Setiap Tanggal 21 April, Indonesia memperingati perayaan Hari Kartini untuk menghargai jasa Raden Ajeng Kartini dalam hal emansipasi wanita. Pada hari ini, banyak masyarakat Indonesia, khususnya sekolah-sekolah mengadakan upacara hingga berbagai perlombaan unik dan kreatif. Hal inilah yang membuat banyak peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan menjelang Hari Kartini. Berikut beberapa peluang bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan hingga puluhan juta.

 

Jual Kebaya

Kebaya adalah salah satu pakaian adat yang sering dicari menjelang perayaan Hari Kartini. Jika Anda memiliki hobi dan keahlian di bidang desain atau menggambar, Anda bisa mendesain kebaya sendiri dan mencari penjahit yang dapat membantu Anda membuat kebaya tersebut. Anda bisa membuat desain yang modern dan mengikuti tren yang ada saat ini. Kebaya yang sering dicari menjelang Hari Kartini adalah kebaya berukuran kecil untuk anak TK, hingga kebaya besar untuk anak muda. Jadi, sebelum mendesain, cobalah perhatikan target yang Anda tuju. Jangan sampai Anda membuat desain yang tidak cocok digunakan oleh target Anda.

 

Sewa Pakaian Adat

Selain menjual kebaya, Anda juga bisa menyewakan kebaya yang ada menjelang Hari Kartini. Kenapa? Karena tidak semua orang akan membeli kebaya di Hari Kartini dengan alasan hanya dipakai sebentar atau sementara. Untuk permulaan, Anda bisa membeli beberapa potong kebaya yang biasa disewakan di perayaan Hari Kartini, seperti kebaya untuk anak TK atau SD. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda bisa mulai dengan mempromosikannya kepada tetangga atau ke sekolah-sekolah. Anda juga bisa mulai mem-posting kebaya-kebaya yang dimiliki beserta harga sewa per hari melalui social media. Dengan begitu, jangkauan sewa pakaian adat Anda akan menjadi lebih luas.

 

Salon & Rias Wajah

Buat Anda yang membuka salon kecantikan, Hari Kartini adalah hari paling menguntungkan sepanjang tahun. Banyak orang yang akan mencari jasa Anda menjelang Hari Kartini. Selain untuk membantu anak-anak berias, banyak perempuan Indonesia yang ingin tampil cantik di Hari Kartini. Namun, bagi Anda yang belum memiliki bisnis salon dan bisa merias wajah, Anda bisa coba membuka bisnis salon dan rias kecil-kecilan di dalam rumah. Karena akan ada banyak siswa/i membutuhkan jasa ini dan banyak salon yang tidak sanggup mengambil pesanan karena telah memiliki banyak pesanan di Hari Kartini.

 

Panggung & Tenda

Penyewaan panggung dan tenda bukan hanya dibutuhkan menjelang Hari Kemerdekaan ataupun pernikahan, tapi juga dibutuhkan saat perayaan Hari Kartini. Panggung dan tenda dibutuhkan banyak sekolah yang merayakan Hari Kartini dengan berbagai acara, mulai dari fashion show, menari, dan sebagainya. Anda juga bisa menambahkan jasa dekorasi, sewa tanaman, katering, dan sound system. Bisa dibayangkan bukan berapa keuntungan yang akan Anda dapatkan.

 

Fotografer

Peluang bisnis terakhir yang bisa Anda manfaatkan adalah fotografer. Bagi Anda yang memiliki kemampuan fotografi, Anda dapat manfaatkan perayaan Hari Kartini dengan menjual jasa fotografi. Anda bisa mulai mempromosikan jasa Anda ke sekolah-sekolah atau ke orang pribadi. Hanya dengan bermodalkan kamera dan hobi foto, Anda bisa meraih keuntungan hingga jutaan rupiah sekali acara.

 

Itulah beberapa peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan untuk meraih keuntungan besar menjelang Hari Kartini. Sebagai seorang pengusaha, Anda haruslah pintar mencari dan menemukan peluang. Dengan begitu, kesuksesan akan datang dengan sendirinya. Selain melihat peluang, seorang pengusaha juga harus pintar mengelola keuangannya. Cobalah mulai dengan memisahkan keuangan pribadi dan bisnis. Untuk mengelola keuangan bisnis, Anda bisa memanfaatkan software akuntansi online.

 

Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis kapan dan di mana saja. Anda juga dapat lebih mudah membuat laporan keuangan secara instan dan mudah. Jurnal juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan pengelolaan bisnis, mulai dari membuat invoice hingga mengelola aset. Daftarkan bisnis Anda segera di Jurnal.