Strategi Bisnis, Kunci Sukses Para Pebisnis

Strategi merupakan sebuah kunci dari pencapaian keunggulan bersaing dan keberhasilan sebuah bisnis. Tidak jarang sebuah perusahaan meminta bantuan para konsultan top dengan biaya yang besar untuk merumuskan suatu strategi. Memiliki strategi bisnis untuk usaha yang hendak dijalankan memang sangat penting. Namun, strategi bisnis bukan merupakan satu-satunya penentu keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan strategik yang telah diterapkan.

Strategi yang secara konseptual sudah baik, tetapi jika implementasinya buruk, maka hasilnya adalah kegagalan. Banyak perusahaan yang terpuruk karena menerapkan strategi secata tidak tepat. Oleh karena itu, penting bagi Anda sebagai pebisnis atau pengusaha untuk mempertimbangkan pemilihan strategi secara matang dan seksama. Pebisnis yang menginvestasikan waktu dan tenaganya untuk menyusun rencana bisnis dengan cerdas, terbilang lebih siap menghadapi resiko dalam persaingan bisnis.

Walaupun rencana bisnis tersebut tidak dapat menjamin 100% kesuksesan, tetapi cara tersebut mampu menciptakan peluang kesuksesan. Ketahui lebih banyak tentang strategi dalam berbisnis dan bagaimana tips cerdas untuk menyusunnya.

Baca juga: Pentingnya Mengelola Inventaris untuk Kelangsungan Bisnis

 

Strategi Bisnis yang Umum Digunakan

Berikut ini ada beberapa strategi bisnis yang umum digunakan atau diterapkan.

  1. Diversifikasi Bisnis, yang tergolong beresiko tinggi. Dengan melakukan diversifikasi bisnis, berarti Anda harus membangun sebuah produk baru untuk dilempar ke pasar. Jika tidak dibarengi dengan kesiapan yang baik, melakukan diversifikasi dapat menggoyahkan bisnis sebelumnya.
  2. Strategi menyerang, biasanya dijalankan untuk memperbesar tingkat penguasaan pasar. Pada strategi ini biasanya promo besar-besaran dengan segala macam taktiknya dijalankan. Misalnya menghadirkan program yang menarik bagi konsumen.
  3. Mengembangkan pasar, merupakan strategi yang relatif lebih kalem. Karena dengan produk yang selama ini ada, para pebisnis akan berupaya untuk mengeksplorasi pasar yang selama ini dijalankan agar dapat lebih maksimal. Strategi ini memerlukan kejelian dalam melihat pasar.
  4. Mengembangkan produk, adalah strategi yang berkebalikan dengan strategi bisnis mengembangkan pasar. Strategi ini melempar sebuah produk baru pada pasar yang selama ini dijalankan. Kelebihan strategi bisnis jenis ini adalah karena pasarnya telah dikenali, sedangkan tantangannya adalah bagaimana membuat produk baru tersebut dapat diterima oleh pasar.

 

Mengoptimalkan SDM untuk Mewujudkan Strategi

Sumber daya manusia (SDM) dianggap sebagai suatu alat yang paling utama dalam mewujudkan strategi bisnis. Jika SDM yang ada tidak bisa melakukan strategi yang sudah dikonsep, maka tentu saja sebuah perusahaan tidak dapat mencapai tujuan. SDM yang dapat mewujudkan perencanaan bisnis adalah seperti berikut ini:

  1. SDM yang memahami bahwa keputusan manajemen adalah keputusan bersama.
  2. Memahami visi dan misi perusahaan dengan baik dan paham untuk mewujudkannya.
  3. Mampu menguasai area kerja dan tuntutan kompetensi area kerja.
  4. Dapat mengevaluasi kelemahan dan kelebihan secara periodik baik indikator perorangan dan teamwork
  5. Mampu meningkatkan skill dan kompetensi diri sesuai dengan tuntutan persaingan dari pasar, seiring dengan perubahan tuntutan para pelanggan.
  6. SDM yang unggul merupakan media bisnis secara internal, termasuk juga merupakan media promosi yang persuasif. Namun memperlakukan SDM tidak harus secara nyata memilah-milah klasifikasi grade-nya di depan umum. Cukup pada level yang strategis, karena unsur SDM yang unggul pasti paham bahwa sesama staf merupakan pesaing yang kolaboratif.

 

Tips Menyusun Rencana Strategi

Rencana bisnis diibaratkan sebuah konsep pengembangan tertulis yang berisi rincian dari gambaran perencanaan keuangan, pengelolaan, pengembangan, target pencapaian hingga strategi pemasaran. Rencana bisnis biasanya menguraikan arah, tujuan dan strategi perusahaan untuk jangka pendek, menengah dan panjang.

Berikut ini adalah tips cerdas menyusun strategi bisnis yang perlu Anda pahami:

  1. Susunlah Visi, Misi dan Rencana Strategis tentang perusahaan dengan jelas dan lengkap. Deskripsikan posisi perusahaan saat ini dan yang akan datang, target pasar, keunggulan bersaing, lokasi usaha, manajemen inti, bentuk usaha, serta konsep manajemen yang dijalankan.
  2. Buatlah catatan analisa kompetitor bisnis Anda, amati dan tulislah apa saja kekuatan dan kelemahan bisnis mereka. Kemudian lakukan analisa apa saja hal yang dapat Anda pelajari dan terapkan untuk bisnis Anda.
  3. Membuat strategi pemasaran yang tepat sasaran. Meliputi penjelasan pangsa pasar yang dipilih, cara pemasaran dan promosi yang dibuat sesuai dengan target pasar, hingga rencana anggaran untuk penjualan, harga, distribusi, dan biaya-biaya lainnya.
  4. Buatlah laporan keuangan yang mampu menjelaskan laporan arus kas keuangan tahun ini, ekspektasi laba, kebutuhan modal, biaya operasional, biaya tambahan, dana cadangan. Agar mempermudah Anda melakukannya, manfaatkan software akuntansi seperti Jurnal.
  5. Analisa risiko yang mungkin akan dihadapi di masa depan. Serta antisipasi yang dilakukan untuk menghadapi risiko tersebut terkait dengan kepuasan pelanggan dan perusahaan.

Baca juga: Peluang Besar Bisnis Minimarket yang Perlu Dicoba

 

Untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup suatu bisnis atau perusahaan dan dapat memenangkan persaingan, diperlukan keunggulan kompetitif atau competitive advantage dari perusahaan yang bersaing dalam bisnis yang digeluti. Keunggulan kompetitif akan dapat dicapai jika perusahaan membuat suatu langkah awal dengan membuat suatu perencanaan dan strategi bisnis yang baik. Dengan perencanaan yang matang, maka diharapkan dapat mengantisipasi kegiatan di masa datang dan mengurangi resiko yang mungkin terjadi.

Agar Anda fokus pada pengembangan bisnis, percayakan pengelolaan keuangan bisnis Anda kepada software akuntansi online Jurnal. Daftar sekarang dan dapatkan informasi selengkapnya mengenai fitur-fitur Jurnal di sini!

 

[adrotate banner=”15″]

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo