manual yang berpotensi terjadi kesalahan, maka sistem akuntansi dengan aplikasi ini jauh lebih baik dalam hal potensi dan resiko kesalahan.

Lebih efektif

Menggunakan sistem aplikasi pastinya akan jauh lebih efektif. Karena sebuah sistem tentu saja dirancang bekerja lebih maksimal. Maka dari itu banyak perusahaan yang menyukai penggunaan aplikasi, karena dianggap memiliki efektivitas yang tinggi.

Lebih efisien

Berkat penggunaan aplikasi, pastinya juga menghemat lebih banyak waktu dan tenaga. Dengan sistem kerja otomatis maka tidak perlu banyak waktu terbuang untuk melakukan pencatatan akuntansi perusahaan hingga pelaporannya. Otomatis akan menghemat banyak biaya dan kebutuhan sumber daya.

Flowchart Akuntansi Berbasis Aplikasi

Tentu saja beberapa orang awam dalam hal ini tidak memahami seperti apa flowchart akuntansi berbasis aplikasi tersebut. Seperti halnya kebanyakan program dan perangkat lunak, pada umumnya aplikasi akan memiliki mekanisme kerja berulang yang pasti dan jelas.

Sehingga nantinya bisa memberikan hasil sesuai ekspektasi dan harapan para penggunanya. Demikian juga pada aplikasi berbasis akuntansi ini, secara umum ada beberapa langkah kerja yang dilakukan program tersebut dalam mendukung sistem akuntansi perusahaan yang efektif dan efisien. Secara sederhana, berikut ini flowchart akuntansi berbasis aplikasi pada perusahaan.

Input Data

Proses pertama dalam flowchart akuntansi berbasis aplikasi adalah input data. Setiap aplikasi akan memerlukan input data yang diperlukan untuk diolah di dalam program tersebut.

Terkait dengan akuntansi perusahaan, tentu saja input tersebut dapat berupa pembelian, invoice, penggajian, dan banyak hal lainnya terkait keuangan perusahaan. Dengan adanya sistem aplikasi, tentunya hal ini bisa dilakukan secara otomatis.

Dimana input tersebut bisa saja dilakukan manual oleh pengguna maupun terkoneksi pada sistem yang terkait. Misalnya input dari sistem penggajian karyawan.

Proses Pengolahan Data

Apabila input telah diterima oleh aplikasi, proses selanjutnya dalam flowchart akuntansi berbasis aplikasi akan dilakukan proses pengolahan data tersebut. Dalam proses ini biasanya data akan dipilah sesuai dengan kebutuhannya.

Apakah termasuk kredit apakah termasuk debit dalam sistem keuangan perusahaan. Umumnya dengan menggunakan perangkat lunak, maka proses ini akan berjalan dengan sendirinya. Sehingga tidak perlu melakukan penentuan secara manual terkait mana yang tergolong kredit dan mana yang tergolong debit tersebut.

Berdasarkan parameter yang telah diprogramkan pada aplikasi, maka aplikasi akan membagi hal tersebut secara otomatis dalam waktu cepat.

Proses Persetujuan Data

Beberapa program memiliki fungsi persetujuan dari pihak terkait mengenai apa saja input yang harus diolah di dalam sistem akuntansi tersebut.

Maka dari itu jika hal ini termasuk salah satu mekanisme dalam flowchart akuntansi berbasis aplikasi milik perusahaan, maka sebelum laporan dibuat diperlukan persetujuan dari pihak yang berwenang di dalam perusahaan.

Misalnya persetujuan dari kepala keuangan perusahaan atau bahkan dari pihak direksi. Dengan demikian akan membantu proses pengolahan yang benar dan tepat tanpa ada resiko kesalahan atau penipuan data yang akan diolah nantinya.

Proses Pembuatan Laporan

Salah satu hal penting yang membuat aplikasi berbasis akuntansi banyak diminati yaitu proses pembuatan laporan yang merupakan tugas utamanya.

Dengan adanya aplikasi maka nantinya setelah terdapat persetujuan data, selanjutnya akan dibuat laporan dari seluruh parameter kredit dan debit di dalam sistem akuntansi tersebut. Dengan demikian nantinya perusahaan dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara rinci. Apakah perusahaan mendapatkan laba atau mendapatkan kerugian.

Hasil Laporan

Sesudah sistem perangkat lunak menerjemahkan seluruh data dengan tepat, maka aplikasi akan bekerja untuk membuat laporan sesuai dengan format yang telah ditentukan. Beberapa perusahaan menginginkan format yang berisi logo perusahaan dan mekanisme pelaporan sesuai keinginan perusahan.

Dengan menggunakan aplikasi berbasis akuntansi maka hal ini sangat mungkin dilakukan. Bahkan proses pembuatan laporan itu sendiri tergolong cepat. Laporan keuangan dapat segera muncul kapan saja dibutuhkan.

Itulah beberapa informasi terutama mengenai flowchart akuntansi berbasis aplikasi. Dengan mengetahui cara kerja dari aplikasi yang digunakan pada sistem akuntansi perusahaan, sedikit banyak dapat memahami seperti apa laporan keuangan dibuat dari sistem tersebut.

Sehingga apabila terjadi kesalahan atau ada hal-hal yang kurang sesuai, setidaknya terdapat gambaran untuk mengetahui hal tersebut.

Maka dari itu jangan hanya sekedar mampu menggunakan, namun sebaiknya belajar untuk memahami flowchart tersebut untuk hasil pengolahan data akuntansi perusahaan yang lebih baik kedepannya.

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo