Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

6 Cara Sukses Berjualan di Market Place Bagi Pemula

Tayang 09 Oct 2017
Diperbarui 10 Oktober 2023

Ketika dunia digital sudah semakin maju dan setiap orang memiliki akses yang mudah terhadap Internet, maka berjualan secara online adalah sebuah pilihan menarik. Kenapa berjualan? Kenapa secara online?

Pertama, berjualan adalah hal paling sederhana dari pengertian ‘bekerja’ yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Dari desa sampai kota, laki-laki maupun perempuan, semua bisa berjualan. Lantas kenapa memilih jalur online?

Jalur online dipilih untuk memudahkan sebuah pemasaran tanpa terkendala kepemilikian tempat bisnis maupun sempitnya peluang sukses. Karena melalui jalur online, kita akan memiliki ruang pemasaran tanpa batas.

Selain itu, saat ini, masyarakat sudah lebih menggemari hal- hal yang lebih praktis, seperti konsep “berbelanja tanpa harus keluar rumah.” Lalu, setelah memilih untuk melakukan penjualan secara online, media pemasaran apa yang harus kita pilih?

Marketplace adalah salah satu media pemasaran yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis online. Marketplace secara langsung bisa menjadi penengah untuk segala transaksi antara penjual dan pembeli. Anda akan memiliki jaminan keamanan bertransaksi dan melakukan pembayaran.

Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, Elevenia, Blanja, dan JD.id adalah beberapa marketplace yang bisa Anda pilih sebagai media pemasaran sekaligus berjualan. Karena banyaknya keuntungan dan peminat untuk berjualan online, maka di bawah ini kita akan membahas beberapa cara sukses berjualan di marketplace bagi pemula.

Marketplace adalah salah satu media pemasaran yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis online

Siapkan Produk Berkualitas & Memiliki Daya Saing

Berjualan tidak akan terlepas dari produk sebagai hal utamanya. Memiliki produk yang berkualitas, unik atau khas dari daerah di sekitar Anda adalah sebuah keuntungan.

Dengan produk khas daerah atau unik, biasanya keberadaannya mudah di jumpai di sekitar Anda dan memiliki harga yang lebih bersaing karena banyaknya produsen yang memproduksi barang tersebut. Ingat, untuk selalu menjual barang-barang yang berkualitas, agar konsumen tidak kecewa dan memiliki keinginan untuk melakukan pemesanan kembali.

Sediakan Definisi Produk & Gambar yang Baik

Membeli secara online, berarti seorang konsumen tidak melihat secara langsung barang yang akan dibelinya. Biasanya, gambaran produk hanya diperoleh dari definisi barang dan foto yang dicantumkan pada iklan. Agar konsumen mendapatkan barang sesuai dengan ekspektasi mereka, maka ada baiknya Anda memberi deskripsi barang dengan baik dan lengkap serta mencantumkan foto asli dari barang tersebut.

Mulai Mendownload Aplikasi

Anda bisa mendownload aplikasi marketplace pada ponsel, setelah itu lakukan proses pendaftaran dengan mamasukkan profil Anda, nomor handphone, e-mail, Pin BBM ataupun social media lain yang Anda miliki. Dengan memiliki aplikasi marketplace secara langsung, Anda dapat lebih mudah menjalankan usaha Anda di mana pun dan kapan pun.

Tambahkan Foto Produk

Tambahkan foto produk yang akan Anda jual melalui marketplace. Buat foto semenarik mungkin dan gunakan foto asli. Dengan foto asli, konsumen akan lebih percaya dan tertarik untuk melakukan pembelian.

Setelah foto produk Anda sudah di-upload, jangan lupa untuk mengisi keterangan dan deskripsi produk. Tentukan berat barang, harga, dan kriteria barang sesuai peraturan pada marketplace yang Anda pilih.

Tambahkan Rekening Pembayaran

Setelah produk dan tampilan toko sudah siap, masukkan nomor rekening pribadi pada marketplace yang telah Anda pilih. Ketika Anda memutuskan untuk berjualan di marketplace, Anda tidak bisa langsung menerima pembayaran dari calon pembeli, tetapi pembayaran akan tersimpan di saldo marketplace, dan bisa Anda tarik setelah pembeli menerima barang yang ia pesan.

Namun, pembayaran yang Anda tarik akan ditransfer marketplace sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, misalnya setiap hari Kamis atau Jumat.

Kesimpulan

Bagi para calon pengusaha, cara berjualan online di atas sangat mudah untuk dilakukan bukan? Namun jangan lupa, jika Anda mulai memasuki dunia bisnis, maka Anda harus mengelola keuangan dengan baik.

Salah satu cara mengelola keuangan dengan baik adalah dengan memiliki sistem akuntansi yang baik. Saat ini, Anda bisa memiliki banyak kemudahan dengan tersedianya sistem akuntansi online. Dengan mengelola keuangan dan pencatatan dengan baik menggunakan aplikasi penjualan barang, maka pencatatan penjualan barang Anda akan lebih tertata.

Jurnal sebagai program  software akuntansi online yang akan banyak membantu bisnis Anda dari mulai pengecekan stok, pencatatan transaksi, pembuatan faktur, atau tagihan, pengelolaan aset bisnis, hingga membuat laporan keuangan secara instan, salah satunya dengan software akuntansi toko online.

Dengan program inventory barang dari Jurnal, keamanan laporan bisnis Anda akan terjamin, tanpa takut kehilangan data serta bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal