Setiap bisnis memiliki kebutuhan alat yang berbeda. Jika Anda memiliki bisnis restoran, mungkin Anda akan berkata bahwa kompor adalah alat bisnis yang utama. Jika Anda bekerja di bidang konstruksi, mungkin Anda akan berkata bahwa gergaji adalah alat bisnis yang utama. Setiap bisnis membutuhkan alat atau instrumen yang berbeda, tapi jika berbicara tentang manajemen dari bisnis apapun, Anda akan menemukan alat yang sama.

 

Alat untuk manajemen bisnis ini dapat membantu mengelola informasi dari pelanggan, mengirim tagihan, menyatukan pegawai untuk berkomunikasi, bahkan sebagai media promosi. Ingin tahu apa saja alat penting yang bisa digunakan untuk mendapatkan manajemen bisnis yang baik?
 

Costumer Relationship Management (CRM)

Program CRM dapat membantu Anda melacak hampir semua detail bisnis yang terjadi antara Anda dan klien, mulai dari alamat penagihan hingga hari pengiriman. Sistem CRM pertama kali dikembangkan untuk bisnis besar dengan tim penjualan besar, namun sekarang sistem ini berada dalam jangkauan usaha kecil. CRM dapat membantu Anda mengelola kontak dan catatan yang ada pada bisnis. CRM juga membolehkan Anda untuk memasukkan informasi kontak pada sekelompok prospek yang luas dan kemudian mengelola proses kualifikasi mereka sebagai kandidat yang baik untuk produk atau layanan Anda, memberikannya kepada tenaga penjualan, membuat proposal yang disesuaikan dan akhirnya menutup penjualan.

 

Menggunakan Cloud System

Semakin berkembangnya bisnis, semakin banyak pula hal penting yang harus disimpan. Jika dahulu kita hanya mengandalkan komputer untuk menyimpan semua data penting. Kini banyak perusahaan yang mengandalkan cloud system untuk mempermudah manajemen bisnis perusahaannya. Dengan menggunakan cloud ini Anda tidak perlu khawatir kehilangan data penting meskipun berganti laptop atau komputer, selama Anda masih memiliki akses untuk masuk kedalamnya. Cloud yang selalu terhubung dengan Internet juga memungkinkan Anda untuk mengakses data penting dari mana saja secara realtime dari beberapa alat elektronik yang berbeda tanpa harus repot memindahkan data.

 

Faktur Elektronik (e-Factur)

Tagihan harus dikirim secepat mungkin dan diterima tepat waktu agar keuangan bisnis tetap stabil. Pernahkah terbayang jika Anda masih menggunakan faktur kertas yang mengharuskan untuk membawanya ke mana pun Anda pergi dan harus mengirimkannya secara manual? Hal ini jelas akan berdampak negatif bagi keuangan dan hilangnya waktu Anda sebagai pengusaha. Dengan menggunakan faktur elektronik, Anda dapat menghemat waktu dalam mengirimkan tagihan dan menerima pembayaran. Karena dengan e-Factur, Anda dapat mengirimkannya secara langsung dari mana saja, bahkan ketika Anda ada di rumah.

 

Manajemen Media Sosial

Tidak bisa dipungkiri lagi, saat ini kebutuhan setiap orang terhadap media sosial sangatlah tinggi. Media sosial telah menjadi tempat berbagi segala hal, dari informasi terkini hingga sarana promosi. Banyak pengusaha yang menyadari hal ini dan menjadikannya sebagai alat manajemen bisnis yang sangat potensial. Biasanya, semakin banyak bisnis yang dimiliki, semakin banyak juga media sosial yang digunakan.

 

Dengan ke 4 alat manajemen bisnis di atas, Anda bisa menentukan, alat mana saja yang paling diperlukan dan harus segera dimiliki untuk mengembangkan bisnis. Bukan hanya alat manajemen, Anda juga perlu memikirkan untuk membuat laporan keuangan. Laporan keuangan tidak hanya dapat membantu Anda dalam melihat kondisi keuangan, tapi juga dapat menjadi acuan untuk mengembangkan bisnis.

 

Jurnal adalah software akuntansi online berbasis cloud yang dapat membantu Anda mengelola laporan keuangan perusahaan secara instan. Dengan Jurnal, Anda juga dapat membuat dan mengirimkan invoice di mana saja dan kapan saja. Untuk info lebih lengkap mengenai produk Jurnal, Anda bisa mengunjungi website kami di sini.

Author