Jurnal Enterpreneur

10 Ide Diskon untuk Hari Kemerdekaan

Bulan Agustus telah datang dan hari kemerdekaan sudah menjelang. Bagi rakyat Indonesia, hari kemerdekaan selalu menjadi momen spesial dan membahagiakan. Berbagai perayaan dilangsungkan di tiap sudut daerah di Indonesia. Mulai dari desa hingga kota mempunyai caranya tersendiri dalam memeriahkan momen-momen kemerdekaan. Pemilik bisnis pun tidak mau kalah dalam hal ini. Pemilik bisnis dapat memanfaatkan momen ini untuk mengistimewakan konsumen, meraih keuntungan dan meningkatkan citra merek. Dalam dunia bisnis, hari kemerdekaan biasanya disemarakkan dengan berbagai diskon menarik untuk para konsumen.  Anda perlu mencari ide diskon hari kemerdekaan yang unik untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Berikut beberapa ide diskon hari kemerdekaan yang dapat diaplikasikan untuk bisnis Anda.

Baca juga: Peluang Bisnis yang Menjanjikan Jelang Perayaan Kemerdekaan Indonesia

1. Diskon Menggunakan Angka

Seperti pada tahun 2019, Indonesia telah mencapai umur yang cukup matang yakni 74. Angka yang cukup besar dan menarik jika digunakan sebagai nominal diskon yang ditawarkan kepada konsumen. Anda bisa menawarkan diskon berupa nominal harga ataupun persenan, yakni 7.400, 74.000 atau 74%. Jika Anda merasa angka ini terlalu besar dan akan berdampak besar pada penerimaan kas bisnis, maka Anda bisa menerapkannya dengan sistem bersyarat. Misalnya konsumen bisa mendapatkan diskon dengan membeli dua item. Dan item kedua yang akan dikenakan diskon hingga 74%. Diskon semacam ini terbukti ampuh menarik minat konsumen.

2. Potongan Harga Sesuai dengan Tanggal Kemerdekaan

Angka lainnya yang sangat lekat dengan hari kemerdekaan adalah tanggal, bulan dan tahun kemerdekaan itu sendiri. Angka 17, 8, dan 45 merupakan nominal-nominal yang kerap digunakan sebagai diskon menjelang hari kemerdekaan. Bisa mengikuti sistem sebelumnya yakni memberikan diskon dengan nominal harga sebesar 8.000, 17.000 dan 45.000. Dapat juga dengan persenan yakni 8%, 17% dan 45%. Diskon ini pun bisa diaplikasikan untuk pembelian dengan nominal tertentu agar tidak merugikan Anda.

3. Harga Khusus

Anda juga bisa memberikan diskon dengan langsung memberikan harga khusus tanpa memampangkan besaran harga yang dipotong. Siapkan produk-produk terpilih yang kiranya sesuai jika dijual dengan harga khusus. Harga yang diberikan juga bisa menggunakan nominal yang dekat dengan hari kemerdekaan. Contohnya menjual beberapa produk dengan harga 8.000, 17.000, 45.000 dan 74.000. Anda juga bisa menjual beberapa produk menjadi satu paket.

4. Diskon Bagi yang Berulang Tahun

Hari kemerdekaan Indonesia sama halnya dengan hari ulang tahun Indonesia. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda memberikan diskon untuk konsumen yang juga merayakan ulang tahunnya di hari tersebut. Jadi konsumen yang berulang tahun bertepatan dengan hari kemerdekaan berkesempatan untuk mendapatkan diskon menarik.

5. Kompetisi di Media Sosial

Hari kemerdekaan identik dengan berbagai lomba dan kompetisi, seperti panjat pinang, balap karung, lomba makan kerupuk, lomba memasak dan lain sebagainya. Perlombaan dan kompetisi kemerdekaan ini dapat Anda hadirkan pada bisnis Anda. Selain menambah keseruan, hasil-hasil karya konsumen di kompetisi tersebut pun dapat digunakan untuk memasarkan produk dan layanan Anda. Di era digital kini, media sosial sebagai media pemasaran yang efektif dapat digunakan sebagai wadah kompetisi ini.  Anda bisa mengadakan kontes foto dengan tema hari kemerdekaan. Minta konsumen membuat foto yang unik dengan produk atau layanan Anda beserta caption yang menarik. Jangan lupa untuk menyertakan tagline serta menyebutkan merek Anda. Anda bisa memberikan hadiah berupa diskon menarik kepada pemenang.

6. Kode Voucher Khusus Hari Kemerdekaan

Cara memberikan diskon lainnya yang dapat Anda coba adalah dengan memberikan kode voucher. Akhir-akhir ini kode voucher memang sangat akrab bagi para konsumen khususnya yang kerap melakukan pembelian secara online. Ketika kode voucher ini diaplikasikan, maka konsumen akan secara otomatis mendapatkan diskon terhadap produk dan layanan yang dibeli. Anda bisa memberikan kode voucher yang bernuansa kemerdekaan, seperti “merdeka”, “17Agustus” dan lain sebagainya.

7. Membuat Produk Kemerdekaan

Jika Anda membuat barang atau jasa Anda sendiri, maka Anda dapat membuat produk khusus kemerdekaan. Seperti  penggunaan warna merah dan putih pada produk Anda. Jika Anda menghasilkan produk pada bidang aksesoris, Anda dapat membuat produk aksesoris dengan warna merah dan putih. Anda dapat juga membuat hadiah merchandise khusus Hari Kemerdekaan.

8. Cashback

Dewasa ini, semakin banyak jenis promo yang terus bermunculan. Termasuk cashback, sistem promo pengembalian uang belanja dari pembeli dalam jumlah tertentu. Cashback dapat berbentuk diskon atau pun potongan harga. Dalam bisnis online, cashback pada umumnya diberikan dalam bentuk uang digital dan dapat dibelanjakan kembali di tempat yang sama.

9. Gratis Ongkos Kirim

Selain beberapa promo sebelumnya, ide diskon yang dapat digunakan dalam rangka Hari Kemerdekaan yaitu gratis ongkos kirim. Ini dapat dilakukan jika Anda memiliki bisnis online. Bisnis online biasanya menggunakan jasa kurir yang membutuhkan ongkos kirim. Pada Hari Kemerdekaan, Anda dapat memberikan gratis ongkos kirim untuk menarik konsumen.

10. Buy 3 Get 3

Promo buy 1 get 1 sudah terlalu umum untuk dilakukan. Pada Hari Kemerdekaan, Anda dapat memberikan promo buy 3 get 3 kepada konsumen. Konsumen yang membeli 3 produk atau jasa yang Anda jual, akan mendapatkan 3 produk lagi secara gratis dari Anda.

Baca juga : 6 Strategi yang Harus Ditempuh Sebelum Menerapkan Diskon

Itulah beberapa ide diskon yang bisa diaplikasikan di hari kemerdekaan Indonesia. Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda harus memanfaatkan momen ini untuk memberikan keistimewaan kepada konsumen namun tetap memberikan keuntungan yang besar dan meningkatkan citra merek. Untuk mewujudkan hal ini, Anda dapat saja memberikan nominal yang cukup besar asal tetap mempertimbangkan kondisi keuangan bisnis yang dijalankan.

Oleh karena itu, dibutuhkan pencatatan yang rapi dan detail untuk memberikan informasi yang jelas mengenai kondisi bisnis Anda. Untuk mempermudah dalam membuat pembukuan secara profesional, Anda dapat menggunakan software akuntansi online #1 di Indonesia, Jurnal. Dengan Jurnal, Anda dapat membuat pembukuan secara instan dengan lebih mudah, cepat, aman, dan nyaman. Tunggu apalagi? Daftarkan segera bisnis Anda di sini dan dapatkan gratis percobaan hingga 14 hari.

[adrotate banner=”19″]

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo