Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

10 Strategi Pemberian Diskon Paling Menarik!

Tayang 10 May 2018
Diperbarui 10 Oktober 2023

Seperti yang kita ketahui bahwa diskon adalah salah satu hal yang paling disukai, terutama bagi mereka yang hobi berbelanja. Beragam promo diskon yang diberikan oleh pihak mall, supermarket, restoran, dan toko modern yang membuatnya selalu ramai dikunjungi oleh konsumen yang ingin mendapatkan harga yang lebih murah.

Walaupun sebenarnya harganya sudah di markup, tetapi kebanyakan orang masih tertarik dengan label diskon.

Diskon atau potongan harga merupakan salah satu strategi pemasaran produk dalam bisnis yang terbukti masih efektif hingga saat ini.

Banyak pelaku bisnis mulai dari level kecil hingga besar yang menggunakan strategi ini.

Konsumen sebenarnya tidak terlalu membutuhkan barang tersebut, tetapi kenyataannya karena ada label diskon membuat konsumen tersebut menjadi lupa diri.

Memang, dengan strategi memberikan diskon bisa membuat konsumen bertindak lebih konsumtif.

Meski demikian, penerapan diskon perlu melakukan strategi yang benar dan tepat agar omzet penjualan bisa meningkat sehingga keuntungan yang didapatkan bisa bertambah banyak.

Lalu bagaimana melakukan strategi pemasaran dengan diskon yang paling baik?

Waktu Diskon

Strategi yang pertama yaitu memberikan diskon pada waktu-waktu tertentu. Contohnya memberikan diskon belanja di tengah malam, atau memberi diskon dengan batasan waktu tertentu.

Dengan memberikan batasan waktu seperti tersebut pastinya akan lebih menarik minat konsumen untuk datang berbelanja. Seperti “Diskon 75% untuk pembelian di atas jam 22.00”.

Diskon Awal Bulan

Awal bulan adalah waktu di mana kebanyakan pekerja mendapatkan gaji. Jadi, memberikan diskon di setiap awal bulan akan lebih efektif, karena pasti uang dari gaji masih belum banyak terpakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Contohnya ”Diskon 20% all item untuk setiap tanggal 1-5

Diskon Untuk Ulang Tahun

Sudah banyak yang menerapkan diskon untuk yang sedang merayakan ulang tahun. Diskon ini banyak ditemui di cafe, restoran, klinik kecantikan.

Biasanya syarat yang diajukan hanya menunjukkan KTP untuk mengecek kebenaran apakah sama atau tidak. Contohnya “Diskon 50% bagi yang berulang tahun di bulan Mei”.

Diskon Sesuai Nama

Beberapa bisnis tempat makan sudah menggunakan strategi diskon berdasarkan nama seperti ini. Biasanya nama-nama yang dipilih adalah nama yang familiar sehingga banyak orang yang termasuk mendapatkan diskon.

Contohnya “Bagi pengunjung yang bernama Agus, Adi, Dwi, Eko, Putri, Ayu, Eka hari ini mendapatkan diskon 1 paket makan dan minum”.

Dengan menggunakan strategi ini akan lebih menarik calon konsumen, terutama bagi mereka yang namanya termasuk di dalam promo diskon.

Strategi Diskon Beli Satu Gratis Satu

Strategi diskon beli satu gratis satu ini paling sering dijumpai di mall atau supermarket.

Memang biasanya harganya sudah dinaikkan terlebih dahulu sebelum di diskon, tetapi bagi yang kurang tahu soal harga pastinya ini sangat menarik.

Contohnya “Beli celana panjang satu gratis satu untuk pembelian di atas Rp 400.000”.

Pada strategi diskon ini, Anda harus cermat dalam mengelola persediaan produk.

Biasanya penggunaan software inventory yang baik akan dapat mempermudah proses perhitungan persediaan produk dan hasilnya akan lebih akurat dan real time.

Post and Discount

Memberikan diskon 25% bagi yang melakukan post produk yang akan mereka beli melalui social media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya disertai dengan kata-kata yang menarik tentang produk yang dibeli dan menandai minimal 5 teman pada akun sosial media yang dimiliki.

Cara ini terbukti ampuh menarik konsumen terutama anak-anak muda, selain itu dengan post di sosial media dan menandai teman ini juga bisa menjadikan promosi gratis dari bisnis kita, jika sehari saja ada 100 orang yang beli berarti secara tidak langsung ada 500 orang yang mengetahui produk kita.

Strategi Diskon Pengguna Kartu Kredit

Strategi dengan memberikan diskon bagi pengguna kartu kredit ini sudah banyak digunakan saat ini, karena masyarakat saat ini sudah banyak yang menggunakan kartu kredit.

Memang bagi pengguna kartu kredit akan dimanjakan oleh promo-promo menarik setiap waktu. Apalagi biasanya banyak di temui di mall, restoran dan toko online.

Contohnya ’’Diskon 20% bagi pengguna kartu kredit BCA dan Mandiri dengan minimal pembelian Rp 500.000”.

Diskon Cashback

Cashback adalah memberikan potongan harga dengan bentuk uang kembalian, bukan lagi potongan harga seperti pada diskon.

Dengan melakukan pemberian cashback kepada setiap pembeli yang datang ini juga tidak kalah menarik dengan diskon, apalagi cashback langsung diberikan adalah uang tunai.

Contohnya “Dapatkan cashback Rp500.000 untuk setiap pembelian sepeda motor Honda Vario 150cc”.

Grup Diskon

Grup diskon adalah memberikan diskon kepada orang yang datangnya lebih dari satu orang. Contohnya “Ajak 5 orang temanmu dan dapatkan diskon 20% untuk setiap pembelian makanan dan minuman”.

Cara ini dinilai cukup efektif untuk menarik minat konsumen datang, apalagi bagi mereka yang ingin makan bareng teman dengan biaya yang lebih murah.

Strategi ini juga bisa membuat omzet bisnis menjadi meningkat, biasanya yang datang hanya sendiri sekarang menjadi bergerombol.

Strategi Diskon Member

Bagi yang memiliki kartu member biasanya akan diperlakukan lebih istimewa daripada konsumen biasa seperti dengan pemberian diskon, poin, undian di setiap pembelian.

Strategi member ini tujuannya adalah mempertahankan konsumen bisnis yang dimiliki agar tidak berpindah tempat, alasan inilah yang menjadikan member diperlakukan secara khusus.

Untuk menjadi membership biasanya syaratnya tidak sulit, hanya perlu menyiapkan kartu identitas diri dan uang administrasi saja.

Jadi, strategi diskon mana yang akan Anda terapkan pada bisnis Anda? Jika sudah mendapatkan strateginya jangan lupa untuk memperhitungkan keuntungan yang akan didapatkan, jangan sampai salah perhitungan yang mengakibatkan bisnis Anda mengalami kerugian.

Anda dapat melakukan penghitungan keuntungan dengan mudah dengan bantuan program akuntansi. Jurnal by Mekari adalah program akuntansi online yang membantu administrasi keuangan dan penjurnalan bisnis Anda menjadi lebih mudah, simpel, aman.

Manfaatkan aplikasi sistem informasi akuntansi dan aplikasi gudang dari Jurnal untuk mempermudah pekerjaan Anda. Jurnal juga menyediakan seluruh laporan keuangan lengkap dengan data yang dapat diakses secara realtime kapan dan di mana saja.

Ayo terapkan strategi diskon untuk bisnis Anda! jangan lupa gunakan Jurnal dan rasakan manfaat program akuntansi dalam mengejar keuntungan usaha Anda, nikmati free trial selama 14 hari sekarang!.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal