Perbedaan CRM dan ERP: Kegunaan, dan Pilihan Terbaik untuk Bisnis Anda Highlights Sistem CRM membantu tim pemasaran dan penjualan dalam menemukan prospek pelanggan yang tepat serta meningkatkan kepuasaan pelanggan melalui data yang terpusat ERP menjadi sistem yang menciptakan aliran data informasi yang mulus dan real-time ke seluruh fungsional bisnis untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi CRM dan ERP memiliki fokus berbeda, namun keduanya saling melengkapi untuk memperkuat sisi internal melalui efisiensi operasional Mekari Jurnal menjadi solusi tepat untuk membantu bisnis mengelola operasional secara efisien dan fleksibel, yang terintegrasi dengan ekosistem digital Mekari termasuk sistem CRM Kemampuan untuk mengelola pelanggan dan operasional bisnis menjadi kunci pertumbuhan yang terukur.Untuk mengukur dengan akurat, perusahaan mulai meninjau cara kerja mereka melalui adopsi sistem digital, dalam hal ini sistem ERP dan CRM.CRM (Customer Relationship Management) dan ERP (Enterprise Resource Planning) memiliki peran besar dalam membantu organisasi yang lebih terstruktur dan efisien.Namun, setiap sistem memiliki tujuan dan lingkup kerja yang berbeda dan untuk memahami peran keduanya, mari kita ulas lebih dalam di artikel Mekari Jurnal berikut ini. Apa Itu CRM?CRM merupakan sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan secara sistematis.Sistem akan membantu mengendalikan proses secara menyeluruh, mulai dari pengumpulan prospek, pengelolaan data pelanggan, memantau penjualan, serta menganalisa hasil pemasaran.Apa yang bisa dirasakan oleh tim sales dan pemasaran dari adanya sistem ini? Tim dapat menyimpan seluruh data pelanggan dalam satu tempat Riwayat komunikasi dan transaksi pelanggan akan mudah terlacak Mengatur pipeline penjualan berdasarkan tahapan prospek Memantau performa melalui dan peluang konversi melalui laporan penjualan Meningkatkan layanan aftersales dan kepuasan pelanggan Baca Juga: Sistem CRM Omnichannel dan Call Center Mekari QontakApa Itu ERP?ERP adalah sistem operasional bisnis yang mengatur dan menghubungkan seluruh fungsi, mulai dari akuntansi, keuangan, inventaris, pembelian, hingga produksi.Adapun tujuan utama dari sistem ERP adalah menciptakan aliran informasi yang konsisten, lancar, dan real-time antar departemen.Perbedaan CRM dan ERPKeduanya memiliki peran yang sama dalam internal perusahaan, yaitu membantu proses bisnis yang lebih efisien,Meskipun begitu, baik CRM dan ERP memiliki fokus yang cukup berbeda.Untuk lebih jelasnya, simak tabel perbandingan di bawah ini untuk melihat perbedaannya berdasarkan beberapa fokus utama. Aspek CRM ERP Fokus utama Hubungan pelanggan dan penjualan Operasional keseluruhan Pengguna utama Pemasaran, penjualan, dan customer service Keuangan, procurement, produksi, dan logistik Tujuan Meningkatkan pengalaman dan loyalitas pelanggan Meningkatkan efisiensi dan kontrol operasional Data utama Kontak pelanggan, aktivitas penjualan, interaksi Transaksi keuangan, stok, biaya, order, aset Dampak bisnis Peningkatan penjualan dan hubungan pelanggan Penghematan biaya dan transparansi data Pentingnya Integrasi CRM dan ERPBerdasarkan tabel di atas, bisa kita lihat perbedaan signifikan antara sistem CRM dan sistem ERP.Walaupun begitu, keduanya dapat berperan penting dalam menciptakan sistem yang saling terhubung antara sisi pelanggan dan sisi operasional perusahaan jika keduanya terintegrasi dengan baik.Hal ini dapat memberikan perusahaan konsistensi data pelanggan dan transaksi, analisis pendapatan dan profitabilitas per pelanggan, dan koordinasi antar departemen yang lebih baik.Di Indonesia, tren integrasi sistem CRM dan ERP terus meningkat. Berdasarkan survei IDC ASEAN (2024), lebih dari 60% perusahaan menengah Indonesia berencana mengintegrasikan CRM dan ERP dalam dua tahun mendatang.Hal ini menunjukkan semakin besarnya kesadaran akan pentingnya sistem bisnis terpusat yang saling terkoneksi.Baca Juga: Kepuasan Pelanggan: Cara Mengukur, Dan Indikator Yang DigunakanKapan Harus Memilih CRM atau ERP?Karena keduanya memiliki fokus dan pendekatan yang berbeda dalam mengelola bisnis, maka terdapat kondisi atau waktu terdekat yang tepat untuk mengfokuskan bisnis dalam salah satu sistem.Bagi bisnis atau perusahaan yang: Memiliki banyak prospek yang belum ditangani dengan baik Aktivitas penjualan yang tidak terdokumentasi dengan sistematis Strategi pemasaran yang membutuhkan data pelanggan yang akurat Maka, memilih sistem CRM dapat menjadi langkah strategis yang tepat.Namun, jika bisnis atau perusahaan Anda tengah menghadapi: Laporan keuangan yang sering tertunda dan kurang konsisten Perencanaan pengadaan dan stok yang sulit dilakukan Operasional perusahaan yang kompleks, mencakup banyak lokasi atau cabang Maka, Anda dapat berfokus untuk mengadopsi sistem ERP.Anda juga dapat langsung mengadopsi keduanya setelah bisnis telah berkembang dan membutuhkan integrasi penuh mulai dari proses penjualan hingga keuangan.Baca Juga: 15 Rekomendasi Aplikasi ERP Terbaik 2025 untuk Digunakan PerusahaanKesimpulanDengan memahami perbedaan antara CRM dan ERP, perusahaan dapat menentukan langkah prioritas digitalisasi yang tepat.CRM berperan dalam pengelolaan hubungan pelanggan dan penjualan, sedangkan ERP memastikan seluruh proses internal berjalan efisien, transparan, dan terukur.Perusahaan yang dapat mengintegrasikan kedua sistem ini dengan baik akan memiliki keunggulan kompetitif dari segi pengambilan keputusan strategis berbasis data serta proses yang otomatis.Untuk mencapai hal tersebut, Mekari Jurnal ERP hadir sebagai solusi ERP modular berbasis cloud yang dapat menyesuaikan kebutuhan bisnis di Indonesia.Sistem ini dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan, persediaan, produksi, dan pelaporan bisnis dengan tingkat akurasi yang tinggi dan dapat diakses dengan mudah, di mana saja dan kapan saja.Jika tertarik, Anda dapat menghubungi tim kami melalui tombol di bawah ini.Konsultasi Gratis dengan Mekari Jurnal Sekarang!Dapatkan penawaran menarik dan uji coba gratis selama 7 hari, secara langsung! Referensi:Workato, “CRM-ERP integration: why (and how) you should connect them”.Geeks for Geeks, “Differences between ERP and CRM”. Kategori : Business Management Artikel Sebelumnya Artikel Selanjutnya Dapatkan kurasi newsletter terkait pembukuan dan Akuntansi Subscribe Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal Facebook Instagram LinkedIn YouTube Dapatkan kurasi newsletter terkait pembukuan dan Akuntansi Subscribe Bagikan artikelWhatsAppLinkedinFacebook
Perbedaan CRM dan ERP: Kegunaan, dan Pilihan Terbaik untuk Bisnis Anda Highlights Sistem CRM membantu tim pemasaran dan penjualan dalam menemukan prospek pelanggan yang tepat serta meningkatkan kepuasaan pelanggan melalui data yang terpusat ERP menjadi sistem yang menciptakan aliran data informasi yang mulus dan real-time ke seluruh fungsional bisnis untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi CRM dan ERP memiliki fokus berbeda, namun keduanya saling melengkapi untuk memperkuat sisi internal melalui efisiensi operasional Mekari Jurnal menjadi solusi tepat untuk membantu bisnis mengelola operasional secara efisien dan fleksibel, yang terintegrasi dengan ekosistem digital Mekari termasuk sistem CRM Kemampuan untuk mengelola pelanggan dan operasional bisnis menjadi kunci pertumbuhan yang terukur.Untuk mengukur dengan akurat, perusahaan mulai meninjau cara kerja mereka melalui adopsi sistem digital, dalam hal ini sistem ERP dan CRM.CRM (Customer Relationship Management) dan ERP (Enterprise Resource Planning) memiliki peran besar dalam membantu organisasi yang lebih terstruktur dan efisien.Namun, setiap sistem memiliki tujuan dan lingkup kerja yang berbeda dan untuk memahami peran keduanya, mari kita ulas lebih dalam di artikel Mekari Jurnal berikut ini. Apa Itu CRM?CRM merupakan sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan secara sistematis.Sistem akan membantu mengendalikan proses secara menyeluruh, mulai dari pengumpulan prospek, pengelolaan data pelanggan, memantau penjualan, serta menganalisa hasil pemasaran.Apa yang bisa dirasakan oleh tim sales dan pemasaran dari adanya sistem ini? Tim dapat menyimpan seluruh data pelanggan dalam satu tempat Riwayat komunikasi dan transaksi pelanggan akan mudah terlacak Mengatur pipeline penjualan berdasarkan tahapan prospek Memantau performa melalui dan peluang konversi melalui laporan penjualan Meningkatkan layanan aftersales dan kepuasan pelanggan Baca Juga: Sistem CRM Omnichannel dan Call Center Mekari QontakApa Itu ERP?ERP adalah sistem operasional bisnis yang mengatur dan menghubungkan seluruh fungsi, mulai dari akuntansi, keuangan, inventaris, pembelian, hingga produksi.Adapun tujuan utama dari sistem ERP adalah menciptakan aliran informasi yang konsisten, lancar, dan real-time antar departemen.Perbedaan CRM dan ERPKeduanya memiliki peran yang sama dalam internal perusahaan, yaitu membantu proses bisnis yang lebih efisien,Meskipun begitu, baik CRM dan ERP memiliki fokus yang cukup berbeda.Untuk lebih jelasnya, simak tabel perbandingan di bawah ini untuk melihat perbedaannya berdasarkan beberapa fokus utama. Aspek CRM ERP Fokus utama Hubungan pelanggan dan penjualan Operasional keseluruhan Pengguna utama Pemasaran, penjualan, dan customer service Keuangan, procurement, produksi, dan logistik Tujuan Meningkatkan pengalaman dan loyalitas pelanggan Meningkatkan efisiensi dan kontrol operasional Data utama Kontak pelanggan, aktivitas penjualan, interaksi Transaksi keuangan, stok, biaya, order, aset Dampak bisnis Peningkatan penjualan dan hubungan pelanggan Penghematan biaya dan transparansi data Pentingnya Integrasi CRM dan ERPBerdasarkan tabel di atas, bisa kita lihat perbedaan signifikan antara sistem CRM dan sistem ERP.Walaupun begitu, keduanya dapat berperan penting dalam menciptakan sistem yang saling terhubung antara sisi pelanggan dan sisi operasional perusahaan jika keduanya terintegrasi dengan baik.Hal ini dapat memberikan perusahaan konsistensi data pelanggan dan transaksi, analisis pendapatan dan profitabilitas per pelanggan, dan koordinasi antar departemen yang lebih baik.Di Indonesia, tren integrasi sistem CRM dan ERP terus meningkat. Berdasarkan survei IDC ASEAN (2024), lebih dari 60% perusahaan menengah Indonesia berencana mengintegrasikan CRM dan ERP dalam dua tahun mendatang.Hal ini menunjukkan semakin besarnya kesadaran akan pentingnya sistem bisnis terpusat yang saling terkoneksi.Baca Juga: Kepuasan Pelanggan: Cara Mengukur, Dan Indikator Yang DigunakanKapan Harus Memilih CRM atau ERP?Karena keduanya memiliki fokus dan pendekatan yang berbeda dalam mengelola bisnis, maka terdapat kondisi atau waktu terdekat yang tepat untuk mengfokuskan bisnis dalam salah satu sistem.Bagi bisnis atau perusahaan yang: Memiliki banyak prospek yang belum ditangani dengan baik Aktivitas penjualan yang tidak terdokumentasi dengan sistematis Strategi pemasaran yang membutuhkan data pelanggan yang akurat Maka, memilih sistem CRM dapat menjadi langkah strategis yang tepat.Namun, jika bisnis atau perusahaan Anda tengah menghadapi: Laporan keuangan yang sering tertunda dan kurang konsisten Perencanaan pengadaan dan stok yang sulit dilakukan Operasional perusahaan yang kompleks, mencakup banyak lokasi atau cabang Maka, Anda dapat berfokus untuk mengadopsi sistem ERP.Anda juga dapat langsung mengadopsi keduanya setelah bisnis telah berkembang dan membutuhkan integrasi penuh mulai dari proses penjualan hingga keuangan.Baca Juga: 15 Rekomendasi Aplikasi ERP Terbaik 2025 untuk Digunakan PerusahaanKesimpulanDengan memahami perbedaan antara CRM dan ERP, perusahaan dapat menentukan langkah prioritas digitalisasi yang tepat.CRM berperan dalam pengelolaan hubungan pelanggan dan penjualan, sedangkan ERP memastikan seluruh proses internal berjalan efisien, transparan, dan terukur.Perusahaan yang dapat mengintegrasikan kedua sistem ini dengan baik akan memiliki keunggulan kompetitif dari segi pengambilan keputusan strategis berbasis data serta proses yang otomatis.Untuk mencapai hal tersebut, Mekari Jurnal ERP hadir sebagai solusi ERP modular berbasis cloud yang dapat menyesuaikan kebutuhan bisnis di Indonesia.Sistem ini dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan, persediaan, produksi, dan pelaporan bisnis dengan tingkat akurasi yang tinggi dan dapat diakses dengan mudah, di mana saja dan kapan saja.Jika tertarik, Anda dapat menghubungi tim kami melalui tombol di bawah ini.Konsultasi Gratis dengan Mekari Jurnal Sekarang!Dapatkan penawaran menarik dan uji coba gratis selama 7 hari, secara langsung! Referensi:Workato, “CRM-ERP integration: why (and how) you should connect them”.Geeks for Geeks, “Differences between ERP and CRM”.