Pengertian, Cara, Fungsi dan Contoh Rancangan Anggaran Biaya UKM

Contoh rancangan anggaran biaya UKM merupakan satu hal yang penting yang harus dipelajari saat kita akan membuat anggaran untuk UKM, atau ketika mendapatkan proyek di dalam pemerintah maupun perusahaan swasta.

Pembuatan rancangan anggaran biaya UKM dibutuhkan untuk mendapatkan estimasi biaya keseluruhan yang akan dipergunakan dalam menyelesaikan proyek tersebut.

Ketika proyek sedang berjalan, rancangan anggaran menjadi landasan dasar untuk menentukan apakah bisa kontraktif dalam mendapatkan penawaran atau tidak. Pada saat rencana yang dibuat semakin menjanjikan, maka pihak kontraktor makin suka ketika memberikan penawaran secara rinci.

Ketika akan membuat rancangan anggaran biaya UKM ada beberapa tahap yang harus diperhatikan. Ada beberapa  tahap yang biasa dilakukan adalah memilih bahan material, modal dan beberapa biaya lainnya.

contoh rancangan anggaran biaya UKM

Membahas rancangan anggaran biaya UKM memang tidak akan ada habisnya. Akan tetapi, pada kesempatan kali ini juga akan dibahas secara rinci mengenai contoh rancangan anggaran biaya UKM, dan beberapa manfaat dari cloud accounting software. Untuk anda yang penasaran dengan pembahasan tersebut, bisa langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian RAB UKM

Rancangan anggaran biaya UKM adalah cara untuk memperkirakan biaya yang nantinya akan digunakan untuk melaksanakan kegiatan bisnis atau proyek. Di dalam sebuah bisnis, proyek maupun event pembuatan rancangan biaya merupakan salah satu hal yang sangat wajib.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa dengan pembuatan rancangan biaya bisa melihat secara detail dan jelas besaran biaya akan dibutuhkan. Dengan melakukan perencanaan anggaran semua biaya yang akan dikeluarkan akan bisa lebih terarah.

Ada satu contoh rancangan anggaran biaya UKM, semua rancangan biaya akan menjadi dasar apakah pihak terkait bisa memberikan penawaran maupun tidak. Ketika penawaran yang diberikan semakin menjanjikan, maka pihak terkait bisa lebih tertarik untuk memberikan proyek.

Pada saat membuat rancangan anggaran biaya UKM, akan ada beberapa tahap seperti pemilihan material, biaya yang dibutuhkan untuk biaya upah pekerja dan beberapa biaya pengerjaan lainnya. Ketika sebuah proyek maupun bisnis yang tidak membuat rancangan anggaran biaya UKM akan mengakibatkan pembengkakan biaya.

Ketika anda juga masih bingung dalam membuat rancangan anggaran juga bisa menggunakan alat bantuan software terkait, contoh mungkin seperti aplikasi pembukuan online shop dari Mekari Jurnal, atau dengan fitur aplikasi akuntansi UKM seperti disini. Selain itu dengan pembuatan rancangan anggaran biaya ini juga dijadikan sebagai alat untuk melihat operasionalnya bisa terkontrol maupun tidak.

Menariknya lagi dengan pembuatan rancangan anggaran biaya UKM juga bisa mengatasi di arah kegagalan. Sehingga, sangat disarankan untuk setiap proyek maupun bisnis bisa membuat rancangan anggaran biaya UKM terlebih dahulu.

contoh rancangan anggaran biaya UKM

Cara Membuat Rancangan Anggaran Biaya UKM

Pada saat membuat rancangan anggaran biaya mempunyai struktur yang sangat unik, baik untuk perusahaan, UKM atau micro. Pembuatan rancangan anggaran biaya ini juga membantu dalam mengetahui biaya yang diperlukan ketika akan membuat usaha, bisnis atau event.

Selain itu dengan membuat rancangan biaya juga membuat beberapa pihak yang terkait bisa mengerti secara rinci berapa besaran biaya dibutuhkan. Secara umum, ada beberapa poin yang harus diperhatikan ketika akan membuat rancangan anggaran biaya UKM.

Akan tetapi sebelum melakukan perhitungan biaya atau anggaran, lebih baik bisa menentukan besar wilayah event UKM dan beberapa lainnya. Dengan hal tersebut juga mempunyai tujuan untuk mengetahui berapa besar biaya atau anggaran yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu saja, dengan pembuatan rancangan anggaran biaya UKM juga bisa mengerti berapa pembuatan event bisa sampai dengan selesai.

Lima point penting yang harus diperhatikan ketika akan membuat rancangan anggaran biaya UKM adalah:

  1. Membuat Gambar Denah atau Tenant UKM 

Pada saat membuat rancangan anggaran biaya UKM juga mengharuskan untuk membuat gambar denah atau tenant terlebih dahulu. Selain itu, dengan kegiatan pembuatan gambar ini bisa melihat secara spesifik mengenai apa bangunan dan jenis yang dibutuhkan di dalam pembuatan event tersebut.

Selain itu dengan pembuatan gambar yang dilakukan pada saat pembuatan rancangan anggaran biaya UMM juga mempermudah pihak dekor untuk menghitungkan volume pekerjaan. Apalagi ketika event UKM diselenggarakan pada sebuah lokasi yang sempit, pasti pihak dekor harus pintar-pintar melakukan strategi supaya cukup menampung.

  1. Memperhitungkan Volume 

Setelah membuat gambaran denah secara jelas dan rinci, maka untuk langkah selanjutnya adalah memperhitungkan volume pekerjaan dari gambar tersebut. Selain itu dengan melakukan perhitungan volume ini juga bisa mengerti berapa daftar harga dari satu item yang dipergunakan di dalam event UKM tersebut.

Tentunya untuk perhitungan volume ini dilakukan pada setiap unit maupun meter. Untuk mempermudah perhitungan volume, bisa juga menggunakan bantuan dari aplikasi pembukuan online shop dari Mekari Jurnal.

  1. Menentukan Harga Pada Satuan Kerja

Selanjutnya bisa menentukan harga dari beberapa satuan kerja. Untuk beberapa satuan kerja yang dimaksud adalah bahan dan material yang akan dipergunakan. Lebih baiknya untuk menerapkan poin yang satu ini bisa dilakukan dengan pengecekan ke tempat penjual.

Pada saat sudah berada di lokasi penjual, bisa langsung saja melakukan komunikasi dengan pelanggan secara jelas dan rinci. Semua kegiatan tersebut juga dilakukan guna untuk mendapatkan meminimalkan terjadinya pembengkakan biaya.

  1. Alat Perhitungan Besaran Biaya

Seperti yang disebutkan diatas juga bahwa untuk membuat perhitungan besaran biaya secara jelas dan rinci juga menjadi salah satu hal wajib. Tentunya dengan perhitungan besaran biaya ini juga bisa dipergunakan untuk mengetahui volume pekerjaan serta harga satuan dari produk tersebut.

  1. Melakukan Rekapitulasi

Point rancangan anggaran biaya UKM paling akhir adalah melakukan kegiatan rekapitulasi. Di dalam pembuatan rekap juga ada beberapa hal yang harus dituliskan adalah besaran biaya yang sudah dikeluarkan untuk membuat UKM tersebut.

Usahakan pada saat membuat rekapitulasi menyebutkan beberapa poin atau sub pekerjaan yang bertujuan untuk mempermudah pada saat melakukan penjumlahan akhir. Semua biaya yang ada di setiap sub pengerjaan bisa langsung dijumlahkan dan dalam hitungan detik bisa mengerti dan mendapatkan hasil akhir.

Tentunya ketika melakukan perhitungan biaya pembuatan UKM dengan manual membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan juga bisa sampai dengan beberapa hari lamanya. Akan tetapi, ketika anda menggunakan aplikasi pembukuan online shop dan cloud accounting software dari Mekari Jurnal bisa dilakukan perhitungan dalam hitungan detik saja.

Lima point yang sudah disebutkan diatas harus diterapkan pada saat akan membuat rancangan anggaran biaya. Tentu saja, ketika anda melupakan dari satu point tersebut, untuk hasil rancangan yang diberikan tidak bisa dibaca secara jelas dan rinci.

contoh rancangan anggaran biaya UKM

Fungsi Pembuatan RAB UKM 

Pada saat akan membuat rancangan anggaran biaya UKM ada beberapa fungsi yang akan membantu anda. Untuk beberapa fungsi dari pembuatan rancangan anggaran biaya UKM adalah:

  1. Dijadikan Alat Untuk Menentukan Jumlah Total Biaya 

Ketika membuat rancangan anggaran biaya UKM dilakukan dengan fungsi untuk menentukan jumlah total biaya yang dibutuhkan. Selain itu dengan rancangan anggaran biaya UKM juga bisa dipergunakan untuk melakukan penguraian dari masing-masing item yang dikerjakan.

Selain itu di dalam proses penguraian ini juga dilakukan pada beberapa hal. Untuk penguraian tersebut bisa dilakukan mulai dari memikirkan jumlah upah kerja, material dan beberapa biaya lainnya.

  1. Sebagai Alat Untuk Menetapkan Daftar Jumlah Material yang Dibutuhkan 

Pada saat pembuatan rancangan anggaran biaya juga bisa dimengerti dari masing-masing bahan yang akan dipergunakan. Bahkan semua komponen yang ada akan digunakan di dalam UKM juga akan dijelaskan secara rinci dan jelas.

Untuk jumlah material yang akan diperhitungkan ini biasanya didasarkan dengan beberapa volume pekerjaan. Jadi, dengan adanya perhitungan rancangan anggaran biaya ini tidak terjadi kesalahan di akhir hitungan. Ketika ada kesalahan perhitungan bisa memberikan pengaruh terhadap jumlah material yang sedang dibutuhkan.

  1. Sebagai Alat Untuk Penentuan Beberapa Pihak Terkait 

Membuat rancangan anggaran biaya juga dipergunakan untuk mengetahui jenis maupun besaran biaya yang akan dibutuhkan di dalam pelaksanaan tersebut. Selain itu di dalam fungsi kali ini juga bisa melihat beberapa hal yang juga sangat penting.

Untuk beberapa hal yang bisa dilihat pada saat membuat rancangan anggaran biaya UKM adalah para pekerja dan beberapa keahlian yang dibutuhkan. Dengan menentukan anggaran di fungsi yang satu ini bisa dijadikan sebagai alat penentu berapa pihak yang dibutuhkan untuk membantu dalam membuat UKM tersebut.

Tentu saja semua pihak yang terkait di dalam UKM ini harus benar-benar mempunyai perencanaan secara matang-matang. Semua pihak yang ada di dalam UKM juga bisa mengerti estimasi waktu untuk menyelesaikan kegiatan UKM tersebut.

  1. Sebagai Alat Untuk Mengetahui Peralatan Apa Saja yang Dibutuhkan 

Sebelum menentukan rancangan anggaran biaya, tidak dipungkiri ketika merasa bingung barang dan peralatan apa saja yang akan dibutuhkan. Akan tetapi berbeda lagi ketika sudah membuat rancangan anggaran secara baik dan benar, pasti untuk semua peralatan maupun barang yang dibutuhkan bisa dirinci secara baik dan runtut.

Tentunya untuk membuat perancangan peralatan apa saja yang dibutuhkan juga tidak mudah. Selain itu orang yang akan membuat perancangan alat juga harus membutuhkan keahlian khusus. Orang yang berada di dalam bidang ini harus berpikir apa saja peralatan atau barang sedang dibutuhkan.

Satu fungsi yang didapatkan ketika melakukan pembuatan rancangan anggaran biaya adalah beberapa barang atau peralatan diperlukan dan disewa. Semua kebutuhan yang sudah dituliskan pada rancangan anggaran biaya UKM ini akan diketahui berdasarkan jenis, jumlah dan lama pekerjaan.

Sehingga ketika semua sudah dijelaskan secara rinci dan jelas. Semua hal mengenai biaya yang dibutuhkan bisa dimengerti setelah pembuatan rancangan anggaran biaya sudah selesai.

Beberapa Contoh RAB UKM

Para pemula yang akan membuat rancangan anggaran biaya UKM, tidak dipungkiri ketika masih merasa bingung. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara rinci mengenai beberapa contoh rancangan anggaran biaya UKM yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi. Untuk beberapa contohnya adalah:

  1. Rancangan Anggaran Event UKM

Membuat rancangan anggaran biaya untuk beberapa event UKM ini menjadi salah satu hal yang paling sederhana. Hampir semua kalangan masyarakat sudah pernah mengadakan acara yang baik di dalam skala kecil maupun besar. Ada beberapa perencanaan biaya dan syarat yang harus diperhatikan ketika akan membuat contoh rancangan anggaran biaya UKM.

Membuat rancangan anggaran biaya ini tidak perlu memandang event tersebut kecil maupun besar. Biasanya wujud dari rancangan anggaran biaya ini berbentuk seperti proposal kegiatan. Sehingga semua rencana biaya yang sudah dibutuhkan bisa dijelaskan secara rinci dan jelas di dalam proposal rancangan anggaran biaya.

Pada umumnya, ada lima poin yang bisa diperhatikan ketika akan membuat rancangan anggaran biaya event UKM. Semua point-point yang ada di saat akan membuat rancangan anggaran biaya UKM ini dihadirkan untuk mendapatkan biaya dalam proses pengadaannya. Untuk beberapa point saat akan membuat rancangan anggaran biaya adalah:

  • Melakukan perhitungan biaya semua peralatan yang akan digunakan. Supaya tidak ada yang tertinggal, biasanya dibuat dengan bentuk daftar khusus yang sudah dilengkapi juga dengan beberapa biaya sewanya.
  • Ketika kegiatan atau event tersebut diselenggarakan di dalam gedung, maka untuk anggaran biaya yang dikeluarkan juga harus masuk ke dalam catatan pembiayaan. Bahkan semua peralatan dekorasi yang digunakan di dalam gedung pun juga harus dimasukkan ke dalam rancangan anggaran biaya.
  • Menyusun atau membuat daftar panitia secara rinci dan jelas. Selain itu dalam penyusunan ini bisa memberikan penjelasan secara rinci juga beserta beberapa tugasnya. Sehingga dengan hal tersebut juga bisa mengerti besaran biaya yang dibutuhkan oleh panitia. Untuk biaya yang termasuk di dalam panitia adalah uang santai maupun transportasi.
  • Sebagai alat untuk membedakan antara tamu undangan dengan tamu penting. Setiap event yang akan diselenggarakan pasti tamu akan dibagi menjadi beberapa jenis. Lalu apa hubungannya dengan rancangan anggaran, karena beberapa tamu undangan yang penting ini juga membutuhkan biaya tambahan. Untuk biaya tambahan yang termasuk di dalam point satu ini adalah transportasi, makan dan masih banyak lainnya.
  • Untuk point yang paling akhir adalah bisa mengerti semua biaya konsumsi yang sudah dihitung secara rinci dan jelas. Akan tetapi pada sebelum membuat rancangan biaya konsumsi, harus mengerti dahulu jumlah tamu yang akan datang. Ketika sudah mengerti berapa tamu yang akan berkunjung, maka sudah bisa langsung memilih jenis serta intensitas saat pemberian konsumsi.

Pada seseorang yang sedang menjalani bisnis, untuk pembuatan rancangan anggaran biaya UKM menjadi satu hal sangat penting. Tentunya pada saat sebuah usaha yang tidak mempunyai rancangan anggaran secara jelas, tidak akan membuat maju, berkembang usaha atau bisnis tersebut.

Selain itu untuk berada di titik sesuai dengan keinginan pun, juga akan sangat sulit didapatkan. Maka dari itu, untuk solusi yang bisa dilakukan oleh para orang yang mempunyai bisnis adalah membuat rancangan anggaran biaya secara jelas dan rinci.

Tata Cara Pembuatan RAB

1. Buatlah Gambaran Kerja

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan membuat anggaran usaha adalah mempersiapkan gambaran kerja. Apakah yang dimaksud dengan gambaran kerja itu? Gambaran kerja adalah sebuah acuan dan dasar untuk menentukan jenis pekerjaan serta komponen yang ada didalamnya. Pastikan pada gambar kerja ini tercantum juga semua material yang dibutuhkan.

Contohnya adalah saat Anda memiliki sebuah usaha produksi sepatu. Sebelum membuat anggaran, maka buat dulu gambaran kerja produksi sepatu yang akan Anda gunakan. Apa saja bahan baku yang dibutuhkan, berapa jumlah yang harus disiapkan, peralatan apa saja yang harus disiapkan.

Dengan membuat gambaran produksi yang jelas, maka Anda bisa menghitung kira-kira berapa anggaran yang harus dikeluarkan untuk setiap proses produksi.

Misalnya anggaran untuk membeli bahan baku sepatu, anggaran untuk mempersiapkan peralatan produksi, anggaran distribusi sepatu, sampai anggaran untuk promosi produk sepatu yang telah Anda buat.

2. Hitung Volume Pekerjaan

Setelah itu buatlah perhitungan pada volume pekerjaan yang akan dilakukan tersebut. Caranya adalah urutkan semua komponen dan item pada proyek tersebut berdasarkan pada gambar kerja yang telah dibuat sebelumnya. Masukkan semua item kerja ke dalam anggaran lalu hitung volume masing-masing. Anda bisa menggunakan Excel untuk memudahkannya.

3. Hitung Harga Satuan Pekerjaan

Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah perhitungan harga pada satuan pekerjaan yang akan dilakukan. Ketika membuat perhitungan harga satuan pekerjaan ini Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini :

  • Jumlah produksi harian
  • Besarnya upah pekerja setiap hari
  • Harga material yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut

4. Hitung Jumlah Biaya Pekerjaan

Setelah semua perhitungan di atas dibuat maka Anda akan lebih mudah melihat berapa harga dari setiap item pekerjaan. Buat perhitungan terpisah antara harga material dan upah pekerjaan sehingga akan didapatkan rincian biaya masing-masing item.

5. Buat Rekapitulasi

Langkah yang terakhir untuk membuat anggaran usaha yaitu dengan melakukan rekapitulasi. Rekapitulasi akan memuat rincian harga dari masing-masing sub item dan jika Anda menghitungnya secara total akan terlihat seluruh biaya pekerjaan.

Dari rekapitulasi ini Anda bisa memperhitungkan beberapa hal penting nantinya, mana biaya yang bisa ditangguhkan dan mana yang harus segera. Contohnya seperti kenaikan gaji pekerja setiap tahun bisa diperhitungkan berapa kisaran besaran nya.

Kamu merupakan seorang pengusaha yang tidak bisa membuat laporan keuangan secara rapih? Tenang, kamu bisa menggunakan software akuntansi Mekari Jurnal. Di Jurnal, kamu bisa mengerjakan laporan keuangan dan juga pencatatan lainnya, seperti beban (pengeluaran).

Nah, itu dia mengenai contoh rancangan anggaran biaya UKM. Tentunya dengan penjelasan di atas diharapkan bisa membantu anda khususnya para orang yang mempunyai bisnis untuk mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan.

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo