Tepat tanggal 21 April  Indonesia merayakan hari penghargaan terhadap perjuangan para wanita di Indonesia. Tanggal ini merupakan hari lahirnya perempuan hebat bernama Kartini yang mampu menjadi insprasi bagi perempuan Indonesia lain untuk mampu berdiri di kaki sendiri. Akan ada banyak kemeriahan karena perayaan bisa ditemukan hampir dimana-mana. Baik itu di lingkungan rumah, sekolah, kantor, dan tempat lainnya. Pastinya Anda tidak ingin ketinggalan untuk memeriahkan perayaan-perayaan ini. Dibanding hanya menjadi penonton, Anda bisa memanfaatkan momen ini sebagai peluang untuk membuka bisnis. Tidak hanya menguntungkan, Anda juga bisa membantu mereka yang ingin merayakan hari Kartini tanpa harus kerepotan. Apa saja peluang bisnis tersebut. Berikut penjelasannya.

Jasa Persewaan Pakaian Adat

Pada hari Kartini Anda akan menemukan banyak sekali perayaan. Baik itu di lingkungan rumah, sekolah, kantor dan lainnya. Perayaan ini biasanya diisi oleh Kartini-Kartini masa kini mulai dari usia anak-anak, remaja, hingga dewasa. Mereka kerap kali diminta menggunakan pakaian adat untuk mencerminkan wanita-wanita yang mencintai budaya. Namun, karena harga baju adat yang cukup mahal dan kuantitas pemakaian yang jarang, maka sedikit sekali yang rela membeli sendiri. Mereka cenderung menyewa pakaian adat di waktu-waktu tertentu yang diperlukan. Oleh karena itu, membuka persewaan pakaian adat menjelang perayaan Kartini bisa menjadi salah satu peluang untuk menambah penghasilan.

Jasa Rias Wajah

Tidak cukup dengan tampil dengan pakaian adat saja, para Kartini muda pasti ingin terlihat lebih cantik dan menawan lagi. Untuk itu dibutuhkan polesan riasan wajah yang akan menyempurnakannya. Banyak orang yang sudah cukup repot untuk menyiapkan keperluan-keperluan acara lain sehingga tidak sempat untuk merias wajah sendiri. Selain itu, rias wajah untuk sebuah perayaan juga membutuhkan waktu dan usaha yang cukup banyak. Bagi Anda yang mempunyai kemampuan di bidang ini, bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa rias wajah. Selain bisa menjadi ajang belajar dan menambah pengalaman, Anda pun bisa menambah pundi-pundi penghasilan di hari bahagia ini.

Jasa Foto

Setelah berpakaian adat lengkap dengan riasan yang menawan, inilah saatnya untuk penampilan terbaik di depan khalayak. Abadikan momen ini dengan foto-foto terbaik agar bisa menjadi pengingat nantinya. Dan untuk kebutuhan ini pastinya dibutuhkan fotografer yang mampu menangkap setiap momen dan gerakan. Bagi Anda yang mempunyai kemampuan memotret bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka jasa fotografi.

Panggung

Seperti yang telah disebutkan di atas, di hari Kartini akan ada banyak perayaan yang bisa ditemukan. Dan untuk mendukung perayaan-perayaan tersebut pastinya dibutuhkan banyak panggung beserta dekorasinya. Pengusaha yang menggeluti bisnis ini pastinya akan kebanjiran pesanan karena banyaknya jumlah yang dibutuhkan. Pasti sudah terbayang kan seberapa banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Jual Pakaian Adat

Para wanita, di perayaan hari Kartini pasti ingin tampil pada tampilan terbaiknya. Bukan hanya mereka yang tampil di atas panggung dengan pakaian adatnya, tetapi juga mereka yang menjadi penonton dan sekadar ingin menikmati. Melengkapi kebutuhan tersebut wanita membutuhkan pakaian yang sesuai. Tidak ada salahnya Anda mulai berbisnis pakaian atau aksesoris pendukung lainnya seperti tas, sepatu dan masih banyak lagi. Anda yang sudah mempunyai bisnis pakaian  sebelumnya pun bisa meng-update koleksi terbaru toko Anda.

Piala atau Trofi

Hari Kartini juga identik dengan kontes dan perlombaan. Mulai dari lomba mewarnai, menggambar, kontes pakaian adat dan riasan wajah, membaca puisi, hingga lomba menulis, fotografi, dan masih banyak lagi. Dari perlombaan ini tentunya ada pemenang yang diapresiasi prestasinya dengan hadiah. Dan salah satu pilihannya adalah dengan memberi piala ataupun trofi. Membuka bisnis pembuatan trofi menjelang hari Kartini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan pundi-pundi keuntungan di bulan ini.

Parcel

Parcel menjadi barang yang identik di perayaan-perayaan ini karena masyarakat Indonesia memunyai tradisi untuk mengirim bingkisan. Anda bisa menemukan parcel pada perayaan Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, ulang tahun, ketika menjenguk orang sakit dan salah satunya pada hari Kartini. Tidak ada salahnya di hari Kartini ini Anda mencoba untuk memulai bisnis parcel. Untuk membuat bisnis parcel Anda berbeda dan diminati, Anda bisa mengkreasikan parcel dari berbagai barang. Jika biasanya parcel berisi makanan atau buah-buahan, Anda bisa menggantinya dengan skin care, kosmetik, baju, barang pecah belah, buku dan barang lainnya yang dibutuhkan oleh wanita. Aplikasikan  juga berbagai tema seperti rustik, girly, dan lain sebagainya serta ganti wadahnya dengan boks yang unik, lucu dan bisa digunakan kembali.

Makanan dan Minuman

Ini adalah usaha tersimpel yang bisa  dicoba menjelang Hari kartini. Anda bisa mulai dengan membuka warung makanan dan minuman kecil-kecilan yang menyediakan jajanan dan minuman botol di perayaan Hari Kartini sekolah atau kantor. Jika  bisnis makanan Anda sudah mempunyai gerai sendiri, perayaan hari Kartini juga bisa dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan pasar dengan mengikuti perayaan-perayaan besar ataupun bazar hari Kartini. Selain mendapatkan keuntungan materi, cara ini juga bisa digunakan untuk memperkenalkan usaha Anda kepada orang banyak.

Buku

Jika sudah banyak yang mendukung penampilan wanita dengan menyediakan beberapa bisnis di atas, maka Anda bisa membantu Kartini masa kini dengan menjual buku. Menjual buku tidak hanya menjadi cara Anda mendapatkan keuntungan tetapi memberi kesempatan kepada wanita Indonesia untuk menambah pengetahuannya. Anda bisa melengkapi koleksi mulai dari buku-buku mengenai perjuangan wanita hingga genre lainnya yang bisa digunakan untuk mengusahakan kecerdasan wanita Indonesia. Agar lebih efektif, Anda bisa membuka gerai di berbagai perayaan dan bazar hari Kartini agar bisa lebih mudah dijangkau oleh pembeli.

Itu tadi beberapa peluang bisnis yang bisa  Anda mulai ataupun kembangkan di hari Kartini. Ternyata ada banyak kesempatan yang bisa Anda dapatkan dengan satu langkah yang bisa dimulai. Tidak hanya menghasilkan keuntungan, Anda juga bisa mempromosikan bisnis yang sudah dimiliki sebelumnya. Selain itu Anda pun berkesempatan untuk membantu mereka yang ingin merayakan hari Kartini dengan tenang tanpa harus repot mengurus segala sesuatunya. Tidak sampai di situ, bisnis Anda juga bisa berguna untuk menambah pengetahuan wanita Indonesia.

Langkah kecil Anda untuk memulai kini bisa dilanjutkan dengan mengurus bisnis secara lebih serius. Setelah melakukan penjualan, langkah penting selanjutnya adalah mengelola catatan keuangan bisnis Anda. Hal ini mungkin sedikit rumit apalagi jika Anda tidak passion di bidang perhitungan ekonomi atau akuntansi. Akan tetapi ini harus dilakukan karena merupakan bagian yang sangat penting.

Sama seperti bisnis Anda yang hadir untuk meminimalisasi kerepotan di hari Kartini, Jurnal juga hadir untuk meminimalisasi kerepotan Anda akan perhitungan keuangan dan akuntansi. Jurnal adalah aplikasi akuntansi yang membuat pengaturan keuangan Anda menjadi lebih sederhana. Dengan fitur lengkap yang bisa membuat laporan keuangan sekaligus pencatatan biaya, invoice, perhitungan pajak, pembuatan faktur hingga  manajemen aset membuat Anda bisa lebih fokus dengan pengembangan bisnis Anda.

Author