6 Tips Cara Mengelola Akuntansi Untuk Bisnis Kecil Ini 6 tips cara mengelola akuntansi untuk bisnis kecil. Bukan hanya menjual produk, seorang pengusaha juga harus memperhatikan berbagai hal demi perkembangan bisnisnya, salah satunya proses akuntansi. Namun, banyak pengusaha yang belum memperhatikan masalah tersebut dengan alasan bisnisnya masih tergolong kecil. Padahal, dengan sistem akuntansi yang benar, pengusaha dapat melihat seluruh data transaksi keuangan yang penting sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan. Bagaimana Cara Mengelola Akuntasi Bisnis Kecil ? Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk mengelola akuntansi pada bisnis kecil dan menengah. 1. Pisahkan Rekening Pribadi & Bisnis Selain membantu mengelola arus kas perusahaan, memisahkan rekening pribadi dan mengelola akuntansi bisnis juga dapat memudahkan Anda dalam menganalisa laporan akuntasi. Sebelum membuka rekening bank untuk bisnis Anda, cobalah lakukan riset kecil untuk membandingkan kebijakan Bank, karena mayoritas rekening bisnis memiliki biaya yang lebih besar dari rekening pribadi. Baca Juga : Tips Cara Mengelola Modal Usaha Yang Efektif Bagi Pemula 2. Gunakan Sistem yang Tepat Walau bisnis Anda masih tergolong kecil, sistem yang benar dan tepat sangat dibutuhkan dalam mengelola bisnis. Dengan sistem yang tepat, Anda akan lebih mudah mengelola akuntansi bisnis. Sistem yang harus diperhatikan untuk megelola akuntansi adalah sistem produksi, karyawan, flow kerja, sistem manajemen, penggajian karyawan, hingga pengelolaan modal. Baca Juga : Mempelajari Sistem Pembukuan Kas Kecil dalam Bisnis 3. Tagih Pembayaran Secara Rutin Setelah transaksi penjualan, Anda harus mengirimkan invoice kepada pelanggan untuk penagihan pembayaran dan bukti transaksi yang dijadikan laporan keuangan. Jika pelanggan melakukan pembayaran dengan metode utang dan Anda tidak melakukan pengecekan laporan keuangan secara benar, mungkin pembayaran akan tertunda. Jadi, Anda harus pastikan untuk selalu memeriksa tanggal jatuh tempo pembayaran secara rutin. Baca Juga : Tips Manajemen Keuangan Bisnis Kecil Yang Efektif 4. Buatlah Pembukuan Akuntansi yang Jelas Pembukuan adalah proses pencatatan transaksi keuangan yang meliputi penjualan, pembelian, pendapatan, dan pengeluaran. Dengan adanya pembukuan, Anda dapat mengetahui pengeluaran dan pendapatan secara jelas sehingga memudahkan Anda dalam mengontrol berapa banyak pengeluaran dan pendapatan perusahaan. Baca Juga : 8 Kesalahan Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan Bisnis 5. Simpan Pendapatan untuk Modal Jika berharap bisnis Anda ingin berkembang, Anda harus mampu mengelola akuntansi bisnis dengan tepat dan jangan pernah menghabiskan seluruh pendapatan yang Anda terima. Cobalah gunakan sebagai pendapatan tersebut untuk modal mengembangkan bisnis. Dengan semakin besarnya modal bisnis, maka Anda akan lebih mudah mengembangkan bisnis. Baca Juga : Tips Mengelola Keuangan Bagi Usaha Toko Online 6. Pertimbangkan Perekrutan Karyawan Karyawan adalah salah satu pengeluaran terbesar bagi perusahaan. Jika bisnis Anda masih tergolong kecil, coba pertimbangkan dalam masalah perekrutan dan pekerjakan karyawan sesuai kebutuhan perusahaan. Jangan sampai hak mereka tidak dipenuhi karena keuangan perusahaan belum stabil. Itulah tips yang dapat Anda lakukan untuk mengelola akuntasi bisnis kecil dan menengah. Untuk memudahkan dalam mengelola akuntansi, Jurnal datang dengan berbagai solusinya. Baca Juga : Pengelolaan Biaya Simple dengan Akuntansi Software Online Kesimpulan Mengelola akuntansi bisnis kecil bukan hanya soal mencatat transaksi, tetapi juga memastikan arus kas dan laporan keuangan selalu jelas untuk mendukung keputusan yang lebih tepat. Dengan memisahkan rekening pribadi, menggunakan sistem yang sesuai, menagih pembayaran tepat waktu, membuat pembukuan rapi, menyisihkan modal, dan bijak dalam merekrut karyawan, bisnis kecil bisa lebih teratur dan siap berkembang. Agar lebih mudah, Anda juga bisa memanfaatkan software akuntansi online seperti Mekari Jurnal. Dengan sistem otomatisasi yang praktis, Anda dapat memantau keuangan bisnis kapan saja dan di mana saja, tanpa harus repot dengan pencatatan manual. Kategori : AkuntansiManagement Accounting Artikel Sebelumnya Artikel Selanjutnya Dapatkan kurasi newsletter terkait pembukuan dan Akuntansi Subscribe Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal Facebook Instagram LinkedIn YouTube Dapatkan kurasi newsletter terkait pembukuan dan Akuntansi Subscribe Bagikan artikelWhatsAppLinkedinFacebook
6 Tips Cara Mengelola Akuntansi Untuk Bisnis Kecil Ini 6 tips cara mengelola akuntansi untuk bisnis kecil. Bukan hanya menjual produk, seorang pengusaha juga harus memperhatikan berbagai hal demi perkembangan bisnisnya, salah satunya proses akuntansi. Namun, banyak pengusaha yang belum memperhatikan masalah tersebut dengan alasan bisnisnya masih tergolong kecil. Padahal, dengan sistem akuntansi yang benar, pengusaha dapat melihat seluruh data transaksi keuangan yang penting sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan. Bagaimana Cara Mengelola Akuntasi Bisnis Kecil ? Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk mengelola akuntansi pada bisnis kecil dan menengah. 1. Pisahkan Rekening Pribadi & Bisnis Selain membantu mengelola arus kas perusahaan, memisahkan rekening pribadi dan mengelola akuntansi bisnis juga dapat memudahkan Anda dalam menganalisa laporan akuntasi. Sebelum membuka rekening bank untuk bisnis Anda, cobalah lakukan riset kecil untuk membandingkan kebijakan Bank, karena mayoritas rekening bisnis memiliki biaya yang lebih besar dari rekening pribadi. Baca Juga : Tips Cara Mengelola Modal Usaha Yang Efektif Bagi Pemula 2. Gunakan Sistem yang Tepat Walau bisnis Anda masih tergolong kecil, sistem yang benar dan tepat sangat dibutuhkan dalam mengelola bisnis. Dengan sistem yang tepat, Anda akan lebih mudah mengelola akuntansi bisnis. Sistem yang harus diperhatikan untuk megelola akuntansi adalah sistem produksi, karyawan, flow kerja, sistem manajemen, penggajian karyawan, hingga pengelolaan modal. Baca Juga : Mempelajari Sistem Pembukuan Kas Kecil dalam Bisnis 3. Tagih Pembayaran Secara Rutin Setelah transaksi penjualan, Anda harus mengirimkan invoice kepada pelanggan untuk penagihan pembayaran dan bukti transaksi yang dijadikan laporan keuangan. Jika pelanggan melakukan pembayaran dengan metode utang dan Anda tidak melakukan pengecekan laporan keuangan secara benar, mungkin pembayaran akan tertunda. Jadi, Anda harus pastikan untuk selalu memeriksa tanggal jatuh tempo pembayaran secara rutin. Baca Juga : Tips Manajemen Keuangan Bisnis Kecil Yang Efektif 4. Buatlah Pembukuan Akuntansi yang Jelas Pembukuan adalah proses pencatatan transaksi keuangan yang meliputi penjualan, pembelian, pendapatan, dan pengeluaran. Dengan adanya pembukuan, Anda dapat mengetahui pengeluaran dan pendapatan secara jelas sehingga memudahkan Anda dalam mengontrol berapa banyak pengeluaran dan pendapatan perusahaan. Baca Juga : 8 Kesalahan Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan Bisnis 5. Simpan Pendapatan untuk Modal Jika berharap bisnis Anda ingin berkembang, Anda harus mampu mengelola akuntansi bisnis dengan tepat dan jangan pernah menghabiskan seluruh pendapatan yang Anda terima. Cobalah gunakan sebagai pendapatan tersebut untuk modal mengembangkan bisnis. Dengan semakin besarnya modal bisnis, maka Anda akan lebih mudah mengembangkan bisnis. Baca Juga : Tips Mengelola Keuangan Bagi Usaha Toko Online 6. Pertimbangkan Perekrutan Karyawan Karyawan adalah salah satu pengeluaran terbesar bagi perusahaan. Jika bisnis Anda masih tergolong kecil, coba pertimbangkan dalam masalah perekrutan dan pekerjakan karyawan sesuai kebutuhan perusahaan. Jangan sampai hak mereka tidak dipenuhi karena keuangan perusahaan belum stabil. Itulah tips yang dapat Anda lakukan untuk mengelola akuntasi bisnis kecil dan menengah. Untuk memudahkan dalam mengelola akuntansi, Jurnal datang dengan berbagai solusinya. Baca Juga : Pengelolaan Biaya Simple dengan Akuntansi Software Online Kesimpulan Mengelola akuntansi bisnis kecil bukan hanya soal mencatat transaksi, tetapi juga memastikan arus kas dan laporan keuangan selalu jelas untuk mendukung keputusan yang lebih tepat. Dengan memisahkan rekening pribadi, menggunakan sistem yang sesuai, menagih pembayaran tepat waktu, membuat pembukuan rapi, menyisihkan modal, dan bijak dalam merekrut karyawan, bisnis kecil bisa lebih teratur dan siap berkembang. Agar lebih mudah, Anda juga bisa memanfaatkan software akuntansi online seperti Mekari Jurnal. Dengan sistem otomatisasi yang praktis, Anda dapat memantau keuangan bisnis kapan saja dan di mana saja, tanpa harus repot dengan pencatatan manual.