Jurnal Enterpreneur

Ide Promosi Hari Kemerdekaan yang Menarik

Menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Mulai dari lomba permainan tradisional hingga  lomba yang biasanya digeluti dalam dunia pendidikan, seperti lomba membaca cerpen, puisi, dan lain sebagainya. Melihat peristiwa tersebut dari tahun ke tahun yang mendapat antusias luar biasa oleh masyarakat, tentunya terdapat peluang bisnis untuk mendapatkan keuntungan. Nah, seperti apa peluang bisnis yang dapat dijalankan menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia? Dan apa saja ide promosi hari kemerdekaan yang menarik untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan? Simak beberapa uraian dari Jurnal software akuntansi di bawah ini.

Peluang Bisnis di Hari Kemerdekaan

  1. Menjual bendera merah putih selalu ramai pelanggan menjelang perayaan Hari Kemerdekaan.
  2. Menjual kaos bertema Hari Kemerdekaan.
  3. Menjadi penata rias dan membuka persewaan baju adat.
  4. Jasa sablon yang pasti banjir orderan menjelang Hari Kemerdekaan.
  5. Jasa pembuatan spanduk.
  6. Membuka catering makanan dan snack untuk berbagai acara di Hari Kemerdekaan.
  7. Menjual makanan ringan di sekitar tempat perlombaan.
  8. Menjual trofi untuk penghargaan berbagai lomba Hari Kemerdekaan.
  9. Menjadi fotografer untuk berbagai momen penting di setiap acara yang dilakukan dalam perayaan Hari Kemerdekaan.

Ide Promosi Yang Menarik

Beberapa kegiatan yang biasa dilakukan untuk mewarnai hari Kemerdekaan biasanya dimulai dari upacara bendera, lomba 17 Agustus, acara  makan bersama, hingga berbagai acara musik dan festival. Selain itu juga akan ada berbagai promo menarik, mulai dari online store hingga toko atau butik di pusat perbelanjaan. Sebagai seorang pebisnis, Anda juga dapat memanfaatkan momen tersebut untuk meraih keuntungan. Simak beberapa ide promosi hari kemerdekaan berikut ini:

1.Memberikan Harga Khusus Hari Kemerdekaan

Ide promosi hari kemerdekaan yang satu ini layak untuk dicoba. Siapkan produk-produk terpilih untuk dijual dengan harga khusus, misalnya dengan nominal yang sesuai dengan tema Hari Kemerdekaan. Anda dapat menjual beberapa produk dengan harga yang lebih murah, menjadi nominal Rp17.000 atau Rp45.000. Atau Anda juga dapat menjual beberapa produk menjadi satu paket.

2.Memberikan Diskon Khas Hari Kemerdekaan

Banyak bisnis yang merayakan Hari Kemerdekaan dengan memberikan diskon kepada para pelanggannya. Sebagai contoh, sebuah perusahaan penerbangan memberikan diskon senilai Rp100.000 untuk penerbangan ke seluruh destinasi di Indonesia menjelang Hari Kemerdekaan. Selain itu, ada pula bisnis yang memberikan diskon seperti 17%, 45%, ataupun potongan Rp17.000 yang sesuai dengan tanggal, bulan atau tahun hari Kemerdekaan untuk pembelian dengan nominal tertentu. Nah, bagaimana dengan bisnis Anda? Mulai sekarang Anda dapat memikirkan promosi diskon seperti apa yang paling sesuai dan dapat mendatangkan menguntungkan. Jangan lupa juga untuk memberikan tema yang menarik dan unik, sehingga para pelanggan akan merasa mudah tertarik.

3.Menyediakan Kode Voucher Khusus Hari Kemerdekaan

Kode voucher biasanya tidak asing bagi para pelanggan yang sering berbelanja melalui website ataupun marketplace. Ketika kode voucher tersebut diaplikasikan,  maka para pelanggan akan secara otomatis mendapatkan diskon potongan harga ataupun mendapatkan gratis ongkos kirim. Jika bisnis Anda adalah bisnis online, maka Anda dapat mengaplikasikan ide promosi hari kemerdekaan yang satu ini. Anda dapat membuat kode voucher tertentu yang menarik, seperti “Merdeka17” untuk diskon sebesar 17%. Kemudian, berikan informasi bagaimana cara untuk mendapatkan dan menggunakan kode voucher tersebut.

4.Merilis Produk Khusus Hari Kemerdekaan

Jika Anda menjual produk yang Anda buat sendiri, maka ide promosi hari kemerdekaan yang satu ini dapat Anda lakukan, yaitu menciptakan produk khusus untuk Hari Kemerdekaan. Misalnya, jika bisnis Anda adalah butik atau dibidang fashion, maka Anda dapat membuat atau merilis pakaian yang bertema Hari Kemerdekaan misalnya yang identik dengan warna merah dan putih. Atau, Anda juga dapat membuat produk kecil untuk hadiah seperti gantungan kunci, pouch, dan lainnya yang  bertema Hari Kemerdekaan untuk dijadikan sebagai hadiah setiap pembelian nominal tertentu.

5.Mengadakan Kompetisi di Sosial Media

Hari Kemerdekaan identik dengan berbagai lomba dan kompetisi. Keseruan kompetisi tersebut juga dapat Anda lakukan pada bisnis yang sedang Anda jalankan. Tidak harus perlombaan fisik, tetapi Anda juga bisa mengadakan lomba yang tidak kalah seru, seperti kompetisi di media sosial. Di instagram misalnya, Anda dapat mengadakan kontes foto dengan tema Hari Kemerdekaan. Minta pelanggan Anda untuk membuat foto yang unik dengan produk Anda beserta caption yang menceritakan “Arti Hari Kemerdekaan” bagi mereka. Jangan lupa untuk minta siapa saja yang ikut serta dalam kompetisi tersebut untuk menaruh tagline kompetisi. Misalnya #Kompetisi17Agustus atau #LombaMerdeka dan mention nama bisnis Anda. Anda dapat memberikan hadiah menarik untuk karya yang terbaik, misalnya berupa voucher atau merchandise lainnya.

Apapun jenis bisnis yang Anda jalankan, pastikan Anda memiliki strategi yang matang agar bisnis dapat berkembang dengan baik. Beberapa ide promosi hari kemerdekaan seperti yang telah dijelaskan di atas dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi dalam menjalankan bisnis. Dengan ide promosi tersebut, diharapkan bisnis Anda akan lebih ramai pelanggan dan mendapatkan lebih banyak keuntungan. Dalam menjalankan bisnis, Anda harus mampu mengelola keuangan bisnis dengan tepat. Jika Anda mengalami kesulitan, Anda dapat menggunakan software akuntansi online Jurnal. Jurnal memiliki program akuntansi lengkap yang tentunya akan memudahkan Anda dalam pengelolaan keuangan bisnis. Jurnal dapat menyajikan laporan keuangan yang lengkap, yang dapat Anda akses kapan dan dimana saja dengan mudah dan praktis.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo