Jurnal Enterpreneur

Pembukuan dan Akuntansi Simple Untuk Start Up

Kemungkinan pengelolaan pembukuan dan akuntansi simple yang kurang maksimal sudah sangat cukup untuk membuat takut banyak orang yang ingin memulai bisnis mereka. Namun dengan sistem yang tepat, mengurus catatan keuangan yang sederhana tidak harus menjadi hal yang sulit.

Pembukuan dan Akuntansi Simple

Itu hanya tentang merinci pendapatan dan pengeluaran usaha dari awal dan menjaga catatan agar akurat secara berkala.

Pembukuan Sederhana

Yang Anda butuhkan untuk menjalankan pembukuan secara mendasar adalah:

  • Buku kas untuk mencatat uang masuk dan keluar;
  • Adanya buku besar penjualan untuk merinci uang yang menerima dan jumlah hutang;
  • Buku besar pembelian untuk melacak pengeluaran;
  • Dan sebuah buku upah, yang memberikan rincian pembayaran gaji dan asuransi.

Sebagai sebuah start up, Anda mungkin memutuskan bahwa menggunakan sumber daya untuk menemukan bookkeeper dan akuntan yang sesuai untuk menyimpan catatan keuangan Anda adalah pilihan yang lebih baik – terutama jika Anda tidak merasa cukup percaya diri untuk mengatasinya sendiri.

Seorang bookkeeper atau akuntan yang baik dapat memastikan Anda menyimpan catatan keuangan yang tepat, terus memonitor keadaan finansial Anda serta membantu membangun dan mengembangkan bisnis Anda.

Mereka juga dapat membantu Anda bahkan untuk menghindari kesalahan yang berpotensi sangat mahal dan merugikan bisnis Anda! Jika Anda memutuskan untuk melakukan pembukuan sendiri, Anda akan perlu:

  • Menyimpan tanda terima dalam penerimaan pembelian tunai dan faktur untuk semua pengeluaran bisnis seperti tagihan listrik, laporan bank dan kartu kredit;
  • Mengurus catatan gaji (jika Anda mempekerjakan orang);
  • Dan menyimpan catatan PPN (jika Anda terdaftar).

Anda dapat menyimpan ‘pembukuan’ ini dalam bentuk catatan kertas atau spreadsheet dalam komputer. Tetapi kebanyakan bisnis sekarang lebih memilih untuk menggunakan software pembukuan sederhana untuk melacak pendapatan dan pengeluaran.

Disisi lain, Anda harus menyiapkan rekening bank yang hanya khusus untuk bisnis. Hindari menggunakan akun pribadi Anda untuk menerima pembayaran atau membeli sesuatu untuk bisnis Anda.

Sistem Pembukuan Elektronik dalam Pembukuan dan Akuntansi Simple

Software akuntansi memiliki harga yang variatif, berkisar dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah perbulan (tergantung kebutuhan pebisnis). Anda bahkan bisa membuatnya dengan sebuah lembar sederhana dalam perangkat spreadsheet populer, seperti Microsoft Excel.

Baca juga: Akuntansi Pelaporan Pajak dan Keunggulan Menggunakan Software Toko untuk Pengusaha.

Kesadaran akan pentingya akuntansi dalam bisnis serta mendukung oleh berkembangnya kemajuan teknologi digital melahirkan proses akuntansi khusus yang mutakhir dan mudah menggunakan, bahkan bagi mereka yang terbatas pengetahuannya terkait akuntansi. Beberapa manfaat yang orang lain tawarkan:

  • Kesalahan dapat memperbaiki dengan cepat (yang lebih rumit bila menggunakan sistem manual),
  • Mendapatkan gambaran arus kas Anda semudah klik mouse,
  • Laporan keuangan juga dapat memperoleh dengan satu sentuhan tombol. Anda juga dapat melihat pola penjualan dan biaya, yang dapat membantu dalam penganggaran dan pengambilan keputusan bisnis.

Menjalankannya sendiri atau menggunakan seorang akuntan?

Mempekerjakan secara penuh seorang bookkeeper ataupun akuntan tidak layak bagi banyak start up. Kadang-kadang peran tersebut mengkombinasikan dengan tugas lain seperti administrasi dan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM).

Anda mungkin bisa menggunakan seorang paruh waktu atau mungkin outsourcing seorang akuntan. Harus ‘melakukan pembukuan’ setelah jam atau pada akhir pekan adalah risiko pekerjaan bagi banyak pemilik start up.

Hal ini dapat menjadi hal terakhir yang Anda lakukan setelah hari kerja yang panjang, sibuk, dan melelahkan. Hal ini dapat meminimalisir, bahkan menghindari dengan cara:

Pemanfaatan teknologi dalam pembukuan dan proses akuntansi secara online!

Selain itu, fleksibilitas Jurnal dalam pengelolaan akuntansi dan pembukuan secara online memberikan Anda kebebasan untuk menjalankan bisnis dari tempat kerja, rumah , atau di mana saja.

Dengan software akuntansi berbasis cloud ini Anda memiliki pilihan untuk menjalankan bisnis dari jarak jauh, kapan dan di mana saja. Anda akan memiliki gambaran yang up-to-date tentang bagaimana bisnis Anda berjalan, tidak peduli di mana Anda berada. Di dalamnya terdapat juga fitur aplikasi pembukuan yang bisa membantu usaha lebih cepat dan efektif.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo