6 Strategi Pemasaran Tepat Sasaran Yang Harus Dicoba

Bagi pemilik bisnis, Anda pasti mengharapkan keuntungan besar. Namun, untuk mencapai hal itu tidak mudah, dan membutuhkan waktu yang tidak instan. Banyak usaha yang perlu dilakukan agar mendapat keuntungan yang semakin besar setiap harinya. Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebagai pelaku bisnis yaitu merancang strategi pemasaran produk yang tepat audience.

Dengan membuat strategi pemasaran produk, Anda dapat meningkatkan penjualan suatu produk. Karena, produk tidak akan dikenal banyak orang dan dibeli oleh banyak orang apabila dalam pemasarannya kurang maksimal. Maka dari itu, Anda harus mempelajari bagaimana membuat strategi pemasaran produk yang benar agar tepat sasaran sesuai target bisnis Anda.

Pengertian Strategi Pemasaran Produk

Strategi pemasaran produk adalah usaha dalam memasarkan sebuah produk, barang, atau jasa dengan cara tertentu sehingga penjualan akan meningkat. Strategi pemasaran dapat diartikan sebagai serangkaian upaya yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mencapai target tertentu. 

Tujuan Strategi Pemasaran

Tujuan utama strategi pemasaran produk, yaitu:

  • Untuk meningkatkan kualitas koordinasi dalam tim marketing. Strategi pemasaran dilakukan bertujuan agar setiap anggota tim dapat bekerja sama dengan baik, efektif dan efisien
  • Sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang sudah ditentukan. Jika tidak ada pembukuan yang jelas maka perusahaan tidak dapat mengukur nilai penjualan
  • Untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi bila terjadi perubahan dalam pemasaran. Karena dunia pasar sangat dinamis, maka perlu dibentuk strategi pemasaran yang tepat dengan integrasi terhadap divisi perusahaan lain
  • Sebagai dasar yang masuk akal untuk pengambilan keputusan. Adanya data hasil penjualan, maka perusahaan dapat menetapkan strategi pemasaran selanjutnya yang akan dilakukan

Konsep Strategi Pemasaran

Terdapat konsep khusus dalam strategi pemasaran produk atau jasa, agar saat melaksanakannya lebih terarah. Berikut konsep khusus strategi pemasaran.

a. Segmentasi Pasar

Anda perlu melakukan klasifikasi market terlebih dahulu, karena setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda. Klasifikasi yang bersifat heterogen menjadi satuan pasar yang bersifat homogen.

b. Positioning Market

Tentukan pola yang spesifik agar Anda mendapatkan konsumen yang sesuai dengan bisnis Anda. Pola ini dibuat agar mendapatkan posisi kuat dalam market yaitu segmen yang bisa menguntungkan bisnis. Hal ini dilakukan karena tidak ada perusahaan yang dapat menguasai kebutuhan pasar.

c. Market Entry Strategy

Strategi ini dapat dilakukan jika perusahaan Anda ingin memasuki pada segmen pasar tertentu. Hal-hal yang bisa Anda lakukan yaitu

  • Membeli perusahaan lain
  • Internal Development
  • Kerjasama dengan perusahaan lain

d. Marketing Mix Strategy

Strategi marketing mix yaitu kumpulan dari banyak variabel yang digunakan perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen. Berikut variabel yang terdapat pada marketing mix.

  • Product
  • Price
  • Place
  • Promotion
  • Participant
  • Process
  • People Physical Evidence

e. Timing Strategy

Dengan pemilihan waktu yang tepat, Anda dapat melakukan beberapa persiapan di bidang produksi. Selain itu, Anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasar.

Strategi Pemasaran Produk

Terdapat beberapa strategi pemasaran produk yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan.

  • Kenali Konsumen Anda

Istilah konsumen adalah raja adalah sebuah kebenaran. Karena raja sangat senang dilayani dan dibuat bahagia atas apa yang ia dapatkan dan alami. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengenali target market Anda (konsumen) sehingga Anda mengetahui apa keinginan konsumen Anda. Untuk hal ini, Anda perlu melihat tingkah laku, kebiasaan konsumen Anda. Dengan begitu, Anda akan tahu bagaimana melayani mereka dan menghasilkan pelayanan yang nyaman satu sama lain. Anda perlu membaca profil para konsumen Anda dengan tepat, dengan begitu kemungkinan besar konsumen Anda pun akan loyal dengan Anda.

  • Pilih Lokasi Strategis

Memilih lokasi yang tepat dan strategis adalah hal penting dalam strategi pemasaran. Seperti, toko roti Holland Bakery yang lebih memilih membuka toko di pinggir jalan keramaian, dibandingkan di dalam mall. Hal tersebut merupakan strategi pemasaran Holland Bakery dalam membidik pelanggan potensialnya. Dengan adanya hal tersebut, Anda perlu mempertimbangkan lokasi yang tepat untuk mendapatkan pelanggan yang sesuai dengan target penjualan.

Dengan menggunakan internet marketing Anda dapat menampilkan produk atau jasa Anda melalui situs media sosial. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apa selera konsumen dan apa yang mereka inginkan. Apalagi meningkatnya penggunaan teknologi saat ini, semakin hari aktivitas jual beli melalui online semakin banyak dilakukan orang. Hal ini dikarenakan banyak orang yang nyaman untuk berbelanja di ruang private dan tidak dalam keramaian market.

Jika Anda memaksimalkan penggunaan fasilitas internet, tentu hal ini akan mempermudah mengembangkan strategi pemasaran. Bukan hanya media sosial, Anda dapat memanfaatkan website, blog, dan lainnya untuk menampilkan foto produk dengan tampilan yang menarik. Selain itu, Anda dapat berinteraksi dengan konsumen secara langsung dengan nyaman tanpa adanya batas ruang dan waktu.

  • Melakukan Promosi

Untuk mengenalkan produk ke masyarakat luas, Anda bisa berpartisipasi dalam event pameran yang sesuai dengan jenis bisnis Anda. Promosi ini dilakukan untuk meningkatkan eksistensi perusahaan Anda dipercaya oleh konsumen.

Agar konsumen tidak merasa bosan Anda bisa melakukan promosi secara rutin dengan cara-cara yang menarik. Contohnya; Memasang iklan, leaflet atau pamphlet, brosur, dan lainnya. Yang mana pada selebaran tersebut berisi informasi yang menarik seputar produk Anda.

Selain itu, dengan melakukan metode word of mouth (promosi mulut ke mulut) hal ini dapat menyebar ke banyak konsumen. Maka, pastikan Anda memberikan pelayanan terbaik, dan konsumen puas. Dengan hal tersebut, konsumen dapat menceritakan citra baik pada bisnis atau produk Anda. Walaupun bisnis Anda masih kecil,dengan adanya promosi mulut ke mulut tentu konsumen akan mengetahui wujud bisnis Anda sesungguhnya.

  • Menjalin Hubungan dengan Konsumen

Kini bukan hanya konsumen yang berhubungan antar penjual dan pembeli, tetapi pembeli dan pembeli juga saling berhubungan. Konsumen saat ini bisa mengungkapkan kekecewaannya melalui media sosial, blog, atau komunitasnya. Yang mana kekecewaan tersebut dengan mudahnya tersebar ke khalayak ramai, hal ini tentu akan membuat rugi perusahaan karena citra buruk.

  • Memberi Penghargaan untuk Testimoni Pelanggan

Produk akan lebih dapat dipercaya dan terlihat bagus apabila ada yang merekomendasikannya. Agar bisnis atau produk Anda mendapat rekomendasi atau testimoni dari konsumen yang telah memakai produk tersebut. Anda bisa memberi penghargaan yang menarik yang telah membuat testimoni. Insentif atau penghargaan tersebut tidak harus berupa uang, namun bisa berupa hadiah produk atau potongan harga. Secara tidak langsung, adanya penghargaan seperti ini perusahaan mendapatkan pelanggan yang loyal, dan juga calon pelanggan. Kini, testimoni produk menjadi strategi pemasaran yang digunakan oleh hampir semua produk.

Saat strategi pemasaran Anda sudah berjalan sesuai rencana yang ditentukan, dan menghasilkan keuntungan. Anda perlu mengelola keuangan dengan baik, agar transaksi bisnis Anda jelas. Dengan adanya laporan keuangan yang baik, maka bisnis akan berjalan baik pula. Jurnal adalah penyedia software akuntansi online yang dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis. Jurnal memudahkan Anda dalam melakukan penyimpanan dan pengecekan catatan keuangan bisnis yang bisa diakses kapanpun dan di manapun. Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur Jurnal lainnya, bisa Anda temukan di sini. Anda juga dapat mencoba Jurnal gratis selama 14 hari untuk pengalaman kelola keuangan usaha Anda dengan mudah.


PUBLISHED05 Feb 2020
Kartika
Kartika


Kategori : Bisnis