Mekari Jurnal
Daftar Isi

6 Jenis Pembukuan Sederhana Untuk Bisnis Start Up

Tayang 01 Mar 2023
Diperbarui 07 November 2023

Di artikel ini, Blog Mekari Jurnal akan membahas tentang jenis pembukuan dan contoh laporan keuangan yang harus dibuat oleh perusahaan startup, apa saja?

Kemajuan teknologi dan internet di dunia bisnis memberikan pengaruh yang sangat besar dan positif.

Dengan bantuan kecanggihan teknologi, kini siapapun dapat membuat sebuah bisnis secara cepat dan mudah.

Seperti yang kita ketahui bersama, beberapa tahun ini banyak sekali muncul entreprenuer muda yang membuka bisnis startup.

Secara definisi, startup adalah sebuah perusahaan yang operasinya kurang dari lima tahun.

Jika Anda ingin memiliki perusahaan startup, membuat perencanaan keuangan dan persiapan laporan yang matang akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis tersebut.

Mengenal Aplikasi Pembukuan Online Untuk Kemudahan Bisnis

Pentingnya Laporan Keuangan Bagi Perusahaan Startup

Selain inovasi dan kreativitas, Anda juga perlu mempersiapkan masalah laporan keuangan dan pembukuan bisnis startup.

Laporan keuangan penting bagi perusahaan apapun termasuk startup, karena menggambarkan bagaimana kinerja bisnis Anda selama periode waktu tertentu.

Contohnya, laporan laba rugi menjelaskan pelaksanaan operasi bisnis startup dan dapat membantu Anda membuat keputusan yang cerdas dan tepat.

Jika laporan keuangan Anda tidak dicatat dengan baik, akan sulit untuk mengambil keputusan penting yang perlu Anda ambil secara objektif, yang sebagian besar kemungkinan akan memengaruhi cara Anda menjalankan bisnis.

Selain itu,  ketika arus kas Anda tidak berjalan semulus yang Anda inginkan, Anda mungkin perlu mencari bantuan dari lembaga pembiayaan.

Meskipun persetujuan pinjaman tidak terlalu sulit, sebagian besar lembaga kredit akan memerlukan laporan keuangan yang lengkap untuk memeriksa kelayakan finansial perusahaan startup Anda.

Pembukuan juga merupakan hal yang penting bagi bisnis startup.

Dengan pembukuan, Anda dapat memantau perkembangan keuangan, menilai rencana, dan proses yang sudah untuk mengerjakannya.

Selain itu, pembukuan juga merupakan kewajiban suatu bisnis sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pihak yang berkepentingan, dan masih banyak manfaat lain yang dapat Anda dapatkan dengan melakukan pembukuan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal sekarang!

Jenis Laporan Keuangan yang Harus Dimiliki Perusahaan Startup

Berikut ini adalah beberapa contoh laporan keuangan perusahaan baru yang harus dimiliki oleh perusahaan startup:

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi menunjukkan kinerja bisnis Anda selama periode waktu tertentu — bulanan, per kuartal, tahunan, atau selama periode yang lebih lama.

Untuk membuat laporan laba rugi secara sederhana, biasanya mencakup bagian rinci tentang pendapatan (penjualan barang dan jasa) dari mana pengeluaran (biaya operasional seperti gaji, utilitas, transportasi, dll.) dikurangi, untuk mencapai angka laba bersih di bagian bawah laporan.

Laporan laba rugi adalah cara yang bagus untuk mengetahui kesehatan startup Anda secara keseluruhan, dan titik awal yang baik untuk pemeriksaan kesehatan keuangan bisnis Anda.

Ini adalah tempat yang baik untuk masuk ke seluk beluk bisnis Anda dengan memecah biaya untuk menangani profitabilitas Anda atau menyempurnakan margin Anda.

Penting juga untuk diingat bahwa jenis laporan keuangan ini adalah hal pertama yang ingin dilihat oleh calon investor atau pemberi pinjaman pada perusahaan startup.

Jadi memiliki laporan laba rugi yang akurat dan terperinci adalah bagian penting dari setiap putaran peningkatan atau investasi.

Baca juga: Kesalahan Bisnis Startup yang Perlu Anda Hindari

Laporan Neraca

Laporan neraca adalah bagian dalam laporan finansial yang menunjukkan jumlah aset, kewajiban, dan ekuitas perusahaan Anda.

Laporan ini adalah dokumen lain yang ingin dilihat oleh pemangku kepentingan seperti investor, pemberi pinjaman, dan pemegang saham, jadi penting untuk membuat laporan yang akurat.

Neraca dinamakan demikian karena kedua sisi neraca selalu sama satu sama lain. Sederhananya, aset Anda sama dengan kewajiban Anda ditambah ekuitas Anda — terkadang nilai-nilai ini dipecah lebih lanjut menjadi nilai saat ini (jangka pendek) dan tidak lancar (jangka panjang).

contoh laporan keuangan perusahaan startup

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas menunjukkan masukan dan keluaran dana yang Anda harapkan selama periode waktu yang diproyeksikan (biasanya selama kuartal keuangan, atau untuk bulan tersebut).

Laporan ini dimaksudkan untuk menunjukkan perputaran kas yang masuk dan keluar dari perusahaan startup Anda.

Seperti yang mungkin Anda ketahui, arus kas adalah masalah utama bagi banyak perusahaan startup, sehingga penting sekali untuk memantau laporan keuangan khususnya arus kas.

Laporan Perubahan Modal

Laporan keuangan ini lebih spesifik, dan biasanya tidak dibuat sampai perusahaan startup Anda memiliki pemegang saham.

Jika Anda memiliki investor, maka Anda harus mempersiapkan laporan perubahan modal

Laporan perubahan modal menunjukkan kontribusi pemegang saham, pergerakan ekuitas, dan saldo ekuitas pada akhir periode akuntansi yang bersangkutan.

Hal ini mencatat peristiwa keuangan seperti saham yang diterbitkan atau dividen yang dibayarkan.

Jenis Pembukuan Bagi Bisnis Startup

Lalu, contoh pembukuan apa saja yang harus dimiliki bisnis startup?

  1. Buku pengeluaran. Semua pengeluaran sebaiknya tercatat secara rinci pada buku pengeluaran, baik pengeluaran dalam nominal kecil maupun nominal besar.
  2. Buku pemasukan. Usahakan dicatat secara teratur, setiap hari, sehingga dalam periode bulanan, Anda dapat langsung mengetahui pendapatan yang masuk untuk bisnis Anda.
  3. Buku aliran kas. Kas merupakan salah satu aset yang menentukan likuiditas perusahaan, sehingga sebaiknya pencatatan laporan keuangan dan pembukuan perusahaan startup ini dilakukan dengan teliti dan benar. Selain itu, Anda juga sebaiknya melakukan pengawasan atau kontrol yang rutin, karena kas juga bersifat restricted.
  4. Buku catatan persediaan. Stok persediaan harus tercatat pada saat terjadi penambahan ataupun terjadi pengurangan, dengan begitu Anda dapat mengawasi operasional perusahaan startup Anda secara mudah dan teratur.
  5. Buku inventaris barang. Anda harus mencatat setiap barang (aset) yang dibeli,
  6. Buku laba atau rugi. Mencatat unsur-unsur pendapatan dan beban yang terjadi pada periode berjalan sehingga Anda dapat mengetahui laba atau rugi yang diperoleh dari perusahaan dengan cepat sebelum laporan keuangan jadi atau menerbitkannya.

Baca Juga : Cara Pembuatan Catatan Buku Pemasukan dan Pengeluaran

Permudah Pembuatan Laporan Keuangan Perusahaan Startup dengan Jurnal

Demikian informasi tentang contoh laporan keuangan pembukuan sederhana untuk bisnis yang dapat membuatnya oleh perusahaan startup.

Jika Anda sudah memahami semua hal tersebut, maka artinya Anda sudah siap untuk menjadi seorang founder atau pemilik bisnis startup.

Untuk memudahkan Anda mengelola laporan keuangan bisnis, Anda dapat menggunakan software pembukuan.

Salah satu software pembukuan yang mudah dan dapat membantu Anda adalah Mekari Jurnal, aplikasi untuk jaga performa bisnis.

Selain itu, software keuangan Mekari Jurnal juga menyediakan berbagai macam fitur untuk melakukan pengelolaan keuangan seperti menginput penjualan, pembelian, mencetak faktur, pencatatan persediaan, dan membuat laporan keuangan secara mudah, cepat dan aman.

Segera daftarkan bisnis Anda dengan aplikasi pembukuan Jurnal sekarang!

Jurnal Jadikan Proses Bisnis Lebih Efisien melalui Tools Terintegrasi!

Itulah penjelasan tentang contoh laporan keuangan dan pembukuan apa saja yang harus dimiliki oleh perusahaan startup.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal