Pengertian dan Contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Anggaran biaya memegang peranan penting dalam sebuah perencanaan bisnis atau kegiatan sejenisnya. Berbagai contoh rencana anggaran biaya atau RAB bisa dengan mudah anda dapatkan dikarenakan sangat sering digunakan oleh masyarakat.

Hal ini perlu Anda buat agar keuangan dan perencanaannya bisa lebih terorganisir dan rapi. Anda juga bisa lebih mudah dalam membuat pengajuan maupun laporan dengan menggunakan RAB tersebut.

Perencanaan dalam hal keuangan atau biaya bahkan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan terutama dari sebuah bisnis. Risiko yang dihadapi bisa diminimalisir sehingga bisnis bisa berjalan dengan lebih terarah, dan nantinya laporan keuangan bisa rapi dan jelas.

contoh rencana anggaran biaya

Pengertian RAB

RAB atau rencana anggaran biaya merupakan perkiraan biaya yang biasanya digunakan untuk melaksanakan sebuah kegiatan bisnis atau proyek lainnya. Dengan membaca sekilas contoh rencana anggaran biaya Anda sudah bisa menyimpulkan pengertian umum dari RAB tersebut.

Namun tak hanya secara umum Anda juga harus mengetahui bahkan menguasainya secara lebih detail atau khusus. Sebab perencanaan ini bukan hanya menentukan nominal yang akan dikeluarkan saja namun banyak faktor di sekelilingnya yang harus dicermati.

Terlebih untuk bisnis atau proyek yang cukup besar maka perencanaan biaya tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Alokasi keuangan yang dibuat harus sangat terarah dan jelas dari berbagai sisi.

Sebelum memulai sebuah bisnis atau proyek maka setiap contoh rencana anggaran biaya bisa digunakan sebagai dasar untuk melakukan penawaran. Dokumen perencanaan yang jelas dan terarah bisa membuat klien lebih tertarik dengan penawarannya.

Pengadaan bahan dan kebutuhan operasional lainnya bisa lebih terkendali dengan mengacu pada perencanaan anggaran. Baik untuk sebuah bisnis maupun proyek tertentu hal ini akan sangat membantu bahkan membuka peluang keberhasilan.

Manfaat RAB

Dokumen perencanaan biaya tersebut bisa bersifat wajib bahkan perlu ditekankan terutama bagi para pebisnis atau penyelenggara proyek. Dokumen tersebut bisa dibuat sehingga mendatangkan beberapa manfaat bagi Anda.

Sesuai dengan namanya maka perencanaan ini bisa menjadi sebuah dokumen untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk kedepannya. Dokumen tersebut akan selalu menjadi acuan untuk selalu melihat ke depan mengenai proyek atau bisnisnya.

Sebelumnya Anda bisa mempelajari manfaat apa saja yang bisa diperoleh jika Anda membuat contoh rencana anggaran biaya maupun merealisasikannya.

– Dapat Memperbaiki Pembiayaan

Perencanaan ini bisa dibuat sejak awal pembangunan atau sebelum operasional proyek atau pembisnis. Selanjutnya dokumen tersebut bisa dijadikan sebagai acuan dalam operasional dan proses pembiayaannya.

RAB bisa membantu Anda dalam memperbaiki pembiayaan atau budgeting dalam waktu tertentu. Manfaatnya akan Anda rasakan terutama di masa yang akan datang. Apa yang kurang maupun sebaliknya bisa diperbaiki dengan melihat perencanaan sebelumnya.

Kemudian Anda bisa menyesuaikan dengan situasi yang terjadi pada saat operasional. Dengan mengacu pada contoh rencana anggaran biaya yang Anda buat pengurangan maupun penambahan biaya bisa dilakukan dengan lebih cermat.

– Mengefektifkan Waktu

Waktu yang Anda miliki untuk menjalankan sebuah bisnis maupun proyek bisa lebih efektif dan juga efisien. Anda bisa melakukan proses operasional dengan mengacu pada susunan perencanaan biaya yang sudah dibuat.

Setiap kebutuhan yang bisa lebih terencana sehingga Anda bisa segera melakukan realisasi. Hal ini tentu sangat mengefektifkan waktu yang Anda miliki sehingga waktu yang dimiliki tidak hanya habis untuk melakukan banyak pertimbangan.

– Mempermudah Proses Evaluasi

RAB juga dapat membantu Anda dalam melakukan evaluasi dari setiap aktivitas yang dijalankan pada bisnis maupun proyek tersebut. Berdasarkan biaya yang sudah direncanakan Anda bisa melihat aktivitas mana yang menguntungkan maupun merugikan.

Besaran nominal yang dikeluarkan akan disesuaikan dengan kondisi riil di lapangan sehingga bisa terlihat apakah aktivitas tersebut efektif ataupun tidak. Contohnya jika menelan biaya yang terlalu banyak namun hasilnya tidak begitu nyata maka aktivitas tersebut bisa dihilangkan.

– Mempermudah Menentukan Kebijakan

Dengan mengacu pada contoh rencana anggaran biaya yang sudah Anda buat maka pengambilan keputusan atau kebijakan bisa lebih sesuai. Kebijakan tersebut bisa lebih relevan berdasarkan kapasitas pembiayaan yang sudah direncanakan.

Setiap rencana yang ditentukan memiliki peluang yang lebih besar mencapai titik keberhasilan sesuai ekspektasi bersama. Bahkan jika memungkinkan biayanya bisa lebih ditekan dan disesuaikan dengan sebijak mungkin.

contoh rencana anggaran biaya

Hal Penting pada Proses Pembuatan RAB

Untuk pembuatan RAB Anda tidak harus menggunakan sebuah sistem khusus yang membutuhkan penanganan atau pengelolaan khusus. Anda juga bisa menggunakan Microsoft Excel untuk menyusun perencanaan ini.

Namun jika ingin lebih detail Anda bisa menggunakan beberapa sistem khusus atau aplikasi anggaran yang memiliki template tentang rencana pembiayaan. Berdasarkan beberapa contoh yang bisa Anda temukan terdapat beberapa hal yang bisa Anda pelajari dari perencanaan tersebut.

Tujuan dan Waktu Penggunaan Anggaran

Tujuan dan waktu penggunaan dari perencanaan anggaran tadi bisa Anda tentukan terlebih dahulu. Tujuan yang ditentukan sejak awal bisa membantu Anda untuk mengetahui gambaran biaya yang akan dibutuhkan bahkan bisa dilihat secara garis besar.

Anda juga bisa menentukan pembatasan penggunaan dana termasuk menentukan waktu penggunaannya. Dengan mempelajari contoh rencana anggaran biaya Anda bisa mendapat gambaran untuk menentukan tujuan dan waktu penggunaan anggaran.

Daftar Kebutuhan

Berikutnya, Anda bisa menentukan daftar kebutuhan bahkan bisa diurutkan sesuai kebutuhannya. Kebutuhan untuk operasional dan cara pemenuhannya bisa terlihat jelas melalui perencanaan biaya seperti ini.

Nantinya Anda juga bisa mengelompokkan kebutuhan tadi berdasarkan cara memperolehnya seperti proses penyewaan atau pembelian. Pada penyusunan RAB Anda bisa menulis secara rinci setiap kebutuhan berdasarkan kategorinya termasuk mengkalkulasikan jumlahnya.

Membuat Estimasi

Berdasarkan contoh rencana anggaran biaya yang sudah Anda cermati maka Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai estimasi kebutuhan secara global. Jika ingin membuat perencanaan ini maka Anda bisa membuat estimasinya terlebih dahulu.

Namun estimasi yang bisa Anda buat perlu dibuat dengan sangat cepat bahkan mendekati dengan realisasi sesuai kondisi. Tujuannya agar pembuatan RAB bisa lebih terarah dan kebutuhan yang diperlukan juga bisa lebih terpenuhi tanpa kekurangan apapun.

Riset Harga

Setiap contoh rencana anggaran biaya yang bisa Anda cermati akan membantu Anda untuk melakukan riset harga. Bahkan hal ini bisa Anda lakukan sebelum benar-benar membuat perencanaan yang lebih lengkap.

Riset harga yang dilakukan bisa dilakukan untuk harga satuan dari setiap kebutuhan yang akan dicatat dalam RAB. Setiap contoh yang ada juga merupakan hasil dari proses riset sebelumnya yang relevan dengan kondisi yang sesungguhnya.

Informasi harga harus update agar perencanaan yang disusun bisa lebih akurat. Setiap contoh RAB yang ada juga menggunakan harga terkini sehingga estimasi yang dibuat tidak terlalu melenceng dari kondisi sebenarnya.

Proses Rekapitulasi dan Evaluasi

Jika semua data yang dibutuhkan sudah terisi maka lakukan proses rekapitulasi atau perhitungan secara menyeluruh. Hal ini bersifat wajib dan tentunya tidak bisa dipisahkan dari perencanaan biaya tersebut.

Jika proses rekapitulasi sudah selesai maka hal berikutnya ialah melakukan evaluasi. Evaluasi yang dimaksud dilakukan untuk menyesuaikan antara estimasi dengan batasan anggaran.

Setiap contoh yang bisa Anda cermati merupakan hasil rekapitulasi dan evaluasi. Jika hal ini belum dilakukan maka RAB belum bisa digunakan sebagai acuan bahkan proses operasional bisnis maupun proyek yang dimaksud belum bisa dimulai sepenuhnya.

contoh rencana anggaran biaya

Contoh RAB

Contoh rencana anggaran biaya pada dasarnya bisa dengan mudah anda temukan terutama melalui internet. Contoh yang ada merupakan contoh yang konkrit karena diambil dari rancangan asli yang sudah pernah dibuat.

Secara umum perencanaan tersebut berisi rincian biaya sedetail mungkinmulai dari kebutuhan yang sangat kecil sehingga kebutuhan yang sangat besar. Hal ini perlu dituliskan dengan sangat jelas untuk memenuhi tujuan yang diinginkan.

Secara umum RAB bisa disajikan dalam bentuk tabel agar lebih mudah dalam menjabarkan rinciannya. Secara umum poin yang ada dalam tabel tersebut terdiri dari nama kebutuhan atau barang, kuantitas, harga satuan, jumlah harga, dan lain sebagainya.

Contoh rencana anggaran biaya pada umumnya memiliki tujuan yang sama dan disajikan dalam bentuk data yang tidak jauh berbeda. Sebagai gambarannya berikut ini akan disajikan sebuah contoh RAB yang cukup sederhana.

RAB PEMBUKAAN KEDAI JUS BUAH

No. Kebutuhan Qty Harga Satuan Jumlah Keterangan
1. Freezer 1 1.500.000 1.500.000
2. Kulkas 1 2.000.000 2.000.000
3. Blender 3 400.000 1.200.000
4. Meja 2 500.000 1.000.000
5. Etalase Buah 1 3.000.000 3.000.000
6. Pisau 2 15.000 30.000
7. Dispenser 1 200.000 200.000
8. Talenan 2 12.000 24.000
9. Galon 3 90.000 270.000
10. Sewa bangunan ukuran 4,5 m x 9 m 1 unit 40.000.000 40.000.000 Harga tahun pertama
11. Aneka buah segar 20 kg 20.000 4.000.000 Jenis buah menyesuaikan
Sub Total

Note : Harga yang tercantum merupakan estimasi

Contoh rencana anggaran biaya di atas bersifat sangat sederhana dengan menggunakan tabel sesuai kebutuhan. Poin yang disajikan cukup memberikan gambaran mengenai kebutuhan kedepannya untuk pembukaan sebuah kedai jus.

Tabel bisa digunakan agar bisa lebih mudah dalam membaca setiap poin yang ada di dalamnya. Anda juga bisa dengan mudah melihat jumlah hingga total semua kebutuhan dengan lebih mudah jika menggunakan tabel.

Tabel diatas hanyalah merupakan contoh karena pada kenyataannya kebutuhan dari sebuah bisnis atau proyek bisa disajikan dengan lebih detail dan lengkap. Setiap poin yang dibutuhkan juga bisa ditambah sesuai dengan data yang dibutuhkan.

Namun contoh rencana anggaran biaya di atas bisa memberikan Anda gambaran apa saja yang perlu Anda buat dalam sebuah RAB. Beberapa hal penting yang sebelumnya disebutkan juga bisa Anda analisa sebelum membuat RAB tersebut.

Penggunaan RAB

RAB pada dasarnya bisa digunakan untuk beberapa sektor penting dalam kehidupan masyarakat. Tidak hanya untuk bisnis saja namun RAB bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang sejenis.

Namun secara umum penyajian data akan dibuat dengan hampir mirip hanya berbeda dari isinya. Isi dari data tersebut akan menyesuaikan dengan jenis kegiatan yang dilakukan. Tujuannya tetap sama dan penyajian data tidak melenceng dari contoh rencana anggaran biaya di atas.

Untuk melengkapi pengetahuan Anda mengenai RAB tersebut berikut ini akan dijelaskan mengenai penggunaan RAB dalam kehidupan masyarakat.

RAB untuk Usaha

Perencanaan ini sangat cocok dibuat untuk pendirian sebuah usaha atau bisnis seperti contoh yang sudah sudah disebutkan sebelumnya. Sebuah perencanaan bisnis membutuhkan data yang lebih akurat dan detail yang bisa disajikan dalam bentuk sebuah RAB.

Contoh rencana anggaran biaya untuk usaha kurang lebih hampir sama dengan contoh yang sudah disajikan. Secara umum perencanaan tersebut akan menjadikan kebutuhan pembukaan bisnis yang merupakan modal untuk melakukan operasional.

Data tersebut bisa membantu Anda untuk memastikan tidak adanya pembengkakan biaya karena semua kebutuhan sudah terencana dengan baik. Meskipun harga yang dicantumkan baru sekedar estimasi namun nominalnya tetap bisa menjadi acuan.

Biasanya data yang dimasukkan meliputi perlengkapan dan peralatan termasuk biaya perawatan maupun penyewaan. Hal ini sangat wajar dalam perencanaan sebuah bisnis sehingga dapat membantu bisnis tersebut berlangsung dengan lebih kondusif.

RAB untuk Acara atau Event

Selain untuk usaha atau bisnis, RAB juga bisa digunakan untuk merancang kebutuhan sebuah kegiatan atau event. Contoh rencana anggaran biaya untuk sebuah acara atau event juga bisa dengan mudah Anda temukan berdasarkan kegiatan yang sudah dilakukan.

Biasanya RAB tersebut akan dibuat oleh panitia acara agar bisa memiliki perencanaan budget sesuai dengan kebutuhan acara. Terkadang perencanaan ini juga sering dimuat dalam sebuah proposal dengan penyajian data secara khusus.

Isinya merupakan perhitungan biaya mulai dari penyewaan tempat, biaya peralatan, biaya kepanitiaan, kebutuhan untuk jamuan, anggaran konsumsi, dan lain sebagainya. Hal ini harus dibuat dengan sangat cermat dan rapi agar perencanaan bisa lebih mudah dianalisa.

RAB untuk Organisasi

Selanjutnya rencana anggaran biaya tersebut juga bisa berlaku untuk sebuah organisasi. anggaran biaya dan data kebutuhannya tentu akan sangat dibutuhkan dalam organisasi baik dalam skala kecil maupun skala besar.

Komponen yang diperlukan di dalamnya akan disesuaikan dengan kegiatan yang hendak dilaksanakan oleh organisasi. Contoh rencana anggaran biaya untuk organisasi ini kurang lebih hampir sama dengan penggunaan untuk kebutuhan lainnya.

Perencanaan tersebut bisa digunakan untuk pengajuan dana dalam sebuah proposal. Hal ini akan sangat membentuk organisasi untuk memperoleh pendanaan maupun memiliki data pembiayaan secara umum maupun untuk acara tertentu.

Sama seperti penggunaan lainnya dalam organisasi ini data yang disajikan harus dibuat dengan sangat rinci dan detail. Meskipun komponen didalamnya bersifat variatif namun tetap secara keseluruhan harus memiliki kejelasan mulai dari hal yang terkecil hingga yang paling besar.

Dari penjelasan di atas sedikitnya Anda tentu bisa menyimpulkan bagaimana pembuatan RAB berdasarkan contoh rencana anggaran biaya yang disajikan. Perencanaan tersebut pada dasarnya bersifat sama dari cara penyajian data dan tujuannya.

Setiap penyajian data harus bisa dimengerti terutama oleh pihak yang dituju. Mulai dari data yang terkecil sehingga data yang sangat besar harus bisa dijelaskan dan dimengerti bahkan harus bersifat transparan.

Sebelumnya Anda bisa melakukan analisa terlebih dahulu sebelum membuat RAB. Anda juga bisa melakukan survei terutama mengenai harga atau nominal dari kebutuhan yang akan dicantumkan dalam RAB tersebut.

Contoh rencana anggaran biaya bisa dijadikan sebagai acuan untuk memberikan gambaran dalam penyusunan anggaran biaya. Hasilnya setiap tujuan bisa dicapai dengan sangat baik tanpa menimbulkan masalah dengan biaya.

Membuat rencana anggaran dapat dilakukan dengan praktis dengan aplikasi anggaran dan fitur aplikasi keuangan dari Mekari Jurnal. Yuk coba gratis sekarang!

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo