Tingkatkan Profit Bisnis dengan Memanfaatkan Aplikasi Penjualan

Setiap pelaku bisnis tentunya ingin agar bisnisnya terus berkembang dan menghasilkan. Profitabilitas adalah hal utama yang selalu menjadi prioritas dalam berbisnis. Bisnis dalam skala apapun akan mencari cara dan memanfaatkan peluang sebaik mungkin agar pendapatannya meningkat. Bisa dibilang, peningkatan profit adalah indikator terbaik untuk mengukur keberhasilan sebuah usaha.

Ketika sebuah bisnis baru dirintis, omzet penjualan dan ragam produk biasanya belum terlalu banyak sehingga pembukuan dan analisa penjualan tidak akan menjadi masalah yang berarti. Hal ini tentu berbeda saat sebuah bisnis telah berkembang dan melakukan ekspansi baik dalam segi skala bisnis dan varian produknya.

Untuk menopang perkembangannya, bisnis memerlukan berbagai peningkatan, dan salah satunya adalah dengan mengadopsi software atau aplikasi penjualan. Di era teknologi ini, ada berbagai aplikasi untuk menunjang penjualan yang bisa diadopsi oleh bisnis. Pengaplikasian aplikasi penjualan akan memberikan efisiensi dalam segala segi. Kira-kira, apa sajakah manfaat dari pengadopsian aplikasi ini?

 

Mempermudah Laporan Keuangan

Setiap bisnis tentu membutuhkan laporan keuangan di setiap akhir periode untuk menampilkan posisi keuangan mereka. Dengan melihat laporan keuangan, bisnis akan mendapatkan informasi lengkap mengenai cash flow, debit, dan kredit bisnis. Ada tiga faktor yang menunjang laporan keuangan, yaitu aset, liabilitas, serta ekuitas. Ketiga faktor ini mampu ditopang oleh aplikasi penjualan. Aplikasi yang diterapkan dalam bisnis akan mengolah seluruh transaksi yang terjadi dalam periode penjualan, dan menghasilkan neraca keuangan dengan sangat cepat, bahkan real time.

 

Menentukan Keputusan Bisnis

Hasil analisa dari aplikasi tidak hanya cepat, tapi juga dapat diandalkan. Grafik penjualan produk yang ditampilkan dalam neraca keuangan dari software penjualan dapat dijadikan acuan saat pelaku bisnis meninjau perkembangan bisnisnya. Pengambilan keputusan bisnis juga menjadi lebih mudah karena data yang ditampilkan sudah teruji keakuratan-nya. Manfaat ini sangat berguna, terutama untuk bisnis dalam skala menengah yang membutuhkan keputusan yang akurat dalam waktu cepat.

Baca juga: Kelola transaksi Penjualan Lebih Mudah dengan Aplikasi Jurnal Touch

 

Data untuk Stok Barang

Barang-barang yang dijual merupakan aset yang wajib dikelola dengan apik, baik dalam segi kuantitas maupun kualitasnya. Pendataan barang secara manual mungkin tidak begitu merepotkan untuk bisnis dalam skala kecil, namun bagi pelaku bisnis UKM atau bisnis raksasa, pendataan barang secara manual mustahil dilakukan. Aplikasi penjualan merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Dengan memanfaatkan fitur dalam aplikasi, maka akumulasi stok barang yang masuk maupun keluar dari gudang akan tercatat secara rapi. Menggunakan fitur aplikasi untuk penjualan juga akan mempermudah proses procurement karena Anda dapat melihat stok barang yang tersisa. Bahkan, beberapa aplikasi juga mampu membandingkan persediaan barang setiap bulannya.

Dengan aplikasi tersebut, kondisi persediaan barang yang disimpan juga dapat diperiksa dengan cepat, karena aplikasi memungkinkan pencatatan tanggal kadaluwarsa atau tanggal maintenance dari sebuah barang. Hal tersebut akan mempermudah Anda untuk mengambil keputusan dalam pengadaan, maupun melakukan promosi potongan harga untuk menghabiskan stok yang sudah lama disimpan.

Baca juga: Seberapa Perlukah Menggunakan Aplikasi Keuangan Perusahaan?

 

Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut merupakan hal yang sangat berguna untuk menopang bisnis. Semakin dini pengadopsian aplikasi penjualan, akan semakin cepat juga bisnis Anda berkembang. Jadi, tunggu apa lagi?

Pilihlah aplikasi yang telah dipercaya oleh banyak pelaku bisnis di Indonesia seperti Jurnal. Kualitas dan fitur aplikasi Jurnal mampu mendorong kemajuan penjualan bisnis dalam berbagai skala. Segera daftar dan nikmati free trial selama 14 hari di sini.

 


PUBLISHED27 Oct 2019
Dio
Dio

SHARE THIS ARTICLE: